SERAT WULANGREH PUPUH DHANDHANGGULA
Serat ini merupakan salah satu karya dari Ingkang Sinuhun Paku Buwana IV.
Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula merupakan salah satu karya sastra tembang macapat yang berasal dari Jawa.
Dalam adat Jawa, tembang macapat mengandung nilai estetis berupa pengolahan teks kedalam cengkok tembang, serta memiliki nilai historis berupa pesan-pesan yang disampaikan melalui teks tembang-tembang tersebut.
Mega Wahyu Maulana Putra dalam penelitiannya yang berjudul Interpretasi Syair Tembang Macapat Dhandanggula Dalam Seni Grafis, menyebutkan bahwa nilai tembang macapat mampu mempengaruhi perasaan hati yang susah, sedih dan tegang, sehingga suasana terasa ayem setelah mendengar suara tembang macapat.
Lahirnya Serat Wulangreh.
Serat Wulangreh berasal dari dua kata, yaitu Wulang yang artinya ajaran, sedangkan Reh berasal dari bahasa Jawa kuno yang artinya jalan, aturan, dan laku cara mencapai tuntunan. Setiyadi menyebut, serat Wulangreh mengandung makna didaktis yang berupa ajaran etika dan budi pekerti dalam masyarakat.
Serat ini merupakan salah satu karya dari Ingkang Sinuhun Paku Buwana IV yang ditulisnya saat menjadi Raja Kasunanan Surakarta pada tahun 1788-1820. Serat ini berisi pendidikan moral bagi masyarakat Jawa yang berwawasan Islam.
Endang Nurhayati dalam penelitiannya berjudul Nilai-Nilai Moral Islami Dalam Serat Wulang Reh yang termaktub dalam Jurnal Millah (Vol 10, 2010: 42), menyebutkan bahwa adanya kandungan nilai islam dalam serat tersebut, karena secara fakta beliau merupakan keturunan Sultan Demak yang sudah menganut faham Islam.
Dalam penelitiannya, Endang Nurhayati menyebutkan bahwa, serat Wulangreh digubah dalam bentuk Tembang Macapat. Serat ini terdiri dari 13 pupuh, yaitu Dhandhanggula, Kinanthi, Gambuh, Pangkur, Maskumambang, Megatruh, Durma, Wirangrong, Pucung, Mijil, Asmarandana, Sinom, dan Girisa.
Pupuh Dhandhanggula.
Pada dasarnya, setiap pupuh serat Wulangreh berisi tuntunan yang harus dilaksanakan oleh umat manusia agar hidupnya selamat dan tidak terjerumus ke jurang kenistaan. Dalam pembahasan kali ini akan berfokus pada salah satu isi serat Wulangreh, yaitu Pupuh Dhandhanggula.
Mengutip dari Subalidinata dalam Sarining Kasusastraan Jawa (1968: 95), disebutkan bahwa Pupuh Dhandhanggula berwatak mempesona, luwes, sejuk dan serba pas untuk menyampaikan berbagai wulang.
Adapun ajaran yang terkandung dalam Pupuh Dhandhanggula, yakni sebagai berikut :
1. Manusia harus mengerti tentang makna hidup dan menjalaninya dengan baik;
2. Manusia perlu mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an;
3. Hidupnya didasari pula hadits, ijmak (pendapat para ulama), kiyas (alasan yang didasarkan atas pertimbangan perbandingan atau persamaan tentang hukum Islam), dan dalil, setidak-tidaknya didasarkan dari salah satu diantaranya;
4. Manusia harus selalu belajar dan mencari guru sejati, tidak seperti masa kini malah guru yang berusaha keras mencari siswa.
Isi Pupuh Dhandanggula.
Pamedhare wasitaning ati cumantaka aniru pujangga dhahat mudha ing batine nanging kedah ginunggung datan wruh yen akeh ngesemi ameksa angrumpaka basa kang kalantur tutur kang katula-tula tinaleten rinuruh kelawan ririh mrih padhanging sasmita.
Sasmitaning ngaurip puniki mapan ewuh yen nora weruh tan jumeneng ing uripe akeh kang ngaku-aku pangrasane sampun udani tur durung wruh ing rasa rasa kang satuhu rasa ning rasa punika upayanen darapon sampurna ugi ing kauripanira.
Jroning Kur’an nggoning rasa yekti nanging ta pilih ingkang uninga kajaba lawan tuduhe nora kena den awur ing satemah nora pinanggih mundhak katalanjukan tedah sasar susur yen sira ayun waskitha sampurnane ing badanira puniku sira anggugurua.
Nanging sira yen ngguguru kaki amilihi manungsa kang nyata ingkang becik martabate sarta kang wruh ing kukumk kang ngibadah lan kang wirangi sokur oleh wong tapa ingkang wus amungkul tan mikir pawewehing liyan iku pantes sira guronana kaki sartane kawruhana.
Lamun ana wong micoreng ngelmi tan mupakat ing patang prakara aja sira age-age anganggep nyatanipun saringana dipun baresih limbengen lan kang patang prakara rumuhun dalil kadis lan ijemak lan kiyase papat iku salah siji ana kang mupakat.
Ana uga kena dan antepi yen ucul saking patang prakara nora enak lagetane tan wurung ninggal wektu panganggepe wus angengkoki aja kudu sembayang wus salat kateng sun banjure mbuwang sarengat batal karam nora nganggo den rawati bubrah sakeng tata.
Angel temen ing jaman samangkin ingkang pantes kena ginuronan akeh wong jajah ngelmune lan arang ingkang manut yen wong ngelmu ingkang netepi ing panggawening sarak den arani luput nanging ta aseneng nora kena den wor kakarepaneki pancen parijangga.
Ingkang lumrah ing mangsa puniki mapan guru ingkang golek sabet tuhu kuwalik karepe kang wus lumrah karuhun jaman kuna mapan ki murid ingkang padha ngupaya kudu angguguru ing mengko iki ta nora kyai guru naruthuk ngupaya murid dadiya kanthinira.
Terjemahan dalam bahasa Indonesia :
Penyampaian minat hati congkak ingin meniru pujangga sangat bodoh dalam hatinya tapi ingin disanjung tak tahu dirinya banyak yang mencemooh memaksa menyusun bahasa yang melantur-lantur kata yang carut marut biasakan dengan pelan-pelan demi cerahnya ajaran itu.
Gejala hidup ini akan bingung bila tidak tahu tidak diterapkan dalam hidupnya banyak yang mengaku-aku rasanya dia telah paham dan lagi tak perasaan rasa yang sebenarnya rasanya rasa itu upayalah dalam kesempurnaan dirimu dalam kehidupanmu.
Dalam Qur’an tempat rasa yang benar tapi pilihlah yang kau ketahui kecuali dengan petunjuknya tak boleh diacak yang akhirnya tidak ditemukan akhirnya terlanjur petunjuknya kacau balau bila kau ingin tahu kesempurnaan diri ini kau pelajarilah.
Jika anda belajar anaku pilihlah orang yang benar yang baik bermartabat serta yang tahu akan hukum yang beribadah dan saleh apalagi bila orang yang suka bertapa yang telah mencapai tujuan tak memikirkan pemberian orang lain itu pantas kau berguru padanya serta ketahuilah.
Jika ada orang yang membicarakan ilmu tan sepakat kepada empat hal jangan engkau tergesa-gesa menganggap kenyataanya saringlah sampai bersih pilihlah dengan yang empat perkara yang lalu dalil hadis dan ijmak dan empat kias itu salah satu usahakan ada yang sepakat.
Ada juga dapat dipilih bila lepas dari empat hal itu tak enak rasanya tak urung meninggalkan waktu anggapnya telah memahami tidak harus bersembahyang telah salat tekadku lalu melepas syariat batal haram tak diperhatikan rusaklah segala aturan.
Sungguh sulit dizaman sekarang yang pantas dimintai ajaran banyak orang berilmu dan jarang menurut bila orang berilmu yang memenuhi yang diperbuatnya baik disebut salah tetapi jika hanya bersenang-senang tak bisa dimengerti apa maksudnya betul-betul orang hebat.
Yang biasa pada zaman sekarang gurulah yang mencari ilmu sungguh terbalik keinginannya yang telah lazim kono jaman kuna muridlah yang mencari dan harus berguru kini tidak demikian guru bingung mencari murid sebagai pengikutnya.