SUNGSANG BAWANA BALIK (TATANAN DUNIA SERBA TERBALIK)
Kiamat itu sama saja kerusakan yang tidak pernah bermetamorfosa menjadi kebaikan. Rusak, tidak abadi merupakan hal yang lumrah di dunia. Menyamati tanda-tanda yang demikian menggiring kita pada bayangan akan kiamat, kehancuran akhir zaman, yang semakin dekat. Sebagaimana dikabarkan oleh para pujangga waskita tanah Jawa ratusan tahun lalu tentang kondisi Sungsang Bawana Walik menjelang hari akhir. Sungsang Bawana Walik adalah zaman ketika tatanan dunia serba terbalik. Bahwa kondisi sosial masyarakat yang serba sungsang, serba terbolak-balik sebagai kiamat itu sendiri. Bermula dari ketidaktepatan cara pandang antara nilai/prinsip, metode, dan tujuan. Ketidaktepatan cara pandang terhadap manusia dan alam melahirkan ketidakadilan yang bersumber dari perbedaan kelas, jenis kelamin, kepemilikan akses sumber daya alam, dan pengetahuan hingga berujung pada kehancuran ekologi kehidupan manusia.
KIAMAT DAN KEMANUSIAAN
Kiamat berasal dari penangkapan, pencernaan tentang fenomena, hal-hal yang terjadi tiap hari yang kita lihat, bukan kiamat sebagaimana dipahami oleh masyarakat umum dalam konteks agama yang selama ini dipahami. Misalnya ketidakadilan, ketidakpatutan, ketidaksesuaian dalam berbagai hal, yang mestinya dibanggakan malah tidak dibanggakan, yang mestinya dikagumi malah tidak, yang mestinya diyakini malah tidak, yang mestinya dipatuhi malah tidak, begitu pula sebaliknya.
Kiamat sebenarnya bisa dimaknai sebagai keadaan menjauhi nilai hakiki, sesuatu yang paling fundamental. Nilai itu harus fundamental. Sebagai contoh dalam kebanggaan, sekarang apa yang dibanggakan? Hal-hal material. Dan itu sudah menjadi umum, kebanggaan atas materi yang jauh dari nilai-nilai kemanusiaan. Ini kaitannya dengan kemanusiaan.
Bagi saya kemanusiaan itu nilai yang paling tinggi dalam kehidupan. Bahkan kemanusiaan adalah visi dan misi Tuhan menciptakan manusia. Kemanusiaan tidak sebatas relasi antarmanusia. Lebih jauh lagi relasi manusia dengan alam semesta. Kiamat adalah perubahan yang destruktif terhadap ekologi kehidupan manusia.
Pertanyaannya kemudian apa ciri-ciri untuk menyebut sesuatu itu manusiawi atau tidak. Bisa jadi sekarang orang mengalami kesulitan, tidak lagi memiliki parameter nilai kemanusiaan. Ini kembali lagi ke urusan cara pandang. Cara pandang melahirkan ideologi, yang menuntun pilihan sikap, dan tindakan.
Kiamat kemanusiaan terjadi karena segala ketidaktepatan sudah tidak dipermasalahkan lagi. Ini sudah berjalan lama dan malah menjadi sebuah kewajaran. Kalau orang kaya sombong dianggap wajar. Sama seperti yang terjadi di jalan raya, kendaraan besar boleh semena-mena. Bis bisa semena-mena terhadap mobil, mobil semena-mena terhadap sepeda motor, rombongan moge bisa semena-mena minta pengawalan polisi, dan seterusnya.
STATUS SOSIAL
Ketidakpatutan ini juga berkaitan dengan pandangan orang, mungkin termasuk kita juga, tentang status sosial yang dibanggakan. Padahal status sosial mestinya bukan material. Status sosial hadir ketika relasinya terhadap banyak orang. Sementara sekarang ini Moge yang jadi simbol status sosial.
Status sosial seharusnya berkaitan dengan peran sosial. Bagaimana orang berperan di masyarakat, di tengah-tengah kehidupan ini. Hal itu yang seharusnya menjadi status. “Oh orang itu statusnya sebagai pendidik, sebagai penggerak masyarakat, sebagai orang yang selalu menjadi motor dari sebuah kegiatan kemanusiaan,” misalnya. Itu baru namanya status dan patut dibanggakan. Punya motor gede, kaya-miskin, itu bukan status. Itu keadaan. Sekarang ini banyak orang membanggakan keadaan yang orang lain tidak suka. Sama seperti orang tidak pernah mempertanyakan dari mana dan dengan cara apa seseorang mendapatkan kekayaan karena kekayaan itu sendiri sudah menjadi kebanggaan.
SUMBER KETIDAKADILAN
Begitu juga pandangan orang terhadap ketidakadilan. Selama ini ketidakadilan terjadi setidaknya karena beberapa sebab. Pertama, kelas. Makanya dulu muncul teori kelas antara juragan dan buruh. Kedua, Ketidakadilan berdasarkan jenis kelamin. Karena dunia saat ini dikuasai maskulin maka yang feminim secara kasat mata dikalahkan, jadi objek. Ketiga, ketidakadilan disebabkan oleh usia. Jadi orang dewasa lebih kuat, merasa lebih tahu, kemudian menguasai orang yang lebih muda, apalagi anak-anak.
Keempat, ketidakadilan disebabkan oleh sumber daya alam yang pengelolaannya tidak untuk kesejahteraan umat manusia, hanya dikuasai untuk orang-orang atau kelompok tertentu. Karena kehidupan manusia ditentukan salah satunya oleh sumber daya alam. Demikian faktanya dari awal sampai sekarang. Orang kaya di Indonesia adalah orang-orang yang hidupnya sangat terkait erat dengan sumber daya alam.
Kiamat ini menjadi problem ketika orang salah melihat apakah sesuatu itu sebagai akibat atau sebab dari masalah. Satu contoh soal kemiskinan. Menurut saya kemiskinan itu bukan masalah tetapi akibat, yaitu akibat dari ketidakadilan. Masalahnya terletak pada ketidakadilan bukan kemiskinan. Cara pandang yang menganggap kemiskinan sebagai masalah, tindakannya juga berbeda dibandingkan dengan cara pandang kemiskinan sebagai akibat dari ketidakadilan. Maka program-program yang dihasilkan dari cara pandang kemiskinan sebagai masalah, ya pengentasan kemiskinan. Dientaskan itu kan seperti baju kotor yang dicuci, pagi dijemur sore di-entas. Besoknya pasti akan ada lagi baju kotor. Kalau kemiskinan dianggap masalah tetapi ketidakadilannya tidak ditangani ya saya kira sama saja akan tetap ada orang miskin.
Memang ini soal cara pandang saja. Tetapi cara pandang itu sangat menentukan atau menuntun tindakan seseorang atau institusi. Selama ini yang diteliti selalu akibat-akibat tapi tidak diteliti background-nya. Para akademisi jarang meneliti apa cara pandang atau paradigma yang melatarbelakangi, misalnya apa sih cara pandang yang digunakan sehingga muncul kebijakan tertentu. Di balik kebijakan itu kan ada cara pandang yang tidak pernah diungkap.
Sungsang Bawana Walik adalah zaman ketika tatanan dunia serba terbalik berarti Alam semesta terjungkir balik. Isi cerita tersebut dianggap pula sebagai Ilmu Kesempurnaan Hidup (Ngelmu Kasampurnan).
(Dening / Pencipta cerita itu ialah Ks. Wiryasusastra).
Ajaran ini yang terkandung didalamnya khusus meliputi mahkluk hidup pada umumnya, dan manusia pada khususnya, dengan maksud memberi petunjuk jalan kepada umat manusia dalam usahanya mencapai kesempurnaan hidup. Satu sama lain digambarkannya secara plastis (dengan sesuatu wujud), sesuai dengan keadaan wajar dalam masyarakat (Jawa), sebagai berikut :
Dalam lukisan tersebut yang memegang peranan penting, peranan utama, ialah Rahsa Jati (le moi subti), yang mewujudkan “asas Ketuhanan Yang Maha Esa” (Goddelyk levensbeginsel atau Wiji), ataupun “Rahasia Hidup”. Seolah-olah Rahsa jati itu merupakan seorang manusia. Dalam pada itu “Jati” berarti hidup yang menghidupkan. Rahasia dan hidup (jati) itu baik, dialam fana maupun baka, satu sama lain tak dapat dipisahkan. Tegasnya pengertian yang satu tak dapat dipisahkan daripada pengertian yang lain. Senantiasa berdampingan satu sama lain. Dengan perkataan lain hidup itu pada hakekatnya selalu diliputi oleh, atau sama nilainya dengan rahasia!. Sedangkan tiap rahasia, yaitu tiap hal yang belum atau tidak diketahui, sedikit banyak selalu berdaya dan berlaku menurut kodrat alam. Sebagai perangsang membangkitkan semangat, menggerakkan pelbagai hasrat sehingga menjadi sesuatu kegiatan kearah terbukanya rahasia bersangkutan. Tegasnya menyadari hal-hal yang tersembunyi dibelakang rahasia tersebut. Secara wajar atau tidak, ataupun bersifat batiniah belaka.
Paling sedikit pada umat manusia peristiwa itu merupakan salah satu sifat yang khas. Perangsangan adalah suatu hal yang esensiil terhadap hidup. Tiada hidup tanpa perangsangan ! Dalam hubungan ini kiranya, dapat dikemukakan pula; bahwa kegiatan/pergerakan (pada manusia) itu merupakan salah satu keistimewaan (essentialia) hidup.
Falsafah hidup menurut konsepsi Wiryasusastra tersebut ternyata sangat mirip dengan yang diilhami oleh falsafah hidup bangsa Arab, dalam hal ini menurut ajaran Agama Islam, sebagai berikut :
Pada suatu hari oleh sang Jati dengan para pembantu utamanya, antara lain patih “rahsajati” dan para menteri bupati “Sukma Wisesa”, “Sukma Purba”, Sukma Langgeng”, dan “Sukma Luhur”, dimusyawarahkan kebijaksanaan terbaik yang harus diambil demi penyebaran “Wiji” (benih) atau asas hidup itu.
Keempat tokoh tersebut diatas bersama menguasai yang disebut “Alam Papat” (lihat bagan). Dalam perinciannya masing-masing menguasai nafsu luawamah, amarah, mutmainah dan supiah, dibawah pimpinan dan pengawasan Rahsajati atau mulhimah. Dalam kesusastraan Jawa terkenal dengan “Sedulur Papat Lima Pancer”.
Sementara itu dalam musyawarah tersebut diambil kesimpulan untuk mengirim Rahsajati beserta keempat menteri bupatinya tadi kebumi (dunia fana) guna melaksanakan tujuan tersebut diatas.
Kemudian Sang Jati mengundurkan diri kembali keistananya.
Dalam perjalanannya kebumi selanjutnya mereka yang bertugas terpaksa melintasi wilayah kediaman para Jin (badan halus, lelembut) dalam hal ini berarti rintangan, hambatan, godaan, dsb. Wilayah itu dalam kesusastraan Arab dinamakan kediaman Malaikat, bidadara dan bidadari, yang dalam kesusastraan Arab disebut Alam hidayat, Alam nuriyah dan Alam Siriyah. Alam-alam tersebut meliputi “Alam Sipat Loro” (bhs Jawa), yang dalam kesusastraan Arab disebut Ashadhu’anna dan Waashadhu’anna.
Stelah meninggalkan “Alam” tersebut tibalah mereka dalam Alam ruhiyah dan Alam jawaliyah, yang dalam kesusastraan jawa disebut “Alam Telu”. Pada tempat ini mereka berhenti sejenak. Dalam kesempatan ini itu mereka mulai membentuk sebuah tabir. Guna keperluan mereka kelima bersama. Bahan-bahan bangunannya terdiri dari zat-zat (essenties) yang diperlukannya dari keempat unsur poko hidup. Dalam hal ini bumi (bantala), api (agni), angin (udaka) dan air (tirta).
Setelah karya tersebut selesai mereka meneruskan perjalanannya, melalui sifat kamal, jamal, jalal dan sifat kahar. Sifat-sifat ini bersama dalam kesusastraan Jawa dinamakan “Sipat Papat” menuju kearah alam nasut, malakut, jabarut dan Alam lahut. Sifat-sifat atau alam-alam ini dalam “Ilmu Kejawen” terkenal sebagai Alam Papat.
Menurut Kanjeng Sunan Kalijaga alam-alam tersebut dalam Ilmu Kejawen terkenal sebagai Alam Papat. Kelak akan dialami setiap orang dalam akhirat. Makananya sajan rasa, Alam Papat itu bersifat langgeng atau abadi, dalam hal ini tidak berubah lagi sedikitpun juga, sepanjang masa. Pengertian itu tergolong pada kerohanian, bersifat mujarad, mengandung pengertian Ketuhanan Yang Maha Esa.
Alam Papat tersebut diatas, menurut pandangan hidup suku bangsa Jawa kuno, terdiri atas :
1. Alam rohiyah atau Alam hidayat. Dikuasai oleh nyawa, jiwa (ziel, soul).
2. Alam Suriyah atau Alam Nasut (berarti kelalaian). Dikuasai oleh perasaan atau sifat Lauwamah, Amarah, Supiah dan Mutmainah.
3. Alam nuriyah, dalam 2 (dua) tingkat (nuriyah dan nuriyah luhur). Dikuasai oleh Pramana dan atau Hidayat, yang berarti kewaspadaan dan petunjuk. Didalamnya termasuk Alam Iskat, yang dikuasi oleh syahwat atau libido sexual.
4. Alam uluhiyah. Dalam 3 (tiga) tingkat : Uluhiyah, Uluhiyah Luhur dan Uluhiyah yang paling luhur. Dikuasai oleh rasa Ketuhanan Yang Maha Esa. Tingkat hidup ini pada lain kesempatan disebut pula Makrifating makrifat.
Kemudian perjalanan “para utusan” tersebut diatas (=roh) langsung menuju ke-Alam aba’iyya (Alam akhadiyat), wabda (Alam wahdat), wahidirya (Alam wakhidiyat), arwah (Alam arwah), mitsal (Alam misal), ajsam (Alam ajsam), insan kamil (manusia sempurna). Alam-alam ini bersama dalam kesusastraan Jawa disebut “Alam Pitu”.
Jalan yang terkhir itu melalu daerah tandus, hutan rimba belantara, sambil mendaki gunung yang penuh dengan jurang dan lereng, yang dalam atau tidak dalam, besar kecil. Arti kiasannya ialah pelbagai rintangan, tantangan dan kesulitan yang harus diatasi selama hidupnya. Dengan perkataan lain jalan itu pada galibnya (ataukah harus), mau tidak mau, melalui perjuangan yang hebat.
Jalan melalui “Alam Pitu” itu menuju kearah sebuah gua yang penuh dengan berbagai rahasia.
Gua tersebut memperlambangkan “Hubungan Antara Kelamin” (antara pria dan wanita), yang penuh diliputi hal-hal yang pada hakekatnya kerapkali merupakan suatu tanda tanya besar (rahasia).
Pada suatu ketika Rahsajati dan rombongan masuk kedalam gua tersebut. Saat ini memperlambangkan titik persetubuhan tatkala sang alat kelamin laki-laki (penis) melintasi pinti gerbang luar liang peranakan (introitus vaginae). Saat itu dinamakan “Jayengdriya” (bhs Jawa), dalam bahasa Arab Bait al-mukadas, yang berarti “peningkatan, pemusatan atau penguasaan pancaindra kita” (titil timbulnya puncak syahwat = orgasme).
Dalam gua tersebut “para utusan” tadi melintasi berbagi jalan yang satu sama lain sejajar letaknya. Jalan-jalan tersebut bersambung satu sama lain dengan 20 buah pintu berganda !. Nama-nama jalan tersebut masing-masing sama dengan nama SIFAT KETUHANAN YANG MAHA ESA (dalam bahasa Jawa : Sifat rongpuluh), yaitu :
1. Wujud,
2. Qidam,
3. Baqa,
4. Muhalafalil Hawadis,
5.Qiyamuh Binafsihi,
6. Wahda Niyat,
7. Qodrat,
8. Irodat,
9. Ilmu,
10. Hayat,
11. Samak,
12. Bashar,
13. Qalam,
14. Qadiran,
15. Muridan,
16. Aliman,
17. Hayan,
18. Samian,
19. Basiran,
20. Mutakalinan.
Dipandang sepintas lalu pernyataan tersebut diatas itu bertentangan dengan pengertian TAN KENA KINAYA NGAPA, ada sifatnya, tetapi tidak ada wujudnya.
Menurut “Ilmu Kejawen” (Serat Wirid Hidayat Jati) SIPAT DUA PULUH itu meliputi :
(1)
Allah (Tuhan Yang Maha Esa atau Tuhan Yang Maha Suci), dalam hal ini berarti “Hidup yang menghidupkan segenap makhluk hidup”.
Kun (bhs Arab), berarti firman Tuhan.
Nukat gaib, berarti “Benih yang bersifat rahasia”.
(2)
Dzat, berarti intisari (essence) (Tuhan Yang Maha Esa).
Sifat (bhs Jawa), berarti warna atau cahaya (Tuhan Yang Maha Esa).
Asma, berarti nama, julukan Tuhan Yang Maha Esa.
Angpal, berarti budipekerti Tuhan Yang Maha Esa.
(3)
Dzat mutelak, berarti jasad atau badan wadag.
Dzat subekti, berarti jiwa (roh, badan halus).
Dzat Salikin, berarti perasaan.
Dzat suhud, berarti nukad gaib (=sub 1c).
(4)
Kahar atau agung, berarti segala keluhuran insani.
Jalal atau elok, berarti “tiada bandingnya” perihal sifat kelaminnya. Dalam artkata “bukan pri, bukan wanita, bukan banci”. (Sukar dibayangkan untuk dan oleh seorang manusia biasa).
Jamal atau wisesa, berarti “nartani” (bhs Jawa) = segala keadaan.
Kamal atau sempurna, berarti sempurna budipekertinya, menimbulkan keadaan yang wajar.
(5)
Alam nasut, berarti alam jasad atau jasmani (=wajar).
Alam malakut, berarti alam jiwa atau rohani.
Alam jabarut, berarti rasa.
Aalam lahut, berarti Cahaya/Pamor (=Tuhan Yang Maha Esa).
(6)
Wujud, berarti badan.
Ilmu, berarti rasa.
Nur, berarti cahaya.
Suhud, berarti sempurna.
(7)
Nur, berarti Cahaya (Tuhan Yang Maha Esa).
Sir, berarti rasa.
Roh, berarti jiwa atau nyawa (bhs Jawa).
Jasad, berarti badan.
(8)
Mutmainah, dinamakan pula “Nafsu Putih”, ialah lambang hidung atau alat pembau lainnya.
Supiah, dinamakan pula “Nafsu Kuning”, lambang mata atau alat penglihatan lainnya.
Amarah, dinamakan pula “Nafsu Merah”, lambang telinga atau alat pendengar lainnya.
Lauwamah, dinamakan pula “Nafsu Hitam”, lambang alat-alat pembentukan kata-kata, suara dsb. = alat-alat untuk berbicara.
(9)
Napas, berarti jalan udara pernapasan tatkala berbicara (angin ing lesan).
Tanapas, berarti jalan udara pernapasan tatkala mendengarkan sesuatu (angin ing karna).
Anpas, berarti jalan udara pernapasan tatkala melihat sesuatu (angin ing netra).
Nupus, berarti jalan udara pernapasan tatkala mencium, membau (angin ing grana).
(10)
Jisim halus terdiri dari :
Roh Illapi, berarti hidup keperbauan (gesanging grana).
Roh Rahmani, berarti hidup kepenglihatan (gesanging netra).
Roh Nurani, hidup kependengaran (gesanging karna).
Roh Rohmani, berarti hidup kepembicaraan (gesanging lesan).
(11)
Jisim wadak terdiri dari :
Roh Rabbani, meliputi faedah hidung atau membau.
Roh Nabati, meliputi faedah mata atau melihat.
Roh Hewani, meliputi telinga atau mendengar.
Roh Jasmani, meliputi lesan atau perasaan.
(12)
Sarengat, diliputi pergerakan badan.
Tarekat, diliputi pergerakan angan-angan atau hati sanubari.
Hakekat, meliputi pergerakan jiwa.
Makripat, diliputi pergerakan rasa atau perasaan.
(13)
Mani, berarti kejantanan rasa luhur yang sebenarnya (Sejatining rasa = concritisering van het gevoel).
Wadi, berarti tempat (penimbunan) rasa.
Madi, berarti hakekat rasa.
Manikam atau Manikem, berarti pengumpulan rasa (kempaling raos).
Semuanya terpusat dalam badan (Janaloka), diperlambangkan dengan “Seganten Kidul” (Samudra Selatan = Samudra Indonesia, penuh dengan gelombang-gelombang besar dan karenanya tidak pernah “tentram”, selalu “bergerak”, menggetar, tepat seperti hidup dan kehidupan manusia. Samudra tersebut dikuasai oleh Nyai Roro atau Ratu Kidul)
(14)
Sidik, berarti benar.
Amanat, berarti kepercayaan.
Tabligh, berarti mendatangkan.
Patonah, berarti bijaksana.
(15)
Dzikir Satariyah atau Dzikir Sarengat, berarti dzikir badaniah, dengan diiringi ucapan-ucapan tertentu. Dalam alam nasut. Pada lahiriahnya tidak sulit.
Dzikir Isbandiyah atau dzikir Tarekat, berarti dzikir dalam batin, dalam alam malakut. Pada lahiriahnya tidak terasa.
Dzikir Bardiyah atau Dzikir Hakekat, dalam alam jabarut. Pada umumnya perbuatannya tidak disadari.
Azikir Jalalah atau Dzikir Makripat, dalam alam lahut. Pada lahiriah tidak terasa apa-apa.
(16)
Sembahyang Jema’at, berarti sembahyang sarengat (jasmaniah).
Sembahyang Kusta atau sembahyang tanpa lisan, atau dalam keadaan “Heneng”.
Sembahyang Kaji atau sembahyang yang dipusatkat pada telinga, atau dalam keadaan “Hening” (murni).
Sembahyang Ismungali atau sembahyang yang dipusatkan pada mata, atau dalam keadaan “Hawas” (waspada).
Sembahyang Daim atau sembahyang yang berpusat pada hidung atau dalam keadaan “Heling” (=selalu ingat…… kepada Tuhan Yang Maha Esa).
(17)
Johar, berarti sesotya.
Adam, berarti tidak (ora atau dihin).
Adjebuldanbi, menuruti kehendak rasa sendiri.
Insan Kamil, berarti kesempurnaan manusia.
(18)
Dalil memuat firman Allah, ditujukan kepada Nabi Muhammad s.a.w.
Kadis (hadith) memuat sabda Nabi Muhammad s.a.w, ditujukan kepada para “Sahabatnya” (disciplen).
Ijemak memuat wejangan yang ditujukan kepada para “Sahabat” tadi.
Kiyas memuat ajaran para wali yang ditujukan kepada para mukmin.
(19)
Lapal, diucapkan dengan perkataan bahasa Ara.
Makna, berarti “arti” diucapkan dalam bahasa Daerah (Jawa, Sunda, Madura, Madura, Batak, Aceh dan lain-lai).
Murad, berarti “wredi” diucapkan dalam bahasa Daerah atau lain terjemahan.
dMaksud (surasa), diucapkan dalam bahasa daerah atau lain terjemahan.
(20)
Ekram (bhs Jawa = eling), berarti selalu ingat. Dalam artikata selalu memusatkan pikirannya kepeda Tuhan Yang Maha Esa. Dalam hal ini selalu mentaati segala perintahnya.
Mikrat, berarti mengagungkan Tuhan Yang Maha Esa.
Munajat, berarti ucapannya hanya meliputi dan diliputi rasa Ketuhanan Yang Maha Esa.
Ngubadul atau Molah, berarti menghapus segala tindakan yang bersifat keduniawia. Segala tindakannya, perbuatannya bersifat Ketuhanan, dan ditujukan semata-mata kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Masalah tersebut diatas kiranya dapat disederhanakan melalui tafsiran sebagai berikut :
1. Kita harus mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa yang tunggal, atau mengakui adanya hanya satu “Hidup yang menghidupkan segala makluk hidup. “Benih” atau permulaannya bersifat rahasia dan diberi nama Sesotya yang terhormat atau “Permata yang bersinar-sinar” (Nukat Gaib, Nur Muhammad, Karatoning Kabatinan), sedangkan bahasanya disebut KUN (bhs Arab) atau Firman Tuhan. Firman Tuhan itu mengandung “Perintah Tuhan Yang Maha Esa” dalam bentuk bahasa yang dapat dimengerti umat manusia yang bersangkutan, masing-masing bangsa dalam bahasanya sendiri-sendiri. Alhasil terhadap bangsa Arab misalnya dalam bahasa Arab, bang Yunani dalam bahasa Yunani demikian seterusnya, dengan terjemahannya kedalam bahasa yang lain. Firman Allah yang asli berbentuk Ilham, bersifat gaib. Ilham itu hanya dapat tertangkap para Nabi, avatar dsb (pada umumnya).
2. Inti-pati (essence) Tuhan Yang Maha Esa dinamakan DZAT. Dzat itu mempunyai sifat (bhs Jawa sipat) atau “warna” atau “cahaya” (=Cahaya Tuhan Yang Maha Esa), juliukan (asma), sedangkan “budi-pekertinya” disebut Angpal atau Af’al (berarti menurut garis-garis fa’ali), yang selalu bersifat baik, bijaksana dan budiman.
3. Dalam keadaan kongkrit Dzat tersebut dinamakan Dzat Mutelak atau Jazad (organisme). Dalam tiap jasad terkandung secara integral Dzat subekti (jiwa atau roh). Dzat salikin (perasaan) dan Nukat Gaib.
4. Dalam keadaan tersebut terkandung pula segala keluhuran, keagungan makhluk hidup (Kahar), keelokan yang tiada bandingnya (Jalal), kekuasaan tertinggi atas segala keadaan dan peristiwa (Jamal atau Wisesa), bersifat serba sempurna (Kamal.
5. Tiap jasad berada dalam alam yang wajar, materiil atau “Alam jasmani” (Alam Nasut), diliputi oleh jiwa atau “Alam rohani” (Alam Malakut), perasaan (Alam Jabarut) dan “Alam Cahaya Tuhan (Alam Lahut).
6. Tiap jasad mempunyai badan (Wujud), yaitu bentuk yang wajar atau mujarad, rasa atau perasaan, ataupun “arti” (Ilmu), cahaya atau sesuatu yang memancar (Nur), yang serba sempurna (Suhud).
7. Sebaliknya tiada cahaya tanpa rasa atau perasaan, ataupun arti jiwa dan jasad.
8. Tiap jasad memiliki 4 nafsu : Nafsu Mutmainah, Supiah, Amarah dan Lauwamah.
9. Sesuai dengan kedudukannya sebagai “Tetalining urip” (segala sesuatu yang melekat pada masalah hidup), berdasarkan kegiatan alat-alat pancaindera kita.
Jalannya pernapasan mempunyai 4 macam bentuk :
a. Tatkala mendengarkan (angining karna), dinamakan Tanapas.
b. Tatkala melihat (angining netra), dinamakan Anpas.
c. Tatkala membau (angining grana), dinamakan Nupus.
d. Tatkala berbicara (angining lesan), dinamakan Napas.
10. Adapun “hidupnya” (berfungsinya) alat :
a. Pembau (gesanging grana) dijiwai oleh Roh Ilapi.
b. Penglihat (gesanging netra) diliputi oleh Roh Rahmani.
c. Pendengaran (gesanging karna) dijiwai oleh Roh Nurani.
d. Lisan atau daya berbicara (gesanging lesan) dijiwai oleh Roh Rohmani.
Roh-roh tersebut (sub a s/d d) tergolong pada yang dinamakan “Jisim” atau “Badan Halus”.
11. Mengenal kefaedahannya, maka :
a. Membau (berfungsinya alat-alat pembau) dijiwai Oleh Roh Rabbani .
b. Melihat (berfungsinya alat-alat penglihatan), jiwai oleh Roh Nabati.
c. Mendengar (berfungsinya alat-alat pendengar) dijiwai oleh Roh Hewani.
d. Berbicara (berfungsinya alat-alat bicara), dijiwai oleh Roh Jasmani.
Roh-roh tersebut (sub a s/d d) tergolong pada yang dinamakan “Badan Wadaq”.
12. Untuk mencapai faedah tersebut diatas (dapat berfungsi sebagaimana mestinya) dibutuhkan gerakan atau kegiatan :
a. Jasmaniah (Saerengat).
b. Rohaniah (kebatinan melalui angan-angan atau perasaan, ataupun hati sanubari (Tarekat).
c. Falsafah (Hakekat).
d. Melalui jalan tasawuf atau mistik (Makripat).
13. Hal-hal tersebut diliputi oleh “rasa kenyataan” (Mani atau cocretisering), membutuhkan “tempat rasa” (Wadi), menimbulkan “Hakekat Rasa” (Madi) dan akhirnya “Pusat Pengumpulan Rasa” (Manikem atau “Kumpulaning Rasa”, Jayengdriya atau Bait Al-Mukadas).
14. Hal-hal tersebut harus dilakukan secara tepat atau benar dengan seksama (sidik), dengan penuh kepercayaan (amanat) serta sempurna. Tegasnya janganlah setengah-setengah hendaknya. Jika dirasakan belum sempurna, wajid diusahakan (didatangkan = tabligh) sedemikian, hingga semurna penuh, secara bijaksana (patonah) antara lain dengan :
15. I.
a. Dzikir Sataryah atau Dzikir sareat, yang berarti badaniah, diiringi ucapan-ucapan tertentu. Berlangsung dalam alam nasut. Dalam artikata secara lahiriah dapat disaksikan fihak ketiga pula. Perbuatan itu pada galibnya tidak sulit adanya.
b. Dzikir Isbandiah atau Dzikir tarekat, yang berlangsung dalam batin atau Alam Malakut. Pada lahiriahnya tidak terasa.
c. Dzikir Bardiyah atau Dzikir Hakekat, yang berarti melaksanakan jiwa dzikir saja. Berlangsung dalam Alam Jabarut. Terlaksananya pada galibnya tidak disadari oleh yang melaksanakannya.
d. Dzikir Jalalah atau Dzikir Makrifat. Pada peristiwa ini pada galibnya tiada apa-apa. Berlangsung pada Alam Lahut.
Dalam pada itu “dzikir” berarti pujaan atau pujian terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan berulang-ulang mengucapkan kata-kata dalam bentuk lagu (berirama) sifat-sifat Tuhan Yang Maha Esa.
16. II.
a. Sembahyang pada hari Jum’at atau “sembahyang sarengat” ataupun “sembahyang jasmaniah”.
b. Sembahyang Kusta atau sembahyang tanpa lisan atau sambil berdiam diri dan tidak berbicara sama sekali. Manusia yang bersangkutan ada dalam keadaan “Heneng”.
c. Sembahyang Kaji, dipusatkan ditelinga (karna dan atau pendengaran. Cara ini menimbulkan kemurnian batin, atau pikiran. Manusia bersangkutan ada dalamkeadaan “Hening”.
d. Sembahyang Ismungalim, dipusatkan pada mata (netra) atau penglihatan. Cara ini menimbulkan kewaspadaan atau keadaan “Hawas”.
e. Sembahyang Daim, dipusatkan pada hidung atau alat-alat pembau lainnya. Cara ini mampu memperingatkan orang yang bersangkutan kepada sesuatu hal, ataupun menarik perhatian. Dalam pada itu orang tersebut ada dalamkeadaan “Heling”.
Dalam suasana ini sembahyang berarti pernyataan bakti dan perkataan tertentu, dalam suasana “Heneng, Hening, Heling, Hawas”!!
17. Perlu ditandaskan lebih jauh, bahwa “Sesotya yang terhormat” atau Nukat gaib” ataupun “Johar”, itu berarti tiada yang mendahuluhinya (Adam). Pengertian ini dapat tercapai atas dasar rasa yang kuat (addjebuldanbi) dan rasa perikemanusiaan yang sempurna (Insan Kamil).
18. Sebagai pedoman hendaknya selalu dipakai firman Tuhan yang ditujukan kepada Nabi Muhammad s.a.w. (Dalil). Selanjutnya sabda Nabi Muhammad s.a.w. kepada para muroidnya yang pertama dan terutama atau “Sahabat Nabi” (Abubakar, Umar, Usman, Ali) (Kadis, Hadits), wejangan yang ditujukan kepada para “Sahabat Nabi” tersebut (Ijemak), dan ajaran para “Waliyullah” (auliya atau orang suci penyebar Agama Iaslam kepada para pendeta atau mukmin (Kiyas).
19. Hendaknya diperhatikan pula perkataannya dalam bahasa Arab (lapal), arti kata-kata tersebut dalam bahasa daerah (makna), penjelasaannya (wredi) dan tujuannya (maksud).
20. Singkatnya kita harus selalu ingat (eling), dalam artikata memusatkan perhatian kita kepada Tuhan Yang Maha Esa (Ikram), mengagungkan Tuhan Yang Maha Esa (murad), yang harus dicerminkan pada ucapannya yang selalu diliputi dan meliputi perihal Ketuhanan (munajat) dan Budi pekerti yang nyata. Tegasnya menghapuskan segala tindakan / perbuatan yang bersifat keduniawian, sambil mengutamakan tindakan / perbuatan yang bersifat kerohanian. Dalam artikata ditujukan semata-mata kepada, tegasnya menembah, Tuhan Yang Maha Esa (Ngubadil atau Molah).
Sumber referensi :
Buku “Gagasan Tentang Hakekat Hidup dan Kehidupan Manusia”, oleh Dr. A. Sena Sastroamidjojo, Penerbit Bhratara, Jakarta 1971.