FILOSOFI WARNA HITAM
Warna hitam juga melambangkan perlindungan sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, perasaan yang dalam, kesedihan, kemarahan, harga diri. Warna ini seringkali juga digunakan untuk menunjukkan kekuatan dan ketegasan seseorang.
Warna dalam psikologi sering mendominasi dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari sosok seseorang sampai sebuah negara. Misalnya warna bendera negara Indonesia merah dan putih. Ini adalah suatu simbol warna dalam psikologi yang mempunyai makna.
Hal ini juga dijumpai pada simbol simbol organisasi, perkumpulan dan bahkan favorit seseorang. Warna dalam psikologi juga bisa menggambarkan kepribadian seseorang. Seperti halnya manusia, setiap warna dalam psikologi memiliki karakter tersendiri yang unik dan berbeda satu sama lain. Karakter yang dimiliki masing masing warna dalam psikologi diyakini dapat mewakili kepribadian yang ada pada diri seseorang.
12 Makna Warna Hitam dalam Simbolisme Psikologis.
1. Dikaitkan dengan Duka dan Kematian.
Hitam dalam simbolisme psikologi sering dikaitkan dengan kematian dan duka dalam berbagai budaya. Hal ini juga terkait dengan ketidakbahagiaan, seksualitas, dan formalitas.
Di Mesir kuno, hitam dalam simbolisme psikologi merupakan simbol kehidupan, di budaya Barat Melambangkan kematian dan kesedihan juga menunjukkan warna dalam psikologi simbol kekuasaan, ketangguhan, perlindungan, pengusiran, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, kekayaan, ketakutan, kejahatan, ketidak bahagiaan, perasaan yang dalam, kesedihan, kemarahan, sesuatu yang melanggar, harga diri, anti kemapanan, seksualitas, kecanggihan, kematian. Sangat tepat untuk menambahkan kesan misteri.
2. Merupakan Warna yang Dalam.
Latar belakang warna dalam psikologi hitam dalam simbolisme psikologi dapat menampilkan perspektif dan kedalaman. Sangat bagus untuk menampilkan karya seni atau fotografi karena membantu penekanan pada warna dalam psikologi warna dalam psikologi lainnya.
3. Melambangkan Keanggunan
Adapun Hitam dalam simbolisme psikologi mempunyai arti melambangkan Keanggunan (Elegance), Kemakmuran (Wealth) dan Kecanggihan (Sopiscated). Hitam dalam simbolisme psikologi adalah warna dalam psikologi yang Independent dan Misteri Warna dalam psikologi hitam dalam simbolisme psikologi sering dipakai di ruang anak remaja. Dalam pemilihan warna dalam psikologi busana, dalam Fashion hitam dalam simbolisme psikologi sering digunakan untuk menunjukkan kesan kurus dan langgeng.
4. Makna Positif.
Filosofi warna dalam psikologi hitam dalam simbolisme psikologi mengandung makna positif yaitu a. Mencerminkan keberanian.
b. Pusat perhatian (terutama lawan jenis).
c. Ketenangan dan dominasi Keteguhan.
d. Kekuatan dan keteguhan hati.
e. Lebih menyukai yang alami daripada yang palsu.
5. Cermin Kepribadian.
Jika seseorang yang suka warna dalam psikologi hitam dalam simbolisme psikologi ia merupakan orang yang cuek dan tidak memikirkan omongan orang terhadap dirinya. Baginya asal dia nyaman dia akan melakukan apapun yang disuka. Dalam pergaulan mereka cukup enak diajak berteman karena dapat memberikan solusi dalam masalah teman temannya.
6. Menggambarkan Kekuatan.
Warna dalam psikologi hitam dalam simbolisme psikologi juga melambangkan perlindungan, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, perasaan yang dalam, kesedihan, kemarahan, harga diri. Warna dalam psikologi hitam dalam simbolisme psikologi seringkali digunakan untuk menunjukkan kekuatan dan ketegasan seseorang.
7. Berhubungan dengan Psikologi Mistis.
Warna hitam dalam simbolisme psikologi kerap dianggap sebagai warna dalam psikologi mistis, karena hitam dalam simbolisme psikologi sangat erat hubungannya dengan kegelapan. Hitam dalam simbolisme psikologi terasosiasi dengan ketakutan, misteri, kematian, sesuatu yang jahat, agresi, dan pemberontakan.
Oleh karena itu, biasanya warna dalam psikologi hitam dalam simbolisme psikologi sering dikaitkan dengan hal hal yang memiliki konotasi negatif. Tidak melulu terkait dengan yang buruk, juga kerap dikesankan bersifat elegan, memiliki kekuatan, ketangguhan, serta sering dianggap sebagai warna dalam psikologi formal (resmi).
8. Menciptakan Variasi.
Warna hitam dalam simbolisme psikologi juga sering dihadirkan untuk mencampur suatu warna dalam psikologi demi mendapatkan derajat kegelapan dari warna dalam psikologi itu, sehingga terciptalah berbagai variasi dari suatu warna dalam psikologi tertentu.
Hitam dalam simbolisme psikologi juga kerap dianggap bukanlah suatu warna dalam psikologi, karena hitam dalam simbolisme psikologi memiliki arti ketidakhadiran warna. Namun, dalam teori warna dalam psikologi Goethe, hitam dalam simbolisme psikologi justru merupakan komponen penting dari pembentuk warna dalam psikologi, baik itu yang seseorang kenal sebagai warna dalam psikologi primer, skunder, maupun tersier.
Menurut Goethe, warna dalam psikologi merupakan bentuk interaksi dari terang (putih) dan gelap (hitam dalam simbolisme psikologi), atau bisa juga dikatakan warna dalam psikologi adalah kecerahan (terang) dengan berbagai derajat kegelapan. Jadi, antara teori warna dalam psikologi Newton dan teori warna dalam psikologi Goethe terdapat perbedaan yang saling berlawanan dalam menempatkan hitam dalam simbolisme psikologi sebagai sebuah warna dalam psikologi.
9. Memunculkan Perasaan Kosong.
Dari sisi fashion, warna dalam psikologi hitam dalam simbolisme psikologi tak jarang dihadirkan untuk mendapatkan kesan kurus, begitu juga dengan warna dalam psikologi gelap lainnya. Dalam hal desain interior, warna dalam psikologi hitam dalam simbolisme psikologi digunakan dalam sebuah ruangan untuk memberikan kesan yang sempit pada ruangan itu, berlawanan dengan warna dalam psikologi putih. Saat warna dalam psikologi hitam dapat menghadirkan kesan yang tidak mencolok, meningkatkan kepercayaan diri dalam penampilan, serta memunculkan perasaan kosong, suram, atau sedih.
10. Mewakili Emosi.
Di dunia barat, warna dalam psikologi hitam dalam simbolisme psikologi merupakan warna dalam psikologi berkabung, kematian dan kesedihan. Hitam dalam simbolisme psikologi juga mewakili emosi dan keinginan memberontak yang kerap muncul pada diri seorang remaja. Dalam bahasa inggris, kata black yang berarti hitam dalam simbolisme psikologi sering digunakan dalam suatu frase yang memiliki arti yang terkesan tidak baik atau negatif, contohnya black mail, black sheep, ataupun blacklist.
11. Mendorong Depresi.
Terlalu banyak warna dalam psikologi hitam dalam simbolisme psikologi akan menimbulkan depresi dan mendorong mood (suasana hati) untuk mudah berubah, serta dapat menciptakan lingkungan yang negatif. Warna dalam psikologi hitam dalam simbolisme psikologi yang terlalu banyak juga akan menstimulasi seseorang yang cenderung melihat segala hal dari sisi negatifnya, sehingga akan menimbulkan sikap pesimistis.
12. Menjadi Warna Netral.
Warna hitam tentu memang dikenal sebagai warna yang netral ya sobat, yang secara psikologis dan menurut kebanyakan orang dpat dipadukan dengan warna apapun sehingga sering disebut sebagai warna yang aman baik itu dalam fashion atau hal lainnya, tentunya tiap warna memang diciptakan untuk melengkapi indahnya dunia.
MENGENAL ARTI WARNA
Dalam dunia Psikologi barat, ilmu pengenalan tentang warna disebut dengan Colour Psychology, Dalam Wikipedia, Psikologi warna merupakan studi tentang warna sebagai penentu perilaku manusia. Bahkan warna dalam dunia Psikologi warna dikenal sebagai salah satu bentuk pengobatan penyakit psikologis, terapi ini dikenal sebagai Chromotherapi.
Menurut healing terapis yang terlatih dalam terapi warna menggunakan cahaya dan warna dalam bentuk alat, visualisasi, atau komunikasi verbal untuk menyeimbangkan energi di daerah tubuh kita yang kurang Vibrance, baik itu fisik, emosional, spiritual, atau mental.
1. Warna Dasar Primer
Warna dasar terdiri dari 2 golongan.
1. Golongan pertama terdiri dari 3 warna dasar yaitu merah, kuning dan biru.
2. Golongan kedua terdiri dari 3 warna dasar juga yaitu merah, hijau dan biru.
Golongan pertama digunakan sebagai warna dasar untuk melihat benda dan golongan kedua untuk melihat cahaya (warna dasar yang terlihat saat kita menonton TV ataupun layar monitor dikomputer).
2. Warna Sekunder.
Warna sekunder dihasilkan dari percampuran 2 jenis warna dasar. Misalnya : Merah + Kuning = Oranye.
3. Warna Tersier
Warna tersier merupakan hasil dari penggabungan warna sekunder dengan 1 jenis warna primer.
Contoh : Oranye + Merah = Merah-oranye.
Penjelasan lebih detail mengenai konsep warna dasar ini akan coba saya jelaskan dilain waktu karena sekarang saya akan lebih fokus pada pemaknaan warna dari pandangan ilmu psikologi terlebih dulu.
1. Merah.
Melambangkan kesan energi, kekuatan, hasrat, erotisme, keberanian, simbol dari api, pencapaian tujuan, darah, resiko, ketenaran, cinta, perjuangan, perhatian, perang, bahaya, kecepatan, panas.
2. Putih.
Menunjukkan kedamaian, Permohonan maaf, pencapaian diri, spiritualitas, kedewaan, keperawanan atau kesucian, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan, cahaya, takbersalah, keamanan, persatuan.
Salah satu kelebihan warna putih adalah kemampuannya untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Ini dikarenakan warna putih memberi kesan kebebasan dan keterbukaan. Kekurangan warna putih adalah dapat memberi rasa sakit kepala dan mata lelah jika warna ini terlalu mendominasi.Bagi pekerja kesehatan warna putih memberi kesan steril. Putih sebagai warna yang murni dan tidak menggunakan campuran apapun memberi arti yang suci dan bersih. Untuk design yang minimalis penggunaan warna putih dapat menjadi pilihan yang tepat.
3. Warna Biru.
Memberikan kesan Komunikasi, Peruntungan yang baik, kebijakan, perlindungan, inspirasi spiritual, tenang, kelembutan, dinamis, air, laut, kreativitas, cinta, kedamaian, kepercayaan, loyalitas, kepandaian, panutan, kekuatan dari dalam, kesedihan, kestabilan, kepercayaan diri, kesadaran, pesan, ide, berbagi, idealisme, persahabatan dan harmoni, kasih sayang. Jika digabungkan dengan warna merah dan kuning dapat memberikan kesan kepercayaan dan kesehatan.
Warna biru umumnya memberi efek menenangkan dan diyakini mampu mengatasi insomnia, kecemasan, tekanan darah tinggi dan migraine. Didalam dunia bisnis warna biru disebut sebagai warna corporate karena hampir sebagian besar perusahaan menggunakan biru sebagai warna utamanya. Hal ini dikarenakan warna biru mampu memberi kesan profesional.
4. Warna Hijau.
Menunjukkan warna bumi, penyembuhan fisik, kelimpahan, keajaiban, tanaman dan pohon, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan.
5. Warna Hitam.
Melambangkan perlindungan, pengusiran, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, kekayaan, ketakutan, kejahatan, ketidak bahagiaan, perasaan yang dalam, kesedihan, kemarahan, sesuatu yang melanggar (underground), modern music, harga diri, anti kemapanan.
6. Warna Coklat.
Menunjukkan Persahabatan, kejadian yang khusus, bumi, pemikiran yang materialis, reliabilitas, kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras. Warna coklat sangat tidak menarik apabila digunakan tanpa tambahan gambar dan ornamen tertentu, coklat harus didukung ornament lain agar menarik.
Warna coklat adalah salah satu warna yang mengandung unsur bumi. Dominasi warna ini akan memberi kesan hangat, nyaman dan aman. Kelebihan lainnya adalah warna coklat dapat menimbulkan kesan modern, canggih dan mahal karena kedekatannya dengan warna emas.
Secara psikologis warna coklat akan memberi kesan kuat dan dapat diandalkan.
7.Warna Kuning.
Merujuk pada matahari, ingatan, imajinasi logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, kebijaksanaan, penghianatan, kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakut, aksi, idealisme, optimisme, imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidak pastian, resah dan curiga.
8. Merah Muda.
Warna Merah Muda menunjukkan simbol kasih sayang dan cinta, persahabatan, feminin, seksualitas, romantisme,kepercayaan, niat baik, pengobatan emosi, damai, ketenangan fisik, kehangatan, perasaan yang halus, eksentrik, perasaan yang manis dan indah.
9. Ungu.
Menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati, arogan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau keajaiban, harga diri.
10. Orange.
Menunjukkan kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu yang tumbuh, ketertarikan, independensi.
Oranye merupakan kombinasi antara warna merah dan kuning.
Warna oranye memberi kesan hangat dan bersemangat. Warna ini merupakan symbol dari petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan dalam bersosialisasi. Warna oranye sebagai peleburan dari warna merah dan kuning, sama-sama memberi efek yang kuat dan hangat.
Namun sekedar catatan bahwa warna oranye juga dapat memberi kesan murah jika digunakan terlalu dominan, karena warna ini memberi kesan mudah untuk dijangkau. Warna yang baik untuk dipasangkan dengan warna oranye diantaranya adalah warna ungu atau biru karena akan memberi kesan unik dan berkelas.
12. Abu-abu.
Mencerminkan keamanan, kepandaian, tenang dan serius, kesederhanaan, kedewasaaan, konservatif, praktis, kesedihan, bosan, profesional, kualitas, diam, tenang.
13. Emas.
Mencerminkan prestis (kedudukan), kesehatan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, pencarian kedalam hati, kekuatan mistis, ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi.
MAKNA & KAUNIKAN WARNA HITAM
Dalam berbagai peradaban di dunia, hitam biasanya dianggap sebagai warna yang menggambarkan sesuatu yang jahat, menekan, menakutkan, dan bahkan kematian. Arti kiasan warna hitam sering diasumsikan secara negatif, misalnya dalam frase kata blackmail, blacklist atau daftar hitam, dan blackhole atau lubang hitam. Di sisi lain, hitam juga merupakan warna yang sangat kuat yang melambangkan kelas, keanggunan dan kekayaan. Pakaian stylish sering dirancang dalam warna hitam, mulai dari jas, gaun hitam seksi, hingga pakaian resmi berdasi hitam. Hitam dikombinasikan dengan warna lain dapat memiliki dampak yang sangat kuat.
Warna hitam adalah warna yang pas di hampir semua desain. Ini menambah kontras dan membuat warna lain lebih menonjol. Hitam adalah warna yang tersembunyi, misterius dan tidak diketahui. Warna ini menciptakan rasa misteri dan menjaga segala sesuatunya pada dirinya sendiri, tersembunyi dari seluruh dunia. Dalam psikologi warna, warna hitam berkaitan dengan perlindungan terhadap stres emosional. Ini menciptakan penghalang antara dirinya dan dunia luar.
Warna hitam adalah penyerapan semua warna dan tidak adanya semua cahaya. Hitam menyembunyikan sesuatu, sementara putih membawanya ke dalam cahaya. Apa yang disembunyikan hitam, putih membawa kembali.
Dalam psikologi warna, hitam berarti kekuatan dan kontrol. Makna warna hitam dikenal sebagai intimidasi, tidak ramah dan tidak dapat didekati, karena kekuatan yang dipancarkannya. Warna ini dapat memberi efek untuk mencegah hasrat komunikasi dua arah karena dampak negatifnya. Seorang salesman, yang berpakaian serba hitam, pasti akan menjual banyak, tetapi dia tidak akan memiliki banyak teman. Dia memancarkan otoritas dan kekuasaan, tetapi juga menciptakan ketakutan di sepanjang jalan. Hitam melibatkan kontrol diri dan disiplin, kemandirian serta kemauan yang kuat.
Warna hitam juga bisa digunakan untuk menyerap energi negatif. Misalnya, ide yang baik untuk membawa sesuatu yang hitam untuk melindungi diri dari bahaya dan negatif, saat bepergian atau ketika Anda pergi ke luar rumah. Warna hitam sering terlihat sebagai warna yang halus ketika digunakan dalam gaun hitam kecil, jas dan dasi. Perempuan yang kaya dan sukses sering memilih warna hitam, karena memberi kesan elegan dan percaya diri.
WARNA HITAM SEKSI
Hitam sering dikaitkan dengan sesuatu yang seksi dan menggoda. Lingerie hitam seksi menciptakan rasa misteri dan intrik, membuat warna hitam menjadi pilihan yang aman ketika menyangkut tentang pakaian dalam. Warna hitam adalah akhir, tetapi akhirnya juga selalu menyiratkan awal yang baru. Ketika cahaya datang, hitam berubah menjadi putih, dan putih adalah warna awal.
Remaja sering memiliki kebutuhan psikologis untuk mengenakan pakaian hitam pada tahap kehidupan mereka, di mana mereka pergi dari kepolosan masa kanak-kanak ke dewasa yang canggih. Itu berarti akhir dari bagian kehidupan mereka dan awal dari sesuatu yang baru. Ini memungkinkan mereka untuk bersembunyi dari dunia, sementara mereka menemukan identitas unik mereka sendiri. Penting bahwa mereka melewati tahap ini, tetapi ada alasan untuk khawatir jika mereka terus tumbuh menjadi dewasa hanya mengenakan pakaian hitam dan tidak tertarik warna lainnya. Terlalu banyak warna hitam dapat menyebabkan depresi dan perubahan suasana hati, dan menciptakan lingkungan negatif. Jika Anda menggunakan warna lain bersama-sama dengan hitam, yang direkomendasikan, itu akan menambah energi positif. Warna hitam seharusnya tidak berdiri sendiri.
CIRI POSITIF & NEGATIF WARNA HITAM
Hitam adalah warna paling pekat. Ini adalah hasil dari ketiadaan sama sekali atau penyerapan cahaya sepenuhnya dan tidak mengandung nuansa dalam bentuk paling murni. Adapun kata kunci untuk warna hitam, meliputi:
POSITIF
Kata kunci positif mencakup perlindungan dan kenyamanan, kuat, terkandung, formal, canggih, menggoda, misterius, ujung & awal.
NEGATIF
Kata kunci negatif meliputi menyendiri, tertekan dan pesimistis, rahasia dan menahan, konservatif dan serius, kekuasaan & kontrol, kesedihan dan negatif.
Mengenakan Pakaian Hitam atau Memiliki Mobil Hitam
Hitam adalah warna pelangsing visual untuk pakaian dan seperti warna gelap lainnya, dalam desain interior, hitam dapat membuat ruangan tampak menyusut ukurannya. Hitam sering terlihat bagus dan profesional untuk dikenakan sehingga mungkin ini artinya warna hitam memberi rasa sangat bangga dengan penampilan. Hitam bukan warna yang menarik perhatian, jadi pemakainya mungkin tidak mau terlihat menonjol. Mungkin juga ini menyiratkan tentang perlunya privasi, menjadi rahasia atau untuk melepaskan diri dari masyarakat.
Hitam adalah warna yang sangat umum untuk mobil yang mungkin menyarankan pemikiran konvensional dan ingin menyesuaikan diri dengan norma sosial. Para pecinta mobil hitam mungkin memiliki keinginan kuat untuk menjadi normal dan cocok, sambil tampil gaya, terhormat dan profesional.
WARNA FAVORIT HITAM KEPRIBADIAN
Jika hitam merupakan warna favorit Anda, maka Anda cenderung memiliki sifat dan karakter berikut ini :
Anda adalah orang yang serius, Anda mungkin berjuang untuk mengapai sendiri sendiri dan mampu menikmati kesendirian. Anda adalah orang yang sangat mandiri, Anda suka melakukan hal-hal untuk diri sendiri dan jarang meminta bantuan orang lain.Karena sifat serius Anda, Anda sering tampak mengintimidasi beberapa orang.Anda tidak berhubungan dengan emosi Anda, pikiran Anda secara alami menekan perasaan dan keinginan Anda.Anda memiliki sifat pemberontak, Anda tidak menyukai otoritas dan tidak suka diberi tahu apa yang harus dilakukan.Anda ingin merasa kuat, hebat, dan cakap.Anda suka menyimpan sesuatu untuk diri sendiri, karena privasi penting bagi Anda, dan bahkan Anda ingin menyimpan sejumlah misteri tentang diri Anda.Anda tidak mudah mendekati orang, Anda memasang tembok dan penghalang untuk melindungi diri sendiri.
WARNA HITAM DALAM KEHIDUPAN
Kesan positif dan negatif yang diberikan dari warna hitam, antara lain :
1. Kekuasaan.
Hitam adalah warna dasar yang sangat kuat yang menuntut keseriusan dan rasa hormat. Ini bisa menjadi warna yang mengintimidasi yang juga menunjukkan disiplin.
2. Keanggunan.
Hitam dikaitkan dengan keanggunan, gaya, kekayaan, dan kecanggihan. Hitam hampir selalu terlihat bagus dan ramping.
3. Menarik.
Hitam, seperti warna merah, diasosiasikan dengan rayuan dan sensualitas, namun hitam tidak terlalu jelas. Ini memiliki kombinasi antara daya tarik, kegaiban dan dominasi.
4. Buruk atau jahat.
Sering dikaitkan dan diwakili dalam bercerita sebagai kejahatan, sisi terang dan sisi gelap, baik dan buruk.
5. Akhir dari segalanya.
Hitam bisa menjadi warna yang menyedihkan, dan memiliki hubungan yang jelas dengan kematian, atau akhir dari segala sesuatu, akhir dari suatu situasi atau akhir dari suatu era.
WARNA HITAM DALAM KEBUDAYAAN
Warna hitam memengaruhi pikiran dan tubuh dengan membantu menciptakan perasaan yang tidak mencolok, meningkatkan kepercayaan diri dalam penampilan, meningkatkan rasa potensi dan kemungkinan, atau menghasilkan perasaan kehampaan, kesuraman, atau kesedihan. Ada sejumlah hal menarik seputar warna hitam, antara lain :
Hitam sering digunakan sebagai simbol ancaman atau kejahatan , tetapi juga populer sebagai indikator kekuatan. Ini digunakan untuk mewakili karakter berbahaya seperti Dracula dan sering dikaitkan dengan sihir.
Hitam dikaitkan dengan kematian dan berkabung dalam banyak budaya. Warna ini juga terkait dengan ketidakbahagiaan, seksualitas, formalitas, dan kecanggihan.
DI MESIR KUNO WARNA HITAM MELAMBANGKAN KEHIDUPAN & KELAHIRAN
Dalam budaya Tiongkok, warna berhubungan dengan lima elemen utama, arah, dan empat musim. Hitam dikaitkan dengan elemen air, utara, dan musim dingin.
Dalam budaya Aztec, hitam mewakili perang karena kaca obsidian hitam digunakan sebagai ujung tombak pedang pertempuran. Itu juga merupakan simbol agama; imam tidak memakai warna lain selain hitam.
Di barat, hitam adalah warna berkabung tetapi kebiasaan mengenakan pakaian hitam tanpa hiasan untuk tanggal berkabung setidaknya kembali ke Kekaisaran Romawi, ketika pulla Toga yang terbuat dari wol berwarna gelap dipakai selama periode berkabung.
Di daerah pedesaan Meksiko, Portugal, Spanyol, Italia, dan Yunani, para janda akan mengenakan pakaian hitam selama sisa hidup mereka. Anggota keluarga dekat almarhum akan mengenakan pakaian hitam untuk waktu yang lama.
Seekor kucing hitam menyeberang jalan dianggap sebagai nasib buruk di banyak budaya, kecuali di Inggris, di mana melihat kucing hitam dianggap sebagai keberuntungan.
Selama ribuan tahun, pandangan bahwa hitam itu jahat menyebabkan takhayul tentang binatang. Hewan hitam seperti gagak dan kucing dianggap jahat dan dianggap memiliki kekuatan gaib.
Di Cina, hitam adalah warna pakaian tradisional untuk anak laki-laki.
FAKTA UNIK WARNA HITAM
Hitam menyiratkan berat orang akan berpikir kotak hitam lebih berat dari yang putih. Hitam menyerap semua cahaya dalam spektrum warna.
Hitam sering digunakan dalam mode karena kualitas pelangsingannya. Warna hitam dikaitkan dengan kecanggihan dan kekuatan, tuksedo, limusin, jubah hakim, dan pakaian imam semuanya biasanya berwarna hitam.
Musisi di lubang orkestra sering memakai warna hitam selama konser live, agar tidak menarik perhatian para pemain panggung.
Warna hitam begitu banyak dianggap sebagai canggih dalam mode sehingga istilah new black sering digunakan untuk menggambarkan dan memberikan manfaat bagi tren warna.
Hitam melambangkan kombinasi semua warna alam semesta. Dari hitam, semua warna berasal dan muncul untuk menciptakan pelangi yang hidup.
Sabuk Hitam adalah awal dari pencapaian, pemahaman, dan kebijaksanaan sejati, dan memadukan pikiran dan tubuh menjadi satu, menjadi satu kesatuan di dalam diri sendiri dan dengan alam semesta.
WARNA HITAM MENURUT FENG SHUI
Dalam ilmu feng shui, ada sejumlah cara penggunaan warna untuk mendatangkan aura positif (kesehatan dan kekayaan) yang diimplementasikan pada cat rumah, kantor, logo perusahaan dan lingkungan lainnya. Setiap warna mewakili elemen tertentu dalam feng shui. Hitam dikaitkan dengan elemen air dan melibatkan kekuatan, misteri, dan ketenangan. Ketika digunakan dengan hemat, hitam memiliki efek pentanahan pada lingkungan Anda.
Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan warna hitam menurut ilmu Feng shui :
Pertimbangkan pintu hitam untuk pintu yang menghadap ke utara, timur, atau tenggara.
Dengan memilih warna hitam untuk kamar anak-anak anda dapat menghadirkan ketenangan dan kreativitas.
Coba letakkan aksesori hitam seperti pernak-pernik, bingkai, atau vas di sekitar rumah Anda.
Cat lantai hitam di sebuah ruangan di bagian utara ruang Anda.
Coba beri warna hitam dan putih di ruang cuci atau dapur Anda.Jika Anda memiliki kantor di bagian utara rumah Anda, cat satu dinding dengan warna hitam.
HITAM DALAM MARKETING
Dalam psikologi pemasaran dan branding, hitam dikaitkan dengan keberanian, formalitas, misteri, kekuatan, kemewahan, dan keseriusan. Merek-merek terkenal yang memanfaatkan hitam dalam logo dan pemasaran mereka adalah Blackberry, Tiffany & Co., Apple, Disney, Nike, Gillette, Adidas, Sony, Ralph Lauren, dan MTV. Selain ramping, hitam juga serbaguna dan dapat dikombinasikan dengan warna lain.
PREFERENSI WARNA HITAM
Preferensi orang untuk warna-warna tertentu didasarkan pada sejumlah faktor seperti lingkungan, kepribadian, pengalaman, status ekonomi, dan pengasuhan. Sebuah studi terbaru tentang preferensi warna pada orang dewasa menemukan bahwa dari 18 total warna, hitam berada di peringkat ke-13 sebagai warna favorit orang dewasa secara keseluruhan. Namun, ketika menyangkut hal pakaian (busana), hitam berada di peringkat nomor satu untuk gabungan semua jenis kelamin. Dalam hal fashion, 40% perempuan dan 16% laki-laki memilih warna hitam sebagai warna favorit mereka.
Frasa populer yang memakai kata black (hitam) dalam bahasa Inggris
To go black = menjadi tidak sadar
Black hole = tempat di mana barang hilang hilang
In the black = dalam finansial artinya tidak berhutang uang
Black eye = memar atau terluka
Black gold = mengacu pada minyak bumi
Black mark = komentar atau tanda yang tidak menguntungkan terhadap catatan seseorang
Black mood = berada dalam suasana hati yang tertekan
Black & blue = untuk mengalahkan seseorang tanpa ampun
Black-hearted = menggambarkan orang jahat.
Black belt = adalah tingkat ahli dalam seni bela diri.
Blackwash = adalah untuk membawa hal-hal di tempat terbuka.
Black box = adalah sebuah peralatan atau aparat biasanya digunakan di pesawat terbang.
Back sheep = adalah orang buangan dari keluarga atau dari masyarakat. Sementara di Indonesia, kambing hitam artinya orang yang dilimpahkan kesalahan.
Man in black = mengacu pada agen pemerintah.
Blackguard = digunakan untuk merujuk orang jahat atau bajingan.
Blackmail (pemerasan) = mengacu pada mendapatkan sesuatu dengan ancaman.
Blackout = berarti kehilangan listrik, kehilangan visibilitas, mematikan lampu, kehilangan kesadaran, atau tindakan menghapus atau menghapus sesuatu.
Black market = mengacu pada perdagangan ilegal barang atau uang.
Black coffee = kopi tanpa susu.
WARNA MENURUT BUDAYA NUSANTARA
Pemilihan dan penggunaan warna tidak dapat kita pisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Warna menjadi simbol dan karakter dari seluruh aspek kehidupan dan simbolisme warna ternyata sangat erat kaitannya dengan ragam budaya Indonesia. Kira-kira apa saja ya arti warna-warna yang kita gunakan sehari-hari menurut beragam budaya dan suku di Indonesia.
1. Hitam.
Warna hitam merupakan warna yang sangat penting maknanya bagi sebagian besar suku budaya di Indonesia. Warna hitam ini kemudian selalu hadir dalam beragam kegiatan adat masyarakat yang sifatnya sakral seperti, pesta pernikahan, kematian atau pengambilan sumpah tokoh-tokoh kemasyarakatan. Suku Batak memaknai warna hitam sebagai simbol kerahasian, kewibawaan dan kepemimpinan, symbol Banua Toru (dunia bawah). Menurut Minang Kabau hitam adalah salah satu warna utama atau satu dari tiga warna kebesaran yang disebut dengan Marawa. Dalam Marawa, warna hitam melambangkan ketahanan yang disertai dengan kekayaan akal dan budi.
Pakaian adat dan rumah adat Suku Batak yang banyak menggunakan warna hitam.
Dalam keyakinan masyarakat Bali, warna hitam mewakili simbol golongan kalangan Sudra. Dalam konsep warna Tri Kono, hitam dikaitkan dengan fase kehidupan. Namun dalam konsep Nawa Sanggha warna hitam melambangkan Dewa Wishnu dan mengarah pada arah utara. Sedangkan bagi masyarakat Cina, warna hitam sendiri merupakan merupakan simbol dari unsur air (Shui), yang melambangkan keputusasaan dan kematian. Warna hitam pada masyarakat Jawa merupakan perlambang kebijaksanaan dan kesetaraan. Baju kebanyakan masyarakat Jawa atau batik tradisional yang dihasilkan didominasi oleh warna hitam, yang dikonotasikan dengan keberanian. Begitupun dalam kebudayaan Melayu warna hitam dianggap sebagai lambang keperkasaan Warna ini selalu dipakai oleh panglima dan hulubalang kerajaan.
2. Putih.
Selain warna hitam, warna putih pun merupakan salah satu warna yang sangat penting keberadaannya. Warna putih bagi sebagian besar kebudayaan di Indonesia melambangkan kesucian dan berkaitan erat dengan nuansa spiritualitas dan keagamaan. Warna putih kemudian banyak digunakan dalam upacara-upacara adat dan keagamaan. Bagi masyarakat Batak warna putih adalah lambang kesucian, kebenaran, kejujuran, dan ketulusan. Selain itu masyarakat Batak mempercayai warna putih sebagai simbol Benua Ginjang (dunia atas atau dunia dewa dewi).
Warna putih digunakan sebagai pakaian dalam ritual adat Suku Bali.
Masyarakat Minangkabau mempercayai warna putih sebagai simbol kesucian dan kepatutan. Begitu pula masyarakat Melayu menganggap warna putih sebagai tanda kesucian. Selain itu warna putih digunakan sebagai tanda berkabung. Asosiasi warna putih dengan kematian juga dipercayai oleh masyarakat Bali. Dalam konsep Tri Kono putih melambangkan fase kematian. Dan bergantian dengan warna kuning yang melambangkan keangkeran digunakan dalam prosesi dan upacara kematian seseorang. Warna putih melambangkan proses pembersihan dosa-dosa menuju kesucian.
Bagi masyarakat Jawa, pada warna putih melekat makna kebersihan, kesucian kepolosan, keluguan, kejujuran, pemaaf, cinta, dan terang. Masyarakat Jawa juga menganggap warna putih memiliki kaitan erat dengan sifat religiusitas dan spiritual sehingga banyak digunakan dalam upacara adat keagamaan. Begitu pula suku Dayak memaknai warna putih karena dianggap sebagai simbolisasi kesucian iman seseorang kepada sang pencipta. Bagi Suku Asmat warna putih pun melambangkan kesucian. Warna ini dituangkan dalam lukisan-lukisan pada tubuh sebagai hiasan diri.
3. Hijau.
Warna hijau bagi banyak budaya di Indonesia erat dikaitkan dengan hubungan dengan alam sekitar atau alam semesta. Bagi masyarakat Dayak penggunaan warna hijau dalam hiasan-hiasan manik batunya memiliki makna keterhubungan dengan alam semesta. Masyarakat Gorontalo memaknai warna hijau sebagai lambang kesuburan, kesejahteraan, kedamaian, dan kerukunan. Begitu pula dengan masyarakat Melayu, menganggap warna hijau sebagai lambang kesuburan dan kemakmuran.
Penari Kuda Lumping menggunakan warna hijau yang melambangkan kesuburan alam semesta.
Dalam konsep Nawa Sanggha Masyarakat Bali, warna hijau mewakili dewa Sangkara dengan arah mata angin Barat Laut. Warna hijau bagi masyarakat Bugis tradisional merupakan warna-warna yang hanya digunakan oleh kaum bangsawan. Hanya putri bangsawan Bugis yang dapat menggunakan baju bodo dengan warna hijau saat melangsungkan pernikahan. Masyarakat Jawa mengasosiasikan warna hijau sebagai lambang alam sekitar yang juga bermakna “harapan hidup”. Simbolisme ini mengajarkan untuk hidup sembari menjaga kelestarian alam. Sedangkan masyarakat Cina menganggap warna hijau sebagai simbol dari unsur kayu (Mu), yang melambangkan panjang umur, pertumbuhan dan keabadian.
MAKNA WARNA MENURUT ORANG JAWA
Setiap bangsa memaknai warna yang ada di dunia ini. Seperti bangsa cina yang memaknai warna merah sebagai kejayaan, api, dll. Namun tahukah kita makna warna yang ada di masyarakat Jawa.
Makna warna ini tentu saja ada yang berbeda dengan bangsa lain yang ada di dunia ini.
Yang pertama kita akan bahas warna merah. Warna merah melambangkan darah dan gula jawa. Maksud dari warna merah melambangkan darah adalah saat kita dilahirkan di dunia ini kita pasti berlumuran cairan berwarna merah yaitu darah. Lahirnya anak di dunia ini dapat diibaratkan kemakmuran.
Pepatah Jawa mengatakan banyak anak banyak rizki. Lalu maksud warna merah melambangkan gula jawa adalah warna gula jawa berwarna merah. Dan gula Jawa adalah bumbu yang cukup terkenal di tanah Jawa.
Untuk lebuh jelasnya kita akan bahas warna putih. Warna putih melambangkan sperma pada pria dan getah. Maksudnya adalah jika tidak ada sperma maka tidak akan jadi anak. Kemudian getah adalah symbol tanaman yang juga merujuk pada kesuburan. Mungkin banyak di antara kalian yang bingun dengan pernyataan tidak ada lelaki maka tidak ada anak, bukankan untuk menghasilkan anak harus ada lelaki dan perempuan? Itulah sebabnya lambang/ bendera kerajaan jawa selalu menggabungkan kedua warna itu karena keduanya merupakan unsure yang tidak dapat dipisahkan. Warna itu juga menginspirasi warna bendera merah putih.
Hitam adalah warna yang cukup sering dipakai oleh dukun. Mungkin banyak dari kita yang berfikir bahwa itu adalah wat=rna yang menyimbolkan kejahatan. Jika kalian berfikir begitu maka kalian salah. Warna hitam pada masyarakat jawa merupakan perlambang kebijaksanaan dan kesetaraan. Jadi kalau kita lihat dukun di setiap desa adalah orang-orang yang dituakan di suatu desa. Karena dia sudah tua maka pastilahdia sudah berpengalaman dalam berbagai hal. Oleh karena itu dukun memakai warna hitam karena dia dianggap yang bisa memimpin warga disana karena dia adalahorng yang paling bijaksana. Kemudian hitam juga melambangkan kesetaraan. Maksudnya jika orang mati maka dia pasti dikuburdi tanah, atau saat ngaben orang yang dibakar pastilah menjadi abu. Warna abu dan tanah berwarna hitam jadi maksudnya adalah manusia sehebat apapun setinggi apapun jabatannya maka dia akan tetap menjadi abu atau tanah juga.
Yang ketiga adalah warna kuning yang pastinya semua sudah tahu bahwa kuning melambangkan kekayaan dan kejayaan. Warna ini juga merupakan warna yang sering dipakai oleh bangsa melayu. Dalam masyarakat jawa warna ini merupakan simbolisasi warna emas yang pasti warnanya kuning. Semakin banyak emas maka kerajaan itu semakin makmur. Jadi oleh karena itulah warna emas melambangkan kejayaan dan kemakmuran.
Yang keempat adalah warna hijau. Warna ini adalah lambang dari alam, harapan, hidup dan harapan yang selalu mendampingi kita. Maksudnya adalah kita selalu hidup berdampingan dengan alam dan selalu mendapatkan semuanya dari alam. Itu juga merupakan tanda bahwa kita harus menjaga alam dan hidup selaras dengan semua yang ada di dunia ini karena kita selalu hidup dari alam. Lalu warna ini juga bermakna harapan yang mana warna ini juga kadang dikombinasikan dengan warna hijau. Warna hijau kuning ini dipakai pada Keraton Jogjakarta yang mana berarti keluhuran yng selalu menjadi harapan.
9 MAKNA WARNA HITAM MENURUT FENG SHUI
Warna memegang peranan penting. Tanpa adanya warna, dunia akan tampil polos. Warna sangat beragam, salah satunya ada warna hitam. Hitam merupakan warna simbolis yang berbeda bagi setiap orang, dan setiap individu dapat memiliki reaksi yang berbeda terhadap warna tersebut.
Makanya, ada orang yang menyukai warna tertentu dan menghindari warna lainnya. Sama halnya dengan warna hitam, ada yang menyukai, namun tak sedikit pula yang tak menyukai.
Perbedaan reaksi ini ternyata berpengaruh terhadap kepribadian seseorang. Menurut Feng Shui, ilmu kuno yang berasal dari Tiongkok, warna dipercaya dapat menentukan kepribadiaan seseorang.
Apa saja kepribadian tersebut? Untuk lebih lengkapnya, ini 9 arti warna hitam dalam hal kepribadian menurut ilmu Feng Shui.
1. Elegan.
Tak ada yang meragukan ini. Hitam merupakan warna yang bisa menambahkan keeleganan seseorang. Bisa dilihat pada acara-acara formal seperti pesta atau penghargaaan, orang-orang akan memilih untuk menggunakan gaun warna hitam karena lebih dapat menampilkan aura elegan ketimbang warna lainnya.
2. Kuat.
Hitam terkait dengan kekuatan dan kekuasaan. Ini adalah warna yang mengintimidasi untuk menunjukkan perbedaan diri antara yang mengenakannya dengan orang lain. Kita bisa lihat orang yang punya kekuasaan dan “kekuatan” seperti Steve Jobs yang selalu menggunakan kaos lengan panjang warna hitam, yang menjadi ciri khasnya. Ingin menunjukkan kesan kuat. Perbanyak baju warna hitam, ya, Bela.
3. Misterius.
Menurut Feng Shui, orang yang menyukai warna hitam memiliki kepribadian misterius. Pasalnya, hitam adalah warna yang tidak mengekspresikan banyak emosi, melainkan menyembunyikannya. Beda misalnya dengan warna merah yang digambarkan memiliki banyak emosi. Jika kamu sedang ingin menyembunyikan perasaan, bisa banget pakai warna ini. Bahkan, untuk menyembunyikan berat tubuh, juga bisa, karena hitam merupakan warna yang dapat memanipulasi bentuk tubuh.
4. Berani.
Ciri kepribadian lain dari penyukai warna hitam adalah sifat pemberani. Warnanya yang gelap justru tak membuat seseorang menjadi pengecut, melainkan lebih berani untuk menghadapi apapun. Sifat berani yang dimaksud adalah berani tampil, berani menyuarakan pendapatnya, serta berani menghadapi tantangan di depan.
5. Menyayangi dirinya.
Seolah memiliki pagar pelindung dalam dirinya, itulah yang dirasakan oleh orang penyukai warna hitam. Seseorang yang menyukai warna hitam akan memproteksi dirinya agar tidak tersakiti oleh orang lain, dengan cara menjauhkan hidupnya dari sesuatu yang negatif. Ini berlaku dalam hal pergaulan. Lingkungan pertemanan yang toxic sudah jelas ia hindari.
6. Serius.
Orang yang menyukai warna hitam, menurut Feng Shui, memiliki kesan yang serius atau jarang bercanda. Dia menanggapi apapun dengan cara yang serius dan tidak main-main. Namun, bukan berarti orang tersebut tidak suka lelucon, ya. Hanya saja, dia bisa menempatkan diri kapan harus serius dan kapan harus bercanda.
7. Tenang.
Feng Shui juga mengartikan kepribadian tenang adalah ciri lain dari orang penyukai warna hitam. Selain serius, ketika dihadapkan pada sebuah masalah, dia akan tetap tenang dan berusaha menyelesaikannya dengan caranya sendiri. Dia bukan tipe grasak-grusuk.
8. Anggun.
Menurut Feng Shui, penyuka warna hitam juga memiliki kepribadian yang anggun. Sifatnya yang terkenal tenang dan serius, ternyata memengaruhi juga dalam hal berjalan dan bertindak. Tak heran, dalam sebuah acara khusus, wanita bergaun hitam, mampu memancarkan pesonanya yang anggun sekaligus elegan. Sempurna.
9. Cuek.
Terkesan bertentangan dengan poin sebelumnya. Namun, cuek di sini bukanlah dalam hal berpenampilan. Menurut Feng Shui, arti warna hitam dalam hal kepribadiaan di sini adalah, seseorang yang tidak peduli dengan perkataan negatif dari orang lain. Terserah orang lain berkata apa, selama yang dilakukannya baik, dia akan tetap jalani. Tipe orang seperti inilah yang bisa menikmati hidup.