ORA ISO NDELOK GITHOKE DEWE
(Ojo Podho Nyacat Wong Liyan - Ngilo Githo'e Dewe)
Ada pepatah Jawa mengatakan Wong Ora Iso ndelok githoke Dewe (orang tidak bisa melihat tengkungnya sendiri) artinya orang tidak bisa melihat kesalahan sendiri dan selalu menyalahkan orang lain. Berpedoman pada sebuah kata-kata Jawa yang mengucapkan seperti ini Ojo Podho Nyacat Wong Liyo, Ngilo githo'e Dewe atau kalau dalam bahasa Indonesia berarti seperti ini. Jangan senang Mencela Orang lain, berkacalah pada tengkuk sendiri.
Jadilah Orang Yang Bijak saat seseorang / kelompok orang membicarakan / grumpi / grasani / gibah seseorang / kelompok darimu / yang lain. Pengalaman ini pernah kita rasakan atau setidaknya kita tentu pernah mendengar teman kalian menjelek-jelekkan temannya sendiri yang juga merupakan temanmu di hadapanmu.
NGILO GITHO'E DEWE
(BELAJAR MEMAKNAI HIDUP)
Urip neng ngalam ndonya nyatane ora gampang, apa meneh ana lingkungan masyarakat, instansi utawa perusahaan. Rasa iri, dengki, jahil, methakil ora adoh saka kiwa tengene dewe, amarga kabeh kuwi mau uwis dadi sifate manungsa. Ananging ora saben uwong nduweni sifat kui sak kabehe, isih ana uwong sing nduweni sifat lembah manah, andap asor marang manungsa siji lan sijine.
Babakan urip nyatane yo ora gampang, mesti ana wae tangga utawa kanca sing ana kiwa tengene dewe sing seneng usil, senengane ngenyek wong liya, nganggep wong liya luwih ala katimbang awak`e dewe. Senengane nggede, ngremehke wong liya kaya-kaya`a awak`e dewe ki menungsa sing paling sempurna ora ana cacat. Biasane uwong sing nduweni sifat sing kaya mengkono kuwi ora duwe kanca utawa tangga, amarga durung mesti wong sing seneng nyacat wong liya prilaku lan tindak tanduk`e luwih apik katimbang uwong sing dicacat.
Pramila iku luwih prayoga kita sami pada ngiloo githok`e dewe, supaya bisa ngajeni wong liya, durung mesti tindak tanduk`e awak`e dewe luwih becik katimbang wong liya. Ngilo githok`e dewe ateges manungsa kudu bisa mawas diri apa tindak tanduk`e wes bener tenan, lan ugo kudu ngrumangsani apa sing dadi keluwihan lan kekurangan pribadine dewe. Ora perlu mbiji tindak tanduk`e wong liya amargo tindak tanduk`e wong liya durung mesti luwih becik katimbang uwong sing seneng ngremehke wong liya, pramila ayo pada tumindak becik marang sak pada padaning wong urip supaya akeh sedulur. Ngajeni wong liya, lembah manah, andap asor lan tumindak becik marang sak pada-pada supaya urip dadi tentrem.
Ngilo Githok`e dewe: Bercerminlah pada tengkuknya sendiri.
Ngiilo : bercermin
Githok : tengkuk
Dewe : Sendiri.
Arti yang terkandung :
Kita diajak untuk melihat dan mengetahui tentang diri kita lebih jauh. Selain ada kebaikan ada juga kekurangan dan kelemahannya. Kita diajak untuk menyadari akan kekurangan dan kelemahan kita sendiri.
MEMAKNAI HIDUP
Semut di seberang lautan tampak, Gajah di pelupuk mata tak tampak.
Di negeri ini banyak sekali pepatah-pepatah bijak yang dapat kita jadikan pelajaran dalam kita meniti kehidupan. Pada kesempatan ini saya akan mengurai sedikit tentang peribahasa Indonesia Semut di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak. Semut adalah binatang kecil sebangsa serangga yang hidup berkoloni sedangkan gajah adalah binatang besar yang mempunyai belali panjang. Peribahasa Semut di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak, mengandung arti bahwa kesalahan diri sendiri tidak terlihat, kesalahan orang lain terlihat. Terkadang orang hanya suka mengkritik, mencemooh dan menjelek-jelekan orang lain tanpa berkaca kepada dirinya sendiri, seolah olah dirinyalah yang sempurna, suci dan merasa tidak pernah punya salah. Semut yang notabene hanya binatang kecil dilihat dari seberang lautan saja jelas keliatan ini mengandung arti kesalahan orang sekecil apapun dapat dilihat sedangkan gajah binatang yang badanya sangat besar tidak nampak.
OJO SENENG LAMIS
Ojo seneng lamis bagi orang Jawa mungkin kata itu tidak asing dan sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari. Lamis mengandung pengertian orang yang suka mengobral janji tapi tidak pernah ditepati. Memang mudah mulut kita tuk berucap memberi harapan yang manis-manis tapi susah untuk di realisasikan dari janji tersebut. Memang lidah tak bertulang, tak berbekas kata-kata, tinggi gunung seribu janji lain di bibir lain di hati, itu mungkin sepenggal bait yang dinyanyikan Bob Tutupoli yang dalam istilah jawa dikatakan Lamis. Kita juga bisa ambil contoh dari lirik lagu jawa yang dinyanyikan oleh Manthous : Ojo sok gampang (Jangan mudah) janji wong manis (Mengucap janji manis) yen to amung lamis (kalau hanya berdusta) Becik aluwung prasojo nimas (Lebih baik jujur apa adanya) ora agawe cuwo (Biar tidak mengecewakan).
Bait diatas mengajak kita untuk tidak gampang memberi janji yang manis kepada orang lain, lebih baik kita jujur apa adanya agar tidak mengecewakan orang lain.
NGILO GITHOE DEWE
Ngiloa githokmu dhewe. Kanca, apa nate krungu tembung iku, utawa malah nate ngucap marang kanca liyane.
Mbok menawa isih akeh kanca sing babar blas durung nate krungu tembung pitutur iku. Ngilo yaiku nyawang nganggo kaca pangilon- githoke dhewe, iku angel bisane kelakon, butuh kanca / wong liya kang ngewangi supaya kita kelakon bisa ngilo githoke dhewe.
Semono uga ing panguripan iki, ora gampang mbiji awake dhewe utawa metani kesalahane dhewe, biasane butuh wong liya kang nuduhke kesalahane ndhewe. Mula, aja susah apa maneh nesu yen ana kang nuduhake kesalahane ndhewe, malah kudune dhewe matur nuwun marang kanca / uwong iku.
Ya, iku sing lagi tak alami dina iki. Ana kanca sing gelem nuduhake kesalahanku. Sepisanan pancen rasane mak peng! kaya ketampek rasan. Rumangsa nelangsa amarga apa sing sak lawase iki tak perjuwangke jebule ora ditampa bener marang liyan -mbok menawa ana sing rumangsa lara ati, aku nyuwun pangapura. Nanging aku banjur matur kesuwun marang kanca iku, amarga aku dadi ngerti menawa isih ana kaluputan sing kudu tak dandani.
Kedadeyan iki dadi pasinaon urip kang wigati kanggoku, dielingke maneh yen manungsa pancen kudu bisa rumangsa, ning aja rumangsa bisa.
MAWAS DIRI
Mawas Diri, Ojo Podho Nyacat Wong Liyo, Ngilo Githo'e Dewe
Ada Pitutur Jawa yang mengungkapkan perkataan Ojo Podho Nyacat Wong Liyo, Ngilo Githo'e Dewe atau bila di bahasa Indonesiakan menjadi. Jangan senang mencela orang lain (ojo seneng ngunem wong liyan), berkacalah pada tengkuk sendiri.
Tengkuk atau Githok (Jawa) adalah bagian leher paling belakang, bagian ini sangat sulit terlihat, meski kita berkaca pakek Kaca lemari segede apapun, bagian ini tetep sulit untuk dilihat.
Pitutur tersebut hampir sama artinya dengan peribahasa Gajah Bengkak di depan mata tak tampak, tapi semut di seberang lautan tampak.
Gajah di pelupuk mata tidak tampak, kuman di seberang lautan tampak. Gajah di pelupuk mata tidak tampak, semut di seberang lautan tampak berarti kebenaran seseorang yang jelas ada tidak dibicarakan namun kesalahan yang sangat kecil dibesar-besarkan. Makna lain
kesalahan diri sendiri yang begitu besar di depan mata tidak pernah dilihat / disadari tetapi kesalahan orang yang jauh disana dapat dilihat dengan jelas.
Ojo Podho Nyacat wong liyo, Ngilo githo'e Dewe disini mengajarkan untuk kita mawas diri, jangan senang membicarakan keburukan orang lain yang belum temtu buruk menurut orang lain pula, sebab takaran kita dalam mencacat / nyangklak / bacot orang itu bila berdasarkan diri sendiri mangka takaran itu amatlah kecil, belum temtu orang lain sependapat dengan kita...malahan bisa jadi senjata makan tuan bila yang kita cacat itu tidak benar adanya dan orang lain akan menganggap kita. Maksud hati ngebruki gunung, malah kebrukan dewe.
Terkecuali bila orang itu nyata nyata salah dan patut untuk di rembug untuk diambil hikmah manfaatnya, seperti yang termaktub dalam Al-Qur'an :
Allah tidak menyukai seseorang menampakkan keburukan orang lain dengan ucapannya, kecuali orang yang dianiaya. (Qs. Al-Nisa [4]:148).
Dianiaya dalam hal ini berarti jelas bersalah dan pantas untuk menerima hukuman, lain halnya dengan Teraniaya yang artinya ada yg mendzolimi atau menuduh salah atau tertuduh.
Dalam Ungkapan itupun juga mengajarkan kita agar mawas diri melihat diri sindiri meski dalam hal sekecil apapun, sebab orang lain akan mudah wal gampang melihat tengkuk atau Githok kita manakal githok kita ada kukulnya atau tai lalat mereka bisa melahat secara jelas gamblang (Cetho tho wilo wilo).
BERCERMIN TENGKUK SENDIRI
Ngiloa githokmu dhewe. Yang terhormat pembaca Blogger (http://www.syehhhakediri.blogspot.com/), adakah yang pernah mendengar tentang kalimat itu / malah pernah mengucapkannya kepada teman lain. Mungkin masih banyak juga teman yang sama sekali belum pernah mendengar atau tahu arti nasehat (Jawa) tersebut. Melihat tengkuk sendiri, itu bukan hal yang mudah, meskipun menggunakan cermin. Untuk mempermudahnya, perlu dua cermin atau teman lain yang membantu melihat tengkuk kita. Begitu juga dalam kehidupan ini, tidak mudah bagi kita untuk menilai diri sendiri atau menemukan kesalahan diri sendiri, biasanya perlu orang lain yang dapat menunjukkan kesalahan kita. Oleh karena itu, tak perlu sedih apalagi marah saat ada orang lain menunjukan kepada kita kesalahan-kesalahan kita, bahkan semestinyalah kita mengucapkan terima kasih untuk kesediaan itu. Bahwa masih ada hal yang salah dan harus segera kuperbaiki dan introspeksi diri mendalam.
NASIHAT BIJAK UNTUK INSTROSPEKSI
Dalam khasanah adat, tradisi dan kebudayaan orang jawa, ada ungkapan ngilo githoke dewe. Diadopsi dari kata ngilo yang berarti berkaca, dan githok yaitu leher bagian belakang yang tak tampak dari depan ketika berkaca.
Hal ini merujuk pada sikap seseorang yang hanya mampu melihat kesalahan orang lain dan tak menyadari bahwa dirinya juga punya kesalahan. Kesalahan diri sendiri itu ibarat githok, meskipun berkaca tetap tidak kelihatan karena posisinya berada di belakang.
Dalam bahasa Indonesia ada peribahasa kuman di seberang lautan tampak, tapi gajah pelupuk mata tak tampak. Dan ini adalah padanan peribahasa yang tepat untuk melukiskan istilah ngilo githoke dewe.
Contoh kalimatnya :
Uwong kok senengane nyalahke wong liya wae, ora ngilo githoke dewe.
(Orang kok sukanya menyalahkan orang lain, tidak bercermin pada tengkuknya sendiri).
Dalam setiap kejadian masalah, jarang ada orang yang mengaku salah. Kebanyakan orang malah melakukan pembenaran diri dan menganggap orang lain yang salah. Sebab menyalahkan orang lain itu memang lebih enak daripada mengakui kesalahan Sendiri. Bahkan seorang penjahat yang tertangkap basah masih mengelak, berdalih, dan menghindar dari sangkaan. Meskipun pada akhirnya ia akan mengakui semua perbuatanya bila bukti dan saksi serta penyelidikan polisi tak bisa dihindari.
NGILO GITHOKE DHEWE
(BELAJAR BISA RUMANGSA)
Manusia memang ketempatan sifat egois. Kata saya/akunya adalah kata yang jauh lebih banyak diucapkan daripada kita atau anda/sahabat/saudara. Semua yang paling baik dan benar adalah saya dan kalau ada yang tidak baik atau tidak benar maka itu adalah kapling anda. barangkali ada yang masih ingat ceritera masa kanak-kanak dulu tentang putri salju, sang ibu tiri yang setiap hari bercermin di hadapan cermin ajaibnya :
Wahai cermin ajaib, siapakah wanita yang paling cantik. Jawaban selalu andalah yang tercantik, kecuali setelah kedatangan si putri salju. Tidak mau mengakui kelemahan diri ini tercermin pula dalam peribahasa Indonesia Buruk rupa cermin dibelah.
Dalam kehidupan Jawa sebenarnya perilaku seperti di atas amat tidak disarankan. Masalahnya Jawa panggonane semu sehingga budaya Jawa tidak terus terang mengatakan kamu harus begini atau begitu, kamu kurang ini atau kurang itu. Ungkapannya disamarkan.
MULAT SARIRA DAN BISA RUMANGSA
Keduanya adalah ungkapan tingkat tinggi. Mulat sarira hangrasa wani adalah ajaran Sri Mangkunegara I, bagian dari tiga kalimat Tri Dharma, dimana sebelumnya diawali dengan Rumangsa melu handarbeni dan Wajib melu hangrungkebi. Pengertian mulat sarira sendiri adalah menilai diri sendiri, atau introspeksi, baik keunggulan maupun kelemahan. Perlu dicatat bahwa menilai keunggulan diri jauh lebih mudah daripada menilai kelemahan diri. Mulat sarira harus mampu menempatkan diri pada posisi tidak memihak, sehingga kita akan mencapai hasil Bisa Rumangsa, bisa sadar khususnya hal-hal yang kurang dari diri kita, sehingga bisa diperbaiki supaya lebih sempurna.
Kalau perlu, kita minta penilaian orang lain. Hal itu tidak gampang sehingga tidak banyak yang mau. Yang disuruh menilai juga merasa tidak enak dan ada kekhawatiran salah terima karena ia harus Blaka seperti Werkudara yang selalu Cekak aos blaka suta atau assertive. Karena Jawa panggonane semu maka amat sulit bagi orang Jawa untuk assertive atau blaka suta. Jadi kita kembali kepada diri kita sendiri, kita harus mampu Mulat sarira supaya bisa rumangsa.
AMBUNEN SIKUTMU DHEWE
Salah satu hal yang tidak mungkin dilaksanakan mencium siku kita sendiri. Kalau tidak percaya boleh dicoba, pasti tidak sampai ke siku, hanya mendekati siku saja. Ungkapan ini seolah-olah memperkuat pendapat bahwa introspeksi diri itu tidak mungkin 100 persen benar. Contohnya ada orang yang suka marah-marah dan diingatkan oleh temannya. Ia menyangkal kalau pemarah. Maka temannya mengatakan :
Jajal ambunen sikutmu dhewe.
Ya mana bisa. Yang jelas sikut itu tidak berbau seperti ketiak. Untuk membaui ketiak sendiri, kita masih bisa, apalagi ketiak memang sumber bau. Tetapi membaui siku yang banyak tidak berbaunya sekaligus tidak terjangkau, mana mungkin.
NGILOA GITHOKMU DHEWE
Jelas tidak mungkin kita melihat belakang kepala kita. Biarpun pakai cermin, tetap tidak mungkin. Ungkapan ini bisa digunakan untuk menegur atau menasihati, tetapi yang biasa dipakai adalah untuk ngrasani : Ana wong kok ora gelem ngilo githoke dhewe (Orang kok tidak mau bercermin ke tengkuknya sendiri).
Misalnya saya ditegur Mbok Ngiloa Githokmu Dhewe. Kalau dipikir malah merupakan teguran sia-sia. Menegur secara tidak jelas untuk satu hal yang saya tidak tahu. Kecuali saya cukup arif, tahu kalau tidak mungkin ngerti, maka dengan lapang dada saya mau bertanya.
Lalu apa kekurangan saya ?
Yang satu omong semu dan satunya tanggap.
OJO PODHO NYACAT WONG LIYO, NGILO GITHOE DEWE
Ungkapan hampir serupa dengan ungkapan Ojo podho nyacat wong liyo, Ngilo githo'e dewe.
Ungkapan yang baru saya sebutkan ini kalau di Indonesiakan adalah Jangan senang mencela orang lain, berkacalah pada tengkuk / diri sendiri.
Githok (Jawa) atau tengkuk ini seperti yang kita tahu adalah bagian leher paling belakang. Bagian satu ini termasuk sangat sulit terlihat, segede apapun cerminnya. Bagian satu ini mustahil untuk terlihat. Kecuali kalau kita ke tukang cukur rambut atau ke salon, yang kacanya ada di depan dan belakang itu. Pitutur ini sama arti dengan peribahasa ‘Gajah bengkak di depan mata tak tampak, semut di seberang lautan tampak’.
Baik kita kembali pada judul di atas, Ana Catur Mungkur. Ana Catur Mungkur secara harfiah kalau kita Indonesiakan adalah ada pembicaraan membelakangi atau menggunjing. Ungkapan ini adalah kiasan atau pasemon (Jawa) untuk menggambarkan yang menyangkut keberukan atau keburukan orang lain. Catur yang dimaksud dalam ungkapan ini artinya ngrasani eleking liyan (membicarakan keburukan orang lain), meski kata catur ini dalam bahasa Jawa juga bisa berarti empat.
Dalam budaya manapun, perbuatan catur atau nyatur atau juga ngrasani (mempergunjingkan) orang lain adalah satu perbuatab tercela, karena dapat menimbulkan sakit hati pada orang lain yang dirasani.
Pada umumnya, nyatur atau ngrasani (membicarakan) orang lain itu mengacu pada sudut kelemahannya atau sisi negatifnya, dan jarang membicarakan dari sudut kebaikannya karena tujuannya memang untuk menjatuhkan martabat orang yang dirasani atau dipergunjingkan. Ungkapan ini sejajar dengan nasihat ojo metani alaning liyan (jangan mencari-cari keburukan orang lain).
Jamaknya seorang manusia yang lebih senang mencela orang lain, pada sisi lain justru enggan dan tidak mau mengerti tentang kesalahan sendiri. Tindakan itu sangat negatif karena dapat menimbulkan perselisihan. Pertama, hampir semua orang tidak suka dipergunjingkan keburukannya. Orang cenderung akan kecewa, sakit hati, atau bahkan marah sewaktu orang lain ngrasani keburukan diri kita, keluarga kita, masyarakat kita yang secara norma hukum dan sosial tidak ada kaitannya dengan sang penggunjing.
Kedua, tindakan ngrasani sebagai tindakan tidak transparan. Sang penggunjing dapat melihat keburukan orang lain, tapi tidak berani mengatakan keburukan diri sendiri. Lebih jauh, seseorang cenderung tidak konsekuen, dapat atau mau melihat kesalahan orang lain sekecil apapun tetapi tidak mau melihat kesalahan diri sendiri walaupun kesalahan itu sangat besar.
Para pendahulu Jawa telah memberikan wejangan atau nasihat agar seseorang tidak mempergunjingkan kesalahan orang lain. Ia lebih baik mengoreksi diri atau kesalahannya sendiri dengan harapan dapat memperbaiki perbuatannya. Akan tetapi, hal itu sudah pasti sulit dilakukan jika tidak didasarkan pada sikap lembah manah (rendah hati).
Nasihat atau wejangan tersebut disapaikan dengan ungkapan wong ikut ora bisa ngilo githoke dhewe (seseorang itu tidak dapat berkaca pada punggung sendiri). Maksudnya, seseorang itu tidak dapat melihat kesalahan diri sendiri, dan justru pandai melihat kesalahan orang lain.
Cermin adalah kaca yang dapat menampakkan sesuatu yang ada di depannya. Apa yang terlihat di cermin sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Namun tidak mungkin orang bercermin pada punggung sendiri. Punggung jelas bukan cermin sehingga tidak mampu memperlihatkan kesalahan yang telah diperbuat pada waktu sebelumnya.
Ungkapan Ana Catur Mungkur menganjurkan kita untuk tidak membicarkan kelemahan orang lain. Jika ada orang lain yang mengajak dirinya untuk membicarakan kelemahan orang lain, jika ada orang yang sengaja menyeret kita untuk mempermasalahkan kelemahan orang lain, segeralah menghindar. Segeralah untuk mungkur (menghindar) dari pembicaraan tersebut.