SERAT PEPALI KI AGENG SELO
PUPUH
I DHANDHANGGULA
1.
Pépali-ku
ajinén mbrékati, Tur sélamét sarta kuwarasan, Pépali iku mangkene, Aja gawe
angkuh, Aja ladak lan aja jail, Aja ati sérakah, Lan aja célimut; Lan aja mburu
aléman, Aja ladak, wong ladak pan gélis mati, Lan aja ati ngiwa. “Pepali”-ku
hargailah (supaya) memberkahi, Lagi pula selamat, serta sehat. Pepali itu
seperti berikut : Jangan berbuat angkuh, Jangan bengis dan jangan jahil, Jangan
hati serakah, (tamak, loba), Dan jangan panjang tangan; Jangan memburu pujian,
Jangan angkuh, orang angkuh lekas mati, Dan jangan cenderung kekiri.
2.
Padha
sira titirua kaki, Jalma patrap iku kasihana, Iku arahén sawabe ! Ambrékati
wong iku, Nora kéna sira wadani, Tiniru iku kéna, Pambégane alus, Yen angucap
ngarah-arah, Yen alungguh nora pégat ngati-ati,Nora gélém gumampang. Hendaklah
meniru “kaki”, Janma susila, itu sayangilah, Carilah sawabnya! (sawab = tuah)
Memberi berkah orang itu, Tidak boleh kau mencelanya. Lebih baik menirunya.
Pendiriannya halus, Jika mengucap berhati-hati, Jika duduk tiada putus-putusnya
berhati-hati, Tidak suka serampangan (menganggap mudah atau gampang.
3.
Sapa
sapa wong kang gawe bécik, Nora wurung mbenjang manggih arja, Tékeng
saturun-turune. Yen sira dadi agung, Amarintah marang wong cilik, Aja
sédaya-daya, Mundhak ora tulus, Nggonmu dadi pangauban. Aja nacah, marentaha
kang patitis, Nganggoa tépa-tépa. Barang siapa yang berbuat baik, Tiada urung
kelak menemui bahagia, Sampai kepada keturunan-keturanannya, Jika kamu manjadi
orang besar. Memerintah orang kecil, Jangan keras-keras, Nantinya tan akan
tetap, Kamu menjadi pelindung. Jangan sembarangan, perintahlah yang tepat,
Pakailah kira-kira.
4.
Padha
sira ngesthoké kaki, Tutur ingsun kang nédya utama, Angarjani sarirane. Way
nganti séling surup, Yen tumpang suh iku niwasi, Hanggung atélanjukan, Témah
sasar susur. Téngraning jalma utama, Bisa nimbang kang ala lawan kang becik.
Rasa rasaning kémbang. Hendaklah diperhatikan kaki, Nasihatku yang bertujuan
utama, Membahagiakan dirimu. Jangan sampai salah terima, Bila tumpang balik
menewaskan, Selalu keliru, Hingga simpang siur. Tanda manusia utama, Dapat
menimbang yang buruk dan baik, Rasa dan rasa bunga.
5.
Kawruhana
pambengkasing kardi, Pakuning rat lélananging jagad, Pambekasing jagad kabeh,
Amung budi rahayu, Sétya tuhu marang Hyang Widi. Warastra pira-pira, Kang
hanggung ginunggung, Kasor dening tyas raharja. Harjaning rat punika pakuning
bumi, Kabeh kapiyarsakna. Ketahuilah penyelesai segala kuwajiban, Pros Alam, si
Jantan didunia, Pembebas seluruh dunia, Tak lain ialah yang berbudi
rahayu,Setia sungguh kepada Yang Maha Kuasa. Senjata ber-macam-macam, Yang
selalu dipuji-puji, Kalah dengan hati lurus. Keadilan alam ialah pusat
peredaran bumi, Dengarkanlah semua ini.
6.
Pomapoma
anak putu mami, Aja sira ngégungakén akal, Wong akal ilang baguse. Dipun idhép
wong bagus, Bagus iku dudu mas picis, Lawan dudu sandhangan, Dudu rupa iku.
Bagus iku nyatanira, Yen dinulu asih sémune prakati, Patrap solah prasaja. Mudah-mudahan
anak cucuku, Jangan kamu menyombongkan akalmu, Orang berakal hilang
bagusnya.Ketahuilah, orang bagus ! Kebagusan bukan mas picis, Dan bukan pakaian
(yang mentereng), Bukan paras muka. Bagus itu sebenarnya, Menimbulkan rasa
sayang, tampaknya memikat hati,Tingkah laku yang sewajarnya (yang tidak
dibuat-buat).
7.
Lawan
aja dhémVn ngaji-aji, Aja sira képengin kédhotan, Kadigdayan apa dene, Aja sira
mbédhukun, Aja ndhalang lan aja grami, Aja budi sudagar, Aja watak kaum, Kang
den ajab mung ruruba, Kaum iku padune cukéng abéngis, Iku kaun sanyata. Dan
jangan gemar akan mukjizat, Janganlah kamu ingin kebal, Kesaktian apa lagi,
Jangan kamu menjadi dukun, Menjadi dalang atau berniaga, Jangan berbudi
saudagar (berbudi – berwatak), Jangan bertabiat lebai (kaum), Yang
diharap-harap hanya keuntungan, Lebai itu kata-katanya tegar dan bengis, Benar
demikian lebai itu.
8.
Kumbah,
krakah, cukit lan andulit, Miwah jagal, mélantén, kumala, Iku nora dadi gédhe.
Wajib sinirik iku, Pan wus aja ngaruh-aruhi, Aja doyan sémbrana, Matuh
analutuh, Niwasi barang karya, Wong sémbrana témahane nora bécik. Nyényénges
nanjak-nanjak. Penatu, penjual daging, penjual trasi dan kapur sirih,
Pembantai, [emutih dan pedagang akik, Itu tidak akan menjadi besar.Wajib
ditegahkan itu, janganlah menegur mereka. Jangan gemar bersenda, Terbiasa
terlanjur, Menggagalkan sembarang pekerjaan, Orang bergurau akibatnya tidak
baik, Mengejek menonjol-nonjolkan diri.
9.
Pae
wong kang makrifat séjati, Tingkah una-unine prasaja, Dadi panéngeran gédhene.
Eséme kadi juruh, saujare manis trus ati, Iku iangaran dhomas. Wong bodho
puniku, Ingkang jéro isi émas, Ingkang nduwe bale kencana puniki, Bola bali
kinenca. Berbedalah orang yang makrifat sejati, Tingkah dan ucapanya bersahaja,
Menjadi tanda kebesarannya. Senyumnya bagaikan kental gula, Tiap ucapannya
selalu manis terus hati. Itulah yang disebut dhomas. Orang bodoh yang, Jiwanya
berisi mas, Yang memiliki tahta kencana ini, Berulang-ulang direncanakan.
10.
Keh
tépane mring sagunging urip, Pan uninga ati téngu géngnya, Ingkang sasingkal
gédhene. Endhog bisa kéluruk, Miwah géni binakar warih. Iku talining barat,
Kawruhana iku !! Manjing atos nora rénggang, Bisa mrojol ing kérép dipun
kawruhi, Kang céndhak kéthokana. Banyak belas kasihan kepada semua yang hidup,
Kan mengetahui besar hati tungau,Yang sebesar sebuah singkal. Telur yang dapat
berkokok, Dan api yang dibakar dengan air. Itu tali angin, Ketahuilah itu !!
Masuk kedalam barang keras tan meratakkan, Dapat menerobos jala yang kedap
ketahuilah juga !! Potongolah segala yang pendek !
11.
Aja
watak sira sugih wani, Aja watak sok ngajak tujaran, Aja ngéndélkén kuwanen,
Aja watak anguthuh, Ja ewanan lan aja jail, Aja ati canthula, Ala kang tinému.
Sing sapa atine ala, Nora wurung bilahi pinanggih wuri, Wong ala nému ala. Jangan
berwatak menyombongkan keberanian, Jangan berwatak sering suka bertengkar,
Jangan menyandarkan diri pada keberanian, Jangan berwatak tak tahu malu, Jangan
irihati dan jangan jahil, Jangan berhati lancang, Buruk yang didapat, Barang
siapa berhati jahil, Tiada urung celaka akhirnya didapat, Orang jahat menemukan
jahat.
12.
Poma-poma
anak, putu sami, Aja sira méngeran busana, Aja ngéndélkén pintéré, Aja
anggunggung laku. Ing wong urip dipun titeni, Akétareng basa, Katandha ing
sému. Sému bécik, sému ala, Sayéktine ana tingkah solah muni, Katon amawa
cahya. Mudah-mudahan anak, cucu, semua, Jangan bertuhan kepada perhiasan,
Jangan congkak akan kepintaranmu, Jangan menyanjung- nyanjung laku. Itu
disaksikan oleh sesama-hidup, Terlihat dalam budi- bahasmu, Tertanda pada
roman-mukamu. Semu baik, semu jahat, Sebenarnya berkata dalam tingkah-laku,
Tampak pada cahaya.
13.
Aja
sira amadhakkén jalmi, Amarentah kaya sato kewan, Kébo, sapi, miwah iwen. Aja
sira prih wéruh, Kaya wong, pan nora ngréti. Aja kaya si Soma, kVbone pinukul.
Sababe sinau maca, Yen bisaa nora beda padha urip,Mulane awéwuda. Jangan kau
persamakan dengan manusia, Bila kau perintah hewan, Kerbau, sapi dan unggas.
Jangan mencoba mengajarnya, Sebagai manusia, karena tidak mengerti. Jangan
seperti si Soma, Kerbaunya dipukuli. Sebabnya kau telah belajar membaca. (tidak
buta huruf), Sedapat-dapat perlakukanlah dengan baik, tak beda sesama hidup.
Asal- mulanya telanjang juga.
14.
Ayam
ginusah yen munggah panti, Atanapi lamun mangan béras, Kébo ingadhangan bae,
Iku wong olah sému, Lamun sira tétanggan kaki, Yen layak ingaruhan, Aruhan iku.
Yen tan layak-énéngéna, Apan iku nggémeni darbek pribadi, Pan dudu rayatira. Ayam
dihalau jika hendak masuk rumah, Kalau-kalau nanti makan beras, Jika kerbau
dihalang-halangi saja, Itu tindakan orang yang belajar hal- ihwal. Apabila kamu
bertetangga dengan dia buyung. Kalau sudi ditegur- sapa, Kenalilah ia. Jika
tidak sudi, diamkanlah saja,Lagi pula bukan keluargamu.
15.
Patrapéna
rayatira kaki, Anak, putu, sanak, présanakan, Enakéna ing atine. Lamun sira
amuruk, Wéruhéna yen durung sisip. Yen wus katiwasan, Aja sira tuduh. Kelangan
tambah duraka, Yen wus tiwas sira umpah-umpah kaki !! Tur iku mundhak apa !?. Jalankanlah
terhadap keluargamu cucuku, Anak, cucu, sanak, persaudaraan, Enakkanlah hati
mereka. Kalau kau mengasuh, Beritahulah sebelum khilaf. Jika sudah bersalah,
Janganlah ditegur-tegur. Rugi tambahan pula durhaka, Bila sudah salah diumpat-umpat
lagi cucuku ! Dan lagi apa manfaatnya !??
16.
Bumi,
géni, banyu miwah angin, Pan srengenge, lintang lan rémbulan, Iku kabeh aneng
kene. Ségara, jurang, gunung, Padhang péténg, padha sumandhing, Adoh kalawan
pérak, Wus aneng sireku. Mulane ana wong agucap, Sapa bisa wong iku njaringi
angin, Jaba jalma utama. Bumi, api, air serta angin, Matahari, bintang dan
bulan, Itu semuanya ada disini. Laut, lembah dan gunung, Terang dan gelap ada
disamping, Jauh dan dekat, Sudah ada dalam dirimu. Karena itu ada orang yang
berkata : Siapa yang dapat menjala angin, Kecuali manusia utama.
17.
Tama
témén tumaném ing ati, Atinira tan nganggo was-was, Waspadha marang ciptane.
Tan ana liyanipun, Muhung cipta harjaning ragi, Miwah harjaning wuntat. Ciptane
nrus kalbu, Nuhoni ingkang wawénang. Wénangira kawula punika pasthi, Sumangga
ring kadarman. Baik dan jujur tertanam dalam hati, Hatinya tak mengandung
was-was (galau), Waspada terhadap ciptanya.Tak ada lainnya, Dalam ciptanya
hanya kebahagiaan badan, Dan kebahagian dikemudian hari. Ciptanya meresap dalam
kalbu, Meyakini kepada Yang Kuasa. Kekuasaan hamba itu sesungguhnya pasti,
Terserah kepada kemurahan Tuhan.
PUPUH
II ASMARADHANA
1.
Poma
sira aja dréngki, Dahwen marang ing sasama. Sama den arah harjane, Harjane wong
aneng dunya. Dunya tékeng akerat, Akerate amrih lulus, Lulus dennya méngku
nikmat. Hendaknya engkau jangan dengki, Suka mencela orang lain. Usahakanlah
kebahagiaan bersama, Kebahaian orang didunia. Didunia sampai keakhirat.
Akhiratnya supaya lulus, Lulus sehingga mendapat nikmat.
2.
Nikmat
rasane ing ati, Ati pan ratuning badan, Badan iku sajatine, Pan iku ingaran
kudrat. Kudrat karsaning Allah, Allah ingkang Maha Agung, Luhur tan ana
pipindhan. Nikmat rasanya dalam hati, Hati itu rajanya badan. Badan itu
sebenarnya, Apa yang disebut kodrat. Kudrat ialah kehendak Allah, Allah Yang
Maha Agung, Luhur tiada taranya.
3.
Padha
kawruhana yékti, Yéktine ngelmu sarengat. Sarengat awit kang gédhe, Panggédhening
ngelmu nyata, Nyatane neng sarengat. Sarengat den amrih tutug, Tutug marang ing
Kakekat. Ketahuilah yang sebenar-benarnya, Ilmu syariat yang sebenarnya.
Syariat ialah permulaan yang utama, Pemuka segala ilmu kenyataan, Kenyataannya
terdapat dalam syariat. Maka selesaikanlah syariat itu, Hingga meningkat
kehakikat.
4.
Kakekate
ngelmu jati, Jati sagunging upama, Upama kang katon kabeh, Kabeh iki aneng
dunya, Dunya tibanging kerat, Ngakerat dina ing mbesuk, Mbesuk iya dadi dunya. Hakikat
ilmu sejati, Sari segala peristiwa, Peristiwa yang dapat disaksikan semua,
Semua ini ada didunia. Dunia lawannya akhirat. Akhirat itu hari kemudian,
Kemudian juga jadi dunia (sekarang).
5.
Dunya
dina kang saiki, Ik kang aran ngakerat, Ngakerate uwong biyen. Mbiyen ngarani
ngakerat. Ya iki ingaranan, Arane mungguh ta ingsun, Ingsun iki lagi dunya. Dunia
ialah hari sekarang, Ini yang disebut akhirat, Akhirat bagi orang dahulu. Orang
dahulu menamakan akhirat Sekarang ini. Artinya bagi saya, Saya ini baru
mengalami dunia.
6.
Neng
dunya kang sugih puji, Puji tégésé pamuja. Muja iku nékakaké, Nékakake
kanikmatan. Nikmate badanira. Yen sira témén satuhu, Tuhu téka dennya muja. Didunia
sebaiknya perbanyaklah puji, Puji artinya memuja. Memuja itu mendatangkan,
Mendatangkan kenikmatan, Kenikmatan badanmu, Bila kamu bersungguh-sungguh ,
Sungguh akan tercapai cita-citamu.
7.
Yen
sira muja sémedi, Pan mangkana pujinira : Rabbana-a-tina mangke, Fidunya lan
kasanatan, Wafil akhirati kasanat, Wakina lan malihipun, Ngadabanar. Tégésira :
Jika kamu memuja dan bersemedi, Demikianlah doanya : Rabbana-a-tina
selanjutnya, Fiddunya kasanatan, Wafil akhirati kasanat, Wakina dan seterusnya,
‘Azabanar, maksudnya.
8.
Pangeran
hamba sayékti, Kawula nyuwun kamulyan,Ing dunya mulya slamine. Tumékoa ing
akerat, Kinacekna sasama. Salamat
téguh rahayu, Tébihna siksa néraka. Tuhan hamba yang sebenar-benarnya, Hamba
memohon kemulian,Didunia mulia selama-lamanya. Hingga sampai diakherat, Bedakanlah
hamba dari sesama. Selamat, sentosa, bahagia, Jauhkanlah dari azab (siksa)
neraka.
9.
Sagung
wong kang nému bécik, Kang samya anuwun rahmat, Kang cukup iku pujine !! Poma
den padha estokna, Gélém nora géléma, Kajaba kang nora sarju, Mangsa borong
karépira. Semua orang yang menemui nasib baik, Yang memohon rahmat, Hendaknya
diperbanyak doanya !! Hendaklah diperhatikan dengan benar, Mau atau tidak mau,
Kecuali mereka yang tidak sepaham, Terserah apa kehendakmu.
10.
Gusti
Allah ngudaneni, Marang makhluk sadayanya, Kang ala tanapi sae. Nadyan rambut
para sapta, Apan wus nora samar. Ala bécik mung jinurung, Nora pégat ciptanira.
Allah Maha Mengetahui, Kepada makhluk semuanya, Yang jahat dan yang baik.
Meskipun rabut dibelah tujuh, Tidak luput dari penglihatan- Nya. Baik buruk
selalu diberkahi, Tak terputus dari kehendaknya masing- masing.
PUPUH
III MEGATRUH
1.
Wruhanira
tekad ingkang luwih luhung, Poma dipun ngati-ati, Akeh sambekalanipun. Wali
mukmin sadayeki, Pirang-bara manggih yéktos. Ketahuilah tekad yang lebih
tinggi, Jalankanlah dengan hati-hati, Banyak rintangannya. Wali mukmin
semuanya, Mudah-mudahan benar-benar menemukannya.
2.
Lamun
luput aneng dunya lakunipun, Ngakerat datan pinanggih. Yen énom wédélanipun,
Babarane nora bécik. Ya iku poma kang yéktos !! Jika salah jalan didunia, Di
akhirat tidak pernah akan ketemu. Bila muda wédélanya (celupannya). Babarannya
tidak baik. Itulah ibarat yang tepat.
3.
Pang
mangkana, manawa bae ing mbesuk, Oleh dhangane kang ati. Nging aja mésthekkén
iku ! Manawa ana ingkang sih, Antuk suwargadi kaot. Demikian, barang kali
kemudian, Mendapat kemurahan hati (Tuhan). Tapi jangan dipastikan itu ! Bila
ada kasih sayang, Mendapat surga indah yang berbeda.
4.
Wruhanira
wong ahli ilmu puniku, Sarta tekat ingkang bécik, Cinadhang suwarga mbesuk.
Swarga pépitu yékti, Ana luhur, ana asor ! Ketahuilah ! orang berilmu itu,
Serta yang bertekad baik, Kepadanya disediakan surga kelah. Disediakan tujuh
surga, Ada yang tinggi dan ada yang rendah !
5.
Pramilane
den wruh ala bécik iku ! Kang ala dipun singkiri, Kang bécik wajib tiniru !
Allah pasthi ngudaneni, Ginadhang-gadhang kinaot. Maka ketahuilah soal buruk
dan baik itu ! Yang buruk supaya dijauhi, Yang baik wajib ditiru ! Allah pasti
mengetahuinya, Mencadang- cadangkan keistimewaan.
6.
Ingkang
ala pasthi cinadhang ing mbesuk, Pinrénah aneng Yunani. Dene ingkang bécik iku,
Pasthi cinadhang ing mbenjing, Aneng suwargadi kaot. Yang jahat pasti
dicadangkan kelak, Ditempatkan dalam neraka. Dan yang baik itu, Pasti
dicadangkan kemudian, Ditempatkan disurga yang indah dan istemewa.
7.
Pan
mangkana iku adiling Hyang Agung. Pramila den ngati-ati, Neng dunya aja
katungkul. Sanajan ala sireki, Nuli elinga ing batos !! Demikian itu keadilan
Tuhan Yang Maha Agung, Maka hendaknya berhati-hati, Didunia jangan
terlanjur-lanjur. Meskipun jahat kamu itu, Segera sadarlah dalam batin !!
8.
Lamun
sira durung eling lampus, Kainan pinanggih wuri. Sru gétun dahat kaduwung.
Katungkul duk kala urip, Ngakerat kari bébéndon. Bila kau belum sadar lalu
meninggal, Hina yang didapat kelak. Sangat kecewa dan sangat menyesal,
Terlanjur ketika didunia.Diakhirat tinggal bencana.
9.
Pan
yaiku musthikane kang lapil hu, mBengkas sagung ponang lapil. Pan iku bae wus
cukup ! Nanging ati ingkang suci, Poma-poma den kalakon ! Itulah mustika lafal
agung (HU), Yang meniadakan semua lafal lain. Itu saja sudah cukup ! Tapi
hendaknya yang suci, Mudah-mudahan sungguh terlaksanalah !
10.
Ya
wa inna rohmatullahi karibun, Minal mukminina yékti. Satuhune lapil iku,
Ingkang padha dipun esthi. Dene eling lahir trus batos ! Wa inna rahmatullahi
karibun, Minal mukminina. Sebenarnya lafal itu, Ialah yang menjadi tujuan.
Hendaklah ingat lahir-batin !
11.
Pan
mangkana tégése lapal puniku : Sagung rahmating Hyang Widi, Pinérakakén mring
makhluk, Kang sami akarya bécik, Angesthi nédya rahayu. Demikianlah arti lafal
itu : Segala rahmat yang Maha Kuasa, Didekatkan pada makhluk, Yang suka berbuat
baik, Bertujuan kerah kebajikan.
12.
Aneng
dunya dipun srégép anénandur, Lan dipun srégép rérésik. Tégése srégép nénandur
: Agawe ngamaling dhiri, Kang rila ing lair batos. Didunia hendahnua rajin
menanam, Dan rajin membersihkan (mencucikan). Artinya rajin menanam : Ialah
beramal untuk kebaikan dhiri. Dengan ikhlak lahir batin.
13.
De
maknane kang bangsa rsik puniki : Karam makruh den sumingkir, Dohna ing dédosa
sagung, Dosa samar-samar gaib. Eling-eling den waspaos ! Akan makna hal bersih
itu : Haram makruh hendaknya dijauhi, Jauhkan diri dari segala dosa, Dosa
samar-samar gaib. Ingat-ingatlah dengan waspada !
14.
Eling
iku mituhu marang pitutur, Pitutur kang muni tulis; “karya bécik” yen digugu.
Poma den padha angesthi, Iku marganing kinaot ! Ingat berarti percaya pada
petuah, Petuah yang sudah tertulis; “Berbuatlah baik”, bila dipatuhi, Hendaknya
ini dijakan tujuan, Itulah jalan kearah kebesaran !
PUPUH
IV M I J I L
1.
Ngelmu
sarengat puniku dadi, Wawadhah kang yéktos. Kawruh télu pan kawéngku kabeh,
Kang serengat kanggo lair batin. Pramilane sami, Sarengat rumuhun. Ilmu syariat
itu jadi, Tempat yang sebenarnya. Ketiga itu tlah terkandung didalamnya semua,
Dalam syariat untuk lahir dan batin. Maka hendaknya semua, Menjalankan syariat
dahulu.
2.
Ngelmu
tarekat punika dadi, Dédalan kang yéktos, Lamun arsa wruh ing Pangerane. Luwih
angel, marga saking sulit. Ati sanubari, Séjatine iku. Ilmu tarekat itu jadi,
Jalan yang sejati, Bila ingin megetahui Tuhan. Lebih sukar oleh karena sulit.
Hati sanubari, Sebenarnya itu !
3.
Ngelmu
kakekat puniku pasthi, Wéruh kangsayéktos, Ing wuhude Pangeran sipate, Nanging
Allah tan kéna kadéling.Katingale ugi,Neng sipatireku. Ilmu hakikat itu pasthi,
Tahu yang sebenarnya,Kenyataan sifat-sifat Tuhan. Akan tetapi Allah tak dapat
dilihat. Terlihatnya juga, Hanya pada sifat-sifatnya.
4.
Dene
ngelmu makripat kang luwih, Wéruh kang samélok. Den rumangsa iku ing uripe !
Sébab urip napas manjing mijil. Ya iku sayékti, Wéruh kang satuhu. Sedangkang
ilmu makrifat yang lebih tinggi, Artinya tau dengan sesungguhnya. Sadarilah itu
dalam hidupmu ! Sebab hidup keluar masuknya napas. Itulah sebenarnya, Tahu yang
sebenar-benarnya.
5.
Lamun
mérém sipate Hyang Widi, Katingal mancorong. Lamun mélek katingal ing Date, Ing
salwiring kang katingal kabeh. Jémbar padhang iki, Pratandha Hyang Agung. Bila
mata terpejam sifatnya Yang Maha Kuasa, Nampak bercahaya. Bila mata terbuka
kelihatan dalam Dzat, Segala yang nampak semua, Luas dang terang benderang ini,
Pertanda sifatnya Yang Maha Agung.
6.
Lamun
sira kabeh wus mangérti, Ngelmu papat manggon, Poma aja mancungul ungase !
Dipun gémi, tanapi den rémpit,Sayéktiku wadi,Lir gandrung mangun kung. Bila
kamu semua sudah mengerti, Kedudukan keempat ilmu, Janganlah menampakkan
kesombongan ! Hendaknya berhemat dan cermat, Sebenarnya itu rahasia, Bagaikan
jatuh cinta yang membara.
7.
Lawan
malih, wékas ingsun sami, Aja laku awon, Ing sabarang sarak larangane ! Dipun
eman wéruh ngelmu iki, Supayane mbenjing, Ngakerat képangguh ! Lagi pula, pesan
saya semua, Jangan berbuat jahat, Ingatlah segala larangan sarak ! Sayangilah
akan pengetahuan ilmu ini, Supaya kelak, Diakhirat menemukan buahnya !
8.
Lawan
malih dipun ngati-ati, Den sabar lan kamot, Lamun ana cobaning Hyang méngke !
Setan julig, wasis miranteni, Pramilane sami, Den awas lan emut ! Lagipula
hendaknya berhati-hati, Hendaknya sabar dan tahan, Bila ada coboaan dari Tuhan
nantinya ! Setan licik, pandai membuat perangkap, Oleh sebab itu, Selalu
waspada dan ingat !
9.
Iya
iku pawitan kang luwih, Sabar lawan kamot ! Pan wus kocap dalil Qur’an nggone :
Wabasiri sabarina. Yékti, Bébungah Hyang Widi, Kang sabar ing laku. Yaitu
merupakan modal yang lebih, Sabar dan tahan ! Yang sudah tertulis dalam dalil
Qur’an tempatnya : Wabasiri sabarina. Benar, Merupakan kUrnia dari Allah, Yang
sabar dalam menjalaninya.
10.
Ingkang
sampun tédhas ilmu iki, Tan darbe pakewoh, Ing sabarang lakuning uripe, Upamane
sarah munggeng jladri, Tan karsa pribadi, Mung lakuning alun. Yang dapat
mengunyah ilmu ini, Tidak memiliki perasaan segan, Di semua perjalanan
hidupnya, Ibarat sampah didalam lautan, Tak ada kehendak pribadi, Hanyalah ikut
geraknya belombang.
11.
Miwah
kudu anggaweya bécik, Mring sapadhaning wong. Aja nédya ngudi wawalésé ! Gusti
Allah pasthi anyémbulih, Yen apotang bécik, Ngakerat tinému. Dan wajib berbuat
kebaikan, Kepada sesama orang. Jangan mengaharap balasannya ! Allah pasti akan
membalasnya, Yang meminjamkan kebaikan, Diakhirat akan mendapat balasannya.
12.
Poma
aja sumélang ing galih, Lair miwah batos, Janji sira anétépi bae, Ing unine
supatra kadyeki, Pasthi datan kédhip, Kang Allah Mukidun. Janganlah mempunyai
rasa was-was dalam hati, Lahir serta batin, Asal kamu menepati saja Bunyi
kalimat seperti ini, Tidak akan berkedip, Yaitu Allah Makidun.
13.
Pan
wus kocap ana ndalém kadis, Lapal kang sayéktos. Mantala wajidahu lapale,
Wajidahu tégése kang arti : Yen témén sayékti, Kakekating masbun. Yang tlah
tersbut didalam Hadist, Lafal yang sejati. Mantala wajida, Wajidahu artinya :
Apabila jujur yang bersungguh-sungguh, Hakikatnya masbun.
14.
Sakarsanta,
Allah anjurungi, Denira krahayon. Pan ginadhang prapteng salalise. Gusti Allah
yen amundhut urip, Mring kawula sami, Ngaget praptanipun : Sekehendakmu, Allah
meluluskan, Kehendak akan bahagia, Yang sudah dicadangkan hingga datangnya
maut. Bila Allah mengambil hidup, Dari semua hamba-Nya, Secara tiba-tiba
kedatangannya.
15.
Lamun
sira bida nganggo iki, Dadi jalma kaot. Yeku aran manungsa arane. Tégésira
unusaning jalmi. Arang kang ngawruhi, Wrin manungsanipun. Bila kamu dapat
mempergunakan ilmu ini, Jadi orang yang terpilih. Itu artinya manusia yang sejati.
Maksudnya ialah sari-intinya manusia. Jarang ada yang megetahui, Mengetahui
manusiaannya.
PUPUH
V MASKUMAMBANG
1.
Wruhanira,
sagung wong urip puniki, Pésthi lamun péjah. Yen wus péjah urip malih. Uripe
pan warna-warna. Ketahuilah, semua orang yang hidup ini, Pasti akan mati
(meninggal). Kalau sudah mati hidup lagi, Hidupnya itu bermacam-macam.
2.
Sébab
dene anut ngamale duk nguni. Yen bécik ngamalnya, Ngakerat dadine bécik. Aja
nganti dadi ala. Sebab menurut amalnya dahulu. Jika baik amalnya, Diakherat
jadinya baik. Jangan sampai menjadi buruk.
3.
Pramilane
den padha laku kang bécik, Supadi dadiya, Ngakerate dadi bécik. Wong bécik
pasthi raharja. Oleh sebab itu berbuatlah yang baik, Supaya akibatnya,
Akhiratnya menjadi baik. Orang baik tentu bahagia (selamat).
4.
Pan
wong ala yen masih tinitah janmi, Iku pan wus béja. Tinimbang dadi bubabi,
Aluwung dadiya janma. Bila orang jahat masih dilahirkan menjadi manusia, Itu
masih untung. Daripada jadi babi, Lebih baik jadi manusia.
5.
Dene
ingkang bécik ora dupeh sugih, Nora dupeh wirya, Nora dupeh priyayi. Ala bécik
karseng driya. Dan yang dianggap orang baik itu, bukan karena orang kaya,Bukan
karena kedudukan (pangkat), Bukan karena bangsawan. Jahat dan baik itu kehendak
hati.
6.
Wus
mangkana iku karsane Hyang Widi : Urip nuli péjah, Yen wus péjah urip malih,
Léstari tanpa wekasan. Sudah demikian kehendaknya Hyang Widi : Hidup lalu mati,
Sesdudah mati hidup lagi, Abadi tak ada akhirnya.
7.
Wruhanira,
dene laku ingkang bécik, Iku karsaning Hyang. Kang ala lakune iki, Padha
karsaning Hyang Suksma. Ketahuilah, sedangkan perbuatan yang baik, Itu
kehendaknya Hyang (Tuhan). Demikian perbutan yang jahat, Semua atas kehendak
Hyang Suksma.
8.
Aja
mamang, wus kocap ing dalil-dalil : Wa tukrijul haya Kalawan min al mayiti, Lan
wa tukrijul mayita. Jangan ragu-ragu, sudah tersebut dalam dalil-dalil : Wa
tukrijul haya, Dan min al mayiti, Dan wa tukrijul mayita.
9.
Min al hayi. Kalawan lapale malih : Watarjug
man tasa, Miwah bil gaera hisabi.
Tégése lapal punika : Min al hayi. Dan
lapal seterusnya: Wa tarjug man tasa, Dan bil gaira hisabi.
Arti lafal tersebut adalah : Gusti Allah
amétokakén ing urip, Awit saking péjah; Lawan métokakén pati, Kang pati wit
saking gésang. Allah menciptakan hidup, Berawal dari kematian; Dan menciptakan
kematian, Sedang kematian berawal dari hidup.
10.
Ingkang
gésang iku samya den paringi, Réjéki ing Allah. Ana akeh ana thithik, Apan
pinentés ing kira. Yang hidup itu semuanya diberi, Rejeki oleh Allah. Ada yang
banyak ada yang sedikit,Masing-masing manurut kadarnya.
11.
De ingkang pinaringan réjéki luwih, Den sukur
ing Allah, Ingkang pinaringan thithik, Den narima ing Pangeran. Yang diberi
rejeki banya, Bersyukurlah kepada Allah. Dan yang diberi rejeki sedikit,
Berterimakasihlah kepada Tuhan.
PUPUH
VI DHANDHANGGULA
1.
Wruhanira
urip puniki, Dipun ngrasa yen bakal palastra, Tanwun ngaraha slaméte. Tégése
slamét iku, Antuk rahmat saking Hyang Widi. Tégése aran rahmat, Cinadhang
swarga gung. Dene kang aran suwarga, Sarwa dhangan ngakihrat mukti léstari,
Sapangkat murwatira. Ketahuilah orang hidup itu, Bahwa ia akan menemui ajal.
Baiknya usahakan keselamatan, Artinya selamat itu, Memperoleh rahmatnya Hyang
Widi. Arti sebutan rahmat, Disediakan surga mulia. Dan yang dinamakan surga,
Serba bahagia diakhirat yaitu kemuktian yang kekal, Menurut derajat dan kepantasannya.
2.
Pan
mangkana neng dunya duk urip, Lamun thithik kabécikanira, Ngakhirat thithik
rahmate. Yen akeh bécikipun, Pésti akeh rahmat tinampi. Upamane wong dagang,
Paitane agung, Pésthi akeh bathinira. Lamun thithik paitane, duk ing kuni,
Pésthi thithik bathinya. Demikian sewaktu hidup didunia, Bila sedikit
kebaikannya, Diakhirat sedikit rahmatnya. Jika banyak kebaikannya, Tentunya
banyak rahmat yang diterima. Seumpama orang berdagang, Modalnya besar, Tentunya
banyak untungnya (laba). Bila sedikit modalnya sejak dahulu kala, tentunya
sedikit keuntungannya.
3.
Undha-usuk
pangkating urip : Kang rumiyin pangkating kawiryan, Prihatin pangkat pindhone.
Karo Karseng Hyang Agung. Gung kawula darma nglakoni, Béja, cilakanira, Atas
lokil makpul. Pan wus pinasthi Hyang Suksma. Lire : Béja, cilaka pasthi
ndhaténgi. Papésthen rong prakara. Tingkatan martabat dalam hidup : Pertama
kemewahan, Duka-cita yang kedua. Keduanya kehendak Hyang Agung. Semua hamba
sekedar menjalani, Bahagia dan celaka, Bergantung kepada lokil makhful. Sudah
dipasthikan oleh Hyang Suksma. Artinya : malang, mujur tentunya akan
mendatangi. Takdir dua macam itu.
4.
Pramilane
sagung wong aurip, Aja bungah yen ginanjar mulya, Suka, prihatin darbeke :
Manawa ngakiripun, Lamun témén marang Hyang Widi, Sayékti tinéménan,
Panédyaning manus. Ing dunya dereng kalakyan, Aneng akhir sayékti lamun
pinanggih, Wawalése tyas harja. Oleh sebab itu semua orang hidup, Jangan
bergembira bila dianugrahi kemulian, Senang, susah sudah kepunyaannya sendiri.
Barangkali akhirnya, Jika setia kepada Hyang Widi, Jika dilaksakan dengan
sunguh- sungguh, Permintaannya manusia. Diakhirat tentu akan menjumpai, Balasan
hati yang mulia.
5.
Jalma
luwih médharakén mamanis, Kang cinatur Kitap Tafsir Alam. Tinétépan upamane : Ingkang
ségara agung, Lawan papan kang tanpa tulis, Tunjung tanpa sélaga, Sapa gawe iku
? Kalawan jénénging Allah, Lan Muhammad anane ana ing éndi ? Ywan sirna ana apa
? Manusia terpilih menyampaikan perihal kemuliaan, Yang dibicarakan dalam Kitab
Tafsir Alam. Ditetapkan misalnya : Samudra yang luas, Dan tempat yang tidak
bertulis, Teratai yang tidak berkuncup, Siapa yang membuat ? Dan nama Allah,
Dan Muhammad dimana adanya ? Bila lenyap apa yang masih ada ?
6.
Damar
murup tanpa sumbu nénggih, Godhong ijo ingkang tanpa wéksa, Modin tan ana
bédhuge, Sétek pisan wus rampung, Tanggal pisan purnama sidi, Panglong grahana
lintang, Iku sémunipun, Kang sampun awas ing cipta. Aja sira katungkul maca
pribadi, Takokna kang wus wignya. Pelita menyala tanpa sumbu, Daun hijau tanpa
pohon, Modin tanpn bedugnya (modin = juru azan), Sekali singgung sudah tamat,
Tanggal satu bulan purnama, Panglong gerhana bintang. Itulah lambang (simbol),
Manusia yang sudah waspada akan ciptanya. Jangan selalu membaca sendiri saja.
Tanyakanlah kepada yang sudah sidik (arif).
7.
Lawan
sastra adi kang linuwih, Lawan Kur’an pira sastra nira, Estri priyadi tunggale,
Lawan ingkang tumuwuh, Sapa njénéngakén sireki ? Duk sira palakrama, Kang
ngawinkén iku ? Sira yen bukti punika, Sapandulang yen tan wéruha, sayékti
Jalma durung utama. Dan sastra indah utama yang tertinggi, Dan Al Qur’an berapa
sastranya ? Wanita dan laki-laki utama ada perapa jumlahnya ? Dan berapa jumlah
yang tumbuh ? Siapa yang memberi nama kepadamu ? Waktu kamu menikah. Siapa yang
menikahkan ? Kalau makan siapa yang menyuapi ? Jika belum mengetahuinya,
sebenarnya, Belum menjadi manusia yang utama.
8.
Lawan
angangsu pikulan warih, Amek géni pan nganggo dédamar, Kodhok angémuli lenge,
Rangka manjing ing dhuwung, Miwah baita mot ing jladri, Kuda ngrap ing
pangéngan, Lan gigiring punglu, Tapake kuntul anglayang, Kakang mbarép miwah
adhine wuragil, Tunjung tanpa sélaga. Mencari air membawa sepikul air, Mencari
api membawa pelita, Katan menyelubungi liangnya, Sarung masuk kedalam keris,
Dan sampan berisi samudra, Kuda melonjak dimuka pandangan, Punggung peluru,
dimana ? Bekas kuntul yang melayang-layang, Kakah si sulung , adik si bungsu,
Teratai tidak berselaga (kelopak).
9.
Lawan
siti pinéndhém ing bumi, Miwah tirta kinum jroning toya, Lawan sréngenge
pinepe, Lawan géni tinunu, Pan walanjar dereng akrami, Prawan adarbe suta,
Ndhog bisa kaluruk, Jéjaka rabine papat, Pan wong mangan sabén dina-dina
ngélih, Lawan mangan sapisan (pan wus marém). Dan tanah yang tertanam dalam
bumi, Atau air yang terendam dalam air, Dan matahari yang dijemur, Dan api yang
dibakar, Serta janda yang belum pernah kawin, Gadis yang telah berputra, Telur
dapat berkokok, Jejaka (bujang) beristeri empat, Dan orang makan setiap hari
tetap lapar, Serta makan sekali sudah puas.
10.
Pan
wus marém, miwah alam tafsir, Den wéwijang jroning sasmita, Apan puniku sémune.
Ingkang samodra agung, Tampa tépi anérambahi.Éndi kang aran Allah ? Tan roro
tétélu. Kawulane tanna wikan, Sirna luluh kang aneng datullah jati, Aran sagara
Purba. Dan sudah puas, serta alam tafsir, Diprinci sebagai petunjuk, Itulah
lambangnya. Samudra yang luas, Tanpa tepi, meresapi seluruh alam. Manakah yang
disebut Allah ? Tak ada lainnya (dua atau tiga).Makhluknya tidak ada yang
menyadari,Karena sirna terlarut dalam datullah sejati, Yang disebut lautan
kekuasaan.
11.
Ana
papan ingkang tanpa tulis. Wujud napi artine punika, Sampyuh ing solah sémune,
Nir asma kawuleku, Mapan jati rasa séjati, Ing jro pandugeng toya, Marang ing
Hyang Agung. Pangrasa sajroning rasa, Syéktine kang rasa nunggal lan urip, Urip
langgéng dimulya. Ada tempat yang tak bertulisan. Kosong mutlak artinya itu,
Dalamnya lenyap terlarut dalam segala gerak dan semu. Hapus sebutan Aku karena,
Masuk kedalam inti rasa sejati. Didalam tiada bangun (sadar), Kediaman Hyang
Agung Perasaan masuk kedalam rasa, Sebenarnya rasa sudah bersatu dengan hidup,
Hidup kekal serba nikmat.
12.
Sasmitane
ingkang tunjung putih, Tanpa slaga inggih nyatanira, Rokhilafi satuhune.
Datullah ananipun, Yeku sabda ingkang arungsit. Iku pan bangsa cipta, Hananira
iku. Tandha kang darbe pratandha. Kang sumendhe, aja angrasani Gusti, Purwane
munggweng wara. Isyarat teratai putih, Tak berkelopak ialah kenyataan. Ruhilafi
sebenarnya. Itulah adanya datullah, Itu, sabda yang sangat pelik. Itu kan
perihal cipta, Adanya itu. Tanda yang mempunyai pertanda. Harus berserah,
jangan mempercakapkan Tuhan, Mula hanya berpangkal pada ajaran saja.
13.
Damar
murup tanpa sumbu nénggih, Sémunira urup aneng karsa. Dat mutlak iku jatine !
Anglir tirta kamanu, Kadi pulung sarasa jati, Aranira iku. Nur Muhammad nuksma
rasa, Rasa jati punika ingkang sayékti. Ya Allah, ya Muhammad. Pelita menyala
tidak ada sumbunya, Itu prlambanga nyala pada kehendak. Dat Mutlak itu
sebenarnya ! Seperti air yang bercahaya. Seperti wahyu dengan rasa sejati.
Itulah bentuk tunggal, Yang disebut itu. Nur Muhammad menjelma menjadi Rasa.
Rasa sejati itu sebenarnya. Ya Allah, ya Muhammad.
14.
Godhong
ijo tanpa wréksa iki, Semunira ing masalah ing rat, Lah iya urip jatine. Dudu
napas puniku, Dudu swara lan dudu osik, Dudu paningalira, Dudu rasa pérlu, Dudu
cahya kantha warna, Urip jati iku, nampani sakalir, Langgéng tan kéna owah. Daun
hijau tidak berpohon, Itu lambang masalah alam. Yaitu hidup sejatinya. Bukan
nafas itu, Bukan swara dan bukan gerak batin, Bukan pemandangan, Dan bukan rasa
syahwat, Bukan cahaya, bangun atau warna. Itulah hidup sejati, yang menerima
segala persaksian, Kekal tan ada ubahnya (tak dapat berubah).
15.
Pasémne
kang modin puniki, Pan bédhuge muhung aneng cipta, Iya ciptanira dhewe. Nanging
sira puniku, Pan ingakén sulih Hyang Widi. Cipta iku Muhammad, Tinut ing
tumuwuh. Wali, mukmin datan kocap. Jroning cipta Gusti Allah ingkang mosik,
Unine : rasulullah. Yang dilambangkan oleh modin itu, Karena akal berperanan
bedug juga, Ialah akalmu sendiri. Akan tetapi kamu itu, Sebenarnya mewakili
Hyang Widi juga. Akal itu Muhammad, Pemimpin hidupmu. Wali, mukmin tak disebut,
Dalam cipta Allah yang bergerak, Suaranya rasulullah.
16.
Lamun
ménéng Muhammad puniki. Ingkang makmum apan jénéngira. Dene ta génti arane, Yen
imam Allah iku, Ingkang makmum Muhammad jati. Iku rahsaning cipta, Sampurnaning
kawruh. Imam mukmin pan wus nunggal, Allah samar Allah tétép kang séjati, Wus
campuh nunggal rasa. Jika diam Muhammad itu, Yang makmum ialah kamu sendiri.
Jika berganti nama, Allah sebagai imam, Yang makmum ialah Muhammad sejati.
Itulah intisarinya cipta, Kesempurnaan ilmu. Imam mukmin sudah bersatu, Allah
bayangan dan Allah tetap yang sejati, Sudah bercampur bersatu rasa.
17.
Ingkang
ngawinakén sira iki, Iya Allah ngawinakén sira, Muhammad dadi waline, Jabrail
Sahidipun. Sira kawin sajroning masjid, Saksine Johal Awal. Allah apulangyun,
Pulangyun sajroning cipta. Sir kawine apanta ilmu Séjati, Iku sampurnaning Dat.
Yang mengawinkan kamu itu, Ialah Allah yang mengawinkan kamu, Muhammad jadi
walinya, Sahidnya Jibril. Kamu kawin didalam masjid, Johar Awal saksinya. Allah
telah bersatu, Bersatu dalam cipta. Maskawinnya ialah Ilmu Sejati, Itulah
kesempurnaan Dat.
18.
Sira
nginum lan bukti puniki, Ilmuning Dat iku sayéktinya, Dat Mutlak iku arane. Yen
sira wus angetung, Muhung Suksma kang bangsa urip, Urip ara Pangeran, Tan roro
tétélu. Cahyane Ciptaning rasa, Rasanira asilém jroning jaladri, Urip langgéng
dimulya. Kamu minum dan makan itu,
Ilmunya Dat itu yang sebenarnya, Dat mutlak itu namanya. Jika kamu sudah
menghitung, Hanya Suksma yang tergolong hidup, Hidup sebetulnya Tuhan, Tiada
dua atau tiga, Cahaya dari cipta dan rasa, Rasamu terselam dalam lautan, Hidup
yang abadi dan mulia.
19.
Ingkang
bangsa suwara puniki, Ilmuning Dat lawan kanthi Allah, Ya iku tétép tapane.
Sirnane roro iku, Sampurnaning panyipta jati. Iki sajroning rasa, Rasa
apulangyun, Apulangyun rasaning rat. Sajroning rat sarira kahanan urip, Pan
urip sajroning rat. Yang tergolong ucapan itu, Ilmunya Dat serta dengan
kehendak Allah, Yaitu yang kuat tapanya (tirakat). Sirnanya kedua hal itu,
Kesempurnaan pencita sejati, Itu didalam rasa, Rasa yang bersatu, Bersatu
dengan rasa alam. Dalam alam diri sendiri tersaksikan sebagai hidup, Dan hidup
didalam alam.
20.
Mulaning
rat pyuh dadya kakalih, Apan kadi suksma jroning toya, Luwih angel péngrétine.
Yen sira wus andulu, Jroning laut kang purweng jati, Iku sabdaning tingal,
Sampurneng pandulu. Sirnaning rasa samudra, Ing sagara Purba ingkang anamadi,
Gumlaring pramuditya. Awal mulanya dunia terbagi menjadi dua, Ibarat suksma
didalam air, Lebih sulit menyelaminya. Jika kamu sudah melihat, Dalam lautan
kekuasaan yang sejati, Itulah firman yang terlihat, Kesempurnaan penglihatan.
Sirnanya rasa samudera. Didalam samudera kekuasaan yang menyelubungi,
Tergelarnya alam semesta.
21.
Tégése
laku satindak iki, Ananira ingkang Johar Awal, Rasa Nur jati uripe. Ananing
urip iku !! Anging Allah sifate Urip, Nunggal kahananira, Iku jatinipun.
Uripnya padha kang ana, Ananing Hyang ingkang tansah anglimputi, Nadyan
sasipatira. Atinya laku perjalanan ini, Adanya dari Johar Awal,Dari Rasa Nur
sejati hidupnya. Adanya hidup itu ! Yaitu Allah sifatnya hidup, Bersatu dengan keadaanmu,
Iku yang sebenarnya, Adanya Tuhan yang selalu menyeliputi, Meskipun hanya
sifat-Nya.
22.
Tégése
ménéng amangun éning, Ananira manuksma ing rasa, Rasa karsa sejatine. Iku
suksmaning laut. Solah bawa sampun manunggil. Mapan solahing Allah, Ananira
iku. Saosike iku Allah, Ingkang mobah, amurba mi seseng dhiri, Nyrambahi kang
gumélar. Artinya diam menciptakan kesunyian, Keadaamu merasuk didalam rasa,
Rasa dan kehendak yang sejati. Itulah samuderanya suksma. Gerak gerik yang
sudah bersatu. Dalam gerak Allah, Keadaanmu itu. Segala gerak itu Allah, Yang
bergerak, mengusai diri, Melimputi semua yang tergelar.
SERAT
PEPALI KI AGENG SELO
(Ajaran
Kehidupan Manusia Dalam Serat Pepali Ki Ageng Selo)
Di
antara warisan Ki Ageng Selo yang sangat berharga adalah Pepali Ki Ageng Selo,
yaitu kata-kata hikmah berupa wejangan,
nasihat, atau wasiat.
Saat
ini, pepali tersebut ditulis sangat besar dan dipasang di depan pintu masuk
Makam Ki Ageng Selo yang berada di Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten
Grobogan.
Adapun
pepali Beliau adalah sebagai berikut :
1.
Aja
agawe angkuh (jangan bertindak angkuh)
2.
Aja
ladak lan aja jail (jangan bengis dan jahil)
3.
Aja
ati serakah (jangan berhati serakah)
4.
Lan
aja celimut (jangan panjang tangan)
5.
Aja
mburu aleman (jangan mencari pujian)
6.
Aja
ladak; wong ladak pan gelis mati (jangan bengis dan emosian, bisa cepat mati)
7.
Aja
ati ngiwa (jangan condong ke kiri)
Bangsa
Indonesia boleh berbangga karena meskipun era globalisasi melanda kawasan
Nusantara kita mampu membuat filter terhadap budaya asing yang masuk, bahkan
kita memanfaatkan keadaan untuk memilih mana yang baik dipergunakan untuk
menunjang pembangunan di Indonesia.
Pembangunan
berjalan sesuai dengan rencana, salah satu sebabnya karena para pelaku
pembangunan mempunyai dasar budaya yang kuat berupa pitutur luhur yang
disampaikan secara turun temurun maupun pitutur luhur yang ditulis dalam buku.
Dari sekian banyak buku peninggalan itu salah satunya adalah “Pepali Ki Ageng
Selo”.
Kata
Pepali dalam bahasa sastra Jawa Indonesia karangan S. Prawira Atmaja artinya
“Pantangan ” atau “Larangan ”. Oleh Tardjan Hadidjaya diartikan “Pakem ” atau
pedoman hidup. Sedangkan oleh Seotardi Soeryahoedoyo mengartikan pepali adalah
ajaran, petunjuk, dan aturan.
Ketiga
pendapat ini benar sebab apa yang ada dalam pepali Ki Ageng Selo berisi pedoman
hidup yang menyangkut tentang ajaran, petunjuk, aturan, maupun larangan, yang
kenyataannya masih banyak yang relevan dengan keadaan zaman sekarang.
Ki
Ageng Selo adalah nenek moyang yang menurunkan raja-raja Mataram. Sri Sunan
Paku Buwana XII yang bertahta di kerajaan Surakarta sekarang ini adalah
keturunannya ke-17.
Adapun
urutannya, Prabu Brawijaya V beristeri puteri Wandan Kuning, maka lahirlah
Bondan Kejawan. Bondan Kejawan mengawini Roro Nawangsih dan berputera Ki Ageng
Getas Pendhawa. Ki Ageng Getas Pendhawa menikahi Putri Sunan Maja Agung,
lahirlah Ki Ageng Abdulrahman yg terkenal dgn nama Ki Ageng Selo.
Ki
Ageng Selo mengawini dua puteri. Dengan puteri Ki Ageng Wonosobo tidak
mempunyai keturunan. Sedankan dengan puteri Ki Ageng Ngerang I berputera tujuh
orang, enam perempuan dan satu laki-laki: bungsu Ki Ageng Enis, putera
laki-laki terakhir itulah yang menurunkan Danang Sutawijaya yang bergelar
Panembahan Senopati Ing Alaga, pendiri kerajaan Mataram.
Pepali
yang mengandung nilai-nilai luhur tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Sebagai
manusia hendaknya jangan tinggi hati, jangan sombong, jangan usil, jangan
serakah dan jangan panjang tangan. Jangan gila pujian, jangan berbuat serong,
janganlah tebal muka, berani malu dan jangan mengagung-agungkan diri.
2.
Dan
sebaiknya orang hidup itu mencari bagusnya. Tetapi ingatlah bahwa bagus itu
bukan karena harta benda, bukan karena pakaian, bukan karena rupa. Yang disebut
bagus ialah yang disayangi oleh sesamanya. Semua orang kasih sayang kepadanya
karena tingkah lakunya yang menyenangkan.
3.
Juga
jangan mendewakan harta, jangan memuja pakaian indah, jangan pula
mendewa-dewakan kepandaian atau ilmu sendiri. Jangan mengandalkan kekuatan
jasmani, jangan memuja-muja mantera, jangan pula membanggakan perbuatan atau
jasa sendiri. Janganlah menghamba kepada pengetahuan, sebab yang demikian itu
tidak ada gunanya. Jangan berusaha agar dihormati, biarlah tiap orang bersikap
dan berbuat sendiri.
4.
Terhadap
orang lain janganlah berbuat seperti terhadap binatang piaraan, kerbau, sapi
dan ayam. Janganlah menggurui orang lain, tunjukkanlah akan baiknya atau
bagaimana mestinya sebelum orang berbuat salah. Jika telah terlanjur, jangan
dicerca, dipersalahkan, janganlah memaki-maki sebab yang demikian itu tidak ada
faedahnya.
5.
Selain
itu janganlah berbuat sembrono serba tergesa-gesa. Hidup ini banyak artinya,
pertama-tama orang harus memperhatikan akan bahaya. Bahaya ada tiga macam,
yakni bahaya karena ucapan, bahaya karena penglihatan dan bahaya yang bersarang
di dalam hati sendiri.
6.
Hendaklah
suka berguru dan tahu malu. Ada dua macam malu, yakni malu terhadap Tuhan dan
malu terhadap sesama manusia, maka berhati-hatilah, janganlah kau tercela.
Terhadap sanak keluarga, janganlah engkau berani memudah-mudahkan dan jangan
usil mulut, jangan tinggi hati, jangan suka mencampuri urusan orang lain dan
janganlah serong
7.
Sebab
perbuatan jahat akan menemui kejahatan pula, barang siapa menanam kebaikan akan
memperoleh kebaikan pula, bahkan sampai kepada keturunannya. Jika ada
keturunannya yang berkedudukan tinggi memerintah orang lain, hendaknya ia
jangan berbuat semena2 karena akibatnya ia tidak akan langgeng, di mana ia
dicela.
8.
Jangan
suka gegabah, jangan suka bertengkar, janganlah sewenang-wenang, jangan
mengagungkan ilmu sendiri, jangan bertabiat rendah, jangan sombong dan usil,
jangan pula suka sembrono, sebab yang demikian ini mendatangkan bencana.
9.
Apabila
terhadap orang berendah hati, hendaklah engkau segan padanya, sebab dia itu
bertuah. Orang yg bertabiat demikian, hendaklah kau sayangi untuk diambil
restunya, sebab dia itu memberkati. Hendaklah sikap orang demikian itu kau
tiru, karena rendah hati itu mencakup sikap yg halus, tuturkatanya sopan, duduknya
selalu berhati-hati, tidak semena-mena terhadap orang lain.
10.
Demikian antara lain Pepali Ki Ageng Selo yang
terdapat dalam serat Chentini yang diturunkan kembali oleh Tardjan Hadidjaja.
11.
Selain
terkenal dengan pepali atau pedoman hidupnya, Ki Ageng Selo di masyarakat Jawa
juga terkenal sebagai tokoh yang bisa menangkap petir.
Selanjutnya
di dalam serat ini dikisahkan bahwa pada suatu hari seperti biasa setelah
shalat ashar, beliau pergi ke sawah membawa cangkul untuk bekerja. “Waktu itu
hari mendung dan disusul hujan gerimis. Ki Ageng Selo terkejut karena ada kilat
menyambar. Maka beliau mengucapkan “Subhanallah” (Tuhan Maha Suci) lalu
tampaklah seketika seorang laki-laki tua lari mengendap-ngedap tetapi dapat
ditangkap oleh Ki Ageng Selo. Waktu orang tua itu tertangkap oleh Ki Ageng
Selo, terdengarlah bunyi menggelegar. Ternyata yang menjelma sebagai orang tua
itu adalah petir. Petir itu segera diikat pada pohon Gadri tempat Ki Ageng Selo
berlindung, lalu Ki Ageng Selo kembali bekerja di sawah.
Petir
itu meronta-ronta, tetapi tak dapat melepaskan diri. Akhirnya orang tua itu
dipersembahkan kepada Sultan Bintara di Demak, lalu dimasukkan ke dalam
kurungan besi. Datanglah seorang perempuan tua membawa tempurung berisi air dan
dengan cepat air itu disiramkan kepada petir dalam kurungan besi, maka seketika
itu dua-duanya lenyap dengan meninggalkan bunyi-bunyi menggelegar. Kurungan
besi hancur berkeping. Seketika masyurlah di seluruh negeri bahwa Ki Ageng Selo
bisa menangkap petir.
Menurut
ceritera dalam kitab babad, cerita tersebut sebenarnya adalah kiasan bahwa Ki
Ageng Selo ini mampu menguasai hawa nafsu sendiri. Hal ini dikuatkan lagi
dgengan pendapat R. Ng. Suradipura dalam bukunya Serat Tembung Andupura bahwa
kiasan yang demikian itu tak lain adalah pujian terhadap Ki Ageng Selo karena
sifatnya yang berbudi luhur, gagah perkasa, tabah, teguh, pandai dan sakti.
Tingkah
lakunya lemah lembut, rendah hati, suka menolong yang menderita, bijaksana,
mahir berbahasa dan sastra.
Akhirnya,
semoga para pembaca dapat menyelami pedoman (pepali) para leluhur kita karena
sangat penting bagi pembangunan bangsa seutuhnya.