EWUH AYA ING PAMBUDI
Pitutur Jawa yang artikel blog ini adalah ewuh aya ing pambudi yang artinya sulit untuk menentukan pilihan, tindakan mana yang akan diambil ? Manusia dihadapkan pada alternatif yang serba sulit sehingga membuat hatinya menjadi bergolak.
Ronggowarsito dalam Serat Kalatida ini sangat terkenal karena didalamnya ada ungkapan amenangi jaman edan. Nah di situlah pitutur kita kali ini, yaitu "ewuh aya ing pambudi" yang artinya sulit menentukan pilihan, tindakan mana yang akan diambil. Orang dihadapkan pada alternatif yang serba sulit yang menyebabkan hatinya bergolak.
Dua opsi yang sama-sama mengandung resiko yang berat. Kesulitan memilih ini sering kita sebut sebagai "bagai makan buah simalakama" yang dimaknai dimakan bapak mati tidak dimakan ibu mati, atau dengan bahasa yang lebih gaul "maju kena mundur kena". itulah yang dimaksud ewuh aya ing pambudi. Dalam kehidupan sekarang, kita sering dihadapkan pada pilihan yang sama-sama sulit itu.
Sebagai contoh misalnya tindakan apa yang akan diambil oleh dokter kandungan ketika menghadapi pasien seorang ibu yang menderita sakit sangat kritis, sedang dia mengandung bayi. Sering dalam kondisi begini dokter, atas izin suami atau keluarga, harus memilih antara menyelamatkan ibu atau bayinya. Dua opsi yang mengandung resiko sama-sama berat sehingga hati sulit memilih. Banyak lagi contoh yang menggambarkan seseorang dihadapkan pada pilihan yang sama-sama berisiko.
Bila ewuh aya ing pambudi ini dikaitkan dengan jaman edan seperti diungkapkan oleh Ronggowarsito, maka alternatifnya adalah bila larut dalam jaman yang sudah edan itu, dia akan mendapatkan bagian tetapi bila tegar dan tidak larut maka dia tidak mendapat bagian. Di sini karakter orang akan menentukan pilihannya. Ikut edan maka dia akan mendapat bagian dari bancakan itu. Kalau tidak ya tidak, bahkan mungkin akan kelaparan.
Selanjutnya bagaimana makna tersirat pitutur Ronggowarsito ? Beliau mengingatkan kita bahwa orang yang ikut bancakan itu nampaknya saja beruntung (beja). Tetapi itu hanyalah suatu fatamorgana. Itu hanyalah keberuntungan semu, bukan yang dikehendaki oleh Tuhan (kersaning Allah) sebab orang yang sebenar-benarnya beruntung adalah orang yang sadar diri dan waspada (eling lan waspada).
Memang kelihatannya dia tidak mendapatkan bagian, tetapi dialah sebenarnya orang yang beruntung (beja). Maksudnya pasti ada keberuntungan lain yang akan dia peroleh. Jadi ketika orang dihadapkan pada opsi-opsi yang sulit, tetap saja dia harus memilih satu alternatif yang tidak ikut edan, tetapi yang eling lan waspada (tidak mengotori hati nuraninya).
EWUH AYA ING PAMBUDI (2)
Pujangga besar Ronggowarsito pada suatu saat akan diangkat jadi pejabat tinggi. Ternyata pengangkatan itu batal karena ada pihak yang memfitnah beliau kepada raja. Tentu Ronggowarsitu kecewa dan marah dalam hati. Beliau kemudian bertafakur sejenak lalu berkata kepada dirinya sendiri: “Ah dari pada menuruti hati yang kecewa lebih baik saya gunakan energi untuk berkarya”. Beliau kemudian menulis sebuah tembang yang disebut “Serat Kalatidha’.
Tembang ini berisikan gambaran di lingkungan kraton yang sedang mengalami kebobrokan moral yang kemudian menciptakan krisis di masyarakat yang disebut Kalabendhu. Tembang ini berupa syair yang disusun menurut aturan macapat. Salah satu bait (atau podo) saya kutip di bawah ini :
Amenangi jaman edan (mengalami jaman edan)
Ewuh aya ing pambudi (terjadi pergulatan batin)
Melu edan nora tahan (ikut edan tidak tahan)
Yen tan melu haanglakoni (kalau tidak ikut edan)
Boya kaduman melik (tidak mendapat bagian harta)
Kaliren wekasanipun (akhirnya akan kelaparan)
Dilalah karsa Allah (sudah menjadi kehendak Allah)
Beja bejane kang lali (seuntung-untung yang lupa)
Luwih beja kang eling lawan waspada (masih lebih untung yang sadar dan wapada).
Banyak orang menganggap tembang tersebut ramalan yang terwujud jaman ini. Sebagaimana saya katakan di atas, tembang ini bukan ramalan tetapi gambaran keadaan pada waktu itu yang diprihatinkan oleh Ronggowarsito.
Kesimpulannya adalah bahwa jaman edan itu merupakan siklus jaman. Pertanyaannya adalah, apakah jaman edan (kalabendhu atau krisis multi dimensi) yang terjadi di Indonesia sekarang ini akan dapat diatasi dan siapa yang dapat mengatasi ?
Kunci untuk mengatasi jaman edan atau kalabendhu terletak di kalimat ewuh aya ing pambudi dalam tembang di atas. Dalam pergumulan batin untuk ikut atau tidak ikut dalam jaman edan harus dimenangkan oleh orang-orang yang eling lan waspada.
Siapa yang harus eling lan waspada ?
Bukan hanya para pemimpin tetapi seluruh bangsa ini harus eling lan waspada. Di bawah ini saya akan mengingatkan kembali makna ajaran eling lan waspada (yang sudah saya uraikan di posting yang lalu).
Eling artinya sadar bahwa manusia itu diciptakan oleh Allah dan diciptakan bukan asal diciptakan tetapi diciptakan untuk mengemban misi dari Allah. Selain itu manusia juga harus sadar bahwa dia tidak sendiri di dunia tetapi bersama dengan manusia lain. Terakhir manusia juga harus sadar bahwa untuk mengemban misi tadi, Allah telah menyediakan segalanya di dunia untuk digunakan bersama.
Waspada merupakan kemampuan manusia untuk membedakan yang baik dari yang buruk, yang benar dari yang salah, yang hak dan yang bukan, dan sebagainya.
Jelaslah bahwa dewasa ini manusia Indonesia banyak yang tidak eling dan tidak waspada. Orang lupa siapa dirinya sehingga proses ewuh aya ing pambudi tidak berlangsung. Orang langsung mengikuti jaman edan tanpa eling lan waspada. Batin orang sudah demikian tumpul sehingga tidak terjadi lagi pergolaan batin untuk mempertimbangkan apakah akan ikut atau tidak ikut dalam jaman edan.
Kesimpulannya, untuk mengatasi krisis, seluruh bangsa ini harus memperkuat batinnya agar tidak terhanyut dalam jaman edan.