PANYANDRA / CANDRANE
Panyandra yaitu kalimat yang menggambarkan keadaan atau perilaku manusia menggunakan pepindhan.
Jadi yang lebih diperhatikan dalam panyandra adalah gambaran keadaan atau perilaku / keadaan manusianya dan bukan pepindhannya.
Pepindhan hanya sebagai sarana panyandra.
Untuk mengetahui lebih jelas apa itu panyandra.
Panyandra yaiku unen-unen utawa tetembungan saemper pepindhan kang surasane mawa tetandingan sing ngemu teges memper utawa mirip.
Babagan kang dicandra yaiku babagan kabecikan lan kaendahan, kayata kahanane manungsa, kahanane mangsa, kahanane kewan, kahanane solah bawa, lan sapanunggalane.
(Panyandra yaitu kata-kata atau kalimat sejenis pengandaian yang diibaratkan menggunakan perbandingan yang mengandung arti seperti atau mirip.
Hal-hal yang digambarkan yaitu perihal kabaikan dan keindahan, seperti keadaan manusia, keadaan musim, keadaan hewan, keadaan tingkah laku manusia, dan lain sebagainya).
Tembung Panyandra ateges tetembungan kang nggambarake kahanan nganggo pepindhan.
(Panyandra artinya kata-kata yang menggambarkan keadaan menggunakan pengandaian).
Masyarakat Jawa pada saat melihat suatu hal yang baik atau indah biasanya akan meresponnya dengan menggambaran hal tersebut seolah-olah seperti keadaan yang begitu indah. Dengan kata lain keadaan tersebut akan digambarkan menggunakan pembanding yang lebih baik atau mirip.
Dalam bahasa Jawa hal ini disebut dengan tembung panyandra atau kata gambaran. Sebagai contoh, yaitu panyandra awak drijine mucuk eri, yaitu untuk menggambarkan keadaan jari-jari manusia yang lentik dan indah bagaikan mucuk eri atau ujung duri.
CONTOH PANYANDRA BOSO JOWO
Nyandra iku tegese nggambarake/nyritakake panggonan/negara, kahanane swasana, kahanane mangsa, utawa kahanane solah bawa nganggo pepindhan kanthi tembung lir, kadya, pindha, kaya, utawi kadi.
Tuladha :
Mbun-mbun sumunar pating karelip lir mirah retna sinebar (mbun-mbun sunare padha pating krelip kaya mutiara disebar).
Contoh panyandra menurut objek yang digambarkan antara lain sebagai berikut ini.
1. Candrane Awak (Penggambaran Tubuh Manusia).
a. Dedege pideksa (ngringin sungsang).
b. Kulite kuning nemu giring.
c. Rambute ngombak banyu (ngembang bakung).
d. Irunge ngudhup mlathi (ngrunggih).
e. Alise nanggal sepisan (wulen tumanggal).
f. Idepe tumengeng tawang.
g. Mripate ndamar kanginan (blalak-blalak).
h. Sinome micis wutah.
i. Untune miji timun (rata lir ombaking warih).
j. Pundhake nraju mas.
k. Pipine nduren sajuring (nlesung pipi).
l. Lambene nggula sathemlik.
m. Bangkekane nawon kemit.
m. Pupune ngembang pudhak.
o. Lengene nggendhewa pinenthang.
p. Godheke ngudhup turi.
q. Kempole nyikil walang.
r. Drijine mucuk eri.
s. Payudarane nyengkir gadhing.
2. Candrane solah bawa. (Penggambaran tingkah laku).
a. Lakune kaya macan luwe.
b. Lambeyane kaya merak kasimpir (mblarak sempal).
c. Kukune kaya mimi lan mintuna.
d. Swarane kaya mbelah-belah bumi.
e. Pangamuka kaya bantheng ketaton.
f. Polahe wong kaya gabah den interi.
g. Lampahe mendheg-mendheg kaya sato manggih krama.
h. Bungahe kaya ketiban daru.
i. Sumbare kaya bisa mutungake wesi gligen.
j. Tandange cukat trengginas kaya jangkrik mambu kili.
3. Candrane wong nesu. (Penggambaran Orang Marah).
a. Talingan lir sinebit.
b. Jaja mengkap bang mawinga-winga.
c. Angga mubal dahana.
d. Netra andik angatirah.
e. Imba tepung lir kupu tarung.
f. Idep mangada-ada.
g. Waja gathik.
h. Kumedhot padoning lathi.
4. Candrane wong nginum.
a. Eka padma sari.
b. Dwi amartani.
c. Tri kawula busana.
d. Catur wanara rukem.
e. Panca sura panggah.
f. Sad guna wiweka.
g. Saptakukila warsa.
h. Hasta sacara-cara.
i. Nawa gra lupa.
j. Dasa yaksa wangke.
5. Candrane mangsa. (Penggambaran Keadaan Musim).
a. Satya murca ing embanan = candrane mangsa karsa, tegese wiwit wit-witan padha brindhil.
b. Bantala rengka = candrane mangsa karo, tegese lemah-lemah padha nela (mlethek).
c. Suta manut ing bapa = candrane mangsa katelu, tegese wit gembili (gadhung) padha mrambat.
d. Waspa kumembeng jroning kalbu = candrane mangsa kepapat, tegese tuk-tuk padha pipet (bumpet).
e. Pancuran mas sumawur ing jagat = candrane mangsa kalima, tegese wiwit akeh udan.
f. Rasa mulya kasucian = candrane mangsa kanem, tegese ungsum woh-wohan mirasa.
g. Wisa kentar ing maruta = candrane mangsa kapitu, tegese akeh lelara.
i. Ajrah ironing kayun = candrane mangsa kawolu, tegese mangsane kucing gandhik.
k. Wedharing wacana mulya = candrane mangsa kasanga, tegese mangsane gareng muni, gangsir ngenthir.
l. Gedhong minep ironing kalbu = candrane mangsa kasepuluh, tegese akeh kewan meteng, manuk ngendhog.
m. Sotya sinara wedi = candrane mangsa sada, tegese mangsa manuk ngloloh.
n. Tirta sah saking sasana = candrane mangsa desta, tegese mangsa bedhidhing utawa adhem.
6. Candrane satriya bagus. (Penggambaran Satriya Bagus).
Satriya ing Madukara Raden Janaka (Arjuna) iya Sang Pamadya padha-padha satriya wasis lan waskitha, tata, titi, titis lan trengginas, sekti mandraguna, digdaya pinunjul ing apapak, bisa manjing ajur-ajer, bisa mrojol ing akerep pratandha satriya gentur tapane, kerep nenepi ing guwa kang sirung.
Nenedha ing dewane, saka tekad kang murni lan kenceng marang pandenge.
Mring luhuring dhiri datan wigih ing lara, wani marang pati jroning ngaurip.
Dalam perjalanan bersama sesama manusia, tidak ada manusia yang sama.
Bukan hanya wajah, tetapi juga pengetahuan, sikap dan perilaku. Mulai yang paling bodoh sampai paling pandai, Dari yang paling menyenangkan sampai paling menyebalkan.
Melalui perjalanan hidup pula, banyak pelajaran diperoleh.
Mengulangi kembali yang telah ditulis pada Panyandra :
Pepindhan untuk sesuatu yang khusus Kepala dan leher.
Panyandra atau candra adalah salah satu pengertian candra menurut Poerwadarminta adalah menceriterakan ujud sesuatu dengan pepindhan.
Secara umum dapat kita katakan bahwa panyandra adalah pepindhan khusus.
Misalnya bagian tubuh manusia (khususnya wanita, dan lebih khusus lagi yang dinilai indah).
Panyandra juga diberikan untuk menggambarkan suatu keadaan. Misalnya panyandra untuk musim dalam pranatamangsa Jawa, demikian pula panyandra gambaran orang minum (minuman keras) mulai satu sloki sampai sepuluh sloki.
Perlu daya imajinasi yang kuat untuk membayangkan sesuatu yang kita candra dengan pembandingnya. Melanjutkan posting terdahulu, dapat dipirsani beberapa contoh panyandra untuk bagian tubuh manusia sebagai berikut :
A. KEADAAN TUBUH DAN ANGGOTA BADAN
1. BETIS :
Kempole nyikil walang.
(Kempol / betis) Betis seperti kaki belalang
Kempole ngembang pudhak.
Putih dan berseri seperti bunga pudak (pandan)
Wentise mukang gangsir.
(Wentis / betis) Betis seperti kaki gangsir (Gangsir sejenis jengkerik).
Wentise ndamen meteng.
(Dami / batang padi) dikandung maksud disini adalah butir padinya.
Maksudnya sama dengan ungkapan bahasa Indonesia Betisnya padi membunting
2. JARI.
Drijine mucuk eri, jari-jemari yang ramping seperti pucuknya duri
3. KULIT.
Pakulitane ngulit langsep.
(Kuning langsat).
Pakulitane ireng manis.
(Hitam manis).
Pamulune mbengle keris.
(Pamulu / rona pada wajah). Kearah kuning bercahaya seperti bengle (sejenis tanaman obat)
Pamulune prada binabar, wajah bersinar seperti prada.
4. PAYUDARA.
Payudarane nyengkir gadhing. Seperti kelapa gading muda.
5. PINGGANG.
Bangkekane nawon kemit.
Bangkekan (pinggang) yang kecil seperti tawon kemit (umumnya lebah memang pinggangnya kecil. Tawon kemit adalah sejenis lebah yang pinggangnya memang paling ramping).
6. PUNDAK.
Pundhake nraju mas.
Traju adalah timbangan.
Yang dimaksud adalah pundak yang kiri kanan sama tingginya.
Betul-betul sama tinggi ibarat traju mas (timbangan emas).
Mengapa pundak saja diurus ? Marilah kita berdiri di depan cermin.
Adakah pundak kita benar-benar imbang kiri kanan ?
Kebanyakan pundak kita ndhek-wur (satu cendhek satunya dhuwur).
7. TANGAN.
Tangane nggendhewa pinenthang.
Adalah tangan yang kalau diluruskan melengkung ibarat busur yang ditarik.
Tangaen nggendhewa denta.
(Denta / gading gajah).
Maksudnya disini adalah tangan yang tidak hanya nggendhewa saja tetapi kulitnya juga berwarna denta atau kuning gading
Tangan yang nggendhewa pinenthang ini bagus untuk seorang penari.
8. TUMIT.
Tungkake bunder lir jinangka.
Tumit yang bulat teratur seperti diukur dengan jangka.
GERAKAN TUBUH DAN ANGGOTA BADAN
1. CARA BERJALAN.
Lakune kaya macan luwe.
Jalannya seperti harimau lapar. Intinya gerakan tubuh bagian bawah yang luwes.
Mohon dibayangkan sendiri seperti apa. Kata-kata lakune kaya macan luwe ada dalam lirik lagu Putri Solo.
Lakune mucang kanginan.
Yang satu ini kebalikan dari macan luwe.
Merupakan gambaran gerak tubuh bagian atas waktu berjalan.
Ibarat pohon pucang (pinang) yang tertiup angin, bergoyang lembut ke kiri dan kanan.
Lakune njalak dinding.
Model lain lagi.
Cara berjalan seperti burung jalak dinding. Gambaran wanita yang lincah gerakannya.
2. GERAKAN ANGGOTA BADAN.
Lembehane mblarak sempal.
Gerakan tangan waktu berjalan diibaratkan seperti daun kelapa yang sudah tua (blarak) yang sempal (patah, dalam hal ini karena memang sudah waktunya) dan jatuh dari batang pohonnya menuju tanah.
Seperti itulah gambarannya.
Panyandra juga ada dalam khasanah lagu Indonesia.
Dibawah adalah tayangan video Youtube lagu Putri Solo yang dinyanyikan oleh Sundari Soekotjo. Ada dua panyandra tentang putri Solo.
Mung lakune kaya macan luwe dan ireng manis kulitane.
Panyandra tidak hanya ditujukan kepada tubuh dan gerakan manusia, utamanya wanita.
Tetapi juga untuk suatu keadaan, baik keadaan alam maupun keadaan manusia.
PANYANDRA PEPINDHAN UNTUK SESUATU YANG KHUSUS TIGA MUSIM (PRANATAMANGSA)
Panyandra (candra / salah satu pengertian candra menurut Poerwadarminta adalah menceriterakan ujud sesuatu dengan pepindhan).
Secara umum dapat kita katakan bahwa panyandra adalah pepindhan khusus.
Misalnya bagian tubuh manusia (khususnya wanita, dan lebih khusus lagi yang dinilai indah).
Panyandra juga diberikan untuk menggambarkan suatu keadaan. Misalnya panyandra untuk musim dalam pranatamangsa Jawa, demikian pula panyandra gambaran orang minum (minuman keras) mulai satu sloki sampai sepuluh sloki.
Panyandra Pepindhan untuk sesuatu yang khusus :
1. Kepala dan leher dan Panyandra : Pepindhan untuk sesuatu yang khusus.
2. Tubuh dan Anggota Badan Tubuh dan anggota badan.
PRANATAMANGSA
Perhitungan pranatamangsa dimaksudkan untuk pedoman para petani pada masa Sunan Pakubuwana VII di Surakarta. (dapat dibaca di Pranatamangsa, Wikipedia). Adapun tulisan ini mengambil dari Sarine Basa Jawa, Padmasukaca, 1967).
Mangsa (musim) disini dibagi menjadi 12. Di bawah adalah daftar 12 mangsa tersebut.
Nama, mulainya, lamanya dan Candranya :
1. MANGSA KASA (KARTIKA).
Dimulai tanggal 21/22 Juni, lamanya 41 hari dan candranya adalah Sotya murca saking êmbanan (intan lepas dari cincin yang menjadi embanannya) dengan kejadian di alam.
Daun-daun berguguran, kayu akan menjadi kering dan belalang masuk ke tanah.
2. MANGSA KARO (PUSA).
Dimulai tanggal 1/2 Agustus, lamanya 23 hari dan candranya adalah Bantala rêngka (Bumi retak) dengan kejadian di alam.
Tanah mengering dan retak-retak.
3. MANGSA KATELU (MANGGASRI).
Dimulai tanggal 24/25 Agustus, lamanya 24 hari dan candranya adalah Suta manut ing bapa (Anak menurut/mengikuti ayahnya) dengan kejadian di alam.
Tanaman merambat mulai tumbuh, menaiki rambatannya, seperti anak yang mengikuti bapaknya.
4. MANGSA KAPAT (SITRA).
Dimulai tanggal 17/18 September, lamanya 25 hari dan candranya adalah Waspa kumembeng jroning kalbu (Air mata tergenang di dalam kalbu) dengan kejadian di alam, mata air mulai terisi, burung-burung mulai membuat sarang untuk bertelur.
5. MANGSA KALIMA (MANGGAKALA).
Dimulai tanggal 12/13 Oktober, lamanya 27 hari dan candranya adalah Pancuran mas sumawur ing jagad (Pancuran emas menyirami bumi) dengan kejadian alam.
Mulai hujan besar, pohon-pohon besar mulai tumbuh daunnya dan tanaman empon-empon mulai bertunas.
6. MANGSA KANEM (NAYA).
Dimulai tanggal 8/9 November, lamanya 43 hari dan candranya adalah Rasa mulya kasucian (Merasa mulia penuh kesucian) dengan kejadian alam.
Mulai banyak buah-buahan dan burung-burung air bermunculan di tempat berair).
7. MANGSA KAPITU (PALGUNA).
Dimulai tanggal 21/22 Desember, lamanya 43 hari dan candranya adalah Wisa kentar ing maruta (Bisa/racun terhanyut bersama angin) dengan kejadian alam.
Banyak penyakit termasuk banyak hujan dan banjir.
8. MANGSA KAWOLU (WISAKA).
Dimulai tanggal 3/4 Pebruari, lamanya 24 hari dan candranya Anjrah jroning kayun (keluarnya isi hati) dengan kejadian alam.
Musim kucing kawin.
9. MANGSA KASANGA (JITA).
Dimulai tanggal 28/29 Pebruari, lamanya 25 hari dan candranya Wedhare wacana mulya (Munculnya suara-suara mulia) dengan kejadian alam Jangkrik, gangsir, garengpung (tonggeret) mulai berbunyi.
Saatnya padi berbunga.
10. MANGSA KASAPULUH (SRAWANA).
Dimulai tanggal 25/26 Maret, lamanya 24 hari dan candranya Gedhong mineb jroning kalbu (Gedung tertutup dalam kalbu) dengan kejadian alam.
Banyak hewan bunting dan burung-burung menetaskan telurnya.
Padi pun menguning.
11. MANGSA KASAWELAS (DHESTHA, PADRAWANA).
Dimulai tanggal 18/19 April, lamanya 23 hari dan candranya Sotya sinarawedi (Intan seperti saudara) dengan kejadian alam.
Burung mulai menyuapi anak-anaknya.
12. MANGSA KAROLAS (SADDHA, ASUJI).
Dimulai tanggal 11/12 Mei, lamanya 41 hari dan candranya Tirta sah saking sasana (Air mulai meninggalkan tempatnya) dengan gejala alam.
Musim bedhidhing (dingin), tidak ada orang berkeringat
ANCER-ANCER PERHITUNGANNYA.
Setidak-tidaknya kita bisa mengetahui bulan dari mangsa yang ingin kita ketahui. Yang membuat mudah, perhitungannya menggunakan tahun masehi. Caranya sederhana saja :
1. Bila bulannya lebih dari 6 (Misalnya Nopember = bulan ke 11) maka kita kurangi dengan angka 6.
11-6 = 5.
Jadi pada bulan Nopember kita masuk pada mangsa Kalima : Hujan mulai besar.
2. Bila bulannya kurang dari 6 (Misal Januari = Bulan ke 1), maka kita tambah dengan angka 6.
1+6 = 7.
Jadi pada bulan Januari kita masuk pada mangsa Kapitu. Banyak penyakit.
INTI SARI
Perhitungan pranatamangsa mungkin sudah tidak menarik lagi bagi kehidupan di kota besar. Apalagi gejala-gejala alam yang diberi panyandra oleh nenek moyang kita kelihatannya juga sudah ogah menyertai kehidupan metropolis.
Sebagai contoh Wedharing wacana mulya sebagai panyandra mangsa kasanga, yang disuarakan oleh jangkrik, gangsir dan khususnya garengpung (tonggeret) sudah tidak terdengar lagi di kota-kota besar. Tidak ada lagi wacana mulya pada bulan Maret.
Yang terjadi adalah udan salah mangsa yang tidak bisa diberi panyandra.