SAPA SALAH BAKAL SELEH
Ungkapan sapa salah bakal seleh dalam dunia pewayangan begitu mudah ditemukan contoh-contohnya. Di alam nyata Indonesia, apalagi sekarang ini, ketika orang-orang pada melek hukum, tak mudah menersangkakan orang. Perlawanan demi perlawanan pasti dilakukan.
Tinggal mana yang lebih kuat. Jika ada orang dituduh melakukan tindakan korupsi, yang penting tolak dulu, perkara terbukti kemudian itu soal belakangan. Meskipun dengan dalih dan dalil yang menggelikan hingga menggunakan jasa pengacara.
Pengertian Sapa sing salah bakal seleh adalah Siapa yang berbuat salah akan ketahuan.
Wong salah bakal seleh, wong bener mesti jejer, makna dalam bahasa Indonesia adalah barang siapa berbuat baik dengan benar niscaya dia akan tegak, dan barang siapa berbuat salah dengan cara apa pun pasti dia akan runtuh.
SAPA SALAH SELEH
Orang Jawa memiliki nasihat mengesankan yang merupakan pengendali terhadap perbuatan tercela. Di samping itu, nasihat itu juga berperan dalam mengembalikan sikap seseorang untuk segera kembali pada 'kebenaran' ketika dia telah melakukan kesalahan, baik kesalahan dalam kaitannya dengan diri sendiri, keluarga, orang lain, bangsa, atau bahkan Tuhannya. Tidak diharapkan seseorang tetap dalam kondisi negatif sepanjang hidupnya. Ungkapan nasihat itu adalah sapa salah seleh (siapa yang berbuat salah, akan mendapatkan akibat buruk). Ungkapan ini pun efektif untuk meredam emosi seseorang ketika menghadapi perbuatan orang lain yang merugikan dirinya.
Dengan menyadari bahwa semua kesalahan akan mendapatkan imbalan, seseorang tidak perlu bersikap pendendam, ingin membalas terhadap orang-orang yang telah menyakiti dan merugikan diri kita, keluarga kita, masyarakat kita, dan sebagainya. Ia yakin bahwa kejahatan orang tersebut ditentukan balasan oleh Tuhan, entah balasan itu diberikan di dunia atau di akhirat, tetapi pasti perbuatan tercela itu akan berbalas kejahatan.
Orang-orang tua sering memberi nasihat kepada seseorang yang melakukan kesalahan dengan unen-unen (ungkapan): jangan melakukan itu karena sapa salah bakal seleh (siapa bersalah akan menanggung akibatnya). Selain itu, ketika kita menghadapi persoalan yang tidak dapat diselesaikan secara normatif (benar-salah), kita harus yakin bahwa kesalahan pasti akan berbuah keburukan. Dalam tingkat yang lebih tinggi lagi, usaha mencari siapa yang benar dan siapa yang salah tidak begitu penting. Kita harus berpendirian bahwa orang lain boleh mengaku sebagai pihak yang benar (sewaktu kita mengetahui bahwa orang tersebut salah) dan diri kita dinilai sebagai pihak yang salah (walaupun sebenarnya kita pada posisi benar). Dalam situasi perbuatan 'kebenaran' yang sulit dibuktikan dengan bukti-bukti empirik-objektif, orang Jawa akan mengatakan sapa salah seleh (siapa yang bersalah akan menerima akibat buruk dari perbuatannya).
Tampaknya ungkapan sapa salah seleh sangat efektif dalam meredam egoisme berkenan dengan perbuatan 'kebenaran' dengan pihak lain. Dalam kondisi 'kebenaran' yang sulit dibuktikan, alangkah lebih baiknya jika perseteruan diakhiri. Oleh sebab itu, orang Jawa selalu mengaitkan setiap perbuatan dengan balasan dari Sang Pencipta. Orang salah boleh mengaku bahwa dirinya benar, pencuri dapat mengelak tuduhan karena tidak ada bukti otentik, penipu dapat menangkis tuduhan karena tidak ada sanksi, koruptor dapat mengelak tuduhan bahwa dirinya bersih di hadapan orang lain. Akan tetapi, orang Jawa sangat yakin bahwa Tuhan mengetahui apa yang dilakukannya. Sewaktu bukti-bukti kebenaran dan kesalahan sulit ditentukan dan tidak ada bentuk solusi yang memiliki kepastian, orang Jawa akan mengambil solusi sangat arif, sapa salah seleh (siapa bersalah akan menerima akibatnya).
Sebaliknya, bagi pihak yang menerima ucapan pihak lawan seperti itu, seharusnya merasa gelisah jika dirinya memang berbuat salah. Umumnya, ungkapan sapa salah seleh diucapkan oleh pihak yang benar dalam arti yang sebenarnya, benar-benar bahwa ia benar. Dengan demikian, pihak lawan yang mendengar supata (sumpah serapah) itu akan merenungkan dan mengoreksi diri. Tidak tertutup kemungkinan bahwa dirinya dapat mengakui bahwa ia telah berbuat salah. Kata seleh sering dipahami pula dalam arti mendapat musibah atau mengalami penderitaan (sakit, kecelakaan, kehilangan, dan sebagainya).
SING SALAH BAKAL SELEH
Dikisahkan dalam pentas salah satu lakon wayang kulit.
Para kurawa dan pandawa di negara Astina sudah tujuh hari berguru kepada Begawan Jati Sampurna. Para pandawa bersedia rukun dengan kurawa atas permintaan gurunya itu. Alasannya, untuk membatalkan perang saudara antara pandawa melawan kurawa yaitu perang Bratayuda.
Hal ini dimanfaatkan oleh Begawan Jati sampurna untuk membunuh Semar sebagai tumbal Negara Astina. Para pandawa yang jiwanya telah dikotori angkara murka berangkat menemui Semar untuk membunuhnya atas hasutan Pendita yang sekongkol dengan kurawa.
Dengan keikhlasan dan kesabaran serta Iindungan Tuhan Yang Maha Esa, Semar akhirnya dapat menaklukan dan membersihkan jiwa para pandawa. Semar tahu kalau para pandawa jiwanya sedang dikotori angkara murka.
Semar berhasil Membangun Kahyangan atau jiwanya para pemimpin Negara Amarta. Begawan Jati Sampurno juga dapat ditaklukan semar. Para pandawa pun yang jiwanya telah bersih dapat menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana. Sehingga, Negara Amarta menjadi negara yang aman tentram dan damai.