SALAH KAPRAH
Salah kaprah maksudnya adalah kesalahan pangucapan bahasa kata atau kalimat yang telah sering digunakan sehingga orang menganggap hal itu benar.
Kita pernah mengalaminya namun tanpa kita sadari seperti mengalir begitu saja (jw : ora rumongso ngucapne kalimat salah kaprah justru unik dan menarik juga lucu kedengarannya).
Salah Kaprah merupakan kesalahan yang umum sekali sehingga orang tidak merasakan sebagai kesalahan.
Misalkan pemakaian kata kami untuk pengganti kata saya sudah merupakan salah kaprah kaprah.
Menurut (KBBI), arti salah kaprah adalah kesalahan yang umum sekali sehingga orang tidak merasakan sebagai kesalahan. Contoh : pemakaian kata kami untuk pengganti kata saya sudah merupakan salah kaprah kaprah.
RURABASA KATA SALAH KAPRAH BAHASA JAWA
Rurabasa adalah istilah dalam bahasa jawa, Rura artinya rusak dan Jawa artinya Jawa. Sehingga arti dari Rurabasa adalah bahasa yang rusak. Rurabasa adalah kata kiasan dalam bahasa jawa yang penggunaannya salah kaprah atau tidak sesuai konteks yang semestinya. Rurabasa disebut bahasa yang rusak karena memang tidak bernalar, tetapi karena sifat bahasa terutama bahasa jawa yang fleksibel maka hal seperti ini sangatlah dimaklumi oleh masyarakat umum.
Rurabasa dibagi menjadi 2 macam yaitu :
1. Rurabasa yang paten, yaitu kata salah kaprah yang tidak bisa dirubah ataupun dibenarkan. Contohnya :
Adang sega, adang artinya memasak dan sega artinya nasi. Nasi itu sudah matang atau masak tapi mengapa masih dimasak lagi.
Sehingga Adang beras yaitu memasak beras.
Menek klapa, menek artinya memanjat dan klapa artinya kelapa. Seharusnya yang dipanjat adalah pohon kelapa bukan kelapanya. Sehingga Menek wit klapa artinya memanjat pohon kelapa.
Nguleg sambel, nguleg artinya menumbuk dan sambel artinya sambal. Seharusnya yang ditumbuk adalah cabai bukan sambal. Sehingga Nguleg lombok artinya menumbuk cabai.
Nggodhok wédang, nggodhok artinya merebus dan wédang artinya air matang. Seharusnya yang direbus bukan air matang tetapi air mentah. Sehingga Nggodhok banyu artinya merebus air.
Ndhudhuk sumur, ndhudhuk artinya menggali dan sumur artinya sumur. Seharusnya menggali tanah bukan sumur. Sehingga Ndhudhuk lemah artinya menggali tanah.
Nglinthing rokok, nglinthing artinya menggulung dan rokok artinya rokok. Seharusnya menggulung tembakau bukan rokoknya. Sehingga Nglinthing mbako artinya menggulung tembakau.
2. Rurabasa yang tidak paten, yaitu kata salah kaprah yang bisa dirubah dan dibenarkan.
Contoh :
Acara, kata yang benar adalah Adicara. Sedangkan acara asalnya dari bahasa Indonesia.
Ojo yang artinya adalah jangan, kata yang benar sesuai kaidah bahasa jawa adalah Aja.
Huruf O merupakan bagian dari kaidah bahasa Indonesia sedangkan menurut kaidah bahasa Jawa yang benar menggunakan huruf A.
(RURA BASA) TEMBUNG SALAH KAPRAH.
Tembung salah kaprah ugi winastan tembung rura basa, tegesipun tembung ingkang sampun risak utawi tembung ingkang sampun lepat nanging kaprah.
Tembung salah kaprah punika kapérang dados kalih :
A. Tembung salah kaprah ingkang patèn, tegesipun boten saged kaéwahan malih utawi boten saged dipunleresaken :
1. Adang sega : Adang beras supaya dadi sega.
2. Mbathik jarit : Mbatik mori supaya dadi jarit.
3. Mènèk krambil : Mènèk wit krambil.
4. Nguleg sambel : Nguleg Lombok supaya dadi sambel.
5. Nulis layang : Nulis kertas supaya dadi laying.
6. Nggodhok wédang : Nggodhog banyu supaya dadi wedang.
7. Ngenam klasa : Ngenam pandhan supaya dadi klasa.
8. Negor gedhang : Negor wit gedhang.
B. Tembung salah kaprah ingkang boten patèn, tegesipun tembung ingkang saged dipunleresaken malah kepara kedah dipunleresaken :
1. Acara ingkang leres adicara. Awit tembung acara punika tembung asalipun
saking basa Indonesia.
2. Ojo panyeratan punika manut tata paramasastra Jawi lepat ingkang leres aja, awit panyeratan mawi [o] punika panyeratan manut kaidah paramasastra Indonesia, jer basa Indonesia punika boten saged mbèntenaken antawisipun [a] jejeg kaliyan [o].
Manut kaidah Basa Jawa Manut kaidah Basa Indonesia
Cara : coro
Coro : coro
Lara : loro
Loro : loro
Sapa : sopo
Ana : ono
Wanasaba : wonosobo
Kaliwira : kaliwiro
Sriyanta : sriyanto
Purwareja : purworejo
Retna : retno
Selakrama : selokromo
Leksana : leksono
Triyana : triyono
Setya Amrih Prasaja : Setyo Amrih Prasojo
3. Panyerating è,e, lan é, kaidah basa Jawi taksih mbèntenaken panyeratan aksara swara è,e,é, déné kaidah basa Indonesia panyeratan [e] boten wonten bèntenipun :
Manut kaidah Basa Jawa Manut kaidah Basa Indonesia
Kéné kene
Geger geger
Gègèr geger
Kéré kere
Keré kere
Sléman sleman
Kéthok kethok
Kethok kethok
Kèthok kethok
Sapèn sapen
Kelek kelek
Kèlèk kelek
4. Panyeratan [i] ingkang dipunwaos [i], lan panyeratan [i] ingkang dipunwaos [e] ;
Uniné [pithék / péthék] panyeratan ingkang leres pithik.
Uniné [sakéng] panyeratan ingkang leres saking.
Uniné [paléng] panyeratan ingkang leres paling.
Uniné [maléng] panyeratan ingkang leres maling.
Uniné [krambél] panyeratan ingkang leres krambil.
5. Panyeratan aksara swara [u] ingkang kawaos [u] lan panyerating aksara [u] ingkang
kawaos [ů] ;
Alun – alun dédé alon – alon
Wedhus dédé wedhos
Jujul dédé jojol
Udud dédé odod
Putih dédé poteh
Tukul dédé tokol
6. Ulang tahun basa Jawinipun ambal warsa.
Happy birthday selamat ulang tahun sugeng ambal warsa.
7. Selamat Tahun Baru langkung trep mawi sugeng tanggap warsa;
Happy new year selamat tahun baru sugeng tanggap warsa.
8. Akir – akir iki ingkang leres tembé iki, ntas iki ;
Akhir – akhir ini akir – akir iki [lepat].
Akhir – akhir ini tembé iki, ntas iki [leres].
9. Antara liya ingkang leres antarané ;
Antara lain antara liya [lepat].
Antara lain antarané [leres].
10. Caos lebetan, caos input, ingkang leres caos pamrayogi, caos panyaruwé ;
Memberi masukan caos lebetan [lepat].
Memberi masukan caos input [lepat].
Memberi masukan caos pamrayogi, caos panyaruwé [leres].
11. Dudu, dédé, liya, sanés;
Dudu tembung ngoko basa Indonesiané bukan.
Dédé tembung krama basa Indonesiané bukan.
Liya tembung ngoko basa Indonesiané lain.
Sanés tembung krama basa Indonesiané lain.
Kula murid SMA dédé murid SMP.
Punika buku dédé potlot.
Punika sanès buku kula.
12. Dèrèng berpengalaman, taksih cubluking kawruh, kirang seserepan.
Belum berpengalaman déréng berpengalaman [lepat].
Belum berpengalaman taksih cubluking kawruh [leres]
Belum berpengalaman kirang seserepan [leres].
13. Didukung, disengkuyung,
Didukung didukung [lepat]
Didukung disengkuyung [leres]
14. Dipunbikak, dipunmilai, dipunwiwiti, dipunpurwakani ;
Dimulai dipunbikak [lepat]
Dimulai dipunmilai [lepat]
Dimulai dipunwiwiti [leres]
Dimulai dipunpurwakani [leres].
15. Dipuntutup, dipunpungkasi, dipunpurnani, dipungkasi ;
Acara ini mari kita tutup dengan….
Acara iki ayo kita tutup kanthi….
Adicara punika mangga kita tutup kanthi…. [lepat]
Adicara iki ayo dipungkasi kanthi….[leres]
Adicara punika mangga dipunpungkasi kanthi…[leres]
Adicara punika mangga dipunpurnani kanthi…[leres]
16. Kita, kula lan panjenengan, aku lan kowé. Tembung kita ing basa Jawi bénten kaliyan kita bahasa Indonesia. Kita basa Jawi tegesipun ; kowé, sampéyan, panjenengan. Awit tembung kita punika asalipun saking tembung Jawi Kina ingkang nggadhahi teges kowé, sampéyan lan panjenengan.
Mari kita bersama – sama….
Mangga kita sesarengan [lepat]
Mangga kula lan panjenengan sesarengan [leres] utawi
Mangga sesarengan [leres]
17. Kula lan kawula ;
Kula punika laré dusun [leres]
Kawula punika laré dusun [lepat]
Kawula ing dusun ngriki kathah [leres].
Kula saya, aku
Kawula abdi, hamba, rakyat.
18. Kesimpulan, dudutan ;
Jadi kesimpulannya……
Dadi kesimpulané…. [lepat]
Dados kesimpulanipun… [lepat]
Dadi dudutané…. [leres]
Dados dudutanipun…. [leres]
Contoh :
Mengenai salah kaprah dalam bahasa Indonesia yang sering beredar di sekitar kita. Pertama, singkatan dari PP dalam perjalanan. Kebanyakan dari kita akan menyebutnya dengan Pulang-Pergi. Apakah anda tidak merasakan kejanggalannya? Di majalah yang saya sebutkan di atas terdapat ilustrasi seorang anak turun dari bis.
Ibu si anak bertanya, Kok cepat pulangnya ?
Anak dalam ilustrasi menjawab, Iya, kan PP, Pulang-Pergi, pulang dulu baru pergi.
Itu ilustrasi yang sangat bagus. Kocak, membuat saya tertawa. Ya, seharusnya kita menyebutnya Pergi-Pulang.
Beberapa contoh lainnya adalah penggunaan kata apotik yang seharusnya apotek, lain kali yang seharusnya kali lain, dan imbuhan untuk kata dasar ubah.
Saya yakin anda tidak asing dengan kata-kata merubah dan dirubah.
Pernahkah terpikir bahwa itu salah kaprah ?
Bahkan televisi swasta dan media cetak melakukan kesalahan terkait kedua kata berimbuhan ini. Saya sendiri pernah mengangkatnya di suatu forum tetapi gagal total meyakinkan seseorang.
Mengapa salah ?
Mari kita lihat mulai dari kata dasarnya.
Ubah adalah kata dasar yang saya maksud. Jika memakai imbuhan me- akan menjadi 'mengubah' seperti pada kata angkat (mengangkat), ikat (mengikat), usap (mengusap).
Jika memakai imbuhan di- akan menjadi diubah seperti pada kata angkat (diangkat), ikat (diikat), usap (diusap).
LAIN CERITA DARI
SALAH KAPRAH & ORA LUMRAH
Sebagai warga dari negara yang memiliki keberagaman bahasa yang mungkin menjadi salah satu kebanggaan, ciri khas dan aset negara yang menjadi daya tarik warga asing untuk berkunjung bahkan tinggal di Indonesia ini, tidak heran lagi bila kita sering menjumpai orang yang berbeda daerah atau bahasa kesulitan mengerti satu sama lain jika mereka menggunakan bahasa mereka sendiri-sendiri.
Contoh gampangnya saja yang saya alami sendiri, di asrama. Pastilah jika teman satu asrama sedang bergumam atau keceplosan menggunakan bahasa daerahnya, pasti yang lain akan kebingungan mendengarnya.
Kali, ini kita akan sedikit membahas Salah Kaprah, Bener Ora Lumrah.
Ini adalah kata kiasan dari bahasa jawa yang berarti Salah itu Biasa, Bener Tidak Biasa.
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan ungkapan ini. Maksudnya, ketika sesuatu yang salah di masyarakat itu menjadi sesuatu yang lumrah atau sudah terbiasa, baik dilakukan atau didengar, sedangkan jika ada kebenaran di dalamnya akan menjadi sesuatu yang tidak lazim.
Dan pada kesempatan ini, kita akan sedikit ngulik apa saja hal-hal yang dikaitkan dengan Islam dalam masalah ini.
1. Pertama, mengenai pemakaian kerudung. Banyak sekali kita jumpai remaja-remaja muslimah sekarang memakai kerudung yang istilahnya itu Nggak niat.
Misalnya, memakai kerudung yang transparan/tipis sehingga membentuk bagian kepala seperti telinga dan leher. Kerudung turban, berpunuk, dan fashion-fashion yang digemari remaja muslimah sekarang.
2. Kedua, mengenai pacaran dan gaul bebas. Jika kita berperan menjadi remaja di zaman sekarang pasti kita pernah merasakan pergaulan yang sangat bebas diantara teman-teman kita yang sangat sulit untuk dicari jalan pintas selain ketaqwaan dan pengorbanan untuk bertaubat darinya. Tidak heran lagi bila sering kali masyarakat awam bercuap-cuap menggunakan tema ini, seperti : Single gak trendy. Buruan gih cari cowok/cewek yang pas buat temenin lo, daripada lo galau mulu tiap hari Galau, malam minggu ditemenin sama hujan doang Kalau gak pacaran, nanti nikahnya gimana ?
Kudet lo, hari gini masih jomblo ? dan segudang kalimat-kalimat lain yang membuat jati diri orang yang pacaran seolah-olah baik,harus dicontoh dan diikuti semua orang. Bahkan, para remaja muslimah yang berkerudung, mereka rela mempertontonkan lekuk tubuh mereka menggunakan kaos lengan panjang yang Ngepas dengan bentuk tubuh mereka dan celana LeJins kemudian dibalut kerudung tipis yang berpunuk di atas kepalanya. Yang mereka katakan itu adalah suatu yang lumrah dan dibolehkan dalam Islam.
3. Ketiga, mengenai para muslimah yang memakai jilbab atau yang menutup aurat mereka dengan sempurna. Pernah tidak mendengar muslimah yang bercadar diejek Ninja Hatori ?. Mengatai bahwa muslimah yang berjilbab itu kudet alias kurang update, atau bisa dibilang kampungan, Sok alim, Nggak fashionable.
4. Keempat, tabarruj yang menjadi keseharian remaja-remaja gaul. Mereka sering kali mempertontonkan kecantikan mereka dengan bertabarruj. Apalagi trend Hijabers menjadi trend yang paling digandrungi. Menjadikan hijab sebagai ajang menarik perhatian para laki-laki di luar sana. Sampai-sampai tahun kemarin diadakannya Miss Muslimah 2019 yang sangat menyimpang dan menyesatkan.
Jadi, apasih yang sebenarnya mereka inginkan dengan melakukan tindakan yang sangat licik. Apalagi bagi seorang muslim yang seharusnya tahu bagaimana akhlak dan aqidah mereka seharusnya ditata dengan ajaran Islam yang kaffah.
Sebenernya, adanya fenomena seperti ini terutama di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim malah banyak yang menyimpang karena ajaran yang mereka tanamkan dalam diri itu bukanlah ajaran Islam, pedoman yang setiap saat dan setiap masa yang dijejalkan pada mereka bukanlah keyakinan Islam, aqidah islamiyah, melainkan keyakinan demokratis, pancasila, UUD’45, slogan Bhineka Tunggal Ika yang membuat umat muslim di negeri ini merasa karena ada sila pertama dalam pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa, maka mereka bisa dan mau menerima pancasila sebagai pedoman. Melupakan Islam yang mana sebenar-benar hukum.
Coba kita bayangkan dan pikirkan, mana yang lebih layak kita yakini dan patuhi, peraturan yang dibuat oleh pemerintah atau negara sedang mereka yang membuat sama-sama dari manusia yang bisa saja berbuat kesalahan dan lalai, daripada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, Tuhan yang menciptakan makhluknya dengan segala yang melengkapinya, yang menjadikan kehidupan itu ada.
Jika kita berpikir, pastilah kita bisa memilih mana hukum, tata aturan, perintah, dan aqidah yang harus kita ambil untuk menuntun jalan kita untuk kembali ke jalan yang lurus, kembali pada Sang Pencipta, Allah Semesta Alam.