SERAT WEDHATAMA PUPUH PANGKUR
Ungkapan
agama ageming aji terdapat dalam pada Serat Wedatama karya K.G.P.A.A.
Mangkunegara IV, Pupuh Pangkur, bait pertama. Tembang selengkapnya adalah
sebagai berikut :
Mingkar
mingkuring angkara,
Akarana
karenan mardisiwi.
Sinawung
resmining kidung,
Sinuba
sinukarta.
Mrih
kretarta pakartining ngelmu luhung,
Kang
tumrap neng tanah Jawa,
agama
ageming aji.
Artinya
:
Menjauhkan
dan membelakangi sifat angkara,
karena
berkehendak mendidik anak.
Dibingkai
dalam keindahan lagu,
dihias
dan diperbagus (syairnya).
Agar
berkembang perbuatan yang berdasar ilmu luhur.
Yang
bagi orang di tanah Jawa,
agama
adalah pakaian orang mulia.
TEMBANG
SERAT WEDHATAMA PUPUH PANGKUR
6—1—1—1—1–231233
Mingkar-mingkuring
angkara,
2-3-5-56,
1-1-1–1-1–21-61
akarana
karenan mardi siwi,
5-6-1—-1–1–1—123-12
sinawung
resmining kidung,
1-6-5—5-5-65-5
sinuba
sinukarta,
3—-5—5-56-6-1-1–1–1–16—12-123
mrih
kretarta pakartining ilmu luhung,
1—-2–2—-2—2-21–1-1
kang
tumrap ing tanah Jawa,
5-5-5-5-5-54–6532121
agama
ageming aji.
Jinejer
ing Weddhatama,
mrih
tan kemba kembenganing pambudi,
mangka
nadyan tuwa pikun,
yen
tan mikani rasa,
yekti
sepi sepa lir sepah asamun,
samasane
pakumpulan,
gonyak-ganyuk
nglelingsemi.
Nggugu
karsane priyangga,
nora
nganggo peparah lamun angling,
lumuh
ingaran balilu,
uger
guru aleman,
nanging
janma ingkang wus waspadeng semu,
sinamun
ing samudana,
sesadoning
adu manis .
Si
pengung nora nglegewa,
sangsayarda
denira cacariwis,
ngandhar-andhar
angendukur,
kandhane
nora kaprah,
saya
elok alangka longkangipun,
si
wasis waskitha ngalah,
ngalingi
marang sipingging.
Mangkono
ilmu kang nyata,
sanyatane
mung we reseping ati,
bungah
ingaran cubluk,
sukeng
tyas yen den ina,
nora
kaya si punggung anggung gumunggung,
ugungan
sadina dina,
aja
mangkono wong urip.
Uripa
sapisan rusak,
nora
mulur nalare ting saluwir,
kadi
ta guwa kang sirung,
sinerang
ing maruta,
gumarenggeng
anggereng anggung gumrunggung,
pindha
padhane si mudha,
prandene
paksa kumaki.
Kikisane
mung sapala,
palayune
ngendelken yayah wibi,
bangkit
tur bangsaning luhur,
lah
iya ingkang rama,
balik
sira sarawungan bae durung,
mring
atining tata krama,
nggon-anggon
agama suci.
Socaning
jiwangganira,
jer
katara lamun pocapan pasthi,
lumuh
asor kudu unggul,
sumengah
sesongaran,
yen
mangkono kena ingaran katungkul,
karem
ing reh kaprawiran,
nora
enak iku kaki.
Kekerane
ngelmu karang,
kakarangan
saking bangsaning gaib,
iku
boreh paminipun,
tan
rumasuk ing jasad,
amung
aneng sajabaning daging kulup,
Yen
kapengkok pancabaya,
ubayane
mbalenjani.
Marma
ing sabisa-bisa,
babasane
muriha tyas basuki,
puruitaa
kang patut,
lan
traping angganira,
Ana
uga angger ugering kaprabun,
abon
aboning panembah,
kang
kambah ing siang ratri.
Iku
kaki takokena,
marang
para sarjana kang martapi,
mring
tapaking tepa tulus,
kawawa
nahen hawa,
Wruhanira
mungguh sanjataning ngelmu,
tan
mesthi neng janma wreda,
tuwin
muda sudra kaki.
Sapantuk
wahyuning Allah,
gya
dumilah mangulah ngelmu bangkit,
bangkit
mikat reh mangukut,
kukutaning
Jiwangga,
Yen
mangkono kena sinebut wong sepuh,
liring
sepuh sepi hawa,
awas
roroning ngatunggil.
Tan
samar pamoring Sukma,
sinukma
ya winahya ing ngasepi,
sinimpen
telenging kalbu,
Pambukaning
warana,
tarlen
saking liyep layaping ngaluyup,
pindha
pesating supena,
sumusuping
rasa jati.
Sajatine
kang mangkono,
wus
kakenan nugrahaning Hyang Widi,
bali
alaming ngasuwung,
tan
karem karamean,
ingkang
sipat wisesa winisesa wus,
mulih
mula mulanira,
mulane
wong anom sami.
Isi Serat Wedhatama
Serat Wedhatama berisi lima tembang macapat (pupuh) dan terdiri atas 100 bait. Kelima pupuh itu adalah pangkur, sinom, pocung, gambuh, dan kinanthi. Serat tersebut memuat pesan-pesan yang mendorong manusia berbudi luhur dalam bersikap. Serat Wedhatama merupakan salah satu karya sastra Jawa legendaris karya dari Adipati Kadipaten Mangkunegaran, yakni Mangkunegara IV. Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV lahir pada 3 Maret 1811, dengan nama kecil Raden Mas Sudira. Dia naik takhta ketika berusia 47 tahun, tepat tanggal 16 Agustus 1857. Wedhatama hanya satu dari beberapa karya Mangkunegara IV. Soetomo Siswokartono, dalam Sri Mangkunagara IV Sebagai Penguasa dan Pujangga (2006:257), mencatat sejumlah karya penting lain yang ditulis Mangkunegara IV, yakni Serat Warayagnya, Serat Wirawiyata, Serat Darmawasita, Serat Salokatama, dan Serat Paliatma.
Nilai-nilai
Jawa dan Islam bertautan secara erat dalam Serat Wedhatama. Mangkunegara IV
yang dibesarkan dalam budaya Jawa dan tradisi Islam kejawen yang kental
melatarbelakanginya. Pesan-pesan seperti menjunjung tinggi budaya Jawa, dan
kewajiban manusia untuk melaksanakan perintah Tuhan dapat ditemui dalam Serat
Wedhatama. Naskah asli Serat Wedhatama hingga kini disimpan di Perpustakaan
Reksapustaka Mangkunegaran di Surakarta.
Berikut
isi Serat Wedhatama dan terjemahannya :
PUPUH
I PANGKUR
Mingkar-mingkur ing angkara/ akarana karenan mardi siwi/ sinawung resmining kidung/ sinuba-sinukarta/ mrih kretarta pakartining ilmu luhur/ kang tumrap ing tanah Jawa/ agama ageming Aji//
Menghindar dari kejahatan, karena senang mendidik anak, Dibuat dalam bentuk nyanyian yang indah, Dibuat baik dan indah, Agar sejahtera pada perilaku ilmu luhur, yang diterapkan di tanah Jawa, Agama sebagai pegangan raja.
Jinejer
neng wedhatama/ mrih tan kemba kembanganing pambudi/ mangka nadyan tuwa pikun/
yen tan mikani rahsa/ yekti sepa sepi lir sepah asamun/ samangsane pakumpulan/
gonyak-ganyuk nglelingsemi//
Dijelaskan
dalam Wedatama, Agar tidak kendor dalam berusaha, Padahal walau tua renta,
Kalau tidak mengetahui jiwa, Sungguh tidak enak seperti ampas tidak berguna,
ada saat pertemuan, Tidak sopan membuat malu.
Gugu
karsane priyangga/ nora nganggo peparah lamun angling/ Lumuh ingaran balilu/
Uger guru aleman/ Nanging janma ingkang wus waspadeng semu/ Sinamun ing
samudana/ Sesadoningadu manis//
Semaunya
sendiri, Tidak memakai aturan kalau berkata, Tidak mau dikatakan bodoh,
Mengikuti teladan sanjungan, Tetapi manusia yang sudah bijaksana terhadap
simbol Disamarkan dalam perangainya, Semuanya diterima dengan baik.
Si
pengung nora nglagewa/ Sangsayarda denira cecariwis/ Ngandhar-andhar
angendhukur/ Kandhane ora kaprah/ Saya elok alangka longkangipun/ Si wasis
waskitha ngalah/ Ngalingi marang si pingging//
Orang
yang bodoh tidak menduga, Semakin meluas dalam berbicara, Panjang lebar tidak
berisi Perkataannya tidak karuan, Semakin menjadi-jadi kebohongannya, Si orang
yang pandai bijaksana mengalah, Menutupi kepada orang yang bodoh.
Mangkono
ngelmu kang nyata/ Sanyatane mung weh reseping ati/ Bungah ingaran cubluk/
Sukeng tyas yen den ina/ Nora kaya si punggung anggung gumunggung/ Ugungan
sadina-dina/ Aja mangkono wong urip//
Demikian
ilmu yang sesungguhnya, Sesungguhnya hanya memberikan kesenangan di hati,
Senang (jika) dikatakan bodoh, Senang hatinya jika dihina, Tidak seperti orang
yang bodoh selalu sombong, Senang disanjung setiap hari, Janganlah demikian
orang hidup itu.
Uripe
sepisan rusak/ Nora mulur nalare ting saluwir/ Kadi guwa gung asirung/ Sinerang
ing maruta/ Gumarenggeng anggereng anggung gumunggung/ Pindha padhane si mudha/
Prandene kudu kumaki//
Hidupnya
sekali saja rusak, Tidak luas pikirannya bercabang-cabang, Seperti gua besar
yang menakutkan, Diterjang oleh angin, Bergema membahana menakutkan, Itu sama
ibaratnya dengan si bodoh, Namun demikian sangat sombong.
Kikisane
mung sapala/ Palayune ngandelken yayah bibi/ Bangkit tata-basa luhur/ Telesih
tatakrama/ Balik sira sarawungan bae durung/ Wruh atining tatakrama/
Nggon-anggon agama suci//
Perbatasannya
hanya sedikit, Akhirnya mengandalkan ayah ibunya, Pandai berbahasa halus,
Cermat tatakramanya, Sebaliknya dirimu kenal saja belum, Mengetahui inti
tatakrama, penerapannya agama suci.
Socaning
jiwangganira/ Jer katara lamun pocapan pasthi/ Lumuh kasor kudu unggul/
Sumengguh sesongaran/ Yen mangkana kena ingaran katungkul/ karem ing reh
kaprawiran/ Nora enak iku kaki//
Mata
hati dalam jiwamu, Pasti selalu kelihatan kalau berbicara, Tidak mau kalah
harus menang, Merasa bisa menyombongkan diri, Kalau demikian itu dapat disebut
terlena, Senang terhadap kesaktian, Tidak enak itu nanda.
Kekerane
ilmu karang/ Kekarangan saking bangsaning gaib/ Iku boreh paminipun/ Tan
rumasuk ing jasad/ Among aneng sajabaning daging kulup/ Yen kapengkok
pancabaya/ Ubayane balenjani//
Tempatnya
ilmu tebakan, Karangan dari yang gaib, Itu bedak param umpamanya, Tidak masuk
ke dalam badan, Hanya di luar daging saja nanda, Kalau terkena bencana,
Akhirnya mengingkari.
Marma
ing sabisa-bisa/ Bebasane muriha tyas basuki/ Puruhita ingkang patut/ Lan
traping angganira/ Ana uga angger ugering kaprabun/ Abon-aboning panembah/ Kang
kambah ing siyang ratri//
Oleh
sebab itu sedapat mungkin, Ibaratnya berusahalah agar hati selamat, Mengabdilah
dengan baik, Sesuai dengan keadaan dirimu, Ada juga norma pedomannya kerajaan,
Awalnya sembah, Yang dilakukan siang malam.
Iku
kaki takokena/ Marang para sarjana kang maratapi/ Mring tapaking tepa tulus/
Kawawa nahan hawa/ Wruhanira mungguh sanyataning ilmu/ Tan pasthi neng janma
wredha/ Tuwin mudha sudra kaki//
Itu
nanda tanyakanlah, Kepada para bijak yang bertapa, Terhadap perilaku tulus
ikhlas, Mampu menahan hawa nafsu, Ketahuilah bahwa sesungguhnya ilmu Tidak
pasti ada pada orang tua, Serta muda (maupun) hina nanda.)
Sapantuk
wahyuning Allah/ Gya dumilah mangulah ngelmu bangkit/ Bangkit mikat reh
mangukud/ Kukutaning jiwangga/ Yen mangkono kena ingaranan sepuh/ Lire sepuh
sepi hawa/ Awas roroning atunggil//
Siapa
yang mendapat anugerah Tuhan, Akan pandai menerapkan ilmu yang baik, Mampu
menarik perintah kesempurnaan, Lepasnya jiwa raga, Kalau demikian itu dapat
disebut orang tua, Maksudnya tua sudah jauh dari hawa nafsu, Mengetahui “dwi
tunggal”.
Tan
samar pamoring Suksma/ Sinuksamaya winahya ingasepi/ Sinimpen telenging kalbu/
Pambukaning warana/ Tarlen saking liyep layaping aluyup/ Pindha pesating
supena/ Sumusup ing rasa jati//
Tidak
samar bersatunya hamba-tuhan, Diresapi dengan rasa yang khususk, Disimpan di
tengah kalbu, Sebagai pembuka pintu penyekat, Tidak lain dengan cara
transenden, Seperti melesatnya mimpi, Menyusup dalam rasa sejati.
Sajatine
kang mangkana/ Wus kakenan nugrahaning Hyang Widhi/ Bek alaming asuwung/ Tan
karem karameyan/ Ingkang sifat wisesa winisesa wus/ Mulih mula mulanira/ Mulane
wong anom sami//
Sesungguhnya
yang demikian itu, Sudah memperoleh anugerah Tuhan, Berwatak dalam dunia
hening, Tidak suka keramaian, Yang bersifat kuasa dan menguasai sudah, Kembali
kepada asal-muasalnya, Maka anak muda semuanya.
PUPUH
II SINOM
Nulada
laku utama/ Tumraping wong tanah Jawi/ Priyagung ing Ngeksiganda/ Panembahan
Senopati/ Kapati amarsudi/ Sudaning hawa lan nepsu/ Pinesu tapa brata/ Tanapi
ing siyang ratri/ Amemangun karyenak tyasing sasama//
Teladanilah
watak utama, Bagi orang di tanah Jawa, Raja di Ngeksiganda, Panembahan
Senapati, Selalu mencari, Kurangnya hawa dan nafsu, Dilakukan dengan bertindak
tapa brata, Baik siang maupun malam, Berbuat enak/baik terhadap hati orang
lain.
Samangsane
pasamuwan/ Memangun marta martani/ Sinambi ing saben masa/ Kala-kalaning asepi/
Lelana teki-teki/ Nggayuh geyonganing kayun/ Kayungyun eninging tyas/ Sanityasa
pinrihatin/ Puguh panggah cegah dhahar lawan nendra//
Ketika
dalam pertemuan, Berbuat baik terhadap sesama, Sambil setiap waktu, Ketika
sedang hening, Berkelana berprihatin, Mencapai pedoman segalanya, Senang
(terhadap) heningnya hati Selalu berprihatin, Selalu mengurangi makan dan
tidur.
Saben
mendra saking wisma/ Lelana laladan sepi/ Ngingsep sepuhing supana/ Mrih pana
pranaweng kapti/ Titising tyas marsudi/ Mardawaning budya tulus/ Mesu reh
kasudarman/ Neng tepining jalanidi/ Sruning brata kataman wahyu jatmika//
Setiap
pergi dari rumah, Berkelana di tempat yang sepi, Mencari ilmu agar mengetahui,
Agar mengetahui kehendak hati, Ketepatan hati mencari, Irama hati yang ikhlas,
Melatih jiwa kebaikan, Di tepian samudera, Seringnya bertapa memperoleh
anugerah yang baik.)
Wikan
wengkoning samodra/ Kederan wus den ideri/ Kinemat kamot ing driya/ Rinegem
sagegem dadi/ Dumadya angratoni/ Nenggih Kangjeng Ratu Kidul/ Ndedel nggayuh
gegana/ Umara marak maripih/ Sor prabawa lan priyagung Ngeksiganda//
Mengetahui
luasnya samudera, Di kelilingi sudah dikelilingi, Dikuasai dalam inderanya,
Digenggam menjadi satu genggaman, Menjadi penguasa, Yaitu Ratyu Kidul, Terbang
mencapai angkasa, Datang mendekat bersujud, Kalah perbawa dengan satria
Ngeksiganda.
Dahat
denira aminta/ Sinupeket pangkat kanthi/ Jroning alam palimunan/ Ing pasaban
saben sepi/ Sumanggem anyanggemi/ Ing karsa kang wus tinamtu/ Pamrihe mung
ameminta/ Supangate teki-teki/ Nora ketang teken janggut suku jaja//
Sangat
dalam memintanya, Agar dipererat dengan cara, Di dalam alam gaib, Ditemui saat
sepi, Siap menyanggupi, Terhadap semua yang sudah ditentukan, Maksudnya hanya
meminta, Safaat dari yang bertapa, Walau dengan “tongkat dagu berkaki dada.)
Prajanjine
abipraya/ Saturun-turuning wuri/ Mangkono trahing awirya/ Yen maksih amesu
budi/ Dumadya glis dumugi/ Iya ing sakarsanipun/ Priyagung nGeksiganda/
Nugrahane prapteng mangkin/ Trah tumerah darahe padha wibawa//
Perjanjiannya
selalu, Semua keturunannya kelak, Demikian keturunan bangsawan/luhur, Jika
masih melatih jiwa, Akan segera tercapai, Ya terhadap segala kehendaknya,
Satria Mataram, Anugerahnya sampai sekarang, Turun temurun keturunannya semua
luhur.
Ambawani
tanah jawa/ Kang lagya jumeneng Aji/ Satriya dibya sumbaga/ Tan lyan trahing
Senapati/ Pan iku pantes ugi/ Tinulad labetanipun/ Ing sakuwasanira/ Enak lan
jaman samangkin/ Sayektine tan bisa ngepleki kuna//
Menguasai
Tanah Jawa, Yang sedang menjadi raja, Satria yang unggul, Tidak lain adalah
keturunan Senapati, Hal itu pantas juga, Diteladani jasanya, Sebatas
kemampuannya, Enaknya dengan jaman sekarang, Sungguh tidak dapat sama dengan
dahulu.
Lowung
kalamun tinimbang/ Ngaurip tanpa prihatin/ Nanging ta ing jaman mangkya/ Pra
muda kang den karemi/ Manelad nulad Nabi/ Nayakengrat Gusti Rasul/ Anggung
ginawe umbak/ Saben seba mampir masjid/ Ngajap ajap mukjijat tibaning drajat//
Sudah
baik kalau dibandingkan, Hidup tanpa prihatin, Tetapi pada masa sekarang, Anak
muda yang digemari, Meneladani para nabi, Mengabdi pada Nabi, Selalu dibuat
gelombang, Setiap menghadap singgah di masjid, Mengharap datangnya mukjijat
kedudukan
Anggung
angubel syariat/ Saringane tan den wruhi/ Dalil kadis lan ijemak/ Qiyase nora
mikani/ Katungkul mungkul sami/ Bangkrak aneng masjid agung/ Kalamun maca
kutbah/ Lelagone dhandhanggendhis/ Swara arum ngumandhang cengkok palaran//
Selalu
mempelajari syariat, Intinya tidak diketahui, Dalil hadis dan ijmak, Tidak
mengetahui qiyasnya, Terlena terhadap, Berada di masjid agung, Kalau membaca
kutbah, Nyanyiannya dhandhanggula, Suara merdu membahana model palaran.
Lamun
sira paksa nelad/ Tuladane kangjeng Nabi/ Angger kadohan panjangkah/ Wateke tan
betah kaki/ Rehne ta sira Jawi/ Sathithik bae wis cukup/ Aja guru aleman/ Nelad
khas ngepleki Pekih/ Lamun pengkuh pangangkah yekti karamat//
Kalau
kamu terpaksa meneladani, Keteladanannya Nabi, Nanda terlalu jauh cita-citamu,
Wataknya tidak kuat nanda, Oleh karena kamu orang Jawa, Sedikit saja sudah
cukup, Jangan suka disanjung, Meneladani menyamai fiqih, Kalau kuat cita-citamu
sungguh mendapat rahmat.
Nanging
enak ngupa boga/ Rehne ta tinitah langip/ Apa ta suwiteng Nata/ Tani tanapi
agrami/ Mangkono mungguh mami/ Padune wong dahat cubluk/ Durung wruh cara Arab/
Jawane bae tan ngenting/ Parandene paripaksa mulang putra//
Tetapi
enak mencari nafkah, Karena diciptakan langip, Apa mengabdi pada raja, Petani
ataupun berdagang, Demikian itu jika saya, Oleh karena sangatlah bodoh, Belum
mengetahui cara Arab, Jawanya saja tidak sempurna, Namun demikian terpaksa
mendidik anak.
Saking
duk maksih taruna/ Sadhela wus anglakoni/ Aberag marang agama/ Maguru anggring
kaji/ Sawadine tyas mami/ Banget wediku ing besuk/ Pranatan akhir jaman/ Tan
tutuk kaselak ngabdi/ Nora kober sembahyang gya tinimbalan//
Karena ketika masih muda, Sebentar sudah
melaksanakan, Bersemangat terhadap agama, Berguru pada setiap kiai, Perasaan
dalam hatiku, Sangat takutnya saya kelak, Pada peraturan akhir jaman, Tidak
selesai keburu mengabdi, Tidak sempat bersembahyang segera dipanggil.
Marang
ingkang angsung pangan/ Kasuwen pan den dukani/ Abubrah kuwur tyasingwang/ Lir
kiyamat saben ari/ Bot Allah apa Gusti/ Tambah tambuh solahingsun/ Lawas-lawas
grahita/ Rehne ta suta priyayi/ Yen mamriha dadi kaum temah nistha//
Oleh
yang memberi nafkah (Jika) Terlalu lama di marahi Rusak kacau hatiku Seperti
kiamat setiap hari Berat tuhan ataukah tuan Semakin kacau keadaanku Lama-lama
merasa/berpikir Oleh karena anak bangsawan Kalau menginginkan menjadi juru doa
sangat hina.
Tuwin
ketib suragama/ pan ingsun nora winaris/ angurbaya ngantepana/ pranatan
wajibing urip/ lampahan angleluri/ aluraning pra leluhur/ kuna kumunanira/
kongsi tumeka samangkin/ kikisane tan lyan amung ngupa boga//
Serta
kotib ahli agama saya tidak diwarisi lebih baik memantapkan aturan kewajiban
hidup tindakan melestarikan jalurnya para leluhur/pendahulu sejak dahulu kala
sampai sekarang pada akhirnya tidak lain mencari makan
Bongga
kang tan mrelokena/ mungguh ugering ngaurip/ uripe lan tri prakara/ wirya arta
tri winasis/ kalamun kongsi sepi/ saka wilangan tetelu/ telas tilasing jalma/
aji godhong jati aking/ temah papa papatiman ngulandara//
Mustahil
yang tidak mementingkan adapun pedoman hidup hidupnya dengan 3 perkara
jabatan/kedudukan uang ketiga pandai kalau sampai tidak memiliki dari ketiga
hal itu habislah jejak sebagai manusia seharga daun jati kering akhirnya
menderita terlunta-lunta mengembara
Kang
wus waspada ing patrap/ mangayut ayat winasis/ wusana wosing jiwangga/ melok
tanpa aling-aling/ kang ngalingi kalingling/ wenganing rasa tumlawung/ keksi
saliring jaman/ angalangut tanpa tepi/ yeku aran tapa tapaking Hyang Suksma//
Yang
sudah sempurna dalam tindakan membaca ayat sangat pandai akhirnya inti jiwanya
jelas tanpa terhalang yang menghalangi kelihatan terbukanya rasa
terang-benderang kelihatan semua jaman jauh sekali tanpa batas itulah yang
disebut mencari jejak Tuhan
Mangkono
janma utama/ Temen-tumemen ing sepi/ ing saben rikala masa/ mangsah amemasuh
budi/ laire anetepi/ ing reh kasatriyanipun/ susila anoraga/ wignya met tyasing
sasami/ yeku wong kang ingaran berag marang agama//
Begitulah
itu manusia utama Senang dalam kesepian pada setiap waktunya mengasah ketajaman
pikiran lahirnya mentaati terhadap kedudukan satrianya sopan santun menarik
hati pandai mengambil hati sesamanya itulah yang dinamakan orang senang
terhadap agama
Ing
jaman mengko pan ora/ arahe para taruni/ yen antuk tuduh kang nyata/ nora pisan
den lakoni/ banjur ngluhurken kapti/ kakekne arsa winuruk/ ngandelken gurunira/
pandhitaning praja sidik/ tur wus manggon pamucunge mring makripat//
Pada
jaman sekarang tidak tujuan para muda kalau memperoleh petunjuk yang benar
tidak pernah dilakukan kemudian menyombongkan keinginan kakeknya akan
dinasihati mengandalkan gurunya pendetanya kerajaan sakti lagi pula sudah
mencapai puncak makrifat.
PUPUH
III POCUNG
Ngelmu
iku kalakone kanthi laku/ lekase lawan kas/ tegese kas nyantosani/ setya budya
pangekesing dur angkara//
Ilmu itu tercapainya dengan proses awalnya
dengan niat yang keras artinya keras membuat bersemangat setia berusaha
menghancurkan kejahatan
Angkara
gung/ neng angga anggung gumulung/ gegolonganira/ tri loka lekere kongsi/ yen
den umbar ambabar dadi rubeda//
Kejahatan
besar di badan berusaha diatasi penggolongannya sampai tiga dunia secara bulat
kalau dibiarkan berkembang menjadi penghambat.
Beda
lamun wus sengsem rehing asamun/ Semune ngaksama/ Sasamane bangsa sisip/ Sarwa
sareh saking Mardi martotama//
Berbeda
kalau sudah senang pada keheningan, Tampaknya memaafkan, Semua kesalahan
sesama, Serba sabar karena berwatak utama.
Tuman
limut durgameng tyas kang weh limput/ karem ing karamat/ karana karoban ing
sih/ sihing sukma ngrebda saardi gengira//
Terbiasa
meredam gelora hati yang membuat terlena, senang pada keramat, karena dipenuhi
kasih, kasih Tuhan berkembang sebesar gunung.
Yeku
patut tinulad tulad tinurut/ sapituduhira/ aja kaya jaman mangkin/ keh pra muda
mundi dikir lapal makna//
Itu
pantas diteladani dan diikuti segala petunjuknya jangan seperti jaman sekarang
banyak pemuda memuja bacaan zikir dan artinya
Durung
pecus kasusu kaselak besus/ amaknani lapal/ kaya sayid weton Mesir/
pendhak-pendhak angendhak gunaning janma//
Belum
mampu tergesa-gesa ingin tampak bagus dalam memberikan makna bacaan seperti
ahli agama dari Mesir setiap saat merendahkan kepandaian orang
Kang
kadyeku kalebu wong ngaku-aku/ akale alangka/ eloke jaman den mohi/ paksa
ngangkah amet kawruh saking Mekah//
Yang
seperti itu termasuk orang yang mengaku diri akalnya tidak ada keajaiban jaman
ditolak memaksakan diri menggapai pengetahuan dari Mekah
Nora
weruh rosing rasa kang rinuruh/ lumeket ing ngangga/ anggere pada marsudi/ kana
kene kahanane nora beda//
Tidak
mengetahui inti rasa yang dicari melekat di badan asalkan semua mencari disana
sini keadaannya tidak berbeda
Uger
lugu denta mrih pralebdeng kalbu/ yen Kabul kabuka/ ing drajat kajating urip/
kaya kang wus winahyeng sekar Srinata//
Asalkan
lugas dalam berupaya menyempurnakan hati kalau tercapai akan terbuka pada
derajat tujuan hidup seperti yang sudah disampaikan dalam tembang sinom
Basa
ilmu mupakate lan panemu/ pasahe lan tapa/ yen satriya Tanah jawi/ kuna-kuna
kang ginilut tri prakara//
Tentang
ilmu cocok dengan pendapat manjurnya dengan bertapa kalau satria Jawa zaman
daulu yang dipelajari 3 perkara
Lila
lamun kelangan nora gegetun/ trima yen kataman/ sakeserik sameng dumadi/ tri
legawa nalongsa srah ing Bathara//
Ikhlas
kalau kehilangan tidak menyesal menerima kalau terkena fitnah sesama makhluk
ketiga tulus ikhlas menderita berserah kepada Tuhan
Bathara
gung inguger jroning jejantung/ jenek Hyang Wisesa/ pasenedan papan suci/ nora
kaya si mudha mudhar angkara//
Tuhan
yang maha Besar diikat dalam jantung senang terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa
sebagai tempat berlindung yang suci tidak seperti si bodoh mengumbar kejahatan
Nora
uwus kareme anguwus-uwus/ uwuse tan ana/ mung janjine muring-muring/ kaya buta
buteng betah nganiaya//
Tidak
berhenti kesenangannya mencela maknanya tidak ada hanya janjinya marah-marah
seperti raksasa murka suka menganiaya
Sakeh
luputing angga tansah linimput/ linimpet ing sabda/ narka tan ana udani/ lumuh
ala hardhane ginawe gada//
Semua
kesalahan dalam diri selalu dilupakan dibungkus dengan perkataan menyangka
tidak ada yang mengetahui tidak mau jelek kemarahannya sebagai senjata
Durung
punjul ing kawruh kaselak jujul/ kaseselan hawa/ cupet kapepetan pamrih/ tangeh
nedya anggambuh mring Hyang Wisesa//
Belum
berlebih ilmunya tergesa-gesa ingin unggul Diselipi hawa nafsu Tidak mampu
menggapai karena tertutup ditutupi maksud lain mustahil ingin mengetahui Tuhan
Yang Maha Kuasa
PUPUH
IV GAMBUH
Samengko
ingsun tutur/ sembah catur supaya lumuntur/ dhingin raga cipta jiwa rasa kaki/
ing kono lamun tinemu/ tandha nugrahaning Manon//
Sekarang
saya berkata Empat sembah agar diketahui pertama ragakeduacipta ketiga jiwa,
dan keempata rasa nanda di situ jika ditemukan pertanda anugerah Tuhan
Sembah
raga puniku/ pakartine wong amagang laku/ sesucine sarana saking ing warih/
kang wis lumrah limang wektu/ wantu wataking wewaton//
Sembah
raga yaitu perbuatan orang mengabdi dengan perilaku bersucinya dengan cara air
yang sudah biasa salat 5 waktu dasar sifat nya sebagai pedoman
Ing
nguni-uni durung/ sinarawung wulang kang sinerung/ lagi iki bangsa kas metokken
anggit/ mintonken kawignyanipun/ sariate elok-elok//
Pada
jaman dahulu belum dikenal ajaran yang dirahasiakan baru sekarang perihal kas
mengeluarkan tulisan memperlihatkan kepandaiannya syariatnya bagus-bagus
Thik-thik
kaya santri Dul/ gajeg kadi santri sabrang kidul/ saurute Pacitan pinggir
pasisir/ ewon kang padha guguru/ anggere padha nyalemong//
Sedikit-sedikit
seperti santriDul tampaknya seperti santri sebelah selatan sepanjang Pacitan
tepi pantai ribuan yang mengikuti asalkan setiap bicara
Kasusu
arsa weruh/ cahyaning Hyang kinira den kawruh/ ngarep-arep kurup arsa den
kurebi/ tan weruh yen urip iku/ akale kaliru enggon//
Tergesa-gesa
ingin mengetahui cahaya Tuhan dikira dapat diketahui mengharapkan hasil akan
dikuasai tidak tahu kalau hidup itu akalnya salah tempat
Yenta
jaman rumuhun/ tata titi tumrah tumaruntun/ bangsa srengat tan winor lan laku
batin/ dadi nora duwe bingung/ kang padha nembah Hyang Manon//
Kalau
jaman dahulu Disusun secara teliti dengan teratur masalah syariat tidak
dicampur dengan laku batiniah jadi tidak memiliki kebingungan mereka yang
menyembah Tuhan
Lire
saringat iku/ kena uga ingaranan laku/ dhihin ajeg kapindhone ataberi/ pakolehe
putraningsun/ nyenyeger badan mrih kaot//
Maksudnya
syariat itu dapat juga dinamakan jalan pertama teratur kedua tekun manfaatnya
anakku menyegarkan badan agar lebih
Wong
seger badanipun/ otot daging kulit balung sungsum/ tumrah ing rah memarah
antenging ati/ antenging ati nenungku/ angruwat ruweding batos//
Orang
yang segar badannya otot daging kulit tulang sungsum sampai pada darah membuat
hati tenang tenangnya hati selanjutnya meredakankekacauan batin
Mangkono
mungguh ingsun/ ananging ta sarehne asnapun/ beda-beda panduk panduming dumadi/
sayektine nora jumbuh/ tekad kang padha linakon//
Demikian
kalau saya tetapi karena asnapun berbeda-beda masing-masing orang sesungguhnya
tidak sesuai keinginan yang dilakukan
Nanging
ta paksa tutur/ rehning tuwa tuwase mung catur bok lumuntur lantarane ring
utami/ sing sapa temen tinemu/ nugraha geming kaprabon//
Tetapi
terpaksa menasihati Oleh karena tua bisanya hanya berkata Barangkali menular
sebagai jalan menuju keutamaan barang siapa bersungguh akan menemukan anugerah
untuk dipakai di kerajaan
Samengko
sembah kalbu/ yen lumintu uga dadi laku/ laku agung kang kagungan Narapati/
patitis teteping kawruh/ meruhi marang kang momong//
Sekarang
sembah kalbu kalau sungguh-sungguh juga menjadi laku laku besar yang
memilikinya hanyalah Raja cermat atas ketetapan ilmu mengetahui kepada yang
mengasuh
Sucine
tanpa banyu/ amung nyenyuda hardaning kalbu/ pambukane tata-titi ngati-ati/ atetep
telaten atul/ tuladan marang waspaos//
Sucinya
tidak dengan air hanya mengurangi nafsu di hati pembukaannya teratur teliti dan
hati-hati tetap tekun lemah lembut teladan terhadap kebijaksanaan
Mring
jatining pandulu/ panduking don dedalan satuhu/ lamun lugu legutaning reh
maligi/ lagiyane tumalawung/ wenganing alam kinaot//
Terhadap
penglihatan sesungguhnya manfaatnya sebagai jalan sesungguhnya kalau wajar
kebiasaannya menerawang terbukanya alam yang lebih
Yen
wus kambah kadyeku/ sarat sareh saniskareng laku/ kalakone saka eneng ening
eling/ ilange rasa tumlawung/ kono adiling Hyang Manon//
Kalau
sudah melalui seperti itu dengan syarat sabar segala tindakannya tercapainya
dengan diam, hening dan ingat hilangnya rasa terang benderang disitu keadilan
Tuhan
Gagare
ngunggar kayun/ tan kayungyun mring hayuning kayun/ bangsa anggit yen ginigit
nora dadi/ marma den awas den emut/ mring pamurunging lelakon//
Gagalnya
mengumbar kehendak tidak terpikat terhadap selamat segala masalah tulisan kalau
digigit tidak jadi maka harap cermat dan ingat terhadap yang mengggagalkan
kejadian
Samengko
kang tinutur/ sembah katri kang sayekti katur/ mring Hyang Suksma/ suksmanen
saari-ari/ arahen dipun kacakup/ sembahingjiwa sutengong//
Sekarang
yang dikatakan sembah ketiga yang sesunggunya diberikan kepada Tuhan camkan
sehari-hari raihlah agar menguasai sembahnya jiwa anakku
Sayekti
luwih prelu/ ingaranan pepuntoning laku/ kalakuwan kang tumrap bangsaning
batin/ sucine lan awas emut/ mring alaming alam maot//
Sungguh
lebih penting dinamakan akhir perjalanan tindakan yang ada tentang batin
sucinya dengan waspada dan ingat terhadap alamnya yang sangat
Ruktine
ngangkah ngukut/ ngiket ngruket tri loka kakukud/ jagad agung ginulung lan
jagad alit/ den kandel kumandel kulup/ lan kalaping alam kono//
Perawatannya
dengan usaha mencapai mengikat erat 3 tempat dikuasai alam besar digulung
dengan alam kecil harap dengan mantap anakku terhadap manfaat alam itu
Keleme
mawa limut/ kalamatan jroning alam kanyut/ sanyatane iku kanyatahan kaki/
sajatine yen tan emut/ sayekti tan bisa amor//
Tenggelamnya
dengan selimut terhalangi dalam alam kematian sesungguhnya itu kenyataan nanda
sesungguhnya kalau tidak ingat sungguh tidak dapat menyatu
Pamete
saka luyut/ sarwa sareh saliring panganyut/ lamun yitna kayitnan kang mitayani/
tarlen mung pribadinipun/ kang katon tinonton kono//
Pengambilannya
dari luyut serba sabar segala pikiran kalau waspada kewaspadaan yang bermanfaat
tidak lain hanya dirinya sendiri yang kelihatan dilihat disitu
Nging
aywa salah surup/ kono ana sajatining urub/ yeku urup pangarep uriping budi/
sumirat sirat narawung/ kadya kartika katonton//
Tetapi
jangan salah paham disitu ada sejatinya cahaya yaitu cahaya harapan hidupnya
pikiran berkilau terang bercahaya seperti bintang kelihatannya
Yeku
wenganing kalbu/ kabuka ta kang wengku-winengku/ wewengkone wis kawengku ing
sireki/ nging sira uga winengku/ mring kang pindha kartika byor//
Itulah
terbukanya kalbu terbukalah yang saling kuasa menguasai kekuasaannya sudah
dikuasai olehmu tetapi kamu juga dikuasai oleh yang seperti bintang bercahaya
Samengko
ingsun tutur/ gantya sembah ingkang kaping catur/ sembah rasa karasa rosing
dumadi/ dadine wus tanpa tuduh/ mung kalawan kasing batin//
Sekarang
saya berkata berganti sembah yang keempat sembah rasa terasa inti kehidupan
jadinya sudah tidak dengan petunjuk hanya dengan kasnya batin
Kalamun
durung lugu/ aja pisan wani ngaku-aku/ antuk siku kang mangkono iku kaki/ kena
uga wenang muluk/ kalamun wus padha melok//
Kalau
belum lugu jangan sekali-sekali mengaku diri mendapat hukuman yang demikian itu
nanda boleh juga berwenang terkenal kalau sudah semua mengetahui
Meloke
ujar iku/ kudu santosa ing budi teguh/ sarta sabar tawakal legaweng ati/ iku
den awas den emut/ den memet yen arsa momot//
Ketahuannya
perkataan itu harus kuat dalam pikiran teguh serta sabar tawakal tulus dihati
yang penuh perhitungan kalau ingin menguasai semua
Pamote
ujar iku/ yen wus ilang sumelanging kalbu/ amung kandel kumandel ngandel ing
takdir/ trima lila ambek sadu/ weruh wekasing dumados//
Penguasaan
perkataan itu kalau sudah hilang kawatirnya kalbu hanya tebal sangat percaya
kepada takdir menerima apa adanya ikhlas berwatak baik mengetahui pesan makhluk
hidup
Sabarang
tindak-tanduk/ tumindake lan sakadaripun/ den ngaksama kasisipaning sesami/
sumimpanga ing laku dur/ ardaning budi kang ngradon//
Segala
tingkah laku tindakannya dengan sahaja memaafkan terhadap kesalahan orang lain
hindarilah terhadap tindakan jahat kemarahan pikiran yang menyelimuti
Dadya
wruh iya dudu/ yeku minangka pandaming kalbu/ ingkang ambuka ing kijabullah
gaib/ sesengkeran kang sinerung/ dumunung telenging batos//
Menjadikan
tahu yang bukan/salah itu sebagai pedoman kalbu yang membuka kepada kijabullah
gaib rahasia yang disimpan berada di tengah hati
Rasaning
urip iku/ krana momor pamoring sawujud/ wujudullah sumrambah alam sakalir/ lir
manis kalawan madu/ endi anane ing kono//
Rasa
hidup itu karena bersatunya satu wujud wujudullah (wujud Allah) berada di alam
semuanya ibarat manis dengan madu mana adanya di situ
Endi
manis ndi madu/ yen wus bisa nuksmeng pasang semu/ pasamuwaning hep Ingkang
Maha Suci/ kasikep ing tyas kacakup/ kasatmata lair batos//
Mana
manis mana madu kalau sudah dapat menyelaminya pertemuannya air yang Maha suci
dipeluk dalam hati terselimuti kelihatan lahir batin
Ing
batin tan kaliru/ kedhap kilat liniling ing kalbu/ kang minangka colok celaking
Hyang Widhi/ widadaning budi sadu/ pandak panduking lir wenggon//
Dalam
batin tidak salah sekejap kilat dilihat dalam kalbu yang sebagai penerang
dekatnya Tuhan keselamatan pikiran baik tempat dan penerapannya seperti tempat
air
Gonira
mamrih tulus/ kalaksitaning reh kang ginuruh/ gyanira mrih wiwal warananing
gaib/ paran ta lamun tan weruh/ sasmita jatining endhog//
Tempat
agar tulus kebaikan tindakan yang diguru didalam agar lepas tutupnya gaib
bagaimanakah kalau tidak tahu simbol sesungguhnya telur
Putih
lan kuningipun/ lamun arsa titah teka mangsul/ dene nora mantra-mantra yen ing
lair/ bisaa aliru wujud/ kadadiyane ing kono//
Putih
dan kuningnya kalau akan lahir mengapa kembali adapun tidak mengira kalau dalam
lahir dapatlah bertukar wujud kejadian di situ
Istingarah
tan metu/ lawan istingarah tan lumebu/ dening jro wekasane dadi ing jawi/
rasakena kang tuwajuh/ aja kongsi kabesturon//
Keinginannya
tidak keluar dan keinginannya tidak masuk adapun dalam akhirnya menjadi di luar
rasakan dengan benar-benar jangan sampai lalai
Karana
ye kebanjur/ kajantaka tumekeng Saumur/ tanpa tuwas yen tiwasa ing dumadi/ dadi
wong ina tan weruh/ dheweke den anggep dhayoh//
Karena
kalau terlanjur dihukum seumur hidupnya tidak berguna kalau terlahirkan menjadi
orang hina tidak mengetahui dirinya dianggap tamu
PUPUH
V KINANTHI
Mangka
kanthining tumuwuh/ salami mung awas eling/ eling lukitaning alam/ dadya
wiryaning dumadi/ supadi nir ing sangsaya/ yeku pangreksaning urip//
Sebagai
bekalnya mahluk hidup selamanya hanyalah waspada dan ingat ingat penciptanya
alam menjadi kejayaan hidup agar hilag kesengsaraannya itulah penjaganya hidup
Marma
den taberi kulup/ angulah lantiping ati/ rina wengi den anedya/ pandak
panduking dumadi/ bengkas kahardaning driya/ supadya dadya utami//
Maka
hendaklah suka anakku melatih ketajaman hati siang malam berharaplah perilaku
makhluk hidup menghancurkan hawa nafsu agar menjadi utama
Pangasahe
sepi samun/ aywa esah ing salami/ samasa wis kawistara/ landhepe
amingis-mingis/ pasah wukir reksamuka/ kekes srabedaning budi//
Pelatihannya
dalam sepi hening jangan pisah selamanya sewaktu sudah kelihatan tajamnya amat
sangat dijatuhkan di gunung reksamuka dingin ....
Hati
Dene awas tegesipun/ warah warnaning ngaurip/ miwah wisesaning tunggal/ kang
atunggil rina wengi/ kang mukitani sakarsa/ gemelar alam sakalir//
Adapun
awas artinya ajaran warnanya hidup serta keuasaannya tunggal yang bersatu siang
dan malam yang mukitani kehendak terbentang alam semua
Aywa
sembrana ing kalbu/ wawasen wuwusireki/ ing kono yekti karasa/ dudu ucape
pribadi/ marma den sambadeng sedya/ wewesen praptaning uwis//
Jangan
ceroboh dalam kalbu perhatikan perkataanmu di situ pasti terasa bukan ucapaan
sendiri maka harus kuat niatnya perhatikan datangnya yang sudah
Sirnakna
semanging kalbu/ den waspada ing pangeksi/ yeku dalaning kasidan/ sinuda saking
sathithik/ pamothahing napsu hawa/ linalatih amrih titih//
Hilangkan
keraguan hatihendakah waspada pada penglihatan itulah jalannya kematian
dikurangi dari sedikit keinginan hawa nafsu dilatih biar terbiasa
Aywa
mamatuh nalutuh/ tanpa tuwas tanpa kasil/ kasalibuk ing srabeda/ marma dipun
ngati-ati/ urip keh rencananira/ sambekala den kaliling//
Jangan
membiasaan mencela tidak berguna tidak berhasil terjerumus oleh godaan maka
hendaklah hati-hati hidup banyak rintangannya bahaya hendaknya diketahui
Upamane
wong lumaku/ marga gawat den liwati/ lamun kurang ing pangarah/ sayekti
kerendet ing ri/ apese kesandhung padhas/ babak bundhas anemahi//
Seumpama
orang berjalan jalan berbahaya dilalui jika kurang waspada sungguh tersangkut
duri paling tidak tersandung batu akhirnya luka parah
Lumrah
bae yen kadyeku/ atetamba yen wus bucik/ duweya kawruh sabodhag/ yen tan
nyartani ing kapti/ dadi kawruhe kinarya/ ngupaya kasil lan melik//
Wajar
saja kalau seperti itu berobat jika sudah luka meski punya ilmu banyak kalau
tidak disertai oleh niat jadi ilmunya digunakan mencari hasil dan tujuan
tertentu
Meloke
yen arsa muluk/ muluk ujare lir wali/ wola-wali nora nyata/ anggepe pandhita
luwih/ kaluwihane tan ana/ kabeh tandha-tandha sepi//
Kelihatannya
kalau akan makan makan perkataannya seperti ulama berulang kali tidak nyata
menganggap dirinya pendita lebih kelebihannya tidak ada semua tanda tanda
kosong
Kawruhe
mung ana wuwus/ wuwuse gumaib-gaib/ kasliring thithik tan kena/ mancereng alise
gathik/ apa pandhita antiga/ kang magkono iku kaki//
Pengetahuannya
hanya pada perkataan bicaranya digaib-gaibkan dikritik sedikit tidak boleh
melotot alisnya menyatu apakah pandita antiga yang demikian itu anak
Mangka
ta kang aran laku/ lakune ilmu sejati/ tan dahwen patiopenan/ tan panasten ora
jail/ tan anjurung ing kahardan/ amung eneng amrih ening//
Padahal
yang dinamakan laku jalannya ilmu sejati tidak banyak bicara dan tidak iri
tidak panas hati tidakdengki tidak mengumbar pada nafsu hanya diam agar hening
Kaunang
ing budi luhung/ bangkit ajur-ajer kaki/ yen mangkono bakal cikal/ thukul
wijining utami/ nadyan bener kawruhira/ yen ana kang nyulayani//
Terkenalnya
budi yang baik mampu adaptasi ananda jika demikian itu awal mula tumbuh benih
keutamaan walau benar pengetahuanmu kalau ada yang menolak
Tur
kang nyulayani iku/ wus wruh yen kawruhe nempil/ nanging laire angalah/
katingala angemori/ mung ngenaki tyasing liyan/ aywa esak aywa serik//
Lagipula
yang membantah itu sudah tahu kalau pengetahuannya minta tetapi pada lahirya
mengalah agar kelihatan membaur hanya membuat enak hati orang lain jangan iri
jangan dengki
Yeku
ilapating wahyu/ yen yuwana ing salami/ marga wimbuhing nugraha/ saking Hep
Kang Maha Suci/ cinancang pucuking cipta/ nora ucul-ucul kaki//
Yaitu
ilafatnya wahyu kalau selamat selamanya sebagai jalan bertambahnya anugerah
dari Tuhan Yang Maha Suci diikat dipuncak cipta/pikiran tidak akan lepas ananda
Mangkono
kang wus tinamtu/ tampa nugrahaning Widhi/ marma ta kulub den bisa/ ambusuki
jaring jarmi/ pakoleh lair batinnya/ iyeku budi premati//
Demikian
itu yang sudah ditentukan menerima anugerahnya Tuhan maka nanda hendaknya dapat
mengikuti perkataan orang memperoleh/berguna lahir batinnya yaitu hati dan
pikiran yang cermat
Pantes
tinulad tinurut/ laladane mrih utami/ utawa kembanging mulya/ kamulyaning jiwa
dhiri/ ora ta yen ngeplekana/ lir leluhur nguni-uni//
Pantas
diteladani dan diikuti jalannya agar utama/mulia atau bunganya mulia kemuliaan
jiwa sendiri tidaklah mungkin kalau sama persis seperti leluhur yang dahulu
Ananging
ta kudu-kudu/ sakadarira pribadi/ aywa tinggal tetuladan/ lamun tan mangkono
kaki/ yekti tuna ing tumitah/ poma kaestokna kaki//
Tetapi
selalu ingin semampunya sendiri jangan meninggalkan teladan jika tidak demikian
nanda sungguh rugi diciptakan sungguh laksanakanlah ananda.