Suwung
Suwung adalah
konsep dalam masyarakat Jawa untuk menggambarkan rasa hampa akan kesadaran diri
dengan lingkungannya. Hampa di sini dapat diartikan sebagai kondisi kosong yang
arupa alias tidak memiliki bentuk. Konsep suwung dipandang sebagai asal-muasal
dari alam semesta, hakikat dari segala sesuatu. Suwung adalah kenyataan mutlak
yang tidak dapat dijangkau oleh indra manusiawi.
Sementara itu, kelompok beraliran sufisme mengartikan suwung dengan berbeda. Suwung bagi mereka mengandung makna kekosongan yang bernuansa pengendalian diri yang sempurna dan kesadaran sejati akan diri yang berkaitan dengan ketuhanan. Dalam ajaran Suluk Suksma Lelana, suwung adalah tahapan tertinggi, yaitu makrifat. Dalam tahapan ini, seseorang telah berhasil mencapai hakikat ketuhanannya.
Sumber Naskah
Serat Wedhatama
membagi alam semesta dibagi menjadi dua, yakni alam yang selalu berubah/fana
dan alam yang tetap/abadi. Konsep ini diterangkan antara lain termuat dalam
pupuh pangkur bait ke-14 yang berbunyi :
Sejatine Kang
mangkana Wus kakenan nugrahaning Hyang Widhi. Bali alaming nga-SUWUNG, tan
karem karameyan. Ingkang sipat wisesa winisesa wus, Mulih mula mulanira. Mulane
wong anom sami.
Artinya:
Sebenarnya yang demikian itu sudah mendapat anugerah Tuhan. Kembali ke alam kosong, tidak mabuk keduniawian yang bersifat kuasa menguasai. Kembali ke asal mula. Demikianlah yang terjadi wahai anak muda.
Suwung. Satu kata
yang menjadi intisari seluruh ajaran spiritual leluhur Jawa. Suwung, yang
bermakna kosong, adalah realitas terdalam kehidupan, sumber penciptaan, yang
tenteram-damai sepenuhnya, melampaui suka-duka, sunyi dari gejolak emosi.
Leluhur Jawa memahami Tuhan sebagai Suwung, Kemahasadaran dan Kemahakuasaan
dalam bentuk kekosongan yang memangku dan meliputi seluruh keberadaan (Suwung
hamengku ana). Seseorang yang telah mengalami Suwung akan hidup mengalir
mengikuti dorongan Rasa Sejati yang terlahir darinya. Menyelami dan menghayati Suwung
akan membantu menemukan maknanya :
1. Membebaskan diri dari ilusi kehidupan yang
membuat hidup penuh tekanan.
2. Menyadari keagungan manusia dengan segenap
potensinya untuk merasakan kebahagiaan.
3. Mentransformasi diri pada tataran energi murni untuk hidup berkelimpahan.
Hakikat Suwung
secara saintifik dan filosofis, merupakan ajaran panduan menjalankan Meditasi
Kasih Murni, Meditasi Air Suci, Meditasi Api Suci, Meditasi Penyembuhan Diri,
Meditasi Kadewatan, dan berbagai teknik meditasi lainnya, untuk menghubungkan
diri Anda dengan Suwung di dalam diri.
tentang Suwung Ajaran Rahasia Leluhur Jawa
Di antara para
peneliti konsep teosofi Jawa, ada yang menyebutkan bahwa Suwung adalah satu
kata yang menjadi intisari seluruh ajaran spiritual leluhur Jawa.
Menurut mereka,
Suwung, yang bermakna kosong, adalah realitas terdalam kehidupan, sumber penciptaan,
yang tenteram-damai sepenuhnya, melampaui suka-duka, sunyi dari gejolak emosi,
dan seterusnya.
Orang Jawa
memahami Suwung sebagai Kemahasadaran dan Kemahakuasaan dalam bentuk kekosongan
yang memangku dan meliputi seluruh keberadaan (suwung hamengku ana).
Dengan menyelami
dan menghayati Suwung, orang Jawa percaya akan membantu dirinya mampu:
membebaskan diri dari ilusi kehidupan yang membuat hidup penuh tekanan,
menyadari keagungan manusia dengan segenap potensinya untuk merasakan
kebahagiaan, dan pada akhirnya dapat mentransormasi diri pada tataran energi
murni untuk hidup berkelimpahan dalam penyatuan dengan Sang Maha Pencipta.
Dalam Ajaran Suluk
Suksma Lelana (Ronggowarsito), disebutkan bahwa pencapaian ma’rifatullah,
tertuang dalam empat tahapan, yaitu:
Tahapan Syariat,
suatu upaya untuk mempelajari aturan-aturan baku dari Tuhan yang diamalkan
secara lahir, baik kepada Tuhan maupun yang berhubungan dengan sesama manusia.
Tahapan Tarekat,
ini adalah jalan sufi yang sudah mulai melakukan olah jasmani dan rohani dalam
rangka mendekatkan diri kepada Tuhan. Prosesnya harus dilakukan secara
terus-menerus dan konsisten.
Tahapan Hakikat,
yaitu fase ketika manusia telah mendapatkan ma’rifat yang sebenarnya. Ketika
mencapai keadaan fana atau hilangnya kesadaran diri dan alam sekitarnya, maka
manusia mampu membuka tirai yang merintangi dirinya dengan Tuhan. Dengan
demikian, manusia telah berhasil mencapai puncak pendakian spiritual sesudah
sekian lama menjalani proses tarekat.
Tahapan Ma’rifat.
Ini merupakan bentuk capaian tertingginya. Yaitu ketika manusia mengetahui
tentang hakikat ketuhanan. Dalam hal ini, manusia dianggap sebagai makhluk
sempurna karena telah mampu mencapai puncak spiritual yakni “Manunggaling
kawulo–Gusti”. Kesatuan kosmis yang di dalam masyarakat Jawa dilambangkan
sebagai “curiga manjing warangka, warangka manjing curiga” (keris menyatu
dengan kerangkanya, kerangka menyatu dengan kerisnya. (Achmad, 2014.hal.34).
Dari keempat
tahapan tersebut, Suwung merupakan tahapan ma’rifat, yaitu ketika seseorang
sudah berhasil mencapai hakikat ketuhanannya.
Sekadar tambahan
informasi, pada mulanya, kata“Suwung” merupakan istilah masyarakat Jawa yang
menggambarkan rasa hampa akan kesadaran diri dengan lingkungannya. Rasa hampa
ini diartikan dengan kondisi kosong yang tidak mempunyai bentuk dan abstrak.
Namun kemudian,
dalam masyarakat penganut paham sufi Jawa, Suwung memiliki makna yang berbeda.
Bagi mereka, Suwung mengandung makna kekosongan yang bernuansa pengendalian
diri yang sempurna dan kesadaran sejati akan diri yang berkaitan dengan
ketuhanan.
Dalam Serat
Wedhatama diterangkan bahwa alam semesta yang dihuni oleh makhluk hidup
dibedakan menjadi dua alam yakni alam yang selalu berubah (fana’) dan alam yang
tetap (abadi).
Konsep mengenai hal
tersebut antara lain termuat dalam pupuh pangkur bait ke 14 yang berbunyi :
Sejatine Kang
mangkana Wus kakenan nugrahaning Hyang Widhi. Bali alaming nga-SUWUNG,Tan karem
karameyan. Ingkang sipat wisesa winisesa wus, Mulih mula mulanira
Mulane wong anom
sami.
Artinya:
Sebenarnya yang
demikian itu sudah mendapat anugerah Tuhan. Kembali ke alam kosong,
Tidak mabuk
keduniawian yang bersifat kuasa menguasai. Kembali ke asal mula. Demikianlah
yang terjadi wahai anak muda
Dari kutipan di
atas, dijelaskan bahwa ada alam lain yang di samping yang nyata yang dialami
oleh manusia. Alam tersebut dalam Serat Wedhatama disebut sebagai alam suwung.
Alam suwung ini
digambarkan merupakan tempat asal dan sekaligus tempat kembalinya manusia yang
dapat memperoleh karunia Tuhan.
Alam yang dialami oleh manusia sekarang ini disebut pula alam kinaot (pupuh gambuh bait ke 13) yakni alam yang tinggi tingkatannya atau alam yang sangat istimewa indahnya.
Ketika hendak
mencapai alam suwung, manusia harus berproses. Kesempurnaan hidup sejati
merupakan tujuan utama manusia baik ketika masih di dunia, maupun ketika sudah
kembali kepada-Nya.
Kebahagiaan hidup
sejati di dunia ini bukan diukur dari keadaan terpenuhinya kebutuhan materil
secara melimpah tetapi konsep bahagia ini berupa pemenuhan kebutuhan yang
wajar, adil dan seimbang bagi keperluan jasmani serta rohaninya.
Di samping itu
alam suwung pun disebut alam lama maot yang terdapat pada pupuh gambuh bait ke
17 yaitu :
Sayekti luwih
perlu, Ingaranan pepuntoning laku, Kalakuwan tumrap kang bangsaning batin,
Sucine lan awas
emut, Mring alaming lama maot.
Artinya:
Sebenarnya lebih
penting disebut penghabisannya tindakan, Tindakan yang bersangkutan dengan
batin, pensuciannya dengan kewaspadaan dan senantiasa ingat Kepada alam yang
Maha Besar (yang dapat memuat) Alam kelanggengan.
Alam lama amot
(maot) secara harfiah bermakna alam yang dapat memuat dalam waktu yang lama
atau dengan perkataan lain langgeng atau abadi. Dapat pula diartikan sebagai
alam baka atau alam akhir. Dalam alam akhir inilah kita akan mengalami
kehidupan akhirat sebagai lanjutan dari kehidupan dunia dan kehidupan akhirat
adalah kehidupan yang berjangka panjang, dan jauh, yang kehidupan ini akan
dialami oleh semua manusia tanpa terkecuali sesudah mati.
Kehidupan ini
tidak bisa dijelaskan secara ilmiah, karena di luar jangkauan keilmuan sehingga
untuk memahami realitas kehidupan akhirat harus melalui perenungan yang
transenden, yang melintasi batas-batas dimensi fisik, ruang dan waktu yang
terbatas.
Melalui pengalaman
kehidupan yang dialami, seseorang akhirnya bisa menembus dinding dan pembatas
yang berada dalam ruang dan waktu yang bersifat fisik, dan hakikat kehidupan
ini tidak berada pada kepentingan-kepentingan duniawi yang sifatnya sementara.
Kesadaran tertinggi inilah yang menjadikan seseorang mampu mencapai alam suwung
secara total.
Dalam prosesnya,
keakuan dapat dikontrol secara baik sehingga hidup dapat dihayati dengan
menjauhkan diri dari kesombongan.
SUWUNG DAN KAUM
SUFI SUKU JAWA
Suwung merupakan
istilah masyarakat Jawa yang menggambarkan rasa hampa akan kesadaran diri
dengan lingkungannya. Rasa hampa ini diartikan dengan kondisi kosong yang tidak
mempunyai bentuk dan abstrak. Namun dalam masyarakat penganut paham sufi,
suwung memiliki makna yang berbeda. Suwung mengandung makna kekosongan yang
bernuansa pengendalian diri yang sempurna dan kesadaran sejati akan diri yang
berkaitan dengan ketuhanan. Dalam konsep psikologi transpersonal, paham suwung
kaum sufi merupakan sebuah pengalaman spiritual yang disebut peak experience.
Peak Experience menurut Maslow dijabarkan sebagai suatu kondisi saat seseorang
secara mental merasa keluar dari dirinya sendiri (Davis,2001). Sehingga melalui
paham suwung ini, manusia dengan sadar dapat memecahkan masalah yang dihadapi
dalam kehidupan secara lebih bijaksana.
Menurut Maslow,
untuk mencapai tahapan aktualisasi diri, manusia perlu untuk memenuhi kebutuhan
dasar hidup.
Ada tiga kelompok
subjek utama penganut faham sufi yaitu :
1. Kelompok penganut paham sufi yang masih
belum terpenuhinya kebutuhan dasar hidup.
2. Kelompok penganut paham sufi yang memenuhi
kebutuhan dasar hidup dengan perjuangan.
3. Kelompok penganut paham sufi yang memenuhi
kebutuhan dasar hidup dengan mudah.
Bahwa dari ketiga
kelompok subyek mampu menerima suatu masalah dengan cara mengosongkan diri dan
secara hakiki menerima Tuhan dalam kondisi apapun. Keadaan Narimo dan syukur menjadi
dasar penyelesaian masalah bagi seluruh subyek. Selain persamaan itu, ada tiga
perbedaan pola berpikir dari kelompok subjek penelitian dalam memecahkan suatu
masalah.
1. Pertama, manusia memecahkan masalah yang
dihadapi dengan kepasrahan.
2. Kedua, menyelesaikan masalah dengan cara
berkompromi dengan fakta.
3. Ketiga, menyelesaikan masalah melalui
pencarian makna akan hidup.
Bahwa, konsep
aktualisasi diri tentang kebutuhan pokok hidup yang disampaikan oleh Maslow
tidak berlaku secara heirarki bagi masyarakat yang mempraktekkan paham sufi.
Pemaknaan mengenai suwung tidak hanya bisa didapatkan oleh orang yang sudah
memenuhi kebutuhan dasar semata. Namun, oleh penganut ajaran sufi yang mampu
dengan sadar mengendalikan dirinya sendiri.
SELAYANG PANDANG TENTANG TEORI SUWUNG
Di Jawa, ada satu
konsep yang dinamakan teosofi. Teosofi adalah paham yang dianut oleh agama
Jawa. Teos berarti Tuhan dan sofia berarti cinta. Teosofi adalah ilmu
ketuhanan, yang cinta kebijaksanaan (kesempurnaan). Teosofi jawa lebih
mengedepankan pencarian kesempurnaan hidup (Endraswara, 2002 hal.23). Sedangkan
ketika kita mendalami teosofi, tentu tidak bisa lepas dari akar pengertian
katanya. Teosofi dari pengertian bahasa yunani menyebut para penganutnya dengan
istilah orang Sufi. Namun di sisi lain, dari pengertian bahasa arab, mengenal
kata tasawuf, yang berasal dari beberapa istilah antara lain (1) Shifa, artinya
suci bersih, ibarat kilat kaca. (2) Shuf yang artinya bulu binatang. Sebab
orang orang yang memasuki tasawuf ini memakai baju dari bulu binatang, mereka
benci pakaian yang indah indah atau pakaian “orang dunia” ini. (3) Shuffah
yaitu segolongan sahabat nabi yang menyisihkan dirinya di suatu tempat
terpencil di samping Masjid Nabi. (4) Shuffanah yang artinya sebangsa kayu yang
mersik tumbuh di padang pasir tanah arab. (Hamka, 2015 hal.1). Penganut tasawuf
dari bahasa arab ini juga bergelar Sufis.
Konsep sufi yang
secara spesifik ada pada masyarakat Jawa, yang tidak lepas dari akar bahasanya
baik dari pengertian yunani maupun arab. Peneliti merumuskan pengertian Sufi
adalah suatu jalan, atau proses yang ditempuh oleh seseorang untuk memahami dan
mengimani Tuhan dengan sempurna, melalui lelaku (perbuatan) yang melepaskan
diri dari keterkaitan dengan duniawi sehingga bisa mencapai kesucian diri yang
sempurna. Para penempuh jalan sufi ini memiliki beragam kekhasan berinduk pada
akar budayanya masing masing. Penganut sufi di arab akan berbeda dengan
penganut sufi di eropa atau di asia. Di asia-pun, penganut sufi tersebar di
seluruh daerah dengan kekhasannya masing masing. Peneliti mengambil latar
belakang budaya jawa untuk lebih menspesifikkan pembahasan dari penelitian ini.
Konsep suwung
Tarekat adalah
jalan yang harus ditempuh oleh setiap calon sufi untuk mencapai tujuannya,
yakni bersatu dengan Tuhannya. Pada jalan tersebut terdapat tahapan-tahapan
yang harus dilalui, seperti : tobat, zuhud, sabar, ridho, mahabbah dan
ma’rifatullah (mengenal Allah dengan hati nurani). Bila mencapai tahapan
ma’rifatullah, maka calon sufi telah mengingkat menjadi sufi (Achmad, 2014.
Hal.29). Jalan atau cara yang ditempuh oleh para calon sufi ini mempengaruhinya
dalam bertindak, melakukan pengambilan keputusan maupun bagaimana ketika ia
mendapati suatu permasalahan yang harus ditemukan solusinya.
Dalam Ajaran Suluk
Suksma Lelana (Ronggo Warsito) , pencapaian ma’rifatullah, tertuang dalam empat
tahapan, yaitu :
1. ahapan Syariat, suatu upaya untuk
mempelajari aturan aturan baku dari Tuhan yang diamalkan secara lahir baik
kepada Tuhan maupun yang berhubungan dengan sesama manusia.
2. Tahapan tarekat, ini adalah jalan sufi yang
sudah mulai melakukan olah jasmani dan rohani dalam rangka mendekatkan diri
pada Tuhan. Prosesnya harus dilakukan secara terus menerus dan konsisten.
3. Tahapan Hakikat, yaitu fase dimana manusia
telah mendapatkan ma’rifat yang sebenarnya. Ketika mencapai keadaan fana atau
hilangnya kesadaran diri dan alam sekitarnya, maka manusia mampu membuka tirai
yang merintangi dirinya dengan Tuhan. Dengan demikian, manusia telah berhasil
mencapai puncak pendakian spiritual sesudah sekian lama menjalani proses tarekat.
4. Tahapan Ma’rifat. Ini merupakan bentuk
capaian tertingginya. Yaitu ketika manusia mengetahui tentang hakikat
ketuhanan. Dalam hal ini , manusia dianggap sebagai makhluk sempurna karena
telah mampu mencapai puncak spiritual yakni “Manunggaling kawulo – Gusti”.
Kesatuan kosmis yang di dalam masyarakat jawa dilambangkan sebagai “curiga
manjing warangka, warangka manjing curiga” (keris menyatu dengan kerangkanya,
kerangka menyatu dengan kerisnya. (Achmad, 2014.hal.34).
Dari ke empat
tahapan tersebut, Suwung merupakan tahapan ma’rifat, yaitu ketika seseorang
sudah berhasil mencapai hakikat ketuhanannya. Awal mula kata“Suwung” merupakan
istilah masyarakat Jawa yang menggambarkan rasa hampa akan kesadaran diri
dengan lingkungannya. Rasa hampa ini diartikan dengan kondisi kosong yang tidak
mempunyai bentuk dan abstrak. Namun dalam masyarakat penganut paham sufi jawa,
suwung memiliki makna yang berbeda. Suwung mengandung makna kekosongan yang
bernuansa pengendalian diri yang sempurna dan kesadaran sejati akan diri yang
berkaitan dengan ketuhanan.
Dalam Serat
Wedhatama diterangkan bahwa alam semesta yang dihuni oleh makhluk hidup
dibedakan menjadi dua alam yakni alam yang selalu berubah (fana’) dan alam yang
tetap (abadi). Konsep mengenai hal tersebut antara lain termuat dalam pupuh
pangkur bait ke 14 yang berbunyi :
Sejatine Kang
mangkana Wus kakenan nugrahaning Hyang Widhi. Bali alaming nga-SUWUNG,Tan karem karameyan. Ingkang sipat
wisesa winisesa wus, Mulih mula mulanira
Mulane wong anom
sami.
Artinya:
Sebenarnya yang
demikian itu sudah mendapat anugerah Tuhan. Kembali ke alam kosong,
Tidak mabuk
keduniawian yang bersifat kuasa menguasai. Kembali ke asal mula. Demikianlah
yang terjadi wahai anak muda
Dari kutipan
diatas, dijelaskan bahwa ada alam lain yang disamping yang nyata yang dialami
oleh manusia. Alam tersebut dalam Serat Wedhatama disebut sebagai alam suwung.
Alam suwung ini digambarkan merupakan tempat asal dan sekaligus tempat
kembalinya manusia yang dapat memperoleh karunia Tuhan.
Alam yang dialami
oleh manusia sekarang ini disebut pula alam kinaot (pupuh gambuh bait ke 13)
yakni alam yang tinggi tingkatannya atau alam yang sangat istimewa indahnya.
Ketika hendak mencapai alam suwung, manusia harus berproses. Kesempurnaan hidup
sejati merupakan tujuan utama manusia baik ketika masih di dunia, maupun ketika
sudah kembali kepada-NYA.
Kebahagiaan hidup
sejati didunia ini bukan diukur dari keadaan terpenuhinya kebutuhan materil
secara melimpah tetapi konsep bahagia
ini berupa pemenuhan kebutuhan yang wajar, adil dan seimbang bagi keperluan
jasmani serta rohaninya Disamping itu
alam suwung pun disebut alam lama maot yang terdapat pada pupuh gambuh
bait ke 17 yaitu :
Sayekti luwih
perlu, Ingaranan pepuntoning laku, Kalakuwan tumrap kang bangsaning batin,
Sucine lan awas
emut, Mring alaming lama maot.
Artinya:
Sebenarnya lebih
penting disebut penghabisannya tindakan, Tindakan yang bersangkutan dengan
batin, pensuciannya dengan kewaspadaan dan senantiasa ingat Kepada alam yang
Maha Besar (yang dapat memuat) Alam kelanggengan.
Alam lama amot
(maot) secara harfiah bermakna alam yang dapat memuat dalam waktu yang lama
atau dengan perkataan lain langgeng atau abadi. Dapat pula diartikan sebagai
alam baka atau alam akhir. Dalam alam akhir inilah kita akan mengalami
kehidupan akhirat sebagai lanjutan dari kehidupan dunia dan kehidupan akhirat
adalah kehidupan yang berjangka panjang, dan jauh, kehidupan ini akan dialami
oleh semua manusia tanpa terkecuali sesudah mati. Kehidupan ini tidak bisa
dijelaskan secara ilmiah, karena diluar jangkauan keilmuwan sehingga untuk
memahami realitas kehidupan akhirat harus melalui perenungan yang transenden,
yang melintasi batas-batas dimensi fisik, ruang dan waktu yang terbatas.
Melalui pengalaman
kehidupan yang dialami, seseorang akhirnya bisa menembus dinding dan pembatas
yang berada dalam ruang dan waktu yang bersifat fisik, hakikat kehidupan ini
tidak berada pada kepentingan-kepentingan duniawi yang sifatnya sementara.
Kesadaran tertinggi ini yang menjadikan seseorang mampu mencapai alam suwung
secara total. Dalam prosesnya, “keakuan” dapat di control secara baik sehingga
hidup dapat dihayati dengan menjauhkan diri dari kesombongan.
Dalam konsep
spiritual dari Maslow, pengalaman spiritual tertinggi yang dicapai seseorang
ini dinamakan “peak experience. Pada mulanya, dasar instrinsik, esensi, inti
universal dari setiap agama merupakan sesuatu pengalaman pribadi, sendiri,
pencerahan personal, wahyu atau pencapaian puncak dari Nabi atau para penglihat
(Maslow, 1964). Tetapi kemudian, terlihat bahwa wahyu atau pencerahan yang
bersifat mistik ini dapat digolongkan sebagai peak experience, atau ecstasies
atau transcendent.
Psikologi
transpersonal meneliti berbagai konsep (Walsh & Vaughan.1993). beberapa
konsep kunci adalah :
1. Peak experience, didalamnya meliputi emosi
positif yang kuat dan mendalam seperti ecstasies, perasaan damai dan
ketenangan, perasaan senada dan selaras dengan alam, kesadaran mendalam yang
tidak bisa diterjemahkan dengan kata-kata.
2. Self transcendence merupakan suatu keadaan
kesadaran dimana perasaan diri berkembang diluar definisi biasa dan image diri
dari suatu kepribadian individual. Self transcendence meliputi pengalaman
langsung dari hubungan fundamental, hamoni dan menyatu dengan alam.
3. Optimal mental health berarti kemampuan coping
yang mencukupi dengan tuntutan lingkungan dan merupakan resolusi dari konflik
personal.
4. Spiritual emergency, dalam konsep
transpersonal adanya suatu krisis dalam diri seseorang dapat menjadi bagian
yang membangkitkan kesehatan dan tidak selalu merupakan bentuk dari
psikopatologi.
5. Developmental spectrum, digambarkan
membedakan antara tahapan pre-presonal dari perkembangan diri, sebelum
perkembangan perasaan stabil dalam diri, kemudian tahapan personal dimana
perkembangan dan perbaikan individu telah berhasil diraih. Tahapan
transpersonal didasarkan pada identifikasi dengan keseluruhan bahwa diri lebih
tinggi daripada ego individual.
6. Meditation. Meditasi ini merupakan metode
kunci dari psikologi transpersonal. Meditasi melibatkan fokus pada satu obyek
atau perhatian sadarpada seluruh aspek kesadaran (dalam Davis, 2001)
Dalam konsep
transpersonal, ketika seseorang menghadapi suatu masalah yang menempatkannya
pada suatu krisis spiritual, hal tersebut justru akan menjadikan manusia mampu
membangkitkan kondisi kesehatan mental yang sempurna. Hal tersebut terjadi
apabila dapat diolah dan diinternalisasi ke dalam hakikat masalah tersebut.
Menurut Matlin
Menurut Matlin
(2005) strategi pemecahan masalah adalah ketika dinyatakan adanya suatu masalah,
maka harus menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan berbagai cara
untuk mengatasi masalah tersebut. Beberapa strategi yang sering digunakan
adalah :
Algoritma
Algoritma adalah
metode yang selalu menghasilkan suatu solusi yang benar dari setiap
penyelesaian masalah (Matlin, 2005). Algoritma merupakan sebuah langkah
prosedur yang menjamin kesuksesan jika langkah-langkah prosedur tersebut
diikuti dengan benar. Dengan kata lain, algoritma memiliki susunan urutan yang
baku dalam menyelesaikan suatu masalah dan berlaku secara umum.
Heuristik
Menurut Matlin
(2005) dalam pemecahan masalah, heuristik adalah suatu strategi yang
mengabaikan beberapa penjelasan serta hanya menggunakan alternatif yang paling
disukai untuk mendapatkan suatu solusi. Bagaimanapun, heuristik tidak menjamin
individu akan memecahkan masalah dengan benar.
Menurut Matlin
(2005), ada tiga heuristik yang paling sering digunakan yaitu :
Heuristik Hill-Climbing
Salah satu
strategi pemecahan masalah yang paling mudah biasanya disebut dengan heuristik
hill-climbing. Heuristik hill-climbing adalah ketika individu memiliki masalah,
maka individu tersebut memilih solusi secara sederhana terhadap alternatif
jawaban yang tampak untuk menyelesaikan masalah. (Lovett dalam Matlin, 2005).
Heuristik
hill-climbing dapat digunakan ketika individu tidak cukup menemukan informasi
mengenai alternatif-alternatif solusi yang dipilih oleh individu tersebut
(Dunbar dalam Matlin, 2005). Heuristik hill-climbing digunakan oleh individu
ketika :
Memilih solusi
yang tampak secara cepat dan sederhana dari masalah yang dihadapi
Apabila solusi pertama dianggap gagal, maka individu memilih solusi berikutnya dari masalah yang dihadapi
Heuristik Means-Ends
Menurut Matlin
(2005), heuristik Means-Ends memiliki dua komponen yaitu:
Individu membagi
masalah kedalam sub-sub masalah atau kedalam masalah yang lebih kecil
Individu mencoba
untuk mengurangi perbedaan mengenai keadaan awal dengan kondisi tujuan terhadap
masing-masing sub masalah Heuristik means-ends tepat karena mengharuskan
individu untuk mengidentifikasi tujuan yang diinginkan dan kemudian mencari
tahu cara yang akan digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
Menurut Matlin
(2005) ketika individu menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan
analogi, individu menggunakan solusi yang sama dengan masalah sebelumnya untuk
menyelesaikan masalah yang baru. Adapun indikator individu menggunakan
pendekatan analogi, antara lain:
Individu
menggunakan solusi yang sama atau serupa terhadap masalah serupa yang ia
hadapi.
Individu
menggunakan solusi yang sama atau serupa ketika masalah yang ia hadapi sama
atau serupa dengan masalah yang pernah dihadapi oleh orang lain.
Berdasarkan dari beberapa strategi pemecahan masalah yang dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa strategi pemecahan masalah merupakan suatu teknik atau cara yang digunakan oleh individu untuk menemukan solusi dalam menyelesaikan masalahnya, antara lain dengan menggunakan teknik algoritma atau heuristik.
Interaksionis simbolik
Menurut Ralph
Larossa dan Donald C. Reitzes (1993) dalam West-Turner (2008: 96), interaksi
simbolik menjelaskan kerangka referensi untuk memahami bagaimana manusia,
bersama dengan orang lain, menciptakan dunia simbolik dan bagaimana cara dunia
membentuk perilaku manusia.
Interaksi simbolik
ada karena ide-ide dasar dalam membentuk makna yang berasal dari pikiran
manusia (Mind) mengenai diri (Self), dan hubungannya di tengah interaksi
social. Tujuan dari semua hal diatas adalah untk memediasi dan menginterpretasi
makna dalam masyarakat (Society) dimana individu berada. Douglas (1970) dalam
Ardianto (2007: 136) menyatakan bahwa makna itu berasal dari interaksi, dan tidak
ada cara lain untuk membentuk makna, selain dengan membangun hubungan dengan
individu lain melalui interaksi.
Definisi dari ide dasar dari interaksi simbolik, antara lain :
Pikiran (Mind)
adalah kemampuan untuk menggunakan simbol yang mempunyai makna sosial yang
sama, dimana tiap individu harus mengembangkan pikiran mereka melalui interaksi
dengan individu lain
Diri (Self) adalah
kemampuan untuk merefleksikan diri tiap individu dari penilaian sudut pandang
atau pendapat orang lain, dan teori interaksionisme simbolis adalah salah satu
cabang dalam teori sosiologi yang mengemukakan tentang diri sendiri (the-self)
dan dunia luarnya.
Masyarakat
(Society) adalah jejaring hubungan sosial yang diciptakan, dibangun, dan
dikonstruksikan oleh tiap individu ditengah masyarakat, dan tiap individu
tersebut terlibat dalam perilaku yang mereka pilih secara aktif dan sukarela,
yang pada akhirnya mengantarkan manusia dalam proses pengambilan peran di
tengah masyarakatnya.
”Mind, Self and
Society” merupakan karya George Harbert Mead yang paling terkenal (Mead. 1934
dalam West-Turner. 2008: 96), dimana dalam buku tersebut memfokuskan pada tiga
tema konsep dan asumsi yang dibutuhkan untuk menyusun diskusi mengenai teori
interaksi simbolik.
Tiga tema konsep
pemikiran George Herbert Mead yang mendasari interaksi simbolik ini lah yang
peneliti gunakan untuk memetakan subyek penelitian mengenai SUWUN ini.
Penekannya ada
pada :
1. Menemukan Pentingnya makna bagi perilaku
penganut sufi yang menggunakan konsep suwung dalam penyelesaian masalah.
2. Menemukan pentingnya konsep mengenai diri
sendiri, bagaimana ia bersikap dan seluruh dinamikanya ketika menghadapi suatu
masalah.
3. Menemukan hubungan antara individu yang
menganut paham sufis dengan konsep suwung terhadap masyaraat sekitarnya khususnya
ketika bertingkah laku dan menempatkan diri.
Model pencapaian alam suwung
Dalam menghadapi
permasalahan, manusia dibedakan berdasarkan sudut pandangnya terhadap dunia.
Hal ini terbukti bersifat lintas keadaan. Dari sampel penelitian, kelompok penganut
paham sufi yang masih belum terpenuhinya kebutuhan dasar hidup, kelompok
penganut paham sufi yang memenuhi kebutuhan dasar hidup dengan perjuangan,
kelompok penganut paham sufi yang memenuhi kebutuhan dasar hidup dengan mudah
ternyata tidak terkategori secara berbeda.
Kategori sampel berdasarkan sudut pandang terhadap duniawi.
Misalnya :
Ada 5 orang di
dalam kelompok yang memandang dunia sebagai sesuatu yang penting untuk
diperjuangkan dan dicapai, 5 orang tersebut terdiri dari 1 orang yang sudah
memenuhi kebutuhan dasar, 2 orang yang berhasil memenuhi kebutuhan dasarnya
dengan perjuangan dan 2 orang yang belum terpenuhi kebutuhan dasarnya.
Sedangkan sisanya, 4 orang berada dalam kategori sudah terlepas dari hasrat
kebutuhan duniawi. 2 diantara memang sudah terpenuhi kebutuhannya, 1 orang yang
masih berjuang dan 1 orang yang belum terpenuhi kebutuhan dasarnya
Menurut konsep
Ronggowarsito, dalam serat wirid hidayat jati tertuang konsep dasar sebagai
berikut :
Sejatine ingsun
anata malige ana sajroning betal muharram
Iku omah
enggoning lalaranganing ingsun
Jumeneng ana
dhadhaning adam
Kang ana
sajroning dhadha itu ati
Kang ana
sajroning ati iku jantung,
Sajronng jantung
iku budi,
Sajroning budi
iku jimen, iya iku angen angen
Sajroning angen
angen iku rahsa,
Sajroning rahsa
iku ingsun
Ora ana pangeran
among ingsun dat kang angliputi jati
Berdasarkan para
penganut sufi di jawa, ajaran rangga warsito adalah pengejawantahan tertulis
yang dipergunakan oleh kaum sufi dalam menjalani kehidupannya. Adapun hasil
penelitian ini menterjemahkan kalimat diatas sebagai berikut :
Sesungguhnya AKU
merajai istana di dalam Betal Muharram. Tuhan yang merajai istana yang di
dalamnya terdapat aturan-aturan dan larangan, yang terletak di dada Adam, di
dalam dada ada hati, di antara hati ada jantung, di dalam jantung ada budi, di
dalam budi ada jinem (yaitu harapan). di dalam harapan ada rahsa, di dalam
rahsa ada Aku, tiada Tuhan kecuali Aku, Dzat yang meliputi keadaan hakiki.
Dari sudut pandang
ini, dapat di lihat ada tahapan tahapan yang perlu di lalui. Meskipun tertanya
dari tahapan itu tidak selalu bersifat runut dan kontinu. Lompatan itu bisa
dilakukan oleh orang orang tertentu apabila dia menghadapi permasalahan
personal yang berhasil merubah seluruh sudut pandangnya. Dari hasil penelitian
untuk semua subyek memiliki pola pencapaian rasa suwung yang sama tetapi
tahapannya bervariasi sesuai dengan pengalaman hidup yang dialaminya
masing-masing.
Tahapan dalam pencapaian alam suwung
Dalam bagan ini
dapat dilihat bahwa point penting dari perjalanan menuju suwung adalah kondisi
awal ketika menghadapi kenyataan. Sudut pandang terhadap sisi dunia di bagi
menjadi 2, yaitu :
1. Lekat : suatu kondisi diri seseorang,
ketika memandang dunia penting untuk diperjuangkan, mengharapkan sesuatu yang
dicita citakan dapat dicapai dengan baik. Apabila mengalami kegagalan, maka
akan mengoreksi diri untuk memperjuangkan kembali mimpi mimpinya.
2. Lepas : suatu kondisi diri seseorang, ketika
memandang dunia akan hadir dan hilang dengan ritme yang harmonis. Menunaikan
tugas sebagai manusia, memenuhi kebutuhannya namun tidak membelenggu diri
dengan harapan akan tercapainya mimpi mimpi. Hidupnya adalah sekarang dan
disini. (right here, right now)
Ada 3 model yang
muncul dari proses menuju alam suwung ini ketika menghadapi persoalan dan
berusaha memecahkannya. Adapun bagannya adalah sebagai berikut :
Type 1 Pencapaian
Alam Suwung
Dalam type 1 ini,
diawali dengan paradigma berpikir bahwa dunia adalah upaya penunaian tugas yang
diberikan Tuhan. Mereka yang ada di tipe ini tidak melibatkan diri untuk
memperjuangkan cita cita, apalagi disertai ambisi untuk memperoleh hasil yang
lebih baik dari orang lain. Ketika seseorang dihadapkan pada suatu persoalan
yang sulit, maka mereka cenderung menunjukkan kepasrahan dan menerima dengan
lapang dada.
Type 2 Pencapaian
Alam Suwung
Dalam Type 2,
dimulai dari sudut pandang bahwa dunia penting untuk diperjuangkan, mengharapkan
sesuatu yang dicita citakan dapat dicapai dengan baik. Di titik ini, seseorang
masih berhubungan erat dengan mimpi dan cita citanya. Sehingga pada saat
mengalami permasalahan, masih dalam kondisi tidak seimbang. Usaha nyata yang
dilakukan untuk mencapai cita citanya cenderung menghalalkan segala cara. Namun
bukan berarti seseorang yang berada dalam kondisi seperti ini tidak bisa
mencapai rasa suwung. Suatu keadaan yang istimewa (dalam hal ini berupa cobaan
berat) akan membawanya mencapai tahap kesadasaran. Kesadaran ini akan
membawanya menuju ke alam suwung.
Type 3 Alur pencapaian rasa suwung
Type 3 ini, sama
seperti type 2 dalam menghadapi suatu persoalan, masih condong ke dunia. Namun
ada satu titik saat harapannya juga telah terpenuhi, dan ada kejadian istimewa
yang menimpanya. Bisa berupa penglihatan yang kurang mengenakkan baik tentang
orang lain maupun lingkungan dan mampu menyentuh hidupnya, maka ia mampu
terlepas dari sisi duniawinya. Akhirnya berhasil mencapai suwung.
Keseluruhan
pencapaian alam suwung
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga kelompok subyek mampu menerima suatu masalah dengan cara mengosongkan diri dan secara hakiki menerima Tuhan dalam kondisi apapun. Keadaan Narimo dan syukur menjadi dasar penyelesaian masalah bagi seluruh subyek..
Tahapan untuk mencapai suwung
Tahapan untuk
mencapai suwung pada masing masing individu berbeda dan tidak terkategori
berdasarkan klasifikasi subyek. Namun ketika dihadapkan pada suatu persoalan
yang rumit dalam hidupnya, mereka terkategori sesuai dengan klasifikasinya.
Adapun kelompok
subyek 1 yang masih belum bisa memenuhi kebutuhan dasarnya memiliki alur
penyelesaian masalahnya adalah sebagai berikut :
Alur penyelesaian
masalah type 1
Kelompok ini
berusaha dengan beberapa cara yang disukainya dan menyerahkan hasilnya kepada
Tuhan dalam bentuk kepasrahan. Ketika subyek sudah sampai di titik pasrah, dia
mampu berterimakasih kepada alam dan seluruh isinya. Apapun yang menimpanya
bukan lagi menjadi beban. Mereka yang sudah pasrah tidak tergantung apakah
masalahnya berhasil diselesaikan atau tidak.
Adapun kelompok
subyek 2 yang mampu memenuhi kebutuhannya namun masih perlu berjuang untuk
mencapainya. Alur penyelesaian masalahnya adalah sebagai berikut :
Alur penyelesaian
masalah type 2
Kelompok ini
berusaha melalukan cara yang sama ketika mengalami suatu permasalahan, baru
setelah tidak berhasil atau tidak optimal, ia akan mengubah langkah
penyelesaian masalahnya. Baik ketika ia berhasil 100% mengatasi masalahnya
maupun tidak sama sekali, pencapaian selanjutnya adalah menemukan jalan
kompromi. Hal ini diambil karena kesadaran bahwa sebagian dari persoalan yang
dihadapi justru tidak selesai ketika seseorang mempertahankan keinginan atau
prinsip hidupnya secara mutlak. Dengan melakukan kompromi terhadap hal hal yang
tidak berhasil dicapainya, mereka akan mampu melangkah pada penyelesaian
langkah baru.
Kelompok ketiga
adalah kelompok yang sudah memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun bagan
penyelesaian masalahnya adalah sebagai berikut :
Alur penyelesaian
masalah type 3
Golongan yang
sudah mencapai kesejahteraan ini menghadapi masalah dengan mengusahakan
berbagai cara yang dilakukan seoptimal mungkin. Usaha usaha ini ditopang oleh
fasilitas yang memadai dan cenderung memudahkan. Namun ketika masalah yang
dihadapi tidak kunjung selesai, maka mereka akan bertanya pada diri mereka
sendiri dan melakukan pencarian makna. Usaha inilah yang akhirnya membawa
mereka pada rasa kebersyukuran. Rasa bersyukur ini menyebabkan mereka memahami
kehendak Tuhan dan menerimanya dengan sepenuh hati.
Kesimpulan
Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga kelompok subyek mampu menerima
suatu masalah dengan cara mengosongkan diri dan secara hakiki menerima Tuhan
dalam kondisi apapun. Keadaan Narimo dan syukur menjadi dasar penyelesaian
masalah bagi seluruh subyek. Dalam pencapaian suwung, ada 3 type pencapaian
yang pada masing masing tipe tersebut tidak terkumpul berdasarkan kategori
subyek penelitian. Type 1 adalah mereka memandang dunia terlepas dari dirinya.
Type ini secara alami lebih mudah mencapai tahapan suwung. Type kedua adalah
mereka yang masih terikat dengan duniawi. Namun ketika mereka sudah melakukan
usaha nyata untuk mencapai suatu tujuannya, ada kejadian istimewa yang
menjadikan mereka mengubah sudut pandanganya terhadap dunia. Sehingga mengubah
harapan hidup dan membawanya mencapai tahap suwung. Type ke 3 adalah type
paling erat kelekatannya dengan dunia. Ia berperilaku untuk mencapai tujuannya,
ia juga sudah membangun harapan yang sejalan dengan usahanya. Namun karena
adanya suatu kejadian istimewa yang menimpanya, ia akhirnya melepaskan diri
dari pikiran duniawi dan mencapai suwung. Selain temuan diatas, ada tiga
perbedaan pola berpikir dari kelompok subjek penelitian dalam memecahkan suatu
masalah. Pertama, manusia memecahkan masalah yang dihadapi dengan kepasrahan.
Kedua, menyelesaikan masalah dengan cara berkompromi dengan fakta. Ketiga, menyelesaikan
masalah melalui pencarian makna akan hidup.
Penelitian ini
memberikan pemahaman bahwa, konsep aktualisasi diri tentang kebutuhan pokok
hidup yang disampaikan oleh Maslow tidak berlaku secara heirarki bagi
masyarakat yang mempraktekkan paham sufi. Pemaknaan mengenai suwung tidak hanya
bisa didapatkan oleh orang yang sudah memenuhi kebutuhan dasar semata. Namun,
oleh mereka yang mampu dengan sadar mengendalikan dirinya sendiri. Meskipun
demikian ada pola yang sama dalam penyelesaian masalah pada subyek dalam
kategori yang sama.
Selama ini
peneliti fokus kepada individu, apabila pengembangan penelitian ini
dikembangkan dengan menekankan kajian kelompok sufi aliran tertentu
dimungkinkan akan memberikan pola yang berbeda.
REFERENSI :
Rogers, Everett.
M. 1994. A History of Communication Study: A
Biographical
Approach. New York : The Free Press.
West, Richard dan
Lynn H. Turner. 2008. Introducing communication theory :analysis and
application 3rd ed. Jakarta : Salemba Humanika
Achmad, Sri
wintala. 2008. KITAB AJARAN RANGGAWARSITA. Yogyakarta : Araska
HAMKA, Prof. Dr,.
2015. TASAWUF MODERN. , Jakarta: REPUBLIKA press
Robert Frager,
Ph.D, 2014. PSIKOLOGI SUFI. Jakarta: penerbit ZAMAN
Endraswara , Prof.
DR. Suwardi, M.Hum,. 2015. AGAMA JAWA.Yogyakarta: NARASI
John Davis, PhD.
Departemen of Psychology SOME BASIC CONCEPT OF TRANSPERSONAL PSYCHOLOGY part
four
Fattah Hanurawan,
KAJIAN PSIKOLOGI TRANSPERSONAL TERHADAP TRADISI SUFISME ISLAM DI INDONESIA,
journal psikologika no.8 tahun iv 1999, hal. 15 -22
Abraham maslow,
religion, values and peak experiences, Kappa delta pi. 1964
Journal eupsychian
management, Abraham maslow, 1965, Richard D. IRWIN INC and THE Dorsey press.
Homewood, Illionis 1-33