Filosofi Sesaji
Kearifan leluhur nusantara selalu mengunakan bahasa simbol dalam setiap acara, sebagai salah satu wujud konkrit rasa berbakti sebagai persembahan atas segala rasa hormat, itu merupakan manifestasi dari budi pekerti yang sungguh adiluhung (Sesaji).
Misalnya, upacara hajat mantu, mendirikan rumah, memanen padi, bedah bumi, membuat sumur, ngruak karang/nduduk pondasi, dll.
Makna Filosofis :
~ Pisang rangkap dua – lapisaning gesang, dasaring urip.
~ Wadah/tampah – jagad kang gumelar.
~ Dua sada/biting berlawanan – hidup ini diliputi rwabhineda, dua unsur yang saling berlawanan , namun saling mendukung dan melengkapi, misal siang malam, pria wanita, besar kecil dsb.
~ Takit/wadah – simbol bumi, tempat menampung perwujudan benda-benda sekala (imanen)
~ Takir/wadah tanpa tutup – simbol langit tnpa batas/tanpa tepi (transenden).
~ Teri – ikan kecil, mewakili mahluk hidup di dalam air
~ Empon-empon (kunyit, kencur, jahe) – simbol tanaman yang berbuahnya ada di dalam bumi (umbi-umbian)
~ Biji-bijian (merica, pala, ketumbal, kacang, kedelai, dsb.) – simbol tanaman yang berbuahnya di daratan.
< Keluwek, kemiri – simbol tanaman yang berbuah di atas/udara.
~ Kelapa satu iris/sawawar/cikalan – Kehidupan itu ada yang mengatur.
~ Lombok, garam, gula, buah2an dsb – simbol sad rasa. Dalam kehidupan ini selalu ada rasa pedas, asin, pahit, manis masam dan gurih. Dan manusia tak mungkin terlepas dari suka dan duka.
~ Badeg – simbol kegelapan, nafsu dan emosi.
~ Kaca, suri – simbol bahwa dalam kehidupan ini ada yang ditata dan menata agar rapi, indah dan harmonis.
~ Gedang – gedhe kang ginadang, besar cita-cita
~ Tebu – antep ing kalbu, mantap pendirian (tidak mudah goyah)
~ Bunga – aruming gandha rasa, tulusnya kehendak.
~ Gantal/kinangan – simbol wisesaning Hyang yang ngresepi jagad sakalir.
~ Telur Ayam– bebakalaning urip iku ana, namun masih terbungkus dalam cangkang triloka.
~ Uang/kepeng – menutup segala kebutuhan.
~ Beras – simbol kemakmuran, sandang pangan.
~ DLL
Demikian makna filosofis sebagai penggambaran kelengkapan sesaji sebagai “miniaturnya” alam semesta, yang dipersembahkan kepada Sang Penguasa Alam, yang disebut Purwaning Jagad, cikal bakaling ana, Sangkan Paraning Dumadi.
Rahayu
Sumber referensi saking :
Postingan status, Tentang Kebhinekaan, Pangeran Karyonagoro