Kumpulan Nasihat dan inti Kitab-kitab Jawa Kuno
Di
bawah ini merupakan kumpulan beberapa Serat, Kidung, Wirid Jawa yang berisikan
nasihat dan inti dari kitab-kitab Jawa kuno.
Serat Kalatidha
Serat
Kalatidha, R. Ng. Ranggawarsita: “Mundhak apa aneng ngayun, Amdhedher
kaluputan, siniran ing banyu lali, lamun tuwuh dadi kekembangan beka.”
(Apa
guna menjadi pembesar, jika hanya menanam benih kesalahan yang disiram air
kealpaan (lupa). Akhirnya tumbuh pohon bencana)
“Amenangi
jaman edan, ewuh aya ing pambudi. Melu edan nora tahan, yen tan melu anglakoni
boya keduman melik, kaliren wekasanipun. Dilalah kersane Allah, sabegja-begjane
wong kang lali, luwih begja wong kang eling lawan waspada.”
(Mengalami
zaman edan, pikiran serba ragu. Jika turut tak akan tahan, sedang tak ikut tak
kebagian, berujung kelaparan. Tetapi atas kehendak Allah, seberuntung apapun
orang yang lupa, masih lebih beruntung orang yang sadar dan waspada)
Serat Wedharaga
Serat
Wedharaga, R. Ng. Ranggawarsita: “Lamun sarwa putus, kapinteran simpenen ing
pungkur, bodhonira ing ngarsa yekti, gampang traping tindak tanduk, amawas
pambekaning wong.”
(Jika
telah paham, simpanlah kepandaian di belakang, perlihatkan kebodohan di depanmu,
memudahkan cara bersikap, memahami sikap orang lain)
“Akeh
lumuh katokna balilu, marma tansah mintonaken kawruh pribadi, amrih denalema
punjul.”
(Banyak-banyaklah
menahan diri dan memperlihatkan kebodohan, jangan menonjolkan kemampuan
sendiri, dan jangan pelihara sikap ingin dipuji)
“Umpama
jun kurang banyu, kocak-kocak kendhit ing wong, menawi kebak kang jun, yekti
anteng denindhit ing lambung, iku bae kena kinarya palupi, pedah apa umbag
umum, mundhak kaeseman ing wong.”
(Bila
bejana kurang airnya, terguncang dan berbunyi, jika penuh air dalam bejana,
pasti tenang saat digendong, itu saja bisa dianggap contoh, untuk apa
sombongkan diri, hasilnya ditertawakan orang)
“Lamun
seje murad maksudipun, rasakena ing ati, dipun nastiti, aja pijer umbak umuk, mundhak
kawiyak, yen bodho”
(Jika
menjumpai perbedaan maksud, rasakan dalam hati, perhatikan benar, jangan
congkak dan berkoar, bisa-bisa terbuka kebodohanmu)
“Akanthia
awas emut, mituhun wewarah kang mikolehi, aja tinggal weweka ing kalbu, den
taberi anggeguru, aja isin atatakon.”
(Peganglah
sikap waspada, ikuti petunjuk dan nasihat, terus berguru dan jangan malu
bertanya-tanya)
“Mangkono
kang tinemu, awit anom amendenga laku, ngungkuri mangan lan turu sawatawis,
amekak hawa napsu, dhasarana andhap ansor.”
(Demikianlah
yang baik, sejak muda menekuni laku, mengurangi makan dan tidur, mengekang hawa
nafsu, menjaga sikap rendah hati)
“Lamun
wong ngaku cukup, mratandhani kukurangan iku, wong ngungasaken kaekndelan
tandha jirih, wong ngaku kiyat pengkuh, tanda apes amalendo.”
(Bila
orang mengaku kaya, menandakan ia miskin, orang yang menunjukkan keberaniannya
tandanya ia penakut, orang mengaku kuat sentosa, tandanya ia lemah dan tak
dapat diandalkan)
“Wong
ngaurip wus tamtu, akeh pada arebut piyangkuh, lumuh lamun kasor kaseser sathithik,
nanging singa peksa unggul, ing wekasan dadi asor.”
(Dalam
hidup pasti, banyak orang berebut kebanggaan, tidak mau kalah dan bergeser
sedikit, tapi siapa yang memaksa unggul, akhirnya menjadi hina)
Serat Sopanalya
Serat
Sopanalya, R. Ng. Ranggawarsita: “Kaping lima tapaning suksma puniku, gelara
marta-martani, lega legawa ing kalbu, aja munasikeng janmi, amonga atining
wong.”
(Yang
kelima (dari tujuh) tapa suksma itu, bersikaplah rendah hati, tulus ikhlas dari
hati, jangan mengganggu seseorang, jagalah perasaan orang lain)
“Serat
Nitisruti, Pangeran Karanggayam: “Kang sinebut ing gesang ambeg linuhung, kang
wus tanpa sama, iya iku wong kang bangkit, amenaki manahe sasama-sama.”
(Yang
dimaksud dengan hidup yang luhur, yang tanpa tandingan, yaitu orang yang mampu
membahagiakan sesamanya)
“Saminipun
kawuleng Hyang kang tumuwuh, kabeh ywa binada, anancepna welas asih, mring wong
tuwa kang ajompo tanpa daya. Malihipun rare lola kawlas ayun, myang pekir
kasiyan, para papa anak yatim, openana pancinen sakwasanira.”
(Kepada
sesama makhluk Tuhan, jangan dibeda-bedakan, tanamkanlah rasa kasih sayang
kepada orang-orang jompo yang tak berdaya. Juga kepada anak-anak yang butuh
belas kasih, fakir miskin, anak yatim, peliharalah semampumu)
“Yen
amuwus ywa umres rame kemruwuk, brabah kabrabeyan, lir menco ngoceg ngecuwis,
menek lali kalimput kehing wicara.”
(Jika
bicara janganlah cerewet, orang tidak akan suka, seperti burung berkicau,
melenceng maksud sebenarnya dikarenakan terlalu banyak bicara)
“Nadyan
ratu ya tan ana paenipun, nanging sri narendra, iku pangiloning bumi, enggonira
ngimpuni sihing manungsa. Mapan sampun panjenengan sang aprabu, sinebut
narendra, ratuning kang tata krami.”
(Meski
seorang raja juga tidak boleh berbeda, dialah cermin di dunia, dalam hal
menghimpun rasa kasih, sebab setelah diangkat menjadi pemimpin, ia disebut
narendra, raja dalam tata krama)
“Dene
lamun tan miraos yen amuwus, luwung umandela, anging ingkang semu wingit, myang
den dumeh ing pasmon semu dyatmika.”
(Jika
merasa bicaranya tidak berisi, lebih baik diamlah, terutama untuk hal-hal yang
penting dan mendalam, bersikaplah tenang)
“Kang
kalebu musthikang rat puniku, sujanma kang bisa, ngarah-arah wahyaning ngling,
yektinira aneng ngulat kawistara.”
(Yang
termasuk pribadi unggul adalah, yang mampu bertutur kata benar dan terarah,
sesungguhnya demikian itu tampak dari mimik wajahnya)
“Ulat
iku nampani rasaning kalbu, wahyaning wacana, pareng lan netya kaeksi, kang
waspada wruh pamoring pasang cipta.”
(Mimik
wajah itu menunjukkan ekspresi hati, keluarnya tutur kata bersamaan dengan
sorot mata, yang waspada akan mampu menilik dalamnya pikiran)
Serat Darmawasita, KGPAA Mangkunegara IV
“Manise
netra ruruh, angedohken mring salah tampi, wong kang trap sileng tata, tan
agawe rengu, wicara lus kang mardawa, iku datan kasendhu marang sasami, wong
kang rumaket ika.”
(Muka
manis dan mata lembut, menjauhkan kesalahpahaman, orang yang menerapkan tata
susila, tidak akan diragukan orang, orang yang bicaranya halus, tidak akan
diumpat orang, semua itu menunjukkan keakraban sesama)
“Wong
andhap asor iku, yekti oleh penganggep becik, wong meneng iku nyata, neng
njaban pakewuh.”
(Orang
yang rendah hati, pasti akan dianggap baik. Sedang orang yang diam itu selamat
dari bencana lidah)
“Wong
prasaja solahira, iku ora gawe ewa kang ningali, wong nganggo tepanira.”
(Orang
yang sederhana itu tidak akan mengganggu orang lain, bahkan dijadikan teladan
orang lain)
“Pepuntone
nggonira dumadi, ngugemana mring catur upaya, mrih tan bingung pangesthine,
kang dhingin wekasingsun, anirua marang kang becik, kapindho anuruta mring kang
bener iku, katri nggugua kang nyata, kaping pate miliha ingkang pakolih, dadi
kanthi ning ndonya.”
(Hakikat
hidupmu di dunia, berpeganglah pada empat usaha, agar tidak bingung mencapai
tujuan, nasihatku yang pertama, contohlah apa yang baik, kedua tirulah kehendak
yang baik, ketiga indahkanlah apa yang nyata, keempat pilihlah apa yang membawa
keberhasilan, itulah bekal hidupmu)
Serat Pepali, Ki Ageng Sela
“Sapa-sapa
wong kang gawe becik, nora wurung mbenjang manggih arja, tekeng
saturun-turune.”
(Siapa
yang berbuat kebajikan, akhirnya akan menemui kesejahteraan, hingga ke anak
cucu)
Serat Wedhatama, KGPAA Mangkunegara IV
“Ngelmu
iku, kalakone kanthi laku, lekase lawan kas, tegese kas nyantosani, setya budya
pangekese dur angkara.”
(Ilmu
itu, hanya tercapai melalui laku (proses usaha dan tawakal), dimulai dengan kas
(niat teguh), artinya kas menjadikan sentosa. Iman dan budi yang teguh untuk
menanggulangi goda angkara)
“Mangka
ta kang aran laku, lakune ngelmu sejati, tan dahwen pati openan, tan panasten
nora jail, tan nyurungi kaardan, among eneng mamrih ening.”
(Adapun
yang disebut laku adalah laku bagi ilmu hak (sejati), tidak punya pamrih, tidak
ada rasa iri dan hasut, tidak menuruti nafsu, hanyalah ketenangan agar tetap
jernih)
Serat Cipta Waskitha
“Mula
wong urip iku, den padha akarep marang ngelmu, ala becik ngelmu iku den
kawruhi, karana atunggal wujud, mung kacek emel lan batos.”
(Maka
orang hidup itu, janganlah berhenti belajar, baik dan buruk ilmu itu harus
diketahui, karena sebenarnya adalah satu, hanya berbeda lafal dan batinnya)
“Jembaring
samodragung, tanpa tepi anglangut kadulu, suprandene maksih gung manungsa iki,
alas jurang kali gunung, neng raganira wus katon.”
(Luasnya
samudra raya, tiada bertepi dan sejauh mata memandang, tetapi masih besar
adanya manusia ini, hutan jurang sungai gunung, di dalam diri manusia)
Serat Wulangreh, ISKS Pakubuwana IV:
“Nadayan
asor wijilipun, yen kakakuane becik, utawa sugih carita kang dadi misil, iku
pantes raketana, darapon mundhak kang budi.”
(Sekalipun
keturunan orang biasa, namun jika perilakunya baik, atau banyak pengalaman yang
bermanfaat, pantas untuk didekati untuk menambah kebijakanmu)
“Mulane
wong anom iku, becik ingkang ataberi, jejagongan lan wong tuwa.”
(Oleh
karenanya orang muda itu, seyogyanya rajin berdialog dengan orang tua)
“Nadyan
metu saking wong sudra papeki, lamun becik nggone muruk, iku pantes sira
anggo.”
(Walau
dari seorang yang miskin dan rendah, jika baik ajarannya, itu pantas kamu
ikuti)
“Aja
ngandelakem sira iku, suteng nata iya sapa kumawani, iku ambeke wong digang,
ing wasana dadi asor.”
(Janganlah
sombong jika kamu keturunan raja bangsawan dan menganggap tak ada yang berani,
itulah sifat adigang, bisa-bisa berakhir hina)
“Anganggoa
rereh ririh ngati-ati, den kawang-wang barang laku, kang waskitha solahing
wong.”
(Seyogyanya
berlakulah sabar, cermat dan hati-hati, perhatikanlah segala perilaku dan
cermatlah terhadap perilaku orang)
“Mapan
watake manungsa, pan ketemu ing laku lawan linggih, solah muna-muninipun, pan
dadi penerengan.”
(Adapun
ciri perilaku manusia, akan tampak dari cara berjalan dan cara duduknya,
tindak-tanduk dan tutur katanya, itu semua tanda-tandanya)
“Nadyan
silih bapa biyung kaki nini, sadulur myang sanak, kalamun muruk tan becik, nora
pantes yen den nuta.”
(Meskipun
ia ayah ibu kakek nenek, saudara ataupun famili, jika memberi ajaran yang
salah, tetap tidak pantas kau ikuti)
“Wong
tan manut pitutur wong tuwa ugi, pan nemu duraka, ing dunya praptaning akir,
tan wurung kesurang-surang.”
(Orang
yang tidak menjunjung nasihat orang tua, akan menemui kutuk sengsara, di dunia
sampai akherat, berakhir penderitaan)
“Apan
ana sesiku telung prakara, nanging gedhe pribadi, pan iki lirira, ingkang
telung prakara, aja anggunggung sireki, kalawan aja nacad kapati-pati, lawan
aja memaoni barang karya.”
(Ada
tiga jenis pantangan yang paling utama, ketiga hal tersebut adalah jangan
menyombongkan diri, jangan mencela, dan jangan mengkritik pekerjaan orang lain)
“Yen
dadi nom ing enomipun, kang ginawe tuwa dikaya banyu neng beji, den awening
paningale aji samar.”
(Jika
ditakdirkan menjadi muda, sadarilah kedudukan mudanya, sedang yang tuwa,
jadilah seperti air, jernihkanlah penglihatanmu)
“Tungkul
uripe, lan aja duwe kareman, marang pepas dunya, siyang dalu emut, yen urip
manggih antaka.”
(Hiduplah
dengan tekun dan hati-hati, jangan mengumbar kesenangan dunia, siang malam
ingatlah, bahwa hidup berujung kematian)
“Dedalane
guna lawan sekti, kudu andhap asor, wani ngalah luhur wekasane, tumungkula yen
dipun dukani, bapang den simpangi, ana catur mungkur.”
(Syarat
meraih kepandaian dan kesaktian, harus bisa rendah hati, berani mengalah unggul
pada akhirnya, menunduklah jika dimarahi, penghalang dihindari, ada perkara
ditangguhkan)
“Dadya
lakunireku, cegah dhahar lawan guling, lan aja asukan-sukan, anggonira
sawatawis, ala watake wing suka, suda prayitnaninng batin.”
(Jadikan
ini laku, kurangi makan dan tidur, jangan terlena suka ria, batasilah
sekadarnya, tabiat orang bersuka ria itu mengurangi ketajaman batinnya)
“Panggawe
becik puniku, gampang yen wus den lakoni, angel yen durung kalakyan.”
(Perbuatan
baik itu, gampang jika sudah dijalani, sulit jika belum dilaksanakan)
“Ingkang
becik kojahipun, sira anggoa kang pasthi, ingkang ala singgahan, aja sira
anglakoni.”
(Segala
yang baik, lakukanlah dengan pasti, yang buruk simpanlah, jangan engkau ikuti)
“Aja
nganti kabanjur, barang polah ingkang nora jujur, yen kabanjur sayekti kojur
tan becik.”
(Jangan
berlarut, segala tingkah ketidakjujuran, jika sampai berlarut, pasti hancur dan
tidak baik)
“Pan
adigang kidang adigung pan esthi, adiguna ula iku, telu pisan mati sampyoh, si
kidang ambegipun, angandelaken kebat lumpatipun, pan si gajah ngandelaken geng
ainggil, ula ngandelaken iku, mandine kalamun nyakot.”
(Adigang
kiasan kijang, Adigung kiasan gajah, Adiguna itu ular, ketiganya binasa
bersama. Kijang menyombongkan kecepatan lari, gajah mengandalkan tinggi
besarnya, ular mengandalkan gigitannya)
“Titikane
wong anom kurang wewadi, bungah akeh wong kang nggunggung, wekasane
kejelomprong.”
(Ciri-ciri
anak muda itu tidak bisa menyimpan rahasia, senang dipuji, padahal itu
menjerumuskan)
“Yen
wong anom puniku, kakehan panggunggung dadi kumprung, pengung bingung wekasane
pan angoling, yen ginunggung muncu-muncu, kaya wudun meh mechotot.”
(Orang
muda itu, jika terlalu banyak dipuji menjadi tolol, bodoh, bingung, dan akhirnya
terombang-ambing, jika sedang dipuji, monyong seperti bisul hampir pecah)
“Aja
kakehan sanggup, durung weruh tutue agupruk, tutur nempil panganggepe wruh
pribadi.”
(Jangan
merasa tahu banyak, belum melihat sendiri sudah banyak bercerita, hanya mendengar
saja merasa seperti melihat sendiri)
“Yen
sira amaca, layang sabarng layanging, aja pijer katungkul ningali sastra,
caritane ala becik dipunweruhi, nuli rasakna.”
(Jika
engkau membaca, segala macam kitab, jangan hanya terpukau pada sastra, paparan
baik buruknya harus dipahami, kemudian renungkanlah)
Serat Sastra Gendhing, Ajaran Sultan Agung
“Sayektine
jagad ta dumadi, sabab kadim kadhihinan anyar, kasungsang nyimpang dadine.”
(Tentu
dunia tidak akan tercipta, apabila yang fana mendahului yang abadi, logikanya
terjungkir balik)
“Eling-eling
kang samya mangudi nalar, away kongsi nemahi, kadrojoging tekad, lah pada den
prayitna, sayekti ambebayani, luwih agawat, watgating trang ing urip.”
(Perlu
diingat oleh orang yang melatih pikiran, jangan sampai terjadi hasrat tanpa
kendali, haruslah itu diperhatikan, karena sangat berbahaya, menghancurkan
kehidupan)
“Lawan
aja padha padudon ing karsa, iki siriking ngelmi, yen during kaduga, luwung
mendel kewala, anging kasilna kang titi, marang ngulama, myang para sujaning
budi.”
(Dan
jangan suka bertengkar pendapat, itu larangan dalam mencari ilmu, bila belum
mumpuni, lebih baik menahan diri, dan belajarlah dengan tekun, kepada para
ulama, para ahli kesempurnaan jiwa)
“Iku
wong tuna ing budi, tan nana gelem kasoran, yekti kakandhangan kibir, rebut
luhuring kagunan, dadi luput sakarone.”
(Itulah
orang yang berakal dangkal, selalu tak ingin direndahkan, selalu berlagak
sombong, pamer kemuliaan dan kepandaian, hingga kehilangan dua-duanya)
Serat Centhini
“Ana
tangis layu-layu, tangise wong wedi mati, tangise alara-lara, maras atine yen
mati, gedhongana kuncenana, yen pesthi tan wurung mati.”
(Ada
tangis dalam kematian, tangisnya orang yang takut mati, tangisnya sangat pedih,
tak rela hati jika mati, sembunyikanlah atau kuncilah, jika sudah takdir
akhirnya tetap mati)
Suluk
Syeh Malaya, Sunan Kalijaga
“Aywa
lunga yen tan weruha ingkang pinara ing purug, lawan sira aywa nadhah yen tan
wyuha rasanipun.”
(Jangan
pernah melangkah tanpa tahu tujuannya, jangan pernah menyembah jika tak tahu
tujuan hakikatnya)
Suluk Sujinah
“Yayi
perang sabil punika, nora lawan si kopar lawan si kapir, sajroning dhadha
punika, ana prang bratayudha, langkung rame aganti pupuh-pinupuh, iya lawan
dhewekira, iku latining prang sabil.”
(Dinda,
perang sabil itu bukan melawan kafir saja, di dalam dada itu ada perang
baratayuda, ramai sekali saling pukul-memukul yaitu perang melawan dirinya
nafsu, itulah sesungguhnya perang sabil)
Wirid Wolung Pangkat
“Sajatine
Ingsun anata palenggahan parameyaning-Sun dumunung ana ing sirahing manungsa,
kang ana sajroning sirah iku utek, kang gegandhengan ana ing antarane utek iku
manik, sajroning manik iku cipta, sajroning cipta iku budi, sajroning budi iku
napsu, sajroning napsu iku suksma, sajroning suksma iku rahsa, sajroning rahsa
iku Ingsun.”
(Sesungguhnya
Aku telah mengatur tempat keramaian-Ku berada di dalam kepalanya manusia, yang
ada di dalam kepala itu otak, yang berkaitan antara otak itu manik, di dalam
manik itu akal, di dalam akal itu budi, di dalam budi itu nafsu, di dalam nafsu
itu suksma, di dalam suksma itu rahsa, di dalam rahsa itu Aku. Tidak ada Pangeran
kecuali Aku. Sejatinya Hidup yang meliputi seluruh swasana)
Suluk Walisanga
“Ya
janma kang hakiki, wujud kak kiyanmil kodrat, jumeneng anane dhewe, Suksma
manuks-meng kawula, kawula nuks-meng Suksma, napas sirna marang suwung, badan
lebur wor bantala.”
(Manusia
yang hakiki, berwujud hak yang memiliki kekuasaan ada dengan sendirinya, Suksma
masuk ke dalam hamba, hamba masuk ke dalam Suksma, napas hilang masuk ke dalam
kekosongan, badan hancur bercampur tanah)
Serat Sabdatama, R. Ng. Ranggawarsito
“Ngajapa
tyas rahayu, ngayomana sasameng tumuwuh, wahanane ngendhak angkara kalindhih,
ngendhangken pakarti dudu, dinuwa tibeng doh.”
(Kejarlah
tekad selamat, lindungi sesama umat, dengan jalan mengalahkan angkara, membuang
perilaku buruk hingga sejauh-jauhnya)