SENGKUNI (Sangkuni)
Sangkuni dalam ilustrasi kitab Mahabharata, menunjukkan keahlian bermain dadunya.
Akhir-akhir ini kita sering mendengar atau membaca kata sengkuni. Pada beberapa perdebatan terkait politik, kata ini juga berulang disampaikan, terutama saat seseorang bermaksud untuk menandai bahkan menyerang sosok tertentu.
Sangkuni mengacu kepada seorang tokoh antagonis dalam wiracarita Mahabharata. Dia adalah paman para Korawa dari pihak ibu. Sangkuni terkenal sebagai tokoh licik yang selalu menghasut para Korawa agar memusuhi Pandawa. Ia berhasil merebut Kerajaan Indraprastha dari tangan para Pandawa melalui sebuah permainan dadu. Berdasarkan kisah Mahabharata, Sangkuni merupakan personifikasi dari Dwaparayuga, yaitu masa kekacauan di muka Bumi, pendahulu zaman kegelapan atau Kaliyuga.
Nama Dalam pewayangan Jawa, Sangkuni sering dieja dengan nama Sengkuni. Ketika para Korawa berkuasa di Kerajaan Hastina, ia diangkat sebagai patih. Dalam pewayangan Sunda, ia juga dikenal dengan nama Sangkuning.
Sengkuni adalah seseorang yang sangat memahami kemampuan dirinya. Ia bukanlah sosok pendekar perkasa yang pilih tanding seperti halnya para pendekar yang ada di Hastinapura. Namun, ia sangat menyadari akan kemampuan dirinya yang lain, yakni berupa akal cerdas yang di atas rata-rata. Kecerdasan itulah yang akan ia gunakan untuk membalas dendam atas ketidakadilan para penguasa Hastinapura terhadap dirinya dan seluruh keluarganya.
Singkat cerita, begitu Sengkuni bebas dari penjara, ia berusaha mendekati jajaran elite kerajaan di Hastinapura. Cara termudah baginya untuk menggapai hal itu adalah dengan cara menjadi pendidik bagi para Kurawa, anak-anak dari adik kinasihnya, Gandari.
Sengkuni telah menjalani perannya sebagai pendidik dengan sangat baik. Ketelatenannya dalam mendampingi anak-anak Prabu Destrarastra itu telah membentuk pribadi mereka menjadi pribadi yang angkuh, bengis, biadab, yang seakan mewarisi sifat para pendahulunya. Dan yang terpenting, mereka adalah anak-anak yang patuh terhadap seluruh arahan pamannya.
Sukses menjalankan perannya sebagai pendidik bagi para Kurawa, telah mengantarkan dirinya pada majelis elite di Kerajaan Hastinapura. Gagasan-gagasan briliannya yang tampak bernas seringkali menjadi rumusan yang menghiasi hasil keputusan rapat-rapat mereka. Pemikirannya yang sangat culas tampaknya banyak yang bersesuaian dengan pemikiran mayoritas pemangku kekuasaan kerajaan itu.
Singkat cerita, melalui pendekatannya pada para Kurawa dan Prabu Destrarastra, ia telah berhasil menjadi raja dalam setiap pengambilan keputusan pada sidang rapat kerajaan. Bahkan, orang sebijak Resi Bisma dan Mahapatih Widura pun seringkali kalah argumentasi ketika tengah berhadapan dengannya.
Kekalahan argumentasi tentang perihal kebenaran yang terjadi berulang kali itulah yang kemudian mengantarkan para Pandhawa harus terusir dari kerajaan Hastinapura. Momentum pengusiran ini, kelak akan menjadi cikal bakal benih peperangan diantara mereka akibat ambisi kekuasaan dan segala bentuk kezaliman itu.
Jika kita melihat lebih dalam mengenai asal muasal timbulnya sifat jahat dari Sengkuni ini, mungkin saja akan timbul sikap pemakluman pada diri kita atas segala tindakannya itu. Mengingat sebenarnya sifat jahatnya itu tidak lahir begitu saja. Akan tetapi, ia lahir sebab adanya tindak kezaliman dan kebiadaban yang telah dialamatkan oleh penguasa Hastinapura terhadap dirinya maupun seluruh keluarganya.
Sehingga timbul rasa dendam kesumat pada dirinya akibat kebiadaban yang melampaui batas itu. Ia menganggap bahwa kebiadaban para penguasa Hastinapura itu tak dapat dimaafkan lagi. Sehingga pilihannya hanyalah kehancuran bagi pihak yang telah melakukannya. Dan rupanya, kehancuran itulah yang menjadi pilihan bagi Sengkuni. Ia menghancurkan mereka dari dalam. Dia menanamkan bibit-bibit perpecahan dan kebencian di antara sesama.
Melihat potensi kecerdasan yang dimiliki Sengkuni ini, sebenarnya bisa saja ia memilih jalan lain. Misalnya, dengan menempuh jalan kebenaran dan kearifan yang akan ia ajarkan pada para Kurawa dan seluruh elite Kerajaan Hastinapura. Namun, dengan kondisi hati yang telah hancur lebur yang tak mampu ia rangkai kembali akibat trauma kebiadaban yang ia terima selama di penjara, telah menjadikannya lebih memilih jalan yang penuh kenaifan dan penuh dendam itu.
Api dendam yang berkobar di dalam dadanya ia sembunyikan dalam siasat rapinya yang seakan sesuai kebijakan para elite kerajaan Hastinapura. Tanpa mereka sadari bahwa siasatnya itu sebenarnya adalah bentuk sindiran atas kebiadaban mereka.
Bisa saja Begawan Byasa, sang pembuat cerita Mahabharata itu menyusunnya dengan alur yang sebaliknya. Misalnya, Sengkuni telah bersabar dan memaafkan ulah para pemangku kekuasaan yang durjana itu.
Namun rupanya, ia memilih alur cerita mengalir dengan cara yang lain. Dan sebenarnya, hal itu pun tetap dapat kita petik sebagai pelajaran kehidupan mengenai kelicikan yang lahir akibat kelicikan yang terjadi pada masa sebelumnya. Kezaliman yang timbul karena adanya kezaliman yang sebelumnya.
Kita memahami jika hal ini terus terjadi, maka ujungnya adalah penyesalan dan penderitaan yang tak berkesudahan. Seperti yang kita dapatkan dalam gambaran akhir cerita Mahabharata.
Kita bisa memutus rantai kezaliman dengan memilih untuk tidak melanjutkannya. Kita bisa memilih untuk terus menempa kesabaran diri menghadapi kezaliman. Tapi tentu saja itu tidak mudah, dan hal-hal baik di dunia tidak ada yang mudah.
Tak ada tokoh setenar Sengkuni untuk hal-hal yang bersangkutpaut dengan kelicikan dan kebusukan. Jika pada figur ‘orang-orang kiri’ semisal Burisrawa, Durna dan Jayadatra kita masih bisa menemukan sisi baik meski samar-samar, maka sepertinya hal ini tak berlaku pada Sengkuni. Tak terbantahkan bahwa Sengkuni alias Haryo Suman adalah tokoh antagonis tulen. Masyarakat tradisional Jawa memakai nama Sengkuni untuk menjuluki orang paling tidak disukai di lingkungannya. Di masa lalu, dalam pentas wayang kulit yang melibatkan Sengkuni, setelah pertunjukan masyarakat melarung wayang Sengkuni ke laut Selatan sebagai simbolisme penolakan karakter jahat yang dipersonifikasikan pada tokoh ini.
Membicarakan Sengkuni bukanlah dalam konteks untuk mencela, juga bukan dalam rangka mengadopsi wataknya yang angkara murka, namun lebih pada mewaspadai bahaya laten yang mungkin muncul. Mendiskusikan Sengkuni selalu relevan pada setiap kondisi karena di masyarakat nyaris ada orang-orang yang berpotensi menjadi penghasut, pengacau dan oportunis yang hipokrit.
Inilah Sengkuni, yang pada mulanya adalah seorang pangeran yang tampan, namun kemudian menjadi buruk rupa sebagai akibat ulahnya sendiri. Sengkuni mempunyai pusaka berwujud Cis (tongkat pendek untuk memerintah gajah) yang mempunyai khasiat dapat menimbulkan air bila ditancapkan ke tanah. Ia bermaksud mengikuti sayembara yang berhadiah Dewi Prita (Kunti), namun sayembara itu telah dimenangkan oleh Pandu. Ia kemudian mengikuti saudarinya, Gandari, yang diperisteri oleh Drestarasta, ayah para Kurawa.
Bakat buruk Sengkuni dimulai ketika ia berambisi menduduki jabatan patih ketika Astina dipimpin oleh Pandu. Pada lakon Gandamana Luweng, Sengkuni menyebar fitnah kepada Pandu bahwa Gandamana, Patih Astina, berkhianat ke kubu musuh. Pada saat yang sama, Sengkuni menyiapkan jebakan lobang perangkap untuk membinasakan Gandamana. Namun Gandamana selamat dari jebakan dan fitnah lalu kemudian menghajar Sengkuni. Inilah peristiwa yang menjadikan Sengkuni buruk rupa.
Kiprahnya sebagai penghasut mencapai sukses pertamanya ketika Drestarasta selaku pemangku jabatan Raja Astina mengangkat Duryudana sebagai putra mahkota pasca mangkatnya Pandu. Ini merupakan manuver pertama dari rencananya menguasai Astina, meski ia tahu itu hanya bisa dilakukannya dari balik layar. Kepiawaiannya sebagai seorang maestro politik hitam lagi-lagi terlihat dalam lakon Pandawa Dadu. Pada kisah ini, Kurawa menantang Pandawa bermain dadu. Sengkuni, yang bermain mewakili Duryudana, dengan mudah mengalahkan Yudistira. Pada episode inilah terjadi peristiwa asusila kepada Drupadi yang diyakini sebagai akar munculnya sumpah dan aksi-aksi mengerikan di Perang Bharatayudha.
Puncak kelicikan Sengkuni adalah upaya pembunuhan Kunti dan para Pandawa dalam Lakon Bale Sigala-gala. Atas ide Sengkuni, Kurawa membangun sebuah rumah peristirahatan bagi Kunti dan Pandawa dari kayu yang mudah terbakar. Tak hanya itu, mereka juga menyajikan makanan dan minuman yang dalam mampu menidurkan dalam sekejab, kemudian mereka membakar rumah kayu itu di saat Kunti dan Pandawa tertidur lelap. Hanya kewaskitaan Bima membuat ibu dan anak itu selamat. Perang Bharatayudha adalah akhir riwayat Sengkuni. Meski ia kebal senjata oleh khasiyat Minyak Tala, ia dikalahkan Pandawa di perang antar keturunan Kuru ini. Ia mengakhiri hidupnya dengan tragis, digigit oleh Duryudana lalu jasadnya dilumatkan oleh Gada Rujakpolo milik Bima.
Realita tentang Sengkuni adalah kontradiksi. Ketika banyak orang dikenang tentang kebaikannya, Sengkuni populis dengan kelicikan dan hasrat jahatnya. Hal ini akan terus menjadi hikmah bagi yang hidup bahwa orang dengan watak Sengkuni akan selalu ada. Ihwal serpihan tubuh Sengkuni ditabur berserakan di atas Kurusetra adalah simbol bahwa orang dengan watak Sengkuni selalu ada di sekitar kita bahkan mungkin pada diri kita. Sengkuni adalah potret manusia licik, penuh intrik yang mencari keuntungan diri sendiri dengan mengorbankan orang lain. Ia menyamar sebagai orang santun, relijius, ramah, namun menyembunyikan watak aslinya yang pengecut, munafik dan berlumur ambisi. Sengkuni yang asli ada di dunia cerita, sedangkan para duplikatnya ada di sekitar kita.
SANGKUNI SANG ANTAGONIS
Sangkuni (Dewanagari/ Åšakuni) atau Saubala (Dewanaga/Saubala, patronim dari Subala) adalah seorang tokoh antagonis dalam wiracarita Mahabharata. Ia merupakan paman para Korawa dari pihak ibu. Sangkuni terkenal sebagai tokoh licik yang selalu menghasut para Korawa agar memusuhi Pandawa. Ia berhasil merebut Kerajaan Indraprastha dari tangan para Pandawa melalui sebuah permainan dadu. Menurut Mahabharata, Sangkuni merupakan personifikasi dari Dwaparayuga, yaitu masa kekacauan di muka Bumi, pendahulu zaman kegelapan atau Kaliyuga.
Dalam pewayangan Jawa, Sangkuni sering dieja dengan nama Sengkuni. Ketika para Korawa berkuasa di Kerajaan Hastina, ia diangkat sebagai patih. Dalam pewayangan Sunda, ia juga dikenal dengan nama Sangkuning.
PANGERAN GANDHARA
Dalam kitab Mahabharata disebutkan bahwa Sangkuni merupakan pangeran dari kerajaan Gandhara pada masa pemerintahan Subala. Adik perempuannya yang bernama Gandari dilamar untuk dijadikan sebagai istri Dretarastra, seorang pangeran tunanetra dari Hastinapura. Sangkuni marah atas keputusan ayahnya yang menerima lamaran tersebut. Menurutnya, Gandari seharusnya menjadi istri Pandu, adik Dretarastra. Karena telanjur terjadi, ia pun mengikuti Gandari yang selanjutnya menetap di istana Hastinapura. Gandari memutuskan untuk selalu menutup kedua matanya menggunakan selembar kain karena ia sangat setia kepada suaminya yang buta. Gandari berputra seratus orang dikenal sebagai seratus Korawa yang sejak kecil diasuh oleh Sangkuni. Di bawah asuhan Sangkuni, para Korawa tumbuh menjadi anak-anak yang selalu diliputi rasa kebencian terhadap para Pandawa, yaitu putra-putra Pandu. Setiap hari Sangkuni selalu mengobarkan rasa permusuhan di hati para Korawa, terutama Korawa sulung yang bernama Duryodana.
PERAN DI HASTINAPURA
Sangkuni dalam ilustrasi kitab Mahabharata, menunjukkan keahlian bermain dadunya.
Baik dalam versi Mahabharata maupun versi pewayanagan, Sangkuni merupakan penasihat utama Duryodana, pemimpin para Korawa. Berbagai jenis tipu muslihat dan kelicikan ia jalankan demi menyingkirkan para Pandawa.
Dalam Mahabharata bagian pertama atau Adiparwa, Sangkuni memerintahkan Purocana untuk menciptakan kebakaran di Gedung Jatugreha (Laksagraha), tempat para Pandawa bermalam di dekat hutan Waranawata. Namun para Pandawa dan ibu mereka, yaitu Kunti berhasil meloloskan diri dari kematian. Dalam pewayangan, peristiwa ini terkenal dengan nama Bale Sigala-Gala.
Usaha Sengkuni yang paling sukses adalah merebut Indraprastha dari tangan para Pandawa melalui permainan dadu melawan pihak Korawa. Kisah ini terdapat dalam Mahabharata bagian kedua, atau Sabhaparwa. Peristiwa tersebut disebabkan oleh rasa iri hati Duryodana atas keberhasilan para Pandawa membangun Indraprastha yang jauh lebih indah daripada Hastinapura. Atas saran Sangkuni, ia mengundang para Pandawa untuk bermain dadu di Hastinapura. Dalam permainan itu Sangkuni bertindak sebagai pelempar dadu Korawa. Dengan menggunakan ilmu sihirnya, ia berhasil mengalahkan para Pandawa. Sedikit demi sedikit, harta benda para Pandawa jatuh ke tangan Duryodana, termasuk istana Indraprastha dan istri mereka, Dropadi.
Mendengar Dropadi dipermalukan di depan umum, Dewi Gandari ibu para Korawa muncul membatalkan semuanya. Para Pandawa pun pulang dan mendapatkan kemerdekaan mereka kembali. Karena kecewa, Duryodana mendesak ayahnya, Dretarastra, supaya mengizinkannya untuk menantang Pandawa sekali lagi. Drestarastra tidak kuasa menolak keinginan anak yang sangat dimanjakannya itu. Maka, permainan dadu yang kedua pun terjadi kembali. Untuk kedua kalinya, pihak Pandawa kalah di tangan Sangkuni. Sebagai hukuman, mereka harus menjalani hidup selama 12 tahun di dalam hutan, dan dilanjutkan dengan menyamar selama setahun di suatu negeri. Jika penyamaran mereka sampai terbongkar, mereka harus mengulangi kembali selama 12 tahun hidup di dalam hutan dan begitulah seterusnya.
PERANG DI KUTUKSHETRA
Setelah masa hukuman selama 13 tahun berakhir, para Pandawa kembali untuk mengambil kembali negeri mereka dari tangan Korawa. Namun pihak Korawa menolak mengembalikan Indraprastha dengan alasan bahwa penyamaran para Pandawa di Kerajaan Wirata telah terbongkar. Berbagai usaha damai diperjuangkan pihak Pandawa namun semuanya mengalami kegagalan. Perang pun menjadi pilihan selanjutnya.
Pertempuran besar di Kurukshetra antara pihak Pandawa melawan Korawa dengan sekutu masing-masing akhirnya meletus. Perang yang juga terkenal dengan sebutan Baratayuda ini berlangsung selama 18 hari, di mana Sengkuni tewas pada hari terakhir. Menurut versi Mahabharata bagian kedelapan atau Salyaparwa, Sangkuni tewas di tangan Sadewa, yang bungsu di antara lima Pandawa. Pertempuran mereka terjadi pada hari ke-18.
Kisah versi India sedikit berbeda dengan Kakawin Bharatayuddha yang ditulis pada zaman Kerajaan Kadiri tahun 1157. Menurut naskah berbahasa Jawa Kuno ini, Sangkuni bukan mati di tangan Sadewa, melainkan di tangan Bima, Pandawa yang kedua. Sangkuni dikisahkan mati remuk oleh pukulan gada Bima. Bima kemudian memotong-motong tubuh Sengkuni menjadi beberapa bagian.
Pewayangan.
Sangkuni dalam budaya pewayangan Jawa.
Dalam pewayangan, terutama di Jawa, Sengkuni bukan kakak dari Dewi Gandari, melainkan adiknya. Sementara itu Gandara versi pewayangan bukan nama sebuah kerajaan, melainkan nama kakak tertua mereka. Sengkuni sendiri dikisahkan memiliki nama asli Harya Suman. Pada mulanya raja kerajaan Plasajenar bernama Suwala. Setelah meninggal, ia digantikan oleh putra sulungnya yang bernama Gandara. Pada suatu hari Gandara ditemani kedua adiknya, yaitu Gandari dan Suman, berangkat menuju Kerajaan Mandura untuk mengikuti sayembara memperebutkan Dewi Kunti, putri negeri tersebut. Dalam perjalanan, rombongan Gandara berpapasan dengan Pandu yang sedang dalam perjalanan pulang menuju Kerajaan Hastina setelah memenangkan sayembara Kunti. Pertempuran pun terjadi. Gandara akhirnya tewas di tangan Pandu. Pandu kemudian membawa serta Gandari dan Suman menuju Hastina. Sesampainya di Hastina, Gandari diminta oleh kakak Pandu yang bernama Drestarastra untuk dijadikan istri. Gandari sangat marah karena ia sebenarnya ingin menjadi istri Pandu. Suman pun berjanji akan selalu membantu kakaknya itu melampiaskan sakit hatinya. Ia bertekad akan menciptakan permusuhan di antara para Korawa, anak-anak Drestarastra, melawan para Pandawa, anak-anak Pandu.
Menurut versi pewayangan Jawa, pada mulanya Harya Suman berwajah tampan. Ia mulai menggunakan nama Sengkuni semenjak wujudnya berubah menjadi buruk akibat dihajar oleh Patih Gandamana. Gandamana adalah pangeran dari Kerajaan Pancala yang memilih mengabdi sebagai patih di Kerajaan Hastina pada masa pemerintahan Pandu. Suman yang berambisi merebut jabatan patih akhirnya berupaya menyingkirkan Gandamana. Pada suatu hari Suman berhasil mengadu domba Pandu dengan muridnya yang berwujud raja raksasa bernama Prabu Tremboko. Maka, ketegangan terjadi antara Kerajaan Hastina dan Kerajaan Pringgadani. Pandu pun mengirim Gandamana sebagai duta perdamaian. Di tengah jalan, Suman menjebak Gandamana sehingga jatuh ke dalam perangkapnya. Suman kemudian kembali ke Hastina untuk melapor kepada Pandu bahwa Gandamana telah berkhianat dan memihak musuh. Pandu segera memutuskan untuk mengangkat Suman sebagai patih baru. Gandamana yang ternyata masih hidup muncul dan menyeret Suman. Suman pun dihajar habis-habisan sehingga wujudnya yang tampan berubah menjadi jelek. Sejak saat itu, Suman pun terkenal dengan sebutan Sengkuni, berasal dari kata saka dan uni, yang bermakna dari ucapan. Artinya, ia menderita cacad buruk rupa adalah karena hasil ucapannya sendiri.
PERISTIWA MINYAK TALA
Versi pewayangan selanjutnya mengisahkan, setelah Pandu meninggal dunia, pusakanya yang bernama Minyak Tala dititipkan kepada Drestarastra supaya kelak diserahkan kepada para Pandawa jika kelak mereka dewasa. Minyak Tala sendiri merupakan pusaka pemberian dewata sebagai hadiah karena Pandu pernah menumpas musuh kahyangan bernama Nagapaya. Beberapa tahun kemudian, terjadi perebutan antara para Pandawa melawan para Korawa yang ternyata juga menginginkan Minyak Tala. Dretarastra memutuskan untuk melemparkan minyak tersebut beserta wadahnya yang berupa cupu sejauh-jauhnya. Pandawa dan Korawa segera berpencar untuk bersiap menangkapnya. Namun, Sengkuni terlebih dahulu menyenggol tangan Dretarastra ketika hendak melemparkan benda tersebut. Akibatnya, sebagian minyak tala tumpah. Sengkuni segera membuka semua pakaiannya dan bergulingan di lantai untuk membasahi seluruh kulitnya dengan minyak tersebut.
Sementara itu, cupu beserta sisa minyak tala jatuh tercebur ke dalam sebuah sumur tua. Para Pandawa dan Korawa tidak mampu mengambilnya. Tiba-tiba muncul seorang pendeta dekil bernama Durna yang berhasil mengambil cupu tersebut dengan mudah. Tertarik melihat kesaktiannya, para Korawa dan Pandawa pun berguru kepada pendeta tersebut. Sengkuni yang telah bermandikan Minyak Tala sejak saat itu mendapati seluruh kulitnya kebal terhadap segala jenis senjata. Meskipun ilmu bela dirinya rendah, tetapi tidak ada satu pun senjata yang mampu menembus kulitnya.
KEMATIAN
Pada hari terakhir Baratayuda, Sangkuni bertempur melawan Bima. Kulitnya yang kebal karena pengaruh minyak tala bahkan sempat membuat Bima sulit mengalahkan Sengkuni. Penasihat Pandawa selain Kresna, yaitu Semar muncul memberi tahu Bima bahwa kelemahan Sangkuni berada di bagian dubur, karena bagian tersebut dulunya pasti tidak terkena pengaruh minyak tala. Bima pun maju kembali. Sangkuni ditangkap dan disobek duburnya menggunakan Kuku Pancanaka yang tumbuh di ujung jari Bima. Ilmu kebal Sengkuni pun musnah. Dengan beringas, Bima menyobek dan menguliti Sangkuni tanpa ampun. Meskipun demikian, Sangkuni hanya sekarat tetapi tidak mati.
Pada sore hari itu, Bima berhasil mengalahkan Duryodana, pemimpin seratus Korawa. Dalam keadaan sekarat, Duryodana menyatakan bahwa dirinya bersedia mati jika ditemani pasangan hidupnya, yaitu istrinya yang bernama Dewi Banowati. Atas nasihat Kresna, Bima pun mengambil Sangkuni yang masih sekarat untuk diserahkan kepada Duryodana. Duryodana yang sudah kehilangan penglihatannya akibat luka parah segera menggigit leher Sangkuni yang dikiranya Banowati. Akibat gigitan itu, Sengkuni pun tewas seketika, begitu pula dengan Duryodana.
Dari Dewi Sukesti, Sengkuni mempunyai seorang putra bernama Kertiwindu. Setelah perang Baratayuda, Kertiwindu dan dua orang keturunan Kurawa yang masih hidup (Danyang Suwela, anak Aswatama, dan Dursabala, anak Dursasana) masih aktif menghasut keturunan Pandawa untuk menggagalkan upacara penobatan Parikesit sebagai raja Hastina menggantikan Prabu Darmakusuma. Namun, akhirnya rencana Kertiwindu untuk menggagalkan penobatan Parikesit gagal karena keburu kepergok dan tewas di tangan Prabu Baladewa dengan pusaka Nanggala.
SENGKUNI SANG ANTAGONIS CERDIK
Bagi kebanyakan orang yang pernah menyimak kisah Mahabharata, dari mana pun sumbernya, mereka pasti akan tahu dengan sosok antagonis, Sengkuni. Sengkuni dalam pandangan banyak orang digambarkan sebagai seorang yang sangat cerdas dan licik, yang mana karena kombinasi keduanya, ia telah mengantarkan terjadinya perang saudara pada Dinasti Kuru.
Tidak ada satu pun yang menyangkal bahwa orang yang pandai memainkan sihir pada dadu ini memang sosok yang teramat licik. Kelicikannya juga telah meracuni seluruh pandangan dan sikap dari pemangku kekuasaan pada Kerajaan Hastinapura. Mereka tidak sadar bahwa budaya licik itu kian menjangkiti lingkungan mereka, sehingga imbasnya mereka selalu mudah memaklumi segala bentuk kezaliman.
Mungkin saja, jarang ada yang mengungkap kenapa Sengkuni bisa menjadi sosok yang selicik ini. Dan berdasarkan penuturan dari Mbah Nun, bibit kelicikan Sengkuni itu mulai tumbuh akibat kezaliman penguasa Hastinapura pada saat memaksa Puteri Gandari (adik dari Sengkuni) untuk menikahi Prabu Destrarastra dari kerajaan Hastinapura.
Dan sebagai bentuk protesnya atas kezaliman ini, Puteri Gandari pun telah berkomitmen untuk menutup pandangannya dengan seikat kain agar ia juga merasakan kebutaan pandangan dan kebutaan mata hati, seperti yang dialami oleh calon suaminya.
Sementara itu, para keluarga Puteri Gandari yang lain, karena faktor kehormatan Kerajaan Hastinapura, mereka ber-101 orang itu harus dikurung di dalam penjara. Dan tidak ketinggalan dari 101 orang itu, adalah saudara sulung dari Puteri Gandari, Sengkuni.
Selama mendekam dalam ruang tahanan, mereka pun tidak berhenti mendapatkan kezaliman dari penguasa kerajaan. Salah satu bentuk kezaliman itu adalah, setiap hari, masing-masing dari mereka hanya mendapatkan makanan sebutir nasi.
Dalam pandangan mereka, tidak mungkin mereka akan mampu bertahan hidup jika yang mereka makan setiap harinya hanyalah sebutir nasi. Secara tidak langsung, mereka menganggap, hal itu adalah upaya untuk menyiksa dan menghabisi mereka secara perlahan.
Mereka, yakni Sengkuni dan seluruh keluarganya yang mendekam di dalam penjara ini pun pada akhirnya berunding, untuk menentukan siapa salah seorang diantara mereka yang harus bertahan hidup demi menegakkan harga diri keluarga itu.
Hasil dari perundingan itu pun memutuskan bahwa anak tertua dari mereka yang bernama Sengkuni itulah yang harus bertahan hidup dari 101 orang di antara mereka. Sementara keluarga lainnya harus merelakan jatah satu butir nasinya dan kematian dirinya di dalam penjara. Mereka pun satu per satu mati dalam keadaan kelaparan. Sementara tubuh mereka, karena alasan harus mempertahankan hidup, akan dimakan oleh Sengkuni.
Tak dapat dibayangkan bagaimana kondisi psikologis Sengkuni pada saat itu. Karena sangat terpaksa, ia harus memakan 101 butir nasi yang berlaukkan bangkai dari keluarganya itu. Sehingga, barangkali inilah yang kemudian membentuk karakternya menjadi sesosok yang terkenal culas sedunia. Keculasan yang lahir akibat adanya ketidakadilan pada dirinya dan seluruh keluarganya.
SIFAT SENGKUNI MEMBAWA KEHANCURAN
Sengkuni adalah tokoh wayang yang pandai merangkai alasan. Di otaknya sejuta kebusukan berkembang dan berhasil diramu menjadi hal yang seolah layak untuk di amini. Banyak pejabat menjadi anteknya dan tidak sadar kalau mereka tengah dituntun ke jurang kenistaan dan bakal menghancurkan negeri .
ASAL-USUL SANGKUNI
Menurut versi pewayangan Jawa, pada mulanya Harya Suman berwajah tampan. Ia mulai menggunakan nama Sengkuni semenjak wujudnya berubah menjadi buruk akibat dihajar oleh Patih Gandamana.
Gandamana adalah pangeran dari Kerajaan Pancala yang memilih mengabdi sebagai patih di Kerajaan Hastina pada masa pemerintahan Pandu. Suman yang sangat berambisi merebut jabatan patih menggunakan cara-cara licik untuk menyingkirkan Gandamana.
Pada suatu hari Suman berhasil mengadu domba antara Pandu dengan muridnya yang berwujud raja raksasa bernama Prabu Tremboko. Maka terciptalah ketegangan di antara Kerajaan Hastina dan Kerajaan Pringgadani. Pandu pun mengirim Gandamana sebagai duta perdamaian. Di tengah jalan, Suman menjebak Gandamana sehingga jatuh ke dalam perangkapnya.
Harus Suman kemudian kembali ke Hastina untuk melapor kepada Pandu bahwa Gandamana telah berkhianat dan memihak musuh. Pandu yang saat itu sedang labil segera memutuskan untuk mengangkat Suman sebagai patih baru. Tiba-tiba Gandamana yang ternyata masih hidup muncul dan menyeret Suman. Suman pun dihajar habis-habisan sehingga wujudnya yang tampan berubah menjadi jelek.
Sejak saat itu, Suman pun terkenal dengan sebutan Sengkuni, berasal dari kata saka dan uni, yang bermakna dari ucapan. Artinya, ia menderita cacad buruk rupa adalah karena hasil ucapannya sendiri. Nama lain daripada Sengkuni adalah Sakuni, Suwalaputra, Sangkuning, Suman, Trigantalpati.
Sri Gantalpati, begitu Sengkuni sering pula disebut.
Dalam hal rekayasa persoalan hingga soal politik dan hukum, dialah jagonya, bahkan dalam dunia pekeliran sebagai yang nomor wahid. Apalagi hanya menteri, bupati maupun penegak hukum, sedangkan penguasa Hastina saja dengan gampang diatur Sengkuni atau Sang Haryo Suman melalui strateginya yang jitu.