5 Apr 2013

FENG SHUI RUMAH


FENG SHUI RUMAH
by, Syehha

Rumah yang nyaman adalah rumah yang penghuninya sehat, kaya finansial, memiliki anak-anak yang berbudi dan cerdas, dan senantiasa dinamis atau berkembang. Dalam memilih rumah yang harmonis, perlu memperhatikan berbagai faktor

FAKTOR UTAMA: MENGETAHUI KECOCOKAN RUMAH DENGAN PENGHUNI
Ada orang yang tidak cocok tinggal di suatu rumah, tetapi ada yang cocok dan sukses tinggal di rumah yang sama. Hal ini disebabkan pribadi setiap individu berbeda, dan fengshui menghitungnya dari tahun kelahiran.

FAKTOR PENUNJANG: DIMENSI WAKTU
Karena tidak selamanya suatu rumah mengalami nasib buruk atau nasib baik. Ini disebabkan karena adanya periode perubahan. Dalam fengshui ada yang disebut periode 20 tahun yang ditandai dengan Planet Saturnus dan Jupiter dalam satu garis. Setiap bulan atau bahkan setiap jam, energi yang mempengaruhi suatu rumah bisa berubah. Tetapi, ada juga lokasi atau rumah yang memiliki masa kejayaan yang panjang.

CARA MEMILIH RUMAH DENGAN FAKTOR-FAKTOR FENG SHUI:
FAKTOR EKSTERNAL
Yang harus dilihat dalam memilih tempat tinggal adalah faktor eksternal lingkungan dan sejarah tanahnya.
Tidak ada energi "sha" yang mengarah ke pintu utama. Energi sha adalah energi buruk atau negatif yang di antaranya bisa ditimbulkan dari sudut bangunan di seberangnya yang mengarah ke pintu utama, tiang listrik, pemancar radio, dan bentuk jalan terhadap rumah (misalnya jalan tusuk sate). Bentuk rusuk sate menyebabkan energinya amat deras mengarah ke pintu utama. Unstabilitas dan gangguan potensial, energi yang kencang dan langsung tersebut berpotensi menjadi energi buruk.
Sejarah kavling dan bentuk tanah ideal menjadi faktor lainnya yang harus diperhatikan. Kavling bekas kuburan atau kolam akan memancarkan energi yang berbeda dengan tanah kavling tegalan. Bentuk tanah ideal secara sederhana bisa ditandai dengan dimilikinya titik tengah oleh kavling tersebut.
Arah jalan masuk dan keluar terhadap arah pintu utama dan arah duduk tidak ada dalam formasi delapan killing forces, jalan pemusnah, jalan bunga persik, robbery mountain sha, dan lain-lain.
Delapan killing forces merupakan,
Arah duduk rumah tertentu tidak boleh berpasangan dengan arah kedatangan gunung (incomming mountain: seperti bangunan tinggi berantai sampai rendah) ataupun adanya tiang yang dapat menciptakan energi buruk pada arah tertentu.
Jalan pemusnah merupakan,
Arah hadap pintu utama tidak boleh berpasangan dengan kedatangan arah jalan tertentu yang melalui pintu utama. Karena bisa mengakibatkan banyak masalah yang fatal bagi penghuni rumah.
Jalan Bunga Persik mrupakan,
Arah pintu utama tertentu tidak boleh berpasangan dengan arah jalan tertentu, yang kalau berpasangan-sesuai dengan rumus fengshui-akan masuk dalam formasi jalan bunga persik yang dapat membawa pihak ketiga dalam rumah tangga, mialnya selingkuh, bad romance, skandal.
Robbery mountain merupakan,
atau energi buruk gunung perampokan bisa diakibatkan dari arah duduk rumah tertentu tidak boleh berpasangan dengan letak bangunan rusak, pohon mati, pilon, dan lain-lain, yang membawa energi buruk.
Formasi Lima Sekawan mrupakan,
Sebenarnya hanya dengan arah pintu utama tertentu berpasangan dengan arah letak gunung tertentu dapat menghasilkan energi yang buruk, tetapi karena adanya arah letak jalan tertentu sehingga dari negatif berubah menjadi positif yang luar biasa.
Sedangkan Formasi yang kuat menghasilkan uang:
Genting higland merupakan,
Formasi ini juga dapat dibuat sendiri dengan letak lanskap gunung di letak tertentu dan arah jalan air atau jalan masuk tertentu dengan pasangan arah pintu utama tertentu.

FAKTOR INTERNAL
Menghindari bentuk rumah yang aneh, mengukur arah bangunan untuk meyakinkan bahwa pintu utama memiliki bintang hadap yang paling berjaya dengan menggunakan metode flying star. Mengukur arah pintu utama apakah cocok dengan kua. Kua yang dihitung berdasarkan tahun lahir seseorang dengan metode Ba Zhai (teori delapan rumah/eight mansions) dan juga sesuai dengan tujuan, misalnya untuk seorang spiritual lebih cocok pintunya mengarah ke arah stabilitas yaitu ketenangan, atau seorang pengusaha lebih disarankan mengarah ke arah keberuntungan.
Apabila halaman memungkinkan, dapat membuat naga air, seperti parit. Setelah itu, baru memerhatikan tata letak dalam rumah seperti letak tempat tidur, letak dapur, kamar mandi, letak kompor, dan arah tombol kompor, letak akuarium, dan lain-lain.
Bagi rumah yang sudah jadi dan belum bisa mengubah arah hadap pintu utama, dapat dengan solusi menggunakan partisi sebagai ekstensi arah masuk ke rumah.

FENG SHUI  RUMAH
8 JENIS FENG SHUI RUMAH
Feng Shui umum adalah modal dasar praktek Feng Shui. Karena dengan feng shui umum saja praktisi bisa mendapat banyak keberuntungan. Feng shui umum ini menjelaskan atribut 8 sektor . Atau 8 arah mata angin rumah kita. Setiap sektor di rumah kita akan memberikan keberuntungan kalau 8 sektor mencapai keadaan seimbang atau diaktifasi dengan benar. Sebaliknya akan mengalami kemalangan dan ketidakberuntungan apabila tanpa sengaja salah karena tidak tahu dan bukan praktisi feng shui.
Keberuntungan-keberuntungan masing-masing sektor tersebut adalah:

Timur: secara umum adalah keberuntungan kesehatan. Kemudian keberuntungan pertumbuhan dan juga berfungsi sebagai akumulator. Dalam kasus anggota keluarga ada yang sakit parah sektor ini adalah fokus utama untuk diseimbangkan.
Tenggara : mewakili keberuntungan kekayaan uang. Tenggara dan Timur bekerja sama dalam hal mengumpulkan keberuntungan kekayaan. Tenggara : sebagai sektor yang mencari kekayaan.
Timur :  membuat kekayaan tersebut membesar karena sifat timur yang sebagai akumulator. Menjaga keseimbangan sektor timur dan tenggara menjadikan kekayaan terus bertambah.
Selatan : adalah keberuntungan popularitas, penghargaan, tidak tercela, pengakuan dan kekuasaan. Dengan keseimbangan di sektor ini, berpengaruh pula kepada keberuntngan sektor-sektor lain. Misal orang yang tengah mencari jodoh, ia harus mendapat popularitas atau terhindar dari gosip.
Barat daya: adalah sumber keberuntungan romantika, percintaan, keharmonisan keluarga, dll. Sektor ini milik kaum wanita. Kalau terjadi masalah dengan ibu rumah tangga dan anggota keluarga wanita, sektor yang paling memberi kontribusi masalah adalah sektor barat daya ini.
Barat : sektor ini mewakili keberuntungan keluarga, keturunan dan keberuntungan anak-anak. Bagi keluarga baru yang membutuhkan keturunan, atau ingin mendapatkan anak, sektor barat ini adalah fokus utama. Menjaga keseimbangan dan aktifasi khusus diperlukan untuk sektor barat ini.
Barat laut : pertolongan dari langit, pemimpin, wewenang, pengaruh, power keluarga dan networking. Ini adalah milik kepala keluarga atau bapak. Juga milik anggota keluarga laki-laki di rumah. Kalau sektor ini terganggu, menyebabkan penghasilan utama sebuah keluarga menjadi biasa saja. Dari semua sektor yang ada sektor barat laut memberi kontribusi yang luar biasa meciptakan kehancuran ekonomi kalau salah aktifasi.
Utara : karir, bisnis dan perlindungan kepada keluarga adalah keberuntungan yang dapat diraih kalau sektor ini dapat seimbang. Utara adalah sektor istimewa dalam atribut 8 sektor karena tanpa keseimbangan yang bagus dan aktifasi yang benar di utara, sektor lain tidak akan berfungsi maksimal. Dalam naskah lain utara ini ditakuti karena adalah energi pembawa penyakit. Tetapi menurut saya utara adalah sumber energi maksimum. Kalau betul keseimbangan sektor utara, sektor yang lain menjadi bekerja maksimal. Kalau salah di utara tentu membuat kemalangan karena sektor lain tergantung pada sektor utara. Teori saya ini didukung dengan kompas magnet yang selalu disinkronkan dengan utara. Karena energi besar berada di utara. Juga feng shui landscape mengacu kepada bukit kura-kura di utara.
Timur laut: pendidikan, riset, lulus ujian, dll. Bisnis memerlukan timur laut yang betul, karena bisnis memerlukan informasi yang tepat. Orang yang sedang belajar, orang-orang yang tengah mencari kerja, dll. Memerlukan keberuntungan sektor timur laut ini.
Ada hal-hal sangat penting yang harus diketahui oleh semua tingkatan materi Feng Shui. Sehingga Feng shui umum mutlak dipelajari oleh praktisi dasar sampai praktisi master. Karena dengan atribut 8 sektor ini praktisi akan tahu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh ada di selatan, utara, timur, barat, dan seterusnya.
Feng Shui umum dapat diterapkan di rumah dengan cara mengenali lokasi masing-masing sektor dengan menggunakan kompas Feng Shui atau kompas standar yang mempunyai tingkat keakuratan yang bagus. Bukan dari hasil kira-kira terbitnya matahari, sehingga keakuratan menjadi salah.
Apabila kita membagi denah rumah kita pada panjang dengan 3, pada lebar dengan 3, kita akan mempunyai kotak berjumlah 9 dan 1 kotak tersebut mewakili 1 arah mata angin. Dan 1 kotak ini disebut sektor.

ARAH KARDINAL
Utara diwakili oleh unsur air, warna hitam dan biru.
Selatan diwakili oleh unsur api, warna merah.
Barat diwakili unsur logam kecil, warna emas.
Timur diwakili oleh kayu besar, warna hijau.
ARAH SEKUNDER
Tenggara diwakili oleh unsur kayu kecil, warna hijau.
Timur Laut diwakili oleh unsur tanah, warna kuning.
Barat Daya diwakili oleh unsur tanah, warna kuning.
Barat Laut diwakili oleh unsur logam, warna putih.

RUMAH YANG BAIK MENURUT FENGSHUI
Ilmu Feng shui (風水) adalah ilmu topografi kuno Tiongkok yang mempercayai bagaimana manusia dan surga (astronomi), serta bumi (geografi), hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki hidup dengan menerima Qi positif. Qi terdapat di alam sebagai energi yang tidak terlihat. Qi baik disebut juga napas kosmik naga. jenis Qi ini dipercaya sebagai pembawa rejeki dan nasib baik. namun ada pula Qi buruk yang disebut Sha Qi sebagai pembawa nasib buruk. Perhitungan ilmu Fengshui bisa diterapkan ke banyak hal, salah satunya adalah untuk membuat/mendesain sebuah rumah yang baik.
Ada banyak aspek untuk membuat sebuah desain rumah yang baik menurut Fengshui, diantaranya adalah :
• Penempatan ruangan dengan tepat dan baik menurut ilmu Fengshui (ada beberapa macam cara  
   untuk mengatur/menentukan lokasi)
• Rumah harus mendapatkan cahaya yang cukup (tidak berlebihan)
• Keamanan lingkungan di sekitar rumah juga harus diperhatikan
• Harus mendapatkan sirkulasi udara yang bagus
• Buatlah rumah senyaman mungkin

• Jagalah kebersihan rumah
• Pilihlah warna yang baik
• Bentuk rumah
Syarat-syarat diatas adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya menjadikan rumah itu baik ditempati secara ilmu pengetahuan. Lalu setelah itu bisa meminta bantuan seorang pakar Fengshui untuk mencari lokasi yang mempunyai (QI/CHI) yang baik dengan bantuan LUOPAN dan yang lainnya.
Lingkungan yang harus dihindari untuk sebuah rumah adalah :
• Jangan dekat dengan kuburan
• Jangan tinggal dekat rumah sakit
• Jauh dari tempat pemotongan hewan (jagal)
• Jangan tinggal di dekat jalan tol, rel kereta api
• Mungkin ada beberapa lagi lingkungan yang perlu dihindari
• Tidak dekat dengan menara listrik tegangan tinggi, menara telekomunikasi
Tidak boleh dekat kuburan karena sering terjadi peristiwa penguburan dan sering melihat orang-orang yang menangis. Inilah yang dinamakan memancarkan hawa negatif. Yang lainnya juga bisa dicerna dengan logika. Inilah namanya Fengshui yang memakai logika.
Beberapa ruangan yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah :
• Ruang tidur utama
• Dapur
• Lokasi tangga
• Kamar mandi
Mintalah bantuan pakar fengshui untuk mencari daerah-daerah yang baik, daerah yang (QI/CHI) nya bagus untuk ruang tidur, dapur dan aturlah posisi dan lokasi tangga dengan baik. Sementara daerah yang (QI/CHI) nya kurang bagus dipakai untuk kamar mandi.
“Kesimpulannya, gabungan antara ilmu pengetahuan  arsitektur, desain interior dan yang lain) dengan penerapan ilmu Fengshui akan membuat rumah menjadi baik”
Berikut ada sebuah hikmah yang bisa kita ambil dari kisah “Meng Zi” yang dihubungkan dengan ilmu Fengshui.
Semasa kecil, Meng Zi diasuh oleh ibunya yang sangat bijaksana. Ia pernah berpindah tempat tinggal sampai tiga kali. Rumah yang pertama dekat tanah pemakaman, ibunya sangat khawatir ketika Meng Zi sering menirukan orang yang melaksanakan upacara pemakaman. Kemudian ibunya mengajaknya pindah ke dekat pasar, namun kembali ibunya juga merasa khawatir karena ia sering menirukan sebagai layaknya seorang pedagang yang melakukan transaksi jual beli. Akhirnya, sang ibu memilih untuk tinggal di dekat sekolah dengan harapan agar Meng Zi bisa belajar dan bersekolah seperti halnya anak sebayanya.

FENG SHUI ENERGI REZEKI DALAM RUMAH
Dalam Feng Shui, pintu utama rumah diibaratkan seperti mulut yang dapat menghantarkan masuknya energi rezeki ke dalam rumah. Energi rezeki tersebut biasa disebut energi Qi. Jika energi Qi dapat masuk dengan baik ke dalam rumah, maka dipercaya kebutuhan penghuni maupun tamu akan dapat terpenuhi.
Ada dua langkah dalam Feng Shui untuk mendapatkan energi Qi atau energi rezeki yang baik masuk ke dalam rumah.
1. Mencari Hawa Qi.
Hawa Qi memang sangat penting dicari, sehingga pakar Feng Shui mengatakan, kualitas dalam menghitung bangunan rumah tinggal identik dengan sejauh mana kita dapat ‘menjebak’ Qi untuk singgah lebih lama dalam bangunan yang dijadikan obyek perhitungan. Terdapat hal-hal yang penting diperhatikan dalam mencari energi Qi tersebut, di antaranya:
- Carilah kekuatan air yang ada di depan pintu rumah, entah itu sungai, kolam, danau, atau laut yang tenang dan jernih. Kalau itu semua tidak ada, maka buatlah empang atau kolam di sisi depan rumah. Tetapi boleh atau tidaknya kekuatan air tersebut harus mempertimbangkan kedudukan dan arah hadap rumah.
Air yang tenang nan menyejukkan dalam Feng Shui identik dengan kelimpahan kekayaan, sebab di sekitarnya energi Qi akan berkumpul dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan lokasi lainnya.
- Kita harus menyerap dengan baik energi Qi yang ada di luar agar singgah dan masuk ke dalam rumah. Karenanya, dalam merencanakan Feng Shui untuk letak pintu masuk diharapkan posisinya terletak di area yang benar agar bisa mengundang hawa Qi masuk ke dalam rumah dengan mudah.
- Energi Qi yang masuk harus bisa disebarkan ke seluruh penjuru rumah, baik yang ada di lantai bawah maupun lantai yang ada di atasnya. Caranya dengan membuat tata ruang dengan penyekat dan pencahayaan yang benar, memiliki alur gerak yang dinamis tanpa terputus.
2. Menyebarkan Aliran Qi.
Untuk dapat menyebarkan aliran Qi  yang baik ke dalam rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:
- Pintu depan dan pintu belakang jangan berada dalam satu posisi lurus. Posisi ini hanya akan menciptakan "lorong angin" dan mendorong Qi yang masuk rumah langsung terbuang begitu saja, sehingga Qi tidak bisa mengisi seluruh penjuru rumah.
- Jangan membuat lorong yang panjang dan gelap, sebab energi Qi akan melemah. Bangkitkan Qi yang lemah dengan memasang lampu di lorong tersebut.
- Jangan menempatkan dua pintu saling berhadapan, sebab energi Qi akan tersedot dan terbagi. Qi yang masuk juga tidak optimal karena hanya mengisi setengah ruang saja.
- Buatlah sekat berdasarkan ilmu tata ruang yang intinya akan menghantarkan Qi atau membuat udara mengalir bebas dan menyebar ke seluruh ruang. Posisi pintu dan jendela apabila ditata dengan benar akan memompa atau mendorong Qi untuk mengalir, tumbuh, dan bertahan lama di dalam rumah.

LOKASI RUMAH YANG HARUS DIHINDARI MENURUT FENG SHUI
Pemahaman ilmu dalam feng shui tempat tinggal (Yang Zhai Feng Shui), terdapat beberapa pedoman umum yang harus Anda ketahui sebelum membeli rumah maupun membeli lahan kosong untuk dibangun sebuah rumah. Salah satu pedoman tersebut adalah lokasi.
Menurut ahli feng shui Aries Harijanto, dalam memilih lokasi rumah selalu carilah sebuah "perlindungan". Artinya, pada lokasi tersebut terdapat bangunan yang ada di sektor kanan, kiri, belakang dan depan.
Secara teori sektor kanan-kiri adalah simbol konstelasi bintang Harimau Putih (Bai Hu) dan Naga Hijau (Qing Long) yang memengaruhi kekuasaan seseorang. Sektor belakang melambangkan konstelasi kura-kura hitam (Xuan Wu) yang memengaruhi dukungan atau bantuan, dan sektor depan melambangkan burung Phoenix (Zhu Que) yang memengaruhi promosi atau nama baik.
Selain itu, jika Anda ingin membeli atau membangun rumah, terdapat lokasi yang harus dihindari. Apa yang perlu sanagt diperhatikan secara seksama ?
1. Daerah pegunungan yang kering vegetasi tanaman
2. Daerah sering terjadi gempa bumi
3. Tanahnya adalah tanah lembab atau tanah gerak yang dulunya bekas sebuah rawa
4. Lokasi rumah lebih rendah daripada jalan utama atau jalan raya ataupun jalan yang paling 
    dekat dengan lokasi rumah yang bersangkutan
5. Rumah tetangga depan lokasinya terlalu atau agak berdekatan dengan rumah yang 
     bersangkutan
6. Daerah pertambangan
7. Tanahnya keras dan berbatu
8. Dekat dengan instalasi listrik tegangan tinggi
9. Tanah tersebut dulunya bekas tanah pemakaman
10. Lokasi rumah yang dekat dengan tempat ibadah atau rumah potong hewan Aries mengatakan, bentuk bangunan yang ideal adalah yang memiliki proteksi dari keempat sisi, yaitu sebelah kiri dan kanan rumah, serta bagian belakang dan depan rumah. Keempat sisi ini bisa mewakili bangunan modern.
Menurutnya, keempat sisi tersebut harus ada, tetapi jangan terlalu besar dan tinggi bentuk bangunannya terutama untuk bagian depan rumah seyogianya cukup dalam bentuk gundukan tanah dengan kondisi yang lapang dan terutama terdapat aliran air yang datang dan pergi.


FENGSHUI LETAK PINTU UTAMA RUMAH
Tata Ruang Berdasarkan Feng Sui. Sebagai rujukan, menurut fengsui tata ruang, pintu utama atau pintu depan dari sebuah rumah adalah unsur paling penting. Hal itu kerap diistilahkan sebagai kou atau mulut ruang hidup.
Pemilihan posisi dan bahan pintu yang tepat diyakini dapat membantu penghuni rumah mengalami kedamaian, nyaman, sehat jasmani dan rohani, serta peruntungan yang baik. Beberapa pakar fengsui mengatakan, bahan pintu sebaiknya dibuat dari kayu solid. Desainnya pun harus disesuaikan dengan sudut tempat pintu itu berada, demikian juga warnanya.
Para pakar juga menyarankan untuk memoles pintu dengan warna cokelat, khususnya jika letak pintu menghadap timur atau tenggara. Adapun pilihan warna putih bisa diaplikasikan untuk pintu menghadap barat atau barat laut, sementara maroon (merah tua) untuk yang menghadap selatan, hitam untuk posisi ke arah utara, serta krem untuk pintu menghadap barat daya atau timur laut.
Untuk memperoleh keselarasan tersebut, perlu ada energi chi yang baik. Chi akan memengaruhi kehidupan penghuni rumah.
Energi chi yang baik bisa dihadirkan lewat penataan pintu. Misalnya, daun pintu harus terbuka arah dalam dan jangan mengarah ke ruang yang sesak, melainkan membuka ke arah ruang besar dan lega, Ini dimaksudkan agar chi bisa bebas masuk. Fengshui tata letak pintu depan rumah ruangan utama.

FENG SHUI INTERIOR PINTU UTAMA
Dalam ilmu Feng Shui ada 3 hal paling utama yang harus diperhatikan ketika kita menganalisa kondisi interior rumah, yaitu:
1. Pintu Utama,
2. Dapur dan,
3. Kamar Tidur.
Ada sebuah ungkapan Feng Shui yang mengatakan, “Guan Sha Er Fang Wu Zhang Ai Guang Ming Zheng Da Wang Men Ting”, yang artinya adalah jika posisi pintu utama (eksterior) tidak terdapat obyek negatif yang menimbulkan ‘Sha Qi’ seperti pola jalan, pola sungai, bangunan tetangga, dll dan bentuk pintu utama (interior) cukup lapang, tampak kokoh, dan nyaman untuk dipandang maka rumah tersebut bisa dibilang sebagai rumah yang bagus.
Dalam ilmu Feng Shui, posisi pintu utama mempengaruhi 50% baik-buruknya sebuah rumah. Mengapa? Karena pintu utama dianggap sebagai mulut rumah atau ‘Qi Kou’. Tipe energi atau ‘Qi’ yang dibawa masuk ke dalam rumah disebarkan melalui pintu dan selanjutnya mempengaruhi kesehatan dan keberuntungan keluarga. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui tipe energi apa atau ‘gizi’ yang dibawa melalui pintu ke dalam rumah. Energi yang dibawa ke dalam rumah hendaknya adalah energi positif atau ‘Yang Qi’ dan bukan energi negatif atau ‘Yin Qi’.
Oleh sebab itu, tujuan utama dalam analisa Feng Shui Interior Pintu Utama adalah memastikan tidak ada obyek (secara eksterior maupun interior) dan tata letak ruangan yang menyebabkan energi positif atau ‘Sheng Qi’ tidak dapat masuk atau terhalangi ketika masuk melalui pintu utama. Sebaik apapun arah hadap pintu utama Anda, jikalau kondisi pintu utama Anda ‘dirusak’ oleh obyek sekitar pintu entah dari luar (eksterior) maupun dari dalam (interior) maka Anda tidak bisa mengharapkan efek Feng Shui yang optimal. Sebaliknya jika arah hadap pintu utama Anda kurang begitu baik, namun kondisi bentuk eksterior maupun interior pintu tidak ada masalah maka bisa mengurangi efek negatif tersebut.
Ada 2 metode untuk menganalisa Feng Shui Pintu Utama, yaitu:
1. Feng Shui Eksterior Pintu Utama, yaitu dengan mengevaluasi kondisi dan situasi sekitar pintu utama dengan menghadap ke luar bangunan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan berdiri tepat di depan pintu utama dan melihat keluar apakah terdapat obyek-obyek tertentu yang melanggar pedoman Feng Shui. Hal ini akan kami bahas lengkap di artikel Pedoman Feng Shui Eksterior:

FENG SHUI EKSTERIOR PINTU UTAMA
2. Feng Shui Interior Pintu Utama, yaitu dengan mengevaluasi kondisi dan situasi dekat dengan pintu utama dengan menghadap ke dalam bangunan. Yang perlu Anda lakukan adalah berdiri di garis daun pintu dan lihatlah kedalam apakah terdapat obyek-obyek atau tata ruang yang melanggar pedoman Feng Shui.
Karena disini kita membahas Pedoman Feng Shui Interior, maka kita sekarang mengevaluasi pintu utama dengan menghadap ke dalam bangunan agar memastikan energi positif atau ‘Sheng Qi’ dapat terkumpul dan beredar bebas ke dalam ruangan.
Salah satu pelanggaran yang paling sering terjadi terhadap pengumpulan kekayaan keluarga adalah pemasangan cermin yang segaris dengan pintu utama. Mengapa cermin memiliki efek seperti ini? Karena cermin memiliki bahan dielektrik yang mampu memantulkan spektrum cahaya. Dalam ilmu Feng Shui, energi alam semesta yang disebut dengan ‘Qi’ merupakan bagian dari cahaya yang kasat mata, sehingga kehadiran cermin persis di depan pintu utama akan menghalangi atau mengurangi efek energi yang masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, tidak heran jika energi yang dipantulkan kembali oleh kehadiran cermin diibaratkan seperti energi positif yang mewakili keberuntungan penghuni tidak dapat terkumpul. Perbaikan untuk kasus seperti ini adalah cukup memindahkan posisi cermin agar tidak segaris lurus dengan pintu.
Pengaturan lain yang ‘mengeringkan’ penghasilan keluarga adalah ketika pintu depan membuka ke arah jendela atau segaris lurus dengan pintu bagian belakang rumah dalam jarang kurang dari 10 meter. Tata letak ruangan seperti ini menghalangi energi ‘Qi’ bersirkulasi ke tiap ruangan rumah, mengingat energi ‘Qi’ tersebut tidak memiliki kesempatan untuk berputar dan menyebar ke seluruh bagian rumah. Tipe energi yang masuk langsung keluar dari rumah kita sebut dengan ‘Wu Qing’ atau energi yang tidak memiliki ‘perasaan’.
Solusi yang bisa dilakukan untuk kasus seperti ini adalah dengan sering menutup jendela atau pintu bagian belakang ketika pintu bagian depan dibuka, atau untuk kasus pintu depan yang segaris lurus dengan pintu belakang Anda bisa memasang kabinet atau rak yang bertindak sebagai partisi atau pembatas ruangan agar pintu bagian belakang seolah-olah tidak langsung tampak dari depan ketika masuk.
Kasus lain yang sering ditemui adalah energi negatif atau ‘Sha Qi’ yang dipancarkan oleh segi tiga atap tetangga melalui jendela ataupun pintu utama rumah. Obyek segi tiga atap tetangga yang terlihat dari jendela maupun pintu utama kita sebut dengan ‘Huo Xing Sha’ yang bisa mempengaruhi mental penghuni serta keharmonisan keluarga. Solusi yang tepat dalam kasus seperti ini adalah dengan memasang tirai di jendela atau sering menutup bilahnya.

FENG SHUI PINTU RUMAH
Penggunaan material dan letak pintu rumah tidaklah boleh sembarangan. Apalagi pintu masuk utama. Pintu masuk utama dipercayai berfungsi sebagai pelindung dari hal negatif yang datang dari luar. Pintu utama juga berperan dalam nasib baik atau buruk yang datang pada keluarga yang tinggal di dalamnya.
Selanjutnya kita melangkah lebih lanjut bagaimana peletakkan dan penggunaan material pintu yang sebaiknya berdasarkan Feng Shui.
1. Penggunaan material pintu masuk utama harus padat karena memberi perlindungan untuk
    rumah dan dapat menjauhkan chi yang kurang baik.
2. Ukuran pintu utama tidak boleh lebih kecil dari pintu-pintu lainnya yang ada di rumah tersebut
    karena bila pintu utama lebih kecil dari pintu lainnya ,menyatakan bahwa keluarga yang tinggal
   di rumah tersebut akan dimanfaatkan oleh orang lain.
3. Usahakan agar pintu utama tidak membuka ke ruang yang sempit, tapi ruang yang luas dan
    tidak gelap. Namun bila sudah terlanjur pintiu utama rumah menghadap ke area yang sempit,
   Anda dapat menempatkan cermin di dinding yang tidak langsung menghadap pintu utama.
4. Usahakan agar pintu utama Anda tidak langsung menghadap ke arah koridor yang lurus. Untuk
    mensiasatinya tempatkan pemisah seperti dinding lipat atau buffet untuk menghalangi energi
    buruk.
5. Selain itu, usahakan juga agar pintu utama tidak berhadapan langsung dengam pintu lainnya
    yang ada di dalam rumah. Efek negatifnya sama saja seperti pintu utama yang menghadap ke
    arah koridor yang lurus. Biasanya yang banyak terjadi, pintu utama berhadapan dengan pintu
    toilet, pintu kamar dengan pintu kamar, atau pintu kamar dengan pintu tiolet. Maka solusinya
    Anda dapat meletakan cermin di kedua pintu yang berhadapan tersebut, atau merenovasi
    dengan mengubah posisi salah satu pintu. Tapi bila posisi salah satu pintu tidak dapat
    dipindahkan dan tidak  ada tempat yang cukup, maka tempatkan pemisah yang kokoh,
    terutama untuk kasus pintu utama yang berhadapan langsung dengan pintu toilet.
6. Pintu masuk yang membuka ke dapur dapat membuat keberuntungan keluarga akan tersapu,
    dan akan ada persaingan serta banyak keributan.
7. Perhatikan juga letak toilet yang berada di lantai 2. Jangan sampai toilet tersebut berada di
    atas pintu utama rumah, karena dapat berdampak buruk.  Energi negatif dari toilet di lantai
    atas mengalir ke bawah dan dapat menyebabkan gangguan serius pada pintu dan membawa
    nasih buruk pada penghuninya. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mengubah tata
    letak ruang rumah anda terutama pastikan agar di atas pintu utama tidak ada toilet.

FENG SHUI UNTUK JENDELA
Mata adalah jendela bagi hati dan jiwa, apa yang manusia lihat melalui sepasang mata akan bereaksi secara internal dengan tubuh dan jiwa, manusia merasakan cinta melalui pandangan mata yang terkadang terjadi instant pada pandangan pertama, segala hasrat dan keinginan akan benda dan materi pun umumnya hadir pertama kalinya melalui kesan visual. Sehubungan dengan hal tersebut, ada hal sederhana yang perlu diketahui mengenai jendela-jendela pada sebuah rumah...
Jendela pun bagaikan mata bagi sebuah rumah, khususnya bagi manusia yang tinggal di dalamnya, jendela bagaikan sebuah bingkai dari pemandangan dari kondisi yang dapat dilihat melaluinya. Idealnya, bingkai jendela tersebut mampu menampilkan 'lukisan' ataupun citra yang serba indah, rapi, enak dipandang, dan memberikan perasaan yang positif. Katakan saja ada sebuah rumah di pedesaan dimana sisi sebelah kanan dari rumah tersebut terdapat jendela yang menampilkan lahan persawahan hijau nan menyegarkan jiwa dan pegunungan yang membentang luas, dengan adanya aktivitas para petani yang berangkat kerja dengan ritme kedamaian yang menenangkan jiwa, tentu saja hal ini memberikan pengaruh positif bagi setiap penghuni yang mendiami rumah tersebut.

Namun apa jadinya bagi mereka yang hidup di kota yang dipenuhi hiruk pikuk kesibukan orang-orang di jalan yang dipadati oleh kendaraan serba semrawut dan kemacetan nan membuat frustrasi, belum lagi bangunan tingkat yang sudut jendelanya menampilkan dinding belakang rumah tetangga yang tidak tertata dengan baik, terhalang oleh atap tetangga sebelah, atau bahkan menampilkan 'pemandangan' dari lokasi yang serba 'dingin' semisal tempat pembuangan sampah, kantor polisi, rumah sakit, dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi masalah, karena pemandangan jendela yang negatif tidaklah menunjang bagi kemakmuran dan energi positif. Terlebih lagi bila melalui jendela tersebut hadir bebauan dan aroma tidak sedap, misalnya saja bau tak sedap dari aliran sungai yang dipenuhi sampah, pembuangan sampah yang menggunung, dan lain sebagainya, maka akan lebih baik bila jendela tersebut tidak dibuka dan bahkan dipindahkan posisinya ke area yang lebih menguntungkan.

Setelah diketahuinya hal ini, maka kita sadari bahwa dalam pemilihan dan pembangunan sebuah rumah perlu diperhatikan banyak hal: mulai dari tahun kelahiran para calon penghuni rumah (terutama kepala keluarga), arah dan sektor keberuntungan yang dipilih untuk menempatkan ruang-ruang inti dan pintu masuk, kondisi sekitar rumah yang mencakup tetangga kanan-kiri depan-belakang dan diagonal, environment lingkungan semisal arah aliran sungai dan jalan, pegunungan dan perbukitan, dan sebagainya, terutama perlu diketahui siklus tahunan dimana terjadi pantangan untuk terjadinya proses pembangunan ataupun renovasi yang akan mengusik energi tahunan dan memberikan pengaruh tidak baik bagi sebuah rumah/lahan.

FENG SHUI TATA RUANG TAMU
Istilah feng shui mungkin sudah terdengar familiar bagi Anda, namun apakah Anda sudah pernah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari? Feng shui adalah sistem estetik Cina kuno yang mempercayai hukum surga atau langit (astronomi) dan bumi (geografi) untuk membantu seseorang memperoleh “Chi” positif dalam hidupnya. “Chi” tidak lain adalah “energi” atau semangat hidup seseorang.
Mengapa penerapan feng shui di rumah terutama di ruang tamu menjadi penting? Ruang tamu yang juga difungsikan sebagai ruang keluarga adalah tempat untuk menerima tamu yang mewakili kesempatan-kesempatan baru, sekaligus sebagai tempat seluruh keluarga berkumpul dan bercengkrama. Karena itu, feng shui yang baik di ruang tamu dipercaya dapat meningkatkan kerukunan, kemakmuran dan sukses bagi seluruh keluarga.

Satu hal yang perlu diingat dalam mengatur feng shui untuk rumah, sebuah rumah umumnya dibagi menjadi 8 titik kunci yaitu Karir, Ilmu, Keluarga, Kekayaan, Kekuasaan, Pernikahan, Reputasi, dan Pertemanan. Jagalah agar tidak ada titik dengan “Chi” yang berantakan, karena ini akan berpengaruh pada aspek kehidupan yang diwakilinya.
Saat seseorang memasuki sebuah ruangan, Kekuasaan berada tepat di depannya, Reputasi di sisi kanannya, Keluarga di sisi kirinya, Pertemanan di sudut kanan depannya, Pernikahan di sudut belakang kanannya, Pengetahuan di sudut kiri depan, Kekayaan di sudut belakang kirinya, dan Karir tepat di sisi kanan pintu masuk.

Setelah itu mulailah dengan beberapa hal dasar seperti pengaturan ruang, furnitur, pencahayaan dan akseori ruangan lainnya. Keempat hal ini saling berhubungan, contohnya saja posisi furnitur yang harus menghadap pintu masuk agar dapat langsung melihat siapa saja yang memasuki ruangan. Penempatan kursi dan meja juga agar membentuk oktagon atau lingkaran. Usahakan juga agar furnitur tidak diletakkan menghalangi pintu masuk atau jendela karena akan menghambat flow energi di dalam ruangan.
Hindari adanya area yang gelap dalam ruang tamu yang dapat menghalangi arus Chi yang mengantarkan keberuntungan, keharmonisan dan kedamaian. Pasanglah lampu-lampu dan pot tanaman segar di sudut-sudut ruangan yang gelap. Jika tanaman mengering, segera ganti tanaman baru yang segar.

Ada beberapa ‘benda wajib’ feng shui yang juga dapat kita gunakan untuk mengoptimalkan Chi dalam ruang tamu, seperti:
•  Cermin. Cermin dapat digunakan untuk menyebarkan cahaya ke area-area yang gelap, membuat ruangan tampak lebih luas dan lega, juga merefleksikan bayangan pintu hingga dapat terlihat dari sisi tertentu. Namun pastikan agar cermin tidak menghadap toilet atau tangga atau menghadap langsung ke pintu masuk.
•  Untuk mereka yang percaya dewa-dewa, Fuk Luk Sau, patung tiga dewa yang melambangkan kebahagiaan, kemakmuran dan umur panjang. Letakkan patung ini di meja tinggi dan tempatkan meja di depan dinding dengan ketinggian sama dengan pandangan mata.
•  Pergerakan ikan di dalam akuarium dipercaya membawa Chi baik, karena itu idealnya, letakkan akuarium kecil berisi sepasang ikan mas dalam ruangan Anda.
•  Lonceng dalam feng shui melambangkan kesehatan dan harmoni dalam keluarga, menarik kemakmuran dan teman-teman baik.
•  Gunakan Ba Gua, yaitu peta dengan 8 arah yang menunjukkan 8 aspek penting kehidupan seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk mendekor ruang tamu Anda sesuai dengan hasil yang Anda inginkan.
Apapun yang Anda rencanakan untuk ruang tamu Anda, ingatlah bahwa inti dari feng shui adalah keseimbangan Yin dan Yang. Seimbangkan penggunaan elemen tinggi dan rendah, horizontal dan vertikal, serta elemen keras dan lunak dalam benda-benda di ruang tamu Anda.

RUANG KELUARGA KRONOLOGI FENG SHUI
Menurut budaya China, tata letak rumah dan ruang akan menguntungkan jika sheng chi dapat masuk dengan ringan dan mengalir dari satu ruang ke ruangan lainnya. Dengan tata letak yang baik, dapat dipastikan 70 persen rumah memiliki feng shui yang juga baik.
Lantas, bagaimana dengan penataan tiap ruangan di rumah Anda? Apakah di tiap ruangan mampu mengalirkan chi ke ruangan lain, serta membawa keharmonisan bagi seluruh anggota keluarga?

Prinsip-prinsip dasar tata letak ruang berdasarkan feng shui :
- Bila terbuka, sebaiknya pintu utama tidak menghadap ke tempat yang sempit atau menghadap langsung ke kamar mandi, jendela, tangga, pilar, sudut dan kaca.
- Ruang tamu hendaknya berada setengah di luar rumah. Alangkah lebih baik jika berada di dekat pintu utama dibandingkan pintu belakang.
- Sebaiknya ruang makan dan ruang keluarga berada di tengah-tengah rumah. Ini membuat ruang keluarga terasa lebih harmonis.
- Dapur sebaiknya berada setengah di dalam rumah, juga lebih baik jika berada di dekat pintu belakang dibandingkan pintu depan.
- Kamar mandi sebaiknya berukuran kecil dan tertutup pintunya setiap waktu. Pintu kamar mandi tidak menghadap langsung pintu lainnya, juga tangga, tempat tidur dan meja makan. Kamar mandi tidak terletak di barat laut dan tenggara dari suatu rumah.
- Jika rumah memiliki beberapa tingkat, area ruang makan seharusnya berada di tingkat paling tinggi dari ruang tamu, sedangkan area kamar tidur berada pada tingkat lebih tinggi.
- Rumah bertingkat boleh saja, namun bila membagi rumah tidak seimbang akan menyebabkan banyak kehilangan uang. Lain halnya dengan lantai bertingkat yang dipisah dengan lantai mezanin. Dari sisi perspektif feng shui, lantai mezanin dianggap tidak menguntungkan. Lantai jenis ini dianjurkan untuk ruangan yang tidak berfondasi.
- Jangan sampai ada koridor panjang di dalam rumah karena akan membentuk panah beracun. Hal ini akan memunculkan perselisihan dan salah pengertian di dalam rumah.
- Semua struktur menonjol dan palang sebaiknya rata dengan dinding rumah. Palang menonjol dan sudut akan menciptakan shar chi yang sangat kuat.

FENG SHUI DAPUR 1
Dalam Feng Shui, dapur merupakan faktor paling penting kedua yang mempengaruhi keberuntungan keluarga. Mengapa? Karena dapur adalah tempat dimana makanan yang kita masak berada. Jika bentuk tata ruangan dapur salah, maka akan menimbulkan energi negatif atau ‘Sha Qi’ dimana akan mempengaruhi makanan yang kita makan. Oleh karena itu, dapur adalah tempat dimana keberuntungan keluarga khususnya dalam hal kesehatan berada. Ketika kita membicarakan dapur maka tak terlepas dengan posisi kompor, mengingat kompor adalah alat utama yang dipakai dalam memasak makanan. Oleh sebab itu, selain memperhatikan tata ruangan dapur seyogyanya juga memastikan bahwa posisi kompor berada pada penempatan yang baik.
Dalam filosofi Tiongkok, kesehatan adalah faktor utama yang harus diperhatikan oleh tiap orang. Mengapa? Karena dengan memiliki tubuh yang sehat (kuat) maka otomatis seseorang dapat lebih ulet dalam menyukseskan usahanya. Oleh sebab itu, posisi kompor sering juga diasosiasikan dengan kekayaan seseorang, dan tidak disarankan mempunyai kompor yang terlihat dari pintu utama depan, karena bila pintu utama depan membuka ke arah kompor, maka energi ‘Qi’ yang datang dari luar akan memukul kompor sehingga merusak kestabilan atau keberuntungan seseorang.

Kasus lain yang lebih buruk adalah bila ada 2 pintu atau lebih yang sejajar dengan kompor. Mengapa? Karena setiap pintu bertindak sebagai pompa yang menarik masuk sebuah energi ‘Qi’, dan 2 pintu atau lebih yang diletakkan secara berurutan sama seperti 2 pompa yang dirangkaikan secara berseri sehingga menghasilkan tekanan yang cukup kuat.

Dalam mencapai kemakmuran, seseorang memerlukan dukungan dari orang lain. Kompor yang tanpa sandaran atau pendukung berarti tidak memiliki teman penolong atau ‘Gui Ren’ dalam bisnis. Jendela dalam Feng Shui dianggap kosong, oleh sebab itu kompor yang berada di depan jendela dianggap tidak memberi dukungan dan hal ini bisa berakibat nyata pada kehidupan bisnis seseorang.
Kasus yang lebih buruk terjadi, ketika di belakang kompor tidak hanya terdapat jendela namun adanya tangki air yang segaris lurus dengan posisi kompor tersebut. Dalam Feng Shui, posisi air (tangki air) yang berhadapan dengan posisi api (kompor) kita sebut dengan ‘Shui Huo Xiang Chong’ dan dapat mempengaruhi keharmonisan keluarga, khususnya antara suami dan istri.

Kasus yang sama juga terjadi ketika, posisi kompor yang saling berseberangan dengan posisi keran air. Energi ‘Qi’ air dari keran dan energi ‘Qi’ api dari kompor adalah 2 unsur yang berbeda dan saling bertentangan. Energi yang bertentangan ini bisa mempengaruhi kesehatan penghuni khususnya dalam emosi atau temperamen seseorang yang sering menggunakan (untuk memasak) kompor ini. Jika istri yang sering menggunakannya, maka dapat mempengaruhi temperamen dia yang labil dan berpengaruh pada pertengkaran yang terjadi tentang hal-hal kecil. Dan tentu saja, ini bisa mempengaruhi keharmonsian keluarga dalam jangka panjang. Lantas, bagaimana jika posisi kompor tersebut sejajar dengan keran air? Jika posisi keran air tersebut kurang dari 1 meter maka bisa menimbulkan akibat yang sama namun jika posisinya lebih dari 1 meter maka tidak perlu dikhawatirkan! Namun bila posisi di seberang kompor hanyalah kulkas ataupun mesin cuci, maka hal ini tidak akan mempengaruhi apa-apa pada kehidupan Anda karena ini hanyalah sebuah mitos yang berkembang dalam masyarakat untuk melarangnya.

FENG SHUI DAPUR 2
Sangat penting. Pelajari dengan hati-hati
Dapur adalah salah satu komponen mayor dan selalu ada dalam satu rumah. Dalam rumah modern terkadang ada 2 dapur. 1 dapur utama dan 1 dapur berfungsi sebagai mini bar yang terletak di dalam ruang tertentu. Sebagai komponen estetika desain arsitektur. Namun dari pertimbangan feng shui, tidak semua tempat di dalam rumah boleh mempunyai unsur api. Karena akan mempengaruhi keseimbangan sektor yang mungkin kebetulan kontra dengan unsur api. Dan menimbulkan ketidakseimbangan yang mungkin berakibat fatal. Sehingga saya memasukkan dapur ini di Main Skill karena berpotensi menyebabkan masalah mayor  kepada suatu keluarga, seperti:
- Kesulitan keuangan,
- Ketidak mampuan mempunyai anak
- Kehilangan penghormatan terhadap keluarga secara keseluruhan
- Ketidak harmonisan keluarga dan rumah tangga, dll.

Jadi pertimbangkanlah dapur ini dalam desain bangunan rumah karena dapur adalah pencetus banyak problem mayor atas keberadaannya di dalam bangunan rumah. Tak ada satupun naskah feng shui menyatakan dapur adalah aman.
Feng shui berkesan membatasi penggunaan tata ruang dengan beberapa tingkatan materinya. Inilah kerumitan praktek feng shui pada awalnya. Namun dengan adanya siklus 5 unsur, larangan-larangan tersebut adalah warning dasar saja. Karena akan selalu bisa diseimbangkan dengan konsep 5 unsur.
Sampai di sini tampak keterbatasan lokasi dapur terjadi karena keberuntungan explisit dari atribut 8 sektor disortir oleh Personal Feng shui yang mempunyai 4 sektor kemalangan sebagai lokasi dapur. Yang akhirnya menjadikan Personal feng shui seperti mempunyai keterbatasan pada praktek. Namun sesungguhnya kunci utama adalah bagaimana orientasi dari kompor, penanak nasi, kulkas atau semua yang termasuk unsur api diatur cara penempatannya sedemikian rupa sehingga memperoleh keberuntungan yang sama sebagaimana orientasi pintu utama dan penempatan lokasi kamar tidur di 4 sektor keberuntungan.
Dalam praktek terkadang ada hal yang sangat mendasar sebagai prioritas. Berikut adalah beberapa hal penting yang pernah diaplikasikan dalam menolong teman maupun klien dengan prosentase cukup besar berhasil dengan cara mengorientasikan posisi kedatangan sumber energi kompor dan penanak nasi.
Beberapa kiat untuk penataan dapur :
•  Hadapkan kompor, oven, penanak nasi listrik, atau microwave, ke salah satu arah
    keberuntungan.
•  Kompor jangan saling berhadapan dalam satu garis lurus atau bersebelahan dengan bak cuci,
    atau unsur air lainnya. Unsur api dan air adalah unsur yang bertentangan dan menimbulkan
    vibrasi tidak bagus.
•  Hindari pipa air (bersih/kotor) melintang di area kompor.
•  Tempat beras harus selalu tertutup dan jangan sampai pernah habis sama sekali. Cara ini
    merupakan upaya untuk mempertahankan energi yang sudah stabil.
•  Jangan memajang lukisan air.
•  Jangan memajang foto keluarga. Dapur memiliki energi yang sangat kuat dan mempengaruhi
    kondisi keluarga.
•  Jangan memajang lukisan binatang ganas.
•  Jangan meletakkan dapur di lokasi pusat rumah. Ini menjadi sumber malapetaka karena akan
    menyebar ke seluruh sektor.
•  Jangan memajang cermin di dapur.
•  Posisi kompor sebaiknya tidak berhadapan/berdekatan dengan pintu dapur. Hal tersebut akan
    mengakibatkan energi gerak pintu dapat mengganggu kestabilan unsur api kompor yang
    berkaitan dengan kondisi finansial penghuni rumah.
•  Posisi kompor jangan berada di bawah balok beton.
•  Dapur jangan berada di bawah toilet lantai 2.
•  Pintu dapur jangan berhadapan dengan toilet.
•  Pastikan kompor berfungsi dengan baik dan selalu bersih, karena itu merupakan indikator
    keuangan anda.
•  Hindari pemakaian material batu marmer atau sejenisnya untuk meja dapur (khususnya area
    kompor). Pemakaian material keramik menjadi lebih baik karena mendukung energi tanah
    yang mana berguna untuk meningkatkan energi bumi untuk setiap yang dimakan dan memberi
    energi kekayaan.
•   Hindari peletakan area dapur di sektor utara rumah. Sektor utara pada kompas atau arah
     mata angin adalah tempat kedudukan unsur air.
Beberapa posisi tabu yang berkaitan dengan dapur :
•  Kamar tidur sebaiknya TIDAK bersebelahan atau berada di atas area dapur, terutama posisi tempat tidur yang sangat tidak disarankan bila berada persis di atas kompor lantai bawah. Untuk yang sudah berpasangan pastinya akan mengganggu keharmonisan rumah tangga. Bagi yang belum berpasangan akan sulit mendapatkan pendamping karena cenderung memiliki emosi yang tidak stabil.
•  Ruang keluarga juga tidak disarankan berada di atas area dapur. Unsur api sangat kuat yang dihasilkan oleh kompor akan menggangu keharmonisan keluarga.
•  Meja dapur atau pantry TIDAK disarankan berada di bawah atau berdampingan dengan tangga. Ibaratnya, hasil usaha kita yang seharusnya bermanfaat menjadi tidak bermanfaat akibat gerakan injakan langkah kaki saat menaiki tangga. Secara logika, kotoran atau debu yang dihasilkan akan sangat mudah masuk ke dalam makanan, sehingga banyak terjangkit kuman penyakit.
Tidak sedikit orang yang enggan menyentuh dapur, bahkan dapur sering menjadi bagian yang terabaikan. Marilah kita mulai memberi perhatian kepada dapur kita tanpa melihat ukuran besar atau kecilnya. Gunakanlah penerangan yang cukup untuk dapur Anda dan bersihkanlah segera makanan yang telah kadaluarsa ataupun sisa-sisa makanan. Pajanglah bunga segar dan buah segar sebagai simbol kemakmuran di area dapur Anda, baik dapur besar maupun kecil sebagai titik kemakmuran, kestabilan finansial dan ”jantung” rumah. Jika rumah diibaratkan sebagai “tubuh”, apakah yang akan terjadi bila jantung tidak berfungsi dengan baik?

FENG SHUI LETAK KOMPOR
Kompor Jangan Terlihat dari Pintu Masuk
Dapur, menurut Feng Shui, identik dengan bagian perut dari tubuh manusia, yang letaknya harus tersembunyi agar tidak menimbulkan problem.
Memang benar, ada aturan didalam Feng Shui bahwa kompor jangan sampai telihat dari pintu masuk. Penjelasan yang lebih rinci lagi yaitu, kompor-baik yang ada di dapur maupun yang diletakkan di ruang makan-sebaiknya jangan terlihat dari ruang tamu. Jadi yang dijadikan perhitungan adalah bukan kompor yang letaknya sebaris dengan pintu masuk, tetapi pandangan yang dihasilkan dari ruang tamu, khususnya pada bagian pintu masuk.
Komposisi ini memang memiliki nilai yang buruk dalam Feng Shui, sebab dapat menimbulkan beberapa dampak berikut ini.
• Kemerosotan rezeki
• Rasa iri yang besar dari pihak luar
• Amarah yang mengakibatkan hubungan suami istri tidak harmonis
• Berbagai godaan atau penyelewengan
Kompor merupakan elemen Api yang diartikan sebagai bentuk semangat dari kehidupan penghuni. Sementara ruang dapur identik dengan bagian perut dari tubuh manusia, yang letaknya harus tersembunyi agar tidak menimbulkan problem, baik dari dalam maupun luar rumah.
Demikian pula dengan perapian yang diletakkan di ruang tamu, yang biasanya ada dirumah-rumah daerah Barat yang mengalami empat musim. Menurut Feng Shui tidak baik kalau perapian diletakkan di ruang tamu dan langsung terlihat dari pintu masuk. Ini karena perapian identik dengan kompor yang menyalakan api.
Rumah tropis sebaiknya tidak membuat perapian di ruang tamu, karena akan menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan, biarpun perapian yang dimaksud hanya sebagai dekorasi saja. Sebab, bentuk ini sudah mewakili “kompor yang terlihat dari pintu masuk”.
Jadi, kalau mendesain interior dapur, pantry (dapur kering), maupun perapian di ruang keluarga, sebaiknya tidak terlihat dari pintu masuk. Dengan demikan pengaruh buruk bias dihindarkan.
Kalau sudah terlanjur memiliki desain rumah dengan komposisi dapur terlihat dari ruang tamu, ada dua cara pembetulannya.
• Apabila kompor ada ri ruang dalam rumah, sebaiknya dibuatkan penyekat yang letaknya di ruang tamu atau koridor ruang dalam rumah, agar kompor tidak terlihat. Penyekat ini bias berupa partisi atau lemari yang massif, atau bias juga dari tirai/gorden.
• Bila di ruang tamu ada perapian, sebaiknya perapian dipindahkan dan ditiadakan, karena pengaruh buruk akan berlaku.
Lalu bagaimana dengan villa yang ada di daerah pegunungan? Selama bangunan tersebut hanya berfungsi sebagai tempat peristirahatan dan tidak dijadikan rumah tinggal tetap, perapian atau kompor terlihat dari ruang tamu masih bias ditoleransi. Tetapi alangkah baiknya kalau bias diatur dengan menggunakan konsep yang lebih benar dan tepat.

LETAK KAMAR MANDI DALAM FENG SHUI
Tiga bagian terpenting dari sebuah bangunan menurut ilmu fengsui adalah pintu utama, kamar tidur, dan dapur. Pintu utama sebagai akses masuk energi ke dalam rumah.
Kualitas energi yang masuk ke dalam rumah ditentukan oleh kualitas dari sektor dan arah hadap letak pintu utama tersebut. Sementara kamar tidur, sebagai tempat penghuni rumah menghabiskan cukup banyak waktu dan diam atau istirahat (tidur) menjadikan energi yang ada dalam ruangan tersebut berpengaruh besar terhadap penghuni rumah.
Adapun dapur merupakan sumber energi dari dalam rumah, karena kompor atau tungku terletak di sini. Jika letak dapur dan kompor salah, maka dampak buruk yang ditimbulkan cukup kuat terhadap penghuni bangunan tersebut. Lantas, bagaimana dengan tata letak kamar mandi?
Meski tidak termasuk dalam tiga bagian terpenting dari sebuah bangunan menurut ilmu fengsui, kamar mandi tetaplah perlu diperhatikan.
Beberapa catatan penting terkait dengan penataan kamar mandi menurut fengsui bentuk meliputi sebagai berikut:
1. Kamar mandi tidak terletak di sektor tengah bangunan.
2. Lubang kloset tidak boleh mengarah langsung ke pintu kamar mandi. Pemahaman yang banyak
    ditemukan dalam masyarakat luas, lubang kloset tidak boleh mengarah ke jalan (bagian depan
    rumah). Hal ini sangat tidak benar.
3. Kamar mandi boleh diletakkan di bawah tangga, sejauh terdapat ventilasi yang cukup.
4. Hindari posisi pintu kamar mandi berhadapan langsung dengan tempat tidur dan dapur.
5. Meski terdengar klise, perlu diperhatikan kebersihan dari kamar mandi. Banyak orang menyadarinya, tapi menyepelekan hal tersebut. Bau tidak sedap dari kamar mandi akan merusak energi di sekitarnya.
Namun, jika menggunakan pendekatan San Yuan Fengsui, peletakan kamar mandi yang tepat baru dapat dilakukan setelah mengetahui arah hadap bangunan secara tepat (berapa derajat) dan tahun pembangunan bangunan tersebut. Karena dari kedua data tersebut, dapat ditentukan peta energi sebuah bangunan.
Pada prinsipnya, kamar mandi diletakkan pada sektor dimana energinya jelek. Mengapa? Karena seseorang berada di dalam kamar mandi hanya sebentar atau dalam waktu singkat. Hal ini berbeda dengan kamar tidur sehingga energi yang buruk tersebut kecil pengaruhnya terhadap penghuni rumah.

TAMAN DAN FENG SHUI-NYA
Penerapan feng shui taman di Indonesia belum sepopuler di Cina dan negara-negara Barat. Di Indonesia, filosofi taman dan tanaman cenderung terbatas pada etnis dan kepercayaan tertentu.
Di Jawa dikenal berbagai tanaman yang dijadikan simbol karena makna budaya, sementara di Bali ada prinsip nawa-sange (sembilan penjuru mata angin). Prinsip ini direalisasikan dengan menempatkan tanaman berwarna pada arah mata angin tertentu yang bermakna religius.
Feng shui taman, sebetulnya mirip dengan feng shui bangunan. Feng shui taman menuntun kita pada keselarasan energi bumi, angin, dan air, terhadap desain dan peletakan berbagai elemen taman. Hal ini dianjurkan agar tercapai keselarasan dan mengalirnya energi positif (chi) di lingkungan tempat tinggal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui pengaruh taman dan interaksinya dengan rumah Anda. Siapa tahu tidak hanya memperindah, tapi juga berpengaruh positif terhadap hidup Anda.

LETAK TAMAN
Ada tiga hal penting yang perlu diketahui, yaitu letak taman, jenis tanaman, dan material elemen taman. Letak taman dapat mempengaruhi harapan dan pencapaian keluarga penghuni rumah. Untuk meningkatkan chi-nya, selaraskan pilihan tanaman, warna dominan taman, dan bahan elemen taman. Berikut ini gambaran letak taman dan solusi feng shui.
Taman di Utara: Arah ini berpengaruh terhadap kreativitas, pengembangan, dan pertumbuhan personal. Warna yang dianjurkan adalah warna hitam/gelap, seperti tanaman puring (Codieaum variegatum) atau yang mendekati seperti ungu tua pada manggis (Garcinia mangostana). Elemen yang baik digunakan: air dalam bentuk kolam atau tanaman air dan logam untuk berbagai elemen taman. Elemen yang sebaiknya dihindari batu.
Taman di Timur Laut: Mempengaruhi pertumbuhan kebijaksanaan dan intelektualitas. Elemen taman yang dianjurkan berbahan batu.
aman di Timur: Merupakan area yang mempengaruhi kesehatan, penyegaran, peremajaan penghuni rumah, serta kehidupan berkeluarga. Warna yang dianjurkan adalah kuning seperti pada cabe hias (Capsicum anuum) dan tanaman buah, seperti jeruk lemon (Citrus sp.). Dianjurkan untuk menanam buah, sayur, dan tanaman obat-obatan tradisional. Elemen yang baik digunakan adalah berunsur kayu dan menghindari bahan logam.
Taman di Tenggara: Melambangkan kekayaan materi dan keberlimpahan. Elemen yang baik digunakan adalah kayu dan menghindari bahan logam.
Taman di Selatan: Merupakan area yang mempengaruhi peluang baik, keinginan, penghargaan, hasil pencapaian, dan kebahagiaan para penghuni rumah. Warna yang dianjurkan adalah merah seperti pada mawar merah (Rosa sp.) dan soka merah (Ixora sp.) Elemen yang baik adalah yang berunsur api, seperti untuk barbeque atau pencahayaan dekoratif. Sebaiknya hindari penggunaan elemen air.
Taman di Barat Daya: Mempengaruhi keadaan perkawinan dan keharmonisan keluarga, juga melambangkan kasih seorang ibu. Gunakan elemen berbahan batu dan hindari elemen kayu. Tanaman yang disarankan adalah yang berbunga merah muda, seperti bunga mentega (Nerium oleander) dan azalea pink (Rhododendron sp.).
Taman di Barat: Tempat yang baik untuk aktivitas anak karena berpengaruh besar kepada kreativitasnya. Baik juga untuk bersosialisasi dan menghibur tamu Anda. Elemen yang baik digunakan adalah logam. Hindari unsur api. Warna yang dianjurkan adalah putih, seperti melati (Jasmimum sp.) atau kacapiring (Gardenia sp.).
Taman di Barat Laut: Mempengaruhi keadaan usaha pemilik rumah dan perjalanan. Area ini melambangkan dukungan dan bimbingan seorang ayah. Elemen yang baik digunakan adalah logam. Hindari unsur api. Tanaman yang disarankan adalah melati (Jasminum sp.)

MEMILIH TANAMAN
Pada dasarnya, tanaman berbunga dan berbuah (yang dapat dimakan) banyak memiliki manfaat. Menurut feng shui, jenis tanaman yang demikian merupakan simbol pembawa berkah, selama penempatannya selaras dengan kaidah feng shui. Oleh karena itu, tanaman jenis ini sangat dianjurkan ditanam pada taman. Agar selalu memancarkan chi positif, tanaman harus terpelihara baik. Tanaman yang layu atau mati sebaiknya tidak dibiarkan. Selain mengundang energi negatif, tanaman tersebut dapat menjadi inang serangga yang membawa penyakit, baik kepada manusia maupun tanaman di sekitarnya.
Dalam feng shui, penempatan tanaman dan pilihan jenisnya berpengaruh terhadap aliran chi. Untuk itu, sangat diajurkan menanam pohon pada sisi rumah yang berhadapan atau berseberangan dengan tempat-tempat yang berpotensi memancarkan energi negatif. Misalnya, antara sisi rumah yang berhadapan dengan rumah sakit dan kuburan. Di sisi lain, hindari menanam pohon di depan pintu karena dapat menghalangi pandangan dan chi masuk ke dalam rumah. Hindari juga menanam pohon terlalu dekat, bahkan sampai menyentuh bangunan rumah. Ini juga dapat menghambat chi, terlebih jika jenis pohonnya memiliki akar keras dan kuat.
Ada tanaman yang pantang ditanam di halaman rumah. Bugenvil (Baugenvillea sp.), misalnya. Bunga tanaman ini diyakini memberi efek hawa negatif yang memancing emosi. Demikian juga dengan kaktus serta tanaman lain yang berduri tajam. Yang lainnya adalah bonsai (pohon yang dikerdilkan). Tanaman ini dianggap membatasi energi yang mendorong pertumbuhan penghuni rumah.
Yang tak kalah penting adalah menentukan warna taman. Warna yang dimaksud umumnya merujuk pada warna yang diidentikkan oleh warna tanaman. Biasanya tergantung kepada warna bunga, buah, atau daun. Dalam membangun warna taman, kita tidak perlu menanam tanaman berwarna sama, misalnya serba putih atau serba kuning. Warna taman dapat dibangun dengan mengidentikkan warna tanaman yang dominan; tanaman yang berbunga paling besar dan paling banyak, atau jumlah tanaman paling banyak. Selain itu, warna taman boleh saja dihasilkan oleh tanaman yang tidak dominan, tapi menjadi focal point dari taman itu.
Aplikasi warna tanaman menurut feng shui, dapat dilakukan dengan menempatkan tanaman berwarna mengikuti panduan arah mata angin. Pada arah mata angin, selain empat mata angin besar dapat digunakan perpaduan warna kedua mata angin yang mengapitnya dan warna yang serasi dengan kedua warna tersebut. Misalnya, pada arah barat daya dapat ditanam tanaman berwarna putih, merah, dan pink. Sedangkan di timur laut yang berwarna hitam, kuning, dan biru dongker.
Taman adalah tempat bertemunya berbagai fungsi rileks dan santai pemiliknya. Kehadirannya melengkapi sebuah rumah induk, untuk menjadi penyeimbang kondisi fisik dan kejiwaan para penghuninya.
Tak heran, banyak kenangan manis sebuah keluarga terekam di taman. Beragam jalinan kisah suka dan duka pun seringkali terburai di sini. Ya, taman memang penebar suasana santai, rileks, serta akrab, yang mampu memecah segala kebekuan, kekakuan, serta menjauhi "formalitas" kehidupan sehari-hari keluarga.
Untuk itulah, fengsui taman berupaya menuntun kita pada keselarasan energi bumi, angin, serta air terhadap desain dan peletakan berbagai elemen pelengkap dan penghiasnya. Hal ini dianjurkan agar tercapai keselarasan dan mengalirnya energi positif (chi) di lingkungan tempat tinggal.
Tak ubahnya fengsui sebuah bangunan, adalah hal penting mengetahui pengaruh taman dan interaksinya dengan rumah Anda. Bahwa, taman bukan hanya tempat beristirahat, melainkan juga memberi pengaruh positif bagi hidup Anda dan keluarga.
Bagaimana fengsui meneropong keselarasan antara letak hadap sebuah taman dengan perkembangan fisik dan kejiwaan Anda dan keluarga?

Utara
- Letak taman pada arah ini akan memengaruhi kreativitas, pengembangan, serta pertumbuhan
  individu.
- Nuansa warna yang dianjurkannya cenderung gelap atau warna hitam seperti tanaman puring
  (Codieaum variegatum) atau ungu tua seperti pada buah manggis (Garcinia mangostana).
- Elemen yang baik digunakan adalah air dalam bentuk kolam atau tanaman air, serta logam
   untuk  berbagai elemen taman. Di arah ini, pemakaian elemen batu harap dihindarkan. 
Timur Laut
- Letaknya mempengaruhi perkembangan kebijaksanaan dan intelektualitas.
- Elemen taman yang dianjurkan berbahan batu, baik itu koral, marmer, batu buatan dan
  sebagainya.   
Timur
- Sapaan sinar mentari pagi akan memberi pengaruh kuat bagi kesehatan, kesegaran,
   peremajaan  penghuni rumah, serta kehidupan berkeluarga.
- Warna yang dianjurkan adalah kuning seperti cabe hias (Capsicumanuum) dan tanaman
   buah-buahan seperti jeruk lemon (Citrus sp).
- Tanaman yang baik di sini adalah buah, sayur, serta tanaman obat-obatan tradisional.
- Elemen yang baik digunakan di sini berasal dari unsur kayu dan hindari pemakaian bahan logam 
Tenggara
- Arah hadap ini menjadi perlambang kekayaan materi dan keberlimpahan.
- Elemen yang baik digunakan adalah kayu dan menghindari bahan logam. 
Selatan
- Posisi area akan memengaruhi peluang yang baik, keinginan, penghargaan, hasil pencapaian,
  serta kebahagiaan para penghuni rumah.
- Penggunaan warna merah sangat dianjurkan seperti mawar (Rosa sp.) atau soka merah (Ixora
   sp.)
- Elemen berunsur api seperti konsep barbeque atau pencahayaan dekoratif silahkan digunakan,
   sebaliknya elemen air tidak disarankan.
Barat Daya
- Arah hadap taman ini akan memengaruhi kondisi perkawinan dan keharmonisan keluarga,
  selain  taman di sini juga sebagai perlambang kasih seorang ibu.
- Elemen berbahan batu sangat dianjurkan, tetapi tidak untuk elemen kayu.
- Tanaman yang disarankan adalah tanaman berbunga merah muda seperti Bunga Mentega
   (Nerium oleander) atau Azalea Pink (Rhododendron sp.).   
Barat
- Posisinya baik dan cocok dijadikan aktivitas putera - puteri Anda, karena posisi ini berpengaruh
  besar pada perkembangan kreativitasnya. Arah ini juga baik digunakan sebagai sarana
   bersosialisasi dan menghibur tamu.
- Elemen yang cocok digunakan adalah bahan logam, sebaliknya unsur api harus dijauhkan.
- Warna putih dianjurkan sebagai nuansa warna di taman ini, seperti tanaman melati (Jasmimum
  sp.) atau Kacapiring (Gardenia sp.). 
Barat Laut
- Arah ini seolah simbol seorang ayah di mata keluarga, baik sebagai pendukung utama maupun
  sebagai pembimbing. Posisi hadapnya memengaruhi keadaan usaha Anda sebagai pemilik rumah
  dan perjalanan hidup Anda dan keluarga
- Elemen yang baik digunakan adalah logam, dan tetap menjauhi unsur-unsur api.
- Putih dan semerbak harum melati sangat dianjurkan di taman ini.

TERAS-PUN PERLU FENG SHUI
Teras. Itulah ruang yang pertama kali dilihat tamu yang berkunjung ke rumah kita. Maka, walau sering hanya menjadi tempat lintasan, teras perlu tampil apik.
Selanjutnya, mengacu kacamata ilmu keselarasan antara manusia dengan energi Bumi/alam alias fengsui, teras perlu pula diperhatikan. Itu agar energi yang mengalir ke rumah menguntungkan para penghuni.
Perhatikan beberapa point perihal fengsui untuk teras :
1. Perhatikanlah luas atap teras . Upayakan agar tak seluruh teras ataupun pekarangan ditutupi atap tersebut. Itu agar ada ventilasi dan penerangan yang pas. Imbas dari hal itu, energi yang mengalir ke dalam melalui pintu depan rumah, akan bagus.
2. Cermatlah dalam menempatkan akuarium di teras. Walau akuarium tersebut ada dengan tujuan mengalirkan keberuntungan, salah penempatan bisa melahirkan hal yang sebaliknya.
Ikan yang sering dipelihara di akuarium demi keberuntungan adalah 9 ekor ikan mas ataupun ikan koki. Nah, jangan tempatkan akuarium berisi ikan tersebut di sisi teras. Maklum, aliran energi chi yang akan masuk ke rumah bisa terhambat.
3. Selalu bersihkan teras rumah. Juga, atur dengan baik benda-benda di teras. Dengan demikian, energi positif mengalir lancar ke dalam rumah Anda.
4. Dalam fengsui klasik, dikenal adanya empat hewan pelindung (naga hijau, macan putih, beruang merah, dan kura-kura hitam). Nah, di teras, letakkanlah patung hewan tersebut di sebelah kiri teras—bila dilihat dari dalam rumah.
5. Di teras ataupun pekarangan, tanaman yang menguntungkan penghuni dan melambangkan hal ataupun harapan tertentu bisa Anda tempatkan. Misal: bambu yang dapat mendatangkan sheng chi.
6. Bila rumah Anda berada di tepi jalan besar nan ramai, tempatkan sebuah genta angin di pintu depan—yang tentu terletak di teras. Dengan demikian, chi yang mengalir terlalu deras ke dalam rumah bisa dipecah oleh genta tersebut.
Pun, chi nan stagnan bisa didinamiskan oleh genta angin.
7. Bila rumah Anda ada punya jalan mobil yang lurus/panjang dan sejajar dengan pintu utama di teras, chi yang masuk ke rumah juga bisa terlalu kencang. Genta angin yang dicantolkan di pintu depan bisa memecah chi tersebut.
8. Jagalah agar penerangan di teras selalu cukup. Maklum, bila gelap, energi positif yang akan masuk ke rumah bisa tersandung-sandung. Dalam hal ini, lampu dengan sinar berwarna putih adalah yang paling tepat.

FENG SHUI GARASI MOBIL
Setiap keluarga biasanya mempunyai motor atau mobil. Dalam feng shui siklus 5 unsur , mobil dan motor adalah unsur logam. Mobil dan motor ini adalah logam yang sangat aktif dan berbahaya kalau salah garasi. Atau menjadi aktifator yang sangat bagus kalau mempunyai lokasi yang tepat.
feng shui garasi
Dalam feng shui modern, mobil dan motor dikatakan adalah bentuk lain dari pada Macan, Anjing penjaga atau figur lain yang berarti penjagaan. Cara memarkir mobil atau motor di garase adalah menghadap ke jalan sehingga mobil ini akan memberi penjagaan extra untuk rumah. Sedang apabila mobil menghadap ke rumah ini berarti rumah sedang diancam oleh macan dan merupakan panah beracun yang sangat berbahaya.

Efek garase sesuai atribut 8 sektor
Garase di utara berefek kepada pekerjaan, karir dan perlindungan anggota keluarga.
Garase di selatan mempengaruhi nama baik dan gosip. Biasanya mobil sering mengalami kerusakan karena bertentangan dengan unsur api di selatan.
Garase di sektor timur akan mempengaruhi kesehatan keluarga terutama putra sulung.
Garase di sektor barat rumah akan mempengaruhi keberuntungan keluarga, kemampuan mempunyai anak, keberuntungan anak-anak dan generasi berikutnya.
Garase yang terletak di Tenggara merupakann lokasi yang buruk karena akan mempengaruhi keberuntungan kekayaan dan kemakmuran.
Garase terletak di barat daya akan mempengaruhi keberuntungan percintaan dan keharmonisan. Biasanya akan sulit mendapatkan jodoh bagi anggota keluarga yang belum mempunyai pasangan kalau mobilnya warna silver.
Garase di barat laut akan mempengaruhi keberuntungan kepala keluarga. Dan kalau ada kesalahan warna mobil akan sulit menemukan seseorang yang mau menolong di saat-saat perlu pertolongan. Juga sering menimbulkan kecelakaan kalau mobil warna hijau. Atau laki-laki mudah kecantol wanita lain kalau warna mobil adalah simbolisme dari unsur kayu.
Garase di timur laut akan mengakibatkan hambatan dalam proses belajar bagi keluarga yang masih mempunyai anggota keluarga di bangku sekolah, ada yang tengah melakukan ujian, ada yang tes mencari kerja. Atau ilmu pengetahuan tidak bisa berkembang.
Untuk mengatasi kemungkinan masalah atau meningkatkan keberuntungan gunakanlah siklus 5 unsur, yaitu unsur yang melemahkan atau yang meningkatkan unsur logam.

Warna kendaraan keberuntungan anda
Kendaraan terbuat dari unsur logam. Ini akan memberi pengaruh yang sangat kuat kepada si pemakai. Untuk menetralisir unsur logam, ikatkanlah pita biru, pada kaca spion boleh di dalam atau di luar yang berguna untuk menetralisir unsur logam kendaraan. Menetralisir berarti menyeimbangkan logam, sehingga unsur kelahiran tidak terlalu terpengaruh oleh unsur logam.
Warna kendaraan memberi pengaruh yang kuat kepada anda tergantung dari unsur kelahiran anda. Ini disebabkan karena dalam siklus lima unsur ada siklus menghasilkan yang berarti membuat satu unsur aktif dan bertambah bagus, siklus melemahkan berarti satu unsur mengalami penurunan keseimbangan, penurunan berarti merugikan dan siklus menghancurkan berarti satu unsur dimusnahkan oleh unsur lainnya, dan tentu ini sangat fatal.
Kalau terjadi saat terburuk dalam satu periode feng shui, maka keadaan-keadaan buruk bisa terjadi hanya karena masalah kendaraan. Kendaraan bisa lebih berbahaya dari senjata api dan oleh karenanya pertimbngkanlah kecocokan unsur kelahiran anda dengan warna kendaraan yang sesuai. Ini berguna untuk menghindar dari nasib buruk yang mungkin terjadi dan dengan warna yang sesuai dengan unsur kelahiran dipercaya memberi nasib baik bagi pemiliknya

FENG SHUI UNTUK HALAMAN BELAKANG
Feng Shui, yang berarti angin-air, adalah suatu hikmat Oriental kuno yang bertujuan untuk menciptakan rasa kesejahteraan. Keyakinan adalah bahwa ketika seseorang merasa baik, aman dan percaya diri, Energi dibebaskan untuk mencapai pada tingkat yang lebih tinggi dan ini dapat menyebabkan hubungan yang lebih baik dan kesuksesan bisnis yang lebih besar. Seperti angin atau aliran air, energi halus dapat diblokir atau menjadi turbulen tergantung pada apa yang mereka mengalir di atas. Tujuan dari feng shui adalah untuk melepaskan sumbatan energi dan meningkatkan aliran energi. Energi ini dapat jatuh atau membubarkan, kolam renang atau menetap di bumi, pada orang atau pada atmosfer. Ketiga mempengaruhi lanskap. Inti dari meningkatkan feng shui adalah untuk menyeimbangkan Yin dan Yang di taman sehingga energi kekuatan hidup didorong mengalir berkelok-kelok dengan cara malas dan menumpuk.
Desain taman tidak harus rata dan tak bernyawa atau bentuk persegi panjang dasar di mana setiap bagian dapat dilihat segera setelah memasuki taman. Jika persegi panjang, cobalah untuk memperkenalkan jalur melengkung dan tanaman sehingga mata mengarah ke kejauhan. Tidak mengungkapkan seluruh taman. Mungkin mencoba jalur melengkung utama di balik layar tanaman untuk mencapai hal ini. Jalur dan merayap merupakan elemen penting dalam kebun. Cobalah untuk memvisualisasikan ini seolah-olah mereka sungai dan melihat di mana mereka menyebabkan aliran alami. Taman merayap melakukan fungsi yang sama sebagai jalur melengkung dalam melakukan chi atau energi. Definisi yang baik adalah penting, jadi pastikan tanaman atau bumi longgar tidak mencakup hal itu.

Air di jantung feng-shui. Air adalah pembawa chi, oleh karena itu dimana air terakumulasi, sehingga chi terakumulasi, dimana air mengalir dengan bebas demikian juga chi. Namun, jika air mandeg, demikian juga chi. Air yang mengalir jauh lebih kuat seorang kolektor chi. Suatu aliran melengkung, mungkin diberi makan oleh air mancur, merupakan tambahan yang ideal untuk taman. Bahkan halaman belakang yang kecil akan mendapatkan keuntungan dari sebuah air mancur kecil listrik pompa-makan. Ingat bahwa air menggenang menyebabkan chi yang stagnan, sehingga Anda harus yakin untuk menjaga kualitas air tidak hanya di kolam dan air mancur, tetapi bahkan di saluran air rumah tangga biasa. Jangan biarkan mengalir ke blok dan memastikan mereka terus mengalir.
Seperti bagian dari feng-shui, arah adalah penting, terutama arah terlihat bahwa air memasuki atau meninggalkan properti anda. Pastikan air tidak terburu-buru bersama dalam garis lurus, mengambil dengan itu chi menguntungkan, tetapi memastikan meander sedemikian rupa untuk mengumpulkan chi.

Tradisional kolam taman memiliki ikan mas atau ikan mas yang terkandung. Kombinasi terbaik dari ikan seharusnya delapan ikan merah atau emas ditambah satu ikan hitam untuk keseimbangan, atau jika kolam tidak cukup besar untuk ini, maka setiap jumlah ganjil. Hindari memiliki empat ikan di kolam.
Tanaman, tanah, matahari dan keteduhan juga unsur penting dalam kebun. Vegetasi dikaitkan dengan chi, sehingga daerah yang tidak akan tumbuh tanaman dipandang sebagai chi mati atau kurang. Tanaman berkembang tidak hanya tanda berkebun yang baik, tetapi juga chi berkembang. Tanaman terbaik dari feng-shui perspektif adalah mereka dengan banyak daun, bunga atau buah dan orang-orang yang lama hidup. Secara tradisional evergreen yang lebih baik untuk mengumpulkan chi sebagai mereka tidak merontokkan daunnya di musim dingin mereka.
Jenis tanah berperan dalam feng shui dan teks-tradisional merekomendasikan pencegahan terhadap tanah stagnan atau "busuk". Daerah seperti, jika mereka tidak dapat dihindari, perlu juga berbalik dan diangin-anginkan, kemudian stabil dengan penambahan sesuatu seperti pasir sungai yang bersih.
Juga, hindari meninggalkan tanaman membusuk atau mati atau stek rumput di kebun, karena mereka menghasilkan terlalu banyak energi Yin. Sisa-sisa tunggul pohon membusuk di dalam tanah bahkan lebih buruk karena menarik chi stagnan serta serangga. Tunggul tersebut harus benar-benar berakar keluar. Salah satu feng-shui situasi buruk akan jika rumah ini dibangun di atas sebuah tunggul pohon terkubur atau tertutup dengan baik. Pohon, kolam dan air mancur luar ruangan adalah unsur paling alami feng-shui perkotaan praktek. Pine adalah sering dipilih sebagai pohon feng-shui tunggal. Dari titik feng-shui pandang, pinus membentuk memfokuskan energi untuk taman.

AIR & KOLAM DALAM SPERPEKTIF FENG SHUI
Penempatan air dalam ilmu fengshui perlu mendapat perhatian khusus. Sebab air menjadi pemicu sangat signifikan untuk semua hal di kehidupan. Di ilmu fengshui, feng artinya angin dan shui artinya air. Menurut grand master Guo Pu dalam bukunya Zhang Shu, dijelaskan bahwa qi terdistribusi oleh angin dan akan terakumulasi bila berjumpa air.
Pada dasarnya, ada banyak jenis air yakni air yang bergerak di sungai, air yang diam seperti di kolam atau  ada air yang jernih dan air keruh. Semua air tersebut  memberikan efek yang berbeda. Air  di kolam akan dibahas untuk konsultasi kali ini. Berdasarkan teori dasar ilmu feng shui yaitu properti dibagi menjadi delapan sektor sesuai arah mata angin, sektor timur dan tenggara berunsurkan kayu, sektor utara berunsurkan air. Karena itu, secara mata angin maka ketiga sektor ini adalah yang paling cocok untuk penempatan kolam. Lalu, berdasarkan perhitungan direct-indirect water, sektor barat daya merupakan sektor terbaik untuk penempatan kolam yang berlaku hingga 2024.

Penempatan kolam yang disebut diatas tidak dapat serta merta memberikan efek positif. Artinya, teori tersebut perlu dipadukan dengan beberapa teori air lainnya. Tujuannya, agar dapat memberikan efek positif. Selain itu,  metode lain yang perlu dipadukan adalah metode flying star.
Apabila pada sektor timur, tenggara, utara atau barat daya berjumpa dengan bintang air nomor 5, 2, 3 atau 7 maka sektor-sektor tersebut tidak akan kita tempatkan kolam. Karena bintang nomor 5 melambangkan bencana, bintang nomor 2 melambangkan penyakit, nomor 3 melambangkan pertengkaran, nomor 7 melambangkan masalah hukum. Artinya apabila kita menempatkan air pada sektor dengan bintang air maka efek negatif tersebut menjadi aktif.

Bintang air yang kita harapkan muncul pada sektor-sektor tersebut adalah bintang air nomor 8, 9, 1 dan 6. Karena bintang nomor 8 melambangkan kesejahteraan, nomor 9 melambangkan datangnya kesempatan yang bagus, nomor 1 melambangkan keberuntungan dan nomor 6 melambangkan kekuatan. Sedangkan untuk nomor 4 biasanya tidak kita tempatkan kolam karena akan mengundang kehadiran orang ketiga dalam rumah tangga Anda.

Namun, sektor yang tidak disebut tetap bisa dibuat kolam.  Misalnya, sektor selatan yang melambangkan api tetap dapat dibuatkan kolam asal tidak terlalu besar . Namun, syaratnya asalkan mendapat bintang air yang bagus. Hal tersebut juga berlaku untuk sektor barat dan barat laut yang melambangkan logam. Sektor timur laut yang melambangkan tanah juga dapat dibuatkan kolam apabila mendapatkan bintang air yang bagus.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan walaupun penempatan kolam telah benar adalah masalah kebersihan air.  Air di kolam harus bersih. Bisa diakali dengan melakukan recycle agar tidak boros membuang-buang air. Caranya, pastikanlah menggunakan filter yang baik sehingga air kolam Anda menjadi jernih. Hal lain yang perlu diperhatikan  adalah kecepatan aliran air Anda, sebaiknya tidak terlalu deras. Sebab, suara air yang bagus adalah suara yang gemericik. Selanjutnya, hindari bau air yang amis atau yang terlalu banyak klorin. Jagalah kebersihannya  agar air kolam Anda senantiasa segar.

FENG SHUI PAGAR DAN ATAP RUMAH
Sampai sejauh ini kita telah membahas faktor luar eksterior yang bisa mempengaruhi Feng Shui bangunan rumah. Mulai sekarang kita membahas faktor dalam eksterior Feng Shui. Faktor dalam eksterior Feng Shui adalah faktor-faktor yang bisa dikendalikan dan ini bisa diperbaiki untuk disesuaikan dengan konsep Feng Shui yang baik.
Salah satu faktor terpenting dalam eksterior Feng Shui adalah pagar dan atap rumah. Mengapa? Karena pagar dan atap rumah memiliki fungsi sebagai penjaga dan pelindung dari segala energi negatif dari luar dan berfungsi sebagai garis pembatas rumah dari ‘dunia’ luar, serta dapat menahan energi ‘Qi’ yang negatif ketika masuk ke kavling rumah kita. Sebagai contoh, jika rumah Anda menghadap persimpangan jalan T atau biasa disebut ‘tusuk sate’, atau mungkin terdapat tiang listrik di depan rumah Anda, dan sudut tajam segi tiga atap tetangga depan rumah Anda, maka masalah ini bisa diatasi dengan kehadiran tembok yang massif di depan pintu utama Anda. Akan tetapi, ada beberapa bentuk pagar dan atap rumah yang malah menyebabkan masalah pada penghuninya.
Kasus yang sering ditemui adalah tembok yang retak atau rusak. Ada sebagian model yang mana bentuk tembok didesain seperti retak atau memiliki lubang untuk tujuan estetika arsitektur. Dalam ilmu Feng Shui, retakan pada tembok dapat menyebabkan adanya lubang angin dan ini membuat rumah tersebut sering dihantam oleh angin dan otomatis menyebabkan kehilangan energi ‘Qi’ yang baik. Rumah seperti ini adalah rumah yang memiliki tembok bata dan mengalami kerusakan setelah puluhan tahun dihuni tanpa ada perbaikan kembali.

Selain itu, gerbang tembok yang menghadap ke tumpukan sampah yang ada di depan gerbang juga kurang baik secara Feng Shui. Mengapa? Karena kesehatan penghuni sering menemui masalah, serta keberuntungan atau bisnis keluarga akan sulit datang. Perbaikannya adalah meminta pada pihak yang bersangkutan dengan masalah ini untuk memindahkan posisi pembuangan sampah.
 Bila Anda tidak memberi makan, memandikan dan memelihara hewan peliharaan Anda dengan benar, Anda Feng Shui akan menderita. Bahkan jika Anda tidak menyadarinya, cara Anda memperlakukan orang, hewan peliharaan dan tanaman sangat penting untuk Anda sendiri citra diri dan kesejahteraan

Kasus lain yang sering terjadi, namun tanpa disadari oleh pemiliknya adalah adanya saluran drainase air hujan yang terbuat dari jeruji besi tepat di luar pagar. Ini bisa menjadi salah satu penjelasan mengapa penghuni tidak mampu mengumpulkan kekayaan atau keberuntungan karena energi ‘Qi’ yang positif dihisap ke dalam saluran. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengganti saluran drainase ini dengan papan beton. Dalam menutup saluran ini, Anda harus hati-hati agar saluran tidak tertutup rapat karena bisa menyebabkan banjir ketika hujan.
Pedoman lain yang perlu Anda perhatikan ketika membangun tembok adalah jangan membangun tembok yang ketinggiannya sama dengan ketinggian rumah. Secara keamanan, model rumah dengan tembok yang sangat tinggi memang lebih melindungi privasi penghuni dari luar, namun energi Qi yang dihasilkan juga akan tertekan. Dan karena energi Qi ini tertekan maka akan menjadi mandek, dan mengakibatkan penghuninya tidak dapat berkembang dalam kemajuan hidupnya.

Kasus yang sama juga terjadi, ketika jarak batas antara pintu utama dengan tembok bagian depan rumah terlalu dekat. Ini akan menyebabkan energi Qi akan terjebak dan tidak dapat bersikulasi dengan bebas. Penghuni di rumah ini akan mengalami kesulitan dalam tumbuh dan berkembang atau tidak ada kemajuan dalam hidupnya.

Kasus terakhir yang sering ditemui dalam masyarakat kita, adalah ketika menghuni di rumah tipe pojok atau biasa disebut rumah ‘hook’. Umumnya, rumah pojok memiliki 2 gerbang, yang mana penghuni bisa masuk dari depan ataupun dari samping. Permasalahannya adalah ketika 2 gerbang tersebut memiliki ukuran yang sama lebar dan sama besarnya maka energi Qi yang datang dari luar akan terbelah menjadi 2 dan tidak dapat terkumpul dengan baik. Dalam ilmu Feng Shui, rumah dengan 2 gerbang disebut dengan ‘Fen Jia’ yang berarti bahwa penghuni dirumah tersebut akan terbagi menjadi 2 bagian dan bisa menyebabkan ketidak-harmonisan antar penghuni rumah karena memiliki pandangan atau ideologi yang tidak sama dalam menangani persoalan. Untuk mengatasi masalah ini adalah pastikan salah satu gerbang memiliki ukuran yang lebih besar daripada gerbang yang lain.

Demikian juga dengan rumah yang rusak. Rumah seperti ini akan menyebabkan energi ‘Qi’ di dalam rumah tidak stabil dan menyiratkan penghuni rumah tidak terpadu, serta keutuhan keluarga menjadi kurang.
Banyak orang tidak menyadari bahwa atap yang bocor dan pecah juga merupakan pelanggaran dalam Feng Shui. Atap yang bocor dapat menyiratkan keluarga selalu dalam kesulitan keuangan. Mengapa? Karena sirkulasi energi Qi di dalam rumah tidak dapat beredar dengan sempurna. Solusinya adalah dengan memperbaiki atap yang bocor tersebut agar dapat lebih meningkatkan keberuntungan keluarga.
Dari mahkota rumah alias atap, keberuntungan bisa muncul; demikian pula sebaliknya. Itu kalau kita mengacu ke sudut pandang fengsui.
Lantas, agar selalu beruntung, seperti apa sih pantangan yang mesti dihindari terkait atap rumah?

HAL_HAL PANTANGAN KONTEKS ATAP BERSUMBER FENG SHUI
Mari kita telaah bersama beberapa point tentang itu.
1. Bentuk sudut runcing atap—lazimnya segitiga—yang mengarah langsung ke pintu utama ataupun jendela rumah, sangat tidak menguntungkan. Pasalnya, sudut runcing tersebut mengalirkan energi negatif ke dalam rumah. Otomatis, kesialan bisa akrab dengan penghuni rumah.
Dari manakah sumber sudut runcing tersebut? Ia sering muncul dari atap rumah ataupun bangunan lain. Semisal, bisa saja di depan rumah Anda ada rumah bertingkat yang sudut runcing atapnya mengarah ke pintu utama/jendela rumah Anda.
Atau, kalau Anda menempati rumah/ruangan/bangunan  yang berlokasi lebih tinggi, sudut runcing tersebut bisa muncul dari atap rumah yang letaknya lebih rendah. Bila sudut runcing atap rumah itu mengarah ke jendela ataupun pintu utama rumah, saat itulah energi negatif menerpa.
Sejumlah cara bisa Anda lakukan bila hal-hal di atas muncul. Yakni, pertama, bila sudut runcing itu mengarah ke pintu utama rumah, pindahkan letak pintu itu bila memungkinkan—sebab, tak mungkin untuk mengubah bentuk atap di rumah milik orang lain, bukan?
Kedua, pasang cermin cembung yang mengarah ke atap penimbul sudut runcing tersebut. Pastikan agar sudut runcing tersebut terlihat di cermin. Itu agar energi negatif dipantulkan oleh cermin tersebut.
Ketiga, bangunlah tembok untuk merintangi tusukan energi negatif dari atap bangunan lain tersebut. Pun, pohon berdaun lebat bisa merintangi energi negatif.
Upayakan itu pohon tak berdiri persis di depan pintu utama. Sebab, dengan letak itu, pohon itu berubah jadi panah beracun baru bagi rumah Anda.
2. Kemudian, bentuk atap rumah bisa mendatangkan ketidakberuntungan. Itu persisnya bentuk seperti apadan bagaimana ?
a. Atap berbentuk rata tidaklah pas digunakan di bangunan berlantai lebih dari satu. Sebaiknya, bangunan seperti itu menggunakan bentuk atap nan lazim.
b. Kalau Anda ingin menggunakan atap yang  miring ke satu sisi—bukan segi tiga yang punya dua sisi miring—ada baiknya berpikir ulang. Pasalnya, bentuk miring tersebut bisa membuang peruntungan penghuni rumah.
Ketidakseimbangan bentuk atap tersebut bisa mendatangkan fengsui negatif ke rumah tersebut.
Ingatlah bahwa bentuk ideal atap rumah yakni simetris: bentuk nan memungkinkan perlindungan rata terhadap rumah—tidak ada saling menekan antar-bagian.
3. Atap yang ukurannya tak seimbang dengan rumah, juga kurang bagus. Maka, upayakan tidak menghuni rumah dengan ukuran atap yang terlalu besar. Maklum, itu atap yang melambangkan ketidakberuntungan.
4. Kadang, bukan bentuk/desain atap itu sendiri nan bisa melahirkan ketidakberuntungan ke penghuni rumah. Namun, faktor luar yang menimpa atap.
Semisal, kalau ada dahan pohon yang miring/menyandar ke atap rumah, Anda perlu mewaspadai. Sebab, itu membuat penghuni rumah selalu merasa adanya tekanan bertubi-tubi, merasa terintimidasi.

FENG SHUI HEWAN PELIHARAAN
Feng Shui adalah praktek kuno yang digunakan oleh orang Cina untuk membantu dalam segala hal harmonisasi yang mengelilingi Anda. Idenya adalah bahwa selama segala sesuatu di sekitar Anda adalah harmonis, Energi Anda sendiri dan energi kosmis, atau Ch'i, akan membantu Anda meningkatkan kebahagiaan Anda, Kesehatan Anda, kekayaan Anda, kehidupan keluarga Anda, hubungan Anda dll Feng Shui mengajarkan kita bagaimana untuk menempatkan furnitur kita, dekorasi kita, dan bagaimana menggunakan warna-warna kami dan tekstur untuk mencapai manfaat terbesar mungkin dalam setiap area kehidupan kita. Banyak orang melihat Feng Shui sebagai takhayul, dan saya mengatakan bahwa mereka tidak bisa lebih salah. Meskipun Feng Shui memberikan "obat" untuk daerah bermasalah dari rumah Anda, kantor, apartemen, dll, tujuan mereka adalah sebagian besar untuk menambahkan elemen yang daerah tertentu mungkin hilang. Feng Shui mengajarkan kita cara terbaik untuk mencapai harmoni.
Feng Shui menggunakan banyak akal sehat. Jika Anda berjalan ke rumah atau apartemen Anda dan Anda melihat pakaian tergeletak di sekitar, piring kotor di dapur, bohlam keluar terbakar di pintu masuk, TV yang tidak bekerja di ruang kerja Anda ... apa yang Anda rasakan? Aku berani bertaruh Anda mulai merasa stres memikirkan bagaimana Anda tidak punya waktu untuk membersihkan tempat, bagaimana Anda harus menemukan waktu untuk mengubah bola, bagaimana Anda harus mencuci piring atau memperbaiki TV. Itu energi yang terkuras hanya dari Anda. Tapi, jika Anda datang dan Anda akan disambut oleh tempat yang bersih dan terorganisir, dan Anda melihat warna-warna harmonis, dan bau aroma yang bagus, tingkat stres Anda akan drop cukup. Jangan Anda merasa hanya besar ketika Anda akhirnya mendapatkan keran yang tetap? Bukan mengambil berat dari bahu Anda ketika Anda akhirnya mengatur laci Anda? Kadang-kadang yang dibutuhkan adalah menambahkan cahaya ke sudut gelap, atau percikan warna di ruang atau tanaman di depan jendela untuk membuat tempat menjadi hidup. Pernahkah Anda di rumah seseorang dan hanya merasa sangat nyaman Anda tidak ingin pergi? Di sisi lain, ada tempat-tempat yang Anda tidak bisa menunggu untuk keluar dari!

Nah, hewan peliharaan sangat sensitif terhadap energi di sekitar rumah kita dan lingkungan sekitarnya. Hewan memiliki kemampuan untuk merasakan hal-hal yang manusia tidak. Amati hewan peliharaan Anda. Mereka dapat memberikan gambaran bagaimana Ch'i bekerja di rumah Anda. Hampir semua kucing dan anjing tahu apa ruangan dan apa saja area ruangan mereka melakukan yang terbaik masuk Kesehatan dan karakter mereka mencerminkan energi rumah dan orang-orang hidup di dalamnya. Ketika hewan peliharaan sakit, lesu, atau bahkan mungkin kelebihan berat badan, kemungkinan bahwa orang-orang di rumah Anda memiliki gejala yang sama. Jika Anda hewan bahagia, baik disesuaikan dan hidup, yang akan menjadi perasaan umum dalam hidup Anda. Cukup mendapatkan hewan peliharaan jika Anda belum memiliki salah satu adalah cara yang baik untuk meningkatkan Ch'i Anda. Hewan mewakili energi api. Menambah energi api untuk kehidupan Anda akan membuat Anda lebih bersemangat dan akan memberikan Anda motivasi untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Mereka dapat membantu dengan depresi, kesepian atau membawa perubahan menyambut baik jika Anda berada dalam liang. Mereka hanya membuat hidup lebih baik.
Anda juga harus memberi mereka kehidupan yang harmonis. Turun ke ketinggian mereka. Lihatlah di sekitar. Apa yang akan Anda lihat jika Anda adalah hewan kecil? Pastikan bahwa tidak ada kekacauan di bawah tempat tidur, yang, by the way, akan buruk Feng Shui untuk Anda juga. Lihatlah sudut-sudut lantai. Apakah Anda melihat kelinci debu atau kotoran yang terakumulasi? Lihat di bawah sofa. Di bawah meja kopi. Ingat bahwa apapun yang Anda lakukan untuk mereka, juga akan baik untuk Anda.
Beri mereka tempat mereka sendiri. Sebuah tempat tidur, mangkuk air mereka, mainan mereka, membuatnya bagus.
Bila Anda tidak memberi makan, memandikan dan memelihara hewan peliharaan Anda dengan benar, Anda Feng Shui akan menderita. Bahkan jika Anda tidak menyadarinya, cara Anda memperlakukan orang, hewan peliharaan dan tanaman sangat penting untuk Anda sendiri citra diri dan kesejahteraan.

Mudah-mudahan artikel yang saya sampaikan kepada seluruh halayak pengguna internet khususnya para blogger, dengan tida mengurangi rasa hormat kami mohon agar dapat memberikan bantuan material suka rela agar berguna bagi kita semua.
Dan kami ucapkan terima kasih.
KIRIM ke nomor rekening ini secara suka rela :
1. Bank MANDIRI
    Nomor Rekening :171-00-0014555-0
2. Bank Central Asia (BCA)
    Nomor Rekening : 0330018518


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar