Urip mung mampir ngombe (Hidup itu hanya mampir minum).
Bagi masyarakat Jawa peribahasa ini tak asing. Di setiap pengajian-pengajian dengan pengantar Bahasa Jawa peribahasa ini sering disampaikan untuk mengingatkan kepada umat insani untuk selalu memperbanyak amal perbuatan baik sebagai bekal di alam suwargo. Karena hidup di dunia sangat sebentar ibarat mampir untuk minum. Gunakan kesempatan sebelum nyawa sampai tenggorokan. Peribahasa singkat namun sarat akan pesan spiritual.
Wong urip iku mung mampir ngombe dapat diartikan orang hidup itu hanyalah istirahat sejenak untuk minum.
Meskipun ungkapan tersebut mempunyai arti yang sederhana tetapi makna yang terkandung sangat dalam. Untuk dapat memahami makna ungkapan itu kita dituntut untuk memahami kehidupan manusia secara menyeluruh.
Budaya Jawa kehidupan manusia dimulai semenjak tumbuhnya bayi dalam kandungan ibu kemudian setelah bayi dilahirkan ke dunia, dimulailah kehidupan yang sebenarnya dunia.
Dengan kematian seseorang, yaitu berpisahnya roh dan wadag manusia, dimulailah kehidupannya di alam lain yang belum kita ketahui pasti. Pemahaman tentang tiga kehidupan ini biasa dimanifestasikan sebagai alam purwa, madya dan wasana.
Makna ungkapan Wong urip itu mung mampir ngombe mengacu kepada alam madya, yaitu kehidupan setelah manusia dilahirkan di dunia.
Manusia terlahir di dunia ini berbekal empat sifat dasar yang mewarnai kehidupannya, yang sering diistilahkan dengan :
1. Aluamah
2. Sefiah
3. Amarah
4. Mutmainah, atau yang biasa juga diistilahkan dengan nafsu angkara, amarah, keinginan dan perbuatan suci.
Nafsu-nafsu tersebut timbulnya dirangsang oleh anasir-anasir yang ada di dunia ini dan masuk melalui paningal (mata), pengucap (mulut), pangrungu (telinga) dan pangganda (hidung).
Petunjuk Sang Alam Pangeran yang masuk melalui mata berwujud nafsu keinginan akibat rangsangan sesuatu yang terlihat oleh mata. Petunjuk Sang Alam Pangeran yang masuk melalui mulut berupa kata-kata kotor yang diucapkan oleh mulut.
Petunjuk Sang Alam Pangeran yang masuk melalui telinga berwujud suara yang tidak enak didengar oleh telinga dan menyebabkan seseorang marah, kasar dan mata gelap. Petunjuk Sang Alam Pangeran yang masuk melalui hidung berwujud tindakan-tindakan baik karena hidung tidak mau menerima bau-bau yang tidak enak.
Dengan bekal empat sifat dasar hidup itu, manusia diwajibkan menguasai keempat nafsu yang melekat pada dirinya. Dengan kata lain, manusia harus menguasai ketiga nafsu yang dapat menimbulkan tindakan-tindakan yang kurang baik, yaitu aluamah, amarah dan sufah, dan mengutamakan nafsu yang dapat menimbulkan tindakan-tindakan baik, yaitu mutmainah.
Menguasai diartikan sebagai memelihara mengatur ataupun mengendalikan. Apabila manusia dapat memelihara mengatur serta mengendalikan keempat nafsu-nafsu tersebut akan menjadi manusia teladan dalam arti dapat diteladani oleh orang-orang disekitarnya karena tindakan-tindakannya selalu terpuji.
Sebaliknya apabila manusia tidak dapat memelihara mengatur serta mengendalikan keempat nafsu-nafsunya, orang tersebut akan menampilkan tindakan-tindakan yang tidak terpuji, sehingga ia dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya, oleh karena itu kehidupan di dunia yang hanya sesaat tersebut.
Yang dalam budaya Jawa diungkapkan istlah wong urip iku mung mampir ngombe, haruslah disibukkan dengan tindakan-tindakan memelihara, mengatur serta mengendalikan keempat nafsu manusia ini, sehingga kehidupan di dunia yang sifatnya hanya sesaat tersebut diisi dengan tindakan-tindakan terpuji, seperti tolong-menolong, mengasihi sesama, berbakti kepada nusa dan bangsa, saling hormat-menghormati, bermusyawarah untuk mencapai mufakat dan lain-lain.
Dengan demikian apabila pada saat kematian, yaitu berpisahnya roh dan wadag manusia dapat diharapkan roh manusia tersebut akan kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa, yaitu causa pria segala kehidupan di dunia ini.
Kehidupan di dunia ini dapat diibaratkan sebagai perang antara nafsu baik dan nafsu yang tidak baik. Agar manusia dapat memenangkan perang tersebut, sehingga pada saat kematian rohnya kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa, manusia harus dapat menempatkan hati nuraninya di atas nafsu.
Dengan kata lain, hati nurani manusia haruslah menguasai nafsu. Jika hati nurani dikuasai oleh nafsu pada saat kematian roh manusia dapat kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Bagaimana agar seseorang dapat menjaga hati nuraninya selalu berada di atas nafsu.
Budaya Jawa mengajarkan agar seseorang selalu menjalani laku, seperti berpuasa dan lain-lain, sebagai latihan pengendalian diri sehingga dapat mengendalikan diri apabila timbul rangsangan untuk bertindak yang tidak baik.
Selain itu budaya Jawa juga mengajarkan agar seseorang selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga selalu mendapatkan terang dari-Nya yang akan menyebabkannya dapat berpikir secara jernih dan bersih.
Tujuan hidup manusia adalah selamat di dunia maupun di alam kelanggengan. Untuk dapat mencapai tujuan itu manusia dituntut untuk terus menerus berjuang menegakkan kebenaran.
Dalam kehidupan di dunia yang sesaat, manusia harus dapat mengisinya dengan tindakan baik. Oleh karena itu budaya Jawa selalu mengingatkan bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara sifatnya.
Peringatan tersebut diungkapkan dalam istilah wong urip iku mung mampir ngombe.
Apabila seseorang selalu ingat akan hal ini dan mengisi kehidupan sesaat dengan tindakan baik, maka dapatlah diharapkan tujuan hidup seseorang akan tercapai, yaitu selamat di dunia maupun di alam kelak nanti.
Aja dumeh mujudake pitutur luhur warisane para leluhur lan pinisepuh kang ngemu teges supaya jalma manungsa utawa titah sewantah anggone nglakoni penguripane ana ing alam donya ora ngendelake aji mumpung.
Dumeh, mujudake kahanan kajiwan kang njalari sawijining pawongan nggunakake kesempatan (aji mumpung) kanggo kepentingane dhewe tanpa ngelingi sak padhane urip. Kesempatan kasebut ing ndhuwur bisa maujud drajat, pangkat, bandha donya, panguwasa, ilmu linuwih, kebagusane rupa lan liyane.
Ing donya Eropa utawa dunia barat uga nduweni sanepa power tends to corrupt kang nduweni teges yen kuwasa bisa njalari wong kang nyekel kuwasa kuwi nylewengake kekuwasaane kanggo kepentingane pribadhi lan ngianati marang wong kang ngamanati .
Wong urip mono kudu tansah eling marang kang nitahake urip ing alam donya, kudu tansah mawas marang sangkan paraning dumadi. Seko ngendi bibit kawite urip, ana ngendi saiki dumunung lan papan ngendi kang tembene bakal dituju.
Kahanan kang bisa direngkuh ora kena njalari lali marang kodrate minangka kawulane Gusti. Kanthi mengkono sifat aja dumeh bisa njalari wong tansah eling marang asal-usule, sahengga ora nglali yen apa kang diduweni mung minangka titipan utawa amanate kang gawe urip.
Sikep ini bisa nyurung supaya manungsa tansah nyukuri peparingane Gusti, kanthi nggunakake peparingane mau kanggo nyengkuyung kewajibane minangka khalifahe Gusti ing alam donya, kang nduweni kewajiban memayu hayuning bawana.
Kahanan urip kang dilakoni manungsa kena digambarake kaya dene cakramanggilingan utawa rodha kreta, kang ana sakperangane rodha sakwijining wektu mapan ing dhuwur nanging ing kala wektu liyane ganti mapan ing ngisor. Urip mujudake ganti gumiliring nasib. Mula saka kuwi nalikane wong lagi nduweni nasib kang apik ora kena gumedhe lan umuk marang sak padha-padha lan nalikane ngalami nasib kang ala uga aja nglokro utawa mutung.
Kadangkala wong urip diparingi kanikmatan kang tanpa kinira. Ana ing kahanan iki pitutur aja dumeh trep banget kanggo diamalake. Wong kudu tansah syukur lan uga kudu loma marang sak padhaning urip, ora kena umuk lan gumedhe nanging kudu tansah bisa sakmadya lan andhap asor.
Ana uga kahanane urip kang lagi diparingi pacoban nganti kadangkala wong sing rumangsa ora kuwat nglakoni kahanan mau nduweni panganggep yen donyane wis kiamat. Ngadepi kahanan mengkene, manungsa kudu tansah pasrah sumarah marang kang gawe urip lan sabar anarima ing pandum.
Manungsa kudu nduweni keyakinan yen pacoban mau uga mujudake wujud katresnane Gusti kanggo nggembleng manungsa supaya tatag lan tanggon anggone nglakoni uripe.
Aja dumeh ngajarake manungsa tansah mawas diri lan nduweni keyakinan kang kuat menawa urip ing alam donya iki mung sakwetara mampir ngombe. Kabeh lelakone urip mujudake proses kang ora langgeng lan kabeh bakale dijaluk pertanggungjawabane mbesuk ing alam akherat.
Sifat utawa watak aja dumeh bisa diwedhar kanthi pitutur kayadene:
1.Aja dumeh kuwasa, tumindake daksura lan daksiya marang sakpadha-padha.
2. Aja dumeh pinter, banjur tumindak keblinger.
3. Aja dumeh sugih, banjur tumindak lali marang wong ringkih.
4. Aja dumeh menang, tumindake sak wenang-wenang.
5. Aja dumeh bagus, banjur gumagus.
6. Aja dumeh ayu, banjur kemayu, lan sakpiturute.
Nyawa mung gaduhan, bandha donya mung sampiran, mengkono pituture para winasis.
Kanthi mengkono sejatine manungsa urip ing alam donya ora duwe apa-apa. Kayadene nalika dilahirake manungsa ora nggawa apa-apa, smono uga mengko yen wis tumeka titi wancine sowan ing ngarsa Gustine uga ora sangu apa-apa.
Makna Ajaran Wong Urip iku Mung Mampir Ngombe
Secara harafiah, Wong urip iku mung mampir ngombe dapat diartikan orang hidup itu hanyalah istirahat sejenak untuk minum. Meskipun ungkapan tersebut mempunyai arti yang sederhana tetapi makna yang terkandung sangat dalam. Untuk dapat memahami makna ungkapan itu kita dituntut untuk memahami kehidupan manusia secara menyeluruh. Dalam budaya Jawa kehidupan manusia dimulai semenjak tumbuhnya bayi dalam kandungan ibu kemudian setelah bayi dilahirkan ke dunia, dimulailah kehidupan yang sebenarnya dunia. Dengan kematian seseorang, yaitu berpisahnya roh dan wadag manusia, dimulailah kehidupannya di alam lain yang belum kita ketahui pasti. Pemahaman tentang tiga kehidupan ini biasa dimanifestasikan sebagai alam purwa, madya dan wasana. Makna ungkapan “Wong urip itu mung mampir ngombe” mengacu kepada alam madya, yaitu kehidupan setelah manusia dilahirkan di dunia.
Mengisi Kehidupan yang SesaatSeperti kita ketahui manusia terlahir di dunia ini berbekal empat sifat dasar yang mewarnai kehidupannya, yang sering diistilahkan dengan aluamah, sefiah, amarah dan mutmainah, atau yang biasa juga diistilahkan dengan nafsu angkara, amarah, keinginan dan perbuatan suci. Nafsu-nafsu tersebut timbulnya dirangsang oleh lubang yang ada di dunia ini dan masuk melalui :
1. Paningal (mata)
2. Pengucap (mulut)
3. Pangrungu (telinga)
4. Pangganda (hidung)
1. Alam yang masuk melalui mata berwujud nafsu keinginan akibat rangsangan sesuatu yang terlihat oleh mata.
2. Alam yang masuk melalui mulut berupa kata-kata kotor yang diucapkan oleh mulut.
3. Alam yang masuk melalui telinga berwujud suara yang tidak enak didengar oleh telinga dan menyebabkan seseorang marah, kasar dan mata gelap. Sedangkan alam yang masuk melalui hidung berwujud tindakan-tindakan baik karena hidung tidak mau menerima bau-bau yang tidak enak.
Dengan bekal empat sifat dasar hidup itu, manusia diwajibkan menguasai keempat nafsu yang melekat pada dirinya. Dengan kata lain, manusia harus menguasai ketiga nafsu yang dapat menimbulkan tindakan-tindakan yang kurang baik, yaitu : 1. Aluamah
2. Amarah
3. Sufah, dan mengutamakan nafsu yang dapat menimbulkan tindakan-tindakan baik, yaitu mutmainah. Menguasai di sini diartikan sebagai memelihara mengatur ataupun mengendalikan.
Manusia dapat memelihara mengatur serta mengendalikan keempat nafsu-nafsu tersebut akan menjadi manusia teladan dalam arti dapat diteladani oleh orang-orang disekitarnya karena tindakan-tindakannya selalu terpuji.
Sebaliknya manusia tidak dapat memelihara mengatur serta mengendalikan keempat nafsu-nafsunya, orang tersebut akan menampilkan tindakan-tindakan yang tidak terpuji, sehingga ia dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya, oleh karena itu kehidupan di dunia yang hanya sesaat tersebut, yang dalam budaya Jawa diungkapkan istlah “wong urip iku mung mampir ngombe”, haruslah disibukkan dengan tindakan-tindakan memelihara, mengatur serta mengendalikan keempat nafsu manusia ini, sehingga kehidupan di dunia yang sifatnya hanya sesaat tersebut diisi dengan tindakan-tindakan terpuji, seperti tolong-menolong, mengasihi sesama, berbakti kepada nusa dan bangsa, saling hormat-menghormati, bermusyawarah untuk mencapai mufakat dan lain-lain. Dengan demikian apabila pada saat kematian, yaitu berpisahnya roh dan wadag manusia dapat diharapkan roh manusia tersebut akan kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa, yaitu causa pria segala kehidupan di dunia ini.
Selamat sampai Tujuan
Kehidupan di dunia ini dapat diibaratkan sebagai perang antara nafsu baik dan nafsu yang tidak baik. Agar manusia dapat memenangkan perang tersebut, sehingga pada saat kematian rohnya kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa, manusia harus dapat menempatkan hati nuraninya di atas nafsu. Dengan kata lain, hati nurani manusia haruslah menguasai nafsu. Jika hati nurani dikuasai oleh nafsu pada saat kematian roh manusia dapat kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Bagaimana agar seseorang dapat menjaga hati nuraninya selalu berada di atas nafsu.
Budaya Jawa mengajarkan agar seseorang selalu menjalani laku, seperti berpuasa dan lain-lain, sebagai latihan pengendalian diri sehingga dapat mengendalikan diri apabila timbul rangsangan untuk bertindak yang tidak baik. Selain itu budaya Jawa juga mengajarkan agar seseorang selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga selalu mendapatkan terang dari-Nya yang akan menyebabkannya dapat berpikir secara jernih dan bersih.
Tujuan hidup manusia adalah selamat di dunia maupun di alam kelanggengan. Untuk dapat mencapai tujuan itu manusia dituntut untuk terus menerus berjuang menegakkan kebenaran. Dalam kehidupan di dunia yang sesaat, manusia harus dapat mengisinya dengan tindakan baik. Oleh karena itu budaya Jawa selalu mengingatkan bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara sifatnya. Peringatan tersebut diungkapkan dalam istilah “wong urip iku mung mampir ngombe”. Apabila seseorang selalu ingat akan hal ini dan mengisi kehidupan sesaat dengan tindakan baik, maka dapatlah diharapkan tujuan hidup seseorang akan tercapai, yaitu selamat di dunia maupun di alam kelak nanti.
Mampir Ngombe
Peribahasa Jawa Wong Urip Iku Mung Mampir Ngombe
Urip mung mampir ngombe, tegese wong urip iku ora selawase, wong urip di ibaratke mung mampir ngombe. mung sedilok utawa singkat.
Dalam budaya Jawa sendiri kehidupan manusia dimulai dari semenjak dalam kandungan ibu, kemudian setelah bayi dilahirkan ke dunia, dan barulah di mulai kehidupan yang sebenarnya di dunia. Kemudian setelah itu kematian, yaitu terpisahnya antar roh dan wadag manusia, lalu di mulailah kehidupannya di alam lain yang belum kita ketahui pasti.
Sepintas kata-kata urip mung mampir ngombe atau hidup hanya untuk mampir minum adalah kata tak bermakna atau mengandung pengertian tertentu. Setiap orang bisa dan boleh saja memaknai diri dan hidupnya sendiri. Bahkan kadang ada juga yang kebingungan ketika mendapati bahwa hidupnya dirasa kurang bermakna, baik bagi dirinya ataupun orang lain. Namun ada juga yang merasa selalu memiliki makna bahkan dikait-kaitkan serta diceritakan ke mana-mana pada siapapun bahwa dia pernah menjadi ini, itu pada saat dulu maupun saat ini. Pemaknaan diri diperbolehkan, gratis dan bebas dilakukan dan sepertinya dilindungi oleh undang-undang dan menjadi hak asasi manusia.
Memaknai hidup sendiri sejelek apapun atau sebagus apapun memerlukan proses yang panjang, proses yang berjalan sendiri ataupun diciptakan sendiri untuk membuat seseorang menjadi sesuatu yang diinginkannya atau menemukan dirinya sendiri bahwa memang dirinya seperti itu, secara subyektif menurut diri sendiri atau menurut kata orang lain yang dipercayainya. Proses ini kadang sangat sulit dan harus berbenturan dengan banyak keinginan dan harapan pribadi, sehingga kadang kata-kata urip mung mampir ngombe seakan melecehkan usaha seseorang untuk mencari apa dan siapa dirinya sendiri.
Urip mung mampir ngombe, menunjukkan bahwa hidup hanyalah menjalani dan mereguk sesuatu. Dalam hal ini air diumpamakan sebagai sesuatu tersebut, dan hanya mampir tidak tinggal lama, hanya sebentar dan kemudian pergi untuk meninggalkan urip. Hidup memerlukan daya, untuk bertahan dan menjalani hidup, salah satu daya yang disebutkan tersebut adalah 'air' dimana orang-orang pada jaman dahulu kala percaya bahwa air adalah sumber kehidupan. Jadi jika disederhanakan lagi peribahasa Jawa urip ming mampir ngombe adalah hidup hanyalah tinggal sebentar dan itupun memerlukan air sebagai sumber kehidupannya untuk bisa menjalankan hidup.
Hidup bisa juga secara bodoh diartikan sebagai menjalani hidup untuk meneteskan kehidupan lagi sebagai mata rantai cerita, hingga cerita tersebut berakhir. Dari ragam cerita individu-individu yang hidup tersebut menjadi ribuan bahkan milyaran ragam cerita yang berdiri sendiri dan berkait satu sama lain Semuanya memiliki perbedaan dan hikayat tersendiri, dalam satu pagar yang bernama urip mung mampir ngombe. Terlepas dari teknologi, ilmu pengetahuan, budaya, kecerdasan manusia dan gen keturunan, air memberikan jutaan perbedaan yang dialami manusia, dia menemani manusia hidup yang berkembang menjadi memiliki ragam ceritanya sendiri.
Ada yang bisa memiliki cerita demikian dahsyat hingga kaya raya dan menguasai dunia, ada yang menjadi maling, ada yang menjadi pembunuh, ada yang jadi ahli dalam perjalanan profesinya, dan tidak sedikit yang gagal dalam memanfaatkan hidup dengan air atau sumber kehidupan yang sama, dalam satu kotak makro dunia dan mikro tubuh serta pikiran. Mengapa ini bisa terjadi sementara katanya Tuhan dengan keadilanNya pastilah menciptakan semuanya sama, dari bahan yang sama, perjalanan yang sama, bahkan sumber kehidupan yang bisa dikatakan sama, yaitu air.
Jadi sepertinya istilah urip ming mampir ngombe adalah sesuatu yang sangat ruwet dan panjang sekali. Sekaya-kayanya orang toh ada batasnya ketika makan, dia kenyang, dan ketika kehausan pun hanya akan kuat minum beberapa gelas. Mereka hanya mampir untuk meneguk daya kehidupan dari air untuk melanjutkan hidup sampai kemudian haus lagi. Apa yang kemudian menjadikan tolong-menolong dan saling memberi menjadi semakin hilang. Sumber kehidupan dikuasai dengan modal yang demikian besar, dijual mahal dengan tidak peduli pada yang membutuhkan, sementara pada awalnya disediakan gratis untuk siapapun. Hingga kemudian manusia lahir untuk hidup pun harus membayar, demikian juga ketika mati kembali ke tanah.
Pemahaman tentang ketiga kehidupan ini biasa dimanifestasikan sebagai alam purwa, madya, dan wasana. Makna ungkapan Wong urip iku mung mampir ngombe mengacu kepada alam madya yakni kehidupan setelah manusia dilahirkan ke dunia atau alam yang saat ini kita jalani.
Mengisi kehidupan yang sesaat, seperti yang kita ketahui manusia terlahir di dunia ini berbekal 4 sifat dasar yang mewarnai di kehidupannya, yang sering di istilahkan dengan Aluamah (Serakah), Supiyah (Keindahan), Amarah (Amarah), dan Mutmainah (Keutamaan)
Empat Sifat Dasar.
1. Amarah : Bila manusia hanya mengutamakan nafsu amarah, tentu saja akan selalu merasa ingin menang sendiri dan akan selalu bertengkar atau ribut dan akhirnya akan kehilangan kesabaran. Oleh karena itulah, sabar merupakan media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
2. Supiyah : Yaitu Manusia itu pada umumnya suka dengan hal-hal yang bersifat keindahan, misalkan wanita (asmara). Maka dari itu, manusia yang terbenam dalam nafsu asmara atau berahi di ibaratkan bisa membakar dunia.
3. Aluamah : Manusia itu pada dasarnya mempunyai rasa serakah. Maka dari itu, apabila nafsu tersebut tidak di kendalikan manusia bisa merasa ingin hidup makmur sampai ke tujuh turunannya.
4. Mutmainah : Walaupun nafsu ini merupakan keutamaan atau kebajikan, namun jika melebihi batas, tentu saja tetap tidak baik. Contohnya seperti memberi uang kepada orang yang kekurangan itu bagus, tetapi apabila memberikan semua uangnya sehingga kita sendiri menjadi kekurangan, jelas itu bukan hal yang baik.
Nafsu-nafsu tersebut atau empat nafsu tersebut timbulnya dirangsang oleh anasir-anasir yang terdapat di dunia ini dan masuk melewati paningal yaitu (mata), pengucap yaitu (mulut), pangrungu yaitu (telinga) dan pangganda yaitu (hidung).
Empat Anasir Alam.
Anasir alam yang masuk melalui mata berwujud nafsu keinginan akibat rangsangan sesuatu yang terlihat oleh mata. Anasir alam yang masuk melalui mulut berupa kata-kata kotor yang diucapkan oleh mulut.Anasir alam yang masuk melalui telinga, yaitu ber-wujud suara yang tidak enak untuk didengar oleh telinga dan menyebabkan seseorang menjadi marah, kasar dan gelap mata.Sedangkan anasir alam yang masuk melalui hidung yaitu berwujud tindakan-tindakan baik, karena hidung tidak mau menerima bau-bau yang tidak enak.
Dengan bekal empat sifat dasar tersebut, manusia diwajibkan menguasai keempat nafsu yang melekat pada dirinya. Dengan demikian manusia harus menguasai ket3 nafsu yang dapat menimbulkan tindakan-tindakan yang kurang baik, yaitu aluamah, amarah dan sufah, dan juga mengutamakan nafsu yang dapat menimbulkan tindakan-tindakan baik, yaitu mutmainah.
Menguasai di sini di artikan sebagai memelihara mengatur ataupun mengendalikan. Apabila manusia bisa memelihara, mengendalikan nafsu-nafsu diatas, maka akan menjadi manusia teladan dalam arti bisa ditiru oleh orang-orang sekitarnya karena tindakan-tindakan-nya selalu terpuji.
Sebaliknya apabila manusia tidak dapat memelihara mengatur serta mengendalikan keempat nafsu-nafsunya, orang tersebut akan menampilkan tindakan-tindakan yang tidak terpuji, sehingga ia dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya, oleh karena itu kehidupan di dunia yang hanya sesaat/sementara ini, yang dalam budaya Jawa di ungkapkan dengan istlah wong urip iku mung mampir ngombe haruslah kita sibuikan untuk tindakan-tindakan memelihara, mengatur serta mengendalikan ke-empat nafsu manusia tersebut, sehingga kehidupan di dunia yang sifatnya hanya sesaat ini di isi dengan tindakan-tindakan yang terpuji, seperti halnya tolong-menolong, mengasihi sesama, berbakti kepada nusa dan bangsa, saling hormat-menghormati, bermusyawarah untuk mencapai mufakat dan lain lain sebagainya.
MAKNA KONTEKS TUJUAN HIDUP
Kehidupan di dunia ini dapat di ibaratkan seperti perang antara nafsu baik melawan nafsu yang tidak baik, agar manusia dapat memenangkan perang tersebut manusia harus dapat menempatkan hati nuraninya di atas nafsu. Dengan kata lain, hati nurani manusia haruslah menguasai nafsu. sampai pada saat kematian rohnya kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Bagaimana agar seseorang dapat menjaga hati nuraninya selalu berada di atas nafsu? Budaya Jawa mengajarkan agar seseorang selalu menjalani laku, seperti berpuasa dan lain-lain, sebagai latihan pengendalian diri sehingga dapat mengendalikan diri apabila timbul rangsangan untuk bertindak yang tidak baik.
Selain itu budaya Jawa juga mengajarkan agar manuasi selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga selalu mendapatkan sisi yang terang dari-Nya yang akan membuat kita dapat berpikir secara jernih dan bersih.
Tujuan hidup manusia adalah selamat di dunia dan juga sampai alam kelanggengan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, manusia dituntut untuk terus-menerus berjuang menegakkan kebenaran.
Dalam kehidupan di dunia yang sesaat ini, manusia harus dapat mengisinya dengan tindakan yang baik. Oleh karena itu budaya Jawa selalu mengingatkan kita bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara sifatnya. Peringatan tersebut di ungkapkan dalam istilah wong urip iku mung mampir ngombe.
Wong urip iku mung mampir ngombe, demikian ungkapan Jawa. Bagi sampeyan yang kebeneran orang Jawa tentu tidak asing dengan pepatah ini. Bahkan, ungkapan di atas bisa dikatakan memadani ungkapan klasik Jawa yang meng-indonesia, yakni Eling lan Waspada.
Secara harafiah, falsafah wong urip mung mampir ngombe di atas adalah bahwa orang hidup itu hanya mampir minum. Sederhana memang. Begitulah para pewaskita Jawa selalu membungkus sesuatu yang berkesan sesederhana mungkin. Tidak perlu ndakik-ndakik dengan istilah yang mencerminkan inteletualitas tinggi. Begitulah kenyatannya.
Namun demikian, hidup hanya mampir minum sejatinya adalah bungkus semata. Isi sebenarnya jauh melampaui bahasa yang melankolis para pe-qouoter masa kini. Sekedar untuk memahami isi dari falsafah Jawa wong urip mung mampir ngombe ini kita dituntut untuk mengurai kehidupan manusia secara menyeluruh.
Di mulai dari kehidupan manusia semenjak tumbuhnya bayi dalam kandungan ibunya hingga kemudia lahir dan memulai sendiri babak baru dalam kehidupan yang sebenarnya di dunia. Selanjutnya, setelah ia meninggal, yaitu manakala berpisahnya ruh dari wadagnya, maka kemudian dimulailah babak baru kehidupan di alam lain. toga konsepsi kehidupan inilah yang kemudian dalam budaya Jawa dimanifestasikan sebagai alam purwa, madya, dan wasana. Makna ungkapan wong urip itu mung mampir ngombe mengacu kepada alam madya, yaitu kehidupan setelah manusia dilahirkan di dunia.
Manusia tak hidup selamanya di dunia. Semua ada waktunya. Ada waktu lahir, ada waktu meninggal. Tak seorang pun, entah kaya entah miskin, yang bisa mengelakkan diri dari kematian. Namun, waktu meski singkat bukan tanpa konsekuensi. Allah menuntut pertanggungjawaban manusia atas waktu yang dikaruniakan-Nya. Dan Orang Kaya dalam perumpamaan itu menuai dari apa yang dilakukannya di dunia.
Selain akan dan budinya, manusia terlahir di dunia ini berbekal empat sifat dasar yang mewarnai kehidupannya, yang sering diistilahkan dengan :
1. Aluamah.
2. Sufiah.
3. Amarah, dan.
4. Mutmainah, atau yang biasa juga diistilahkan dengan :
1. Nafsu angkara.
2. Amarah.
3. Keinginan, dan.
4. Perbuatan suci.
Nafsu-nafsu tersebut timbulnya dirangsang oleh anasir-anasir yang ada di dunia ini dan masuk melalui :
1. Paningal (mata).
2. Pengucap (mulut).
3. Pangrungu (telinga) dan.
4. Pangganda (hidung).
Anasir alam yang masuk melalui mata berwujud nafsu keinginan akibat rangsangan sesuatu yang terlihat oleh mata. Anasir alam yang masuk melalui mulut berupa kata-kata kotor yang diucapkan oleh mulut. Anasir alam yang masuk melalui telinga berwujud suara yang tidak enak didengar oleh telinga dan menyebabkan seseorang marah, kasar dan gelap mata. Sedangkan anasir alam yang masuk melalui hidung berwujud tindakan-tindakan baik karena hidung tidak mau menerima bau-bau yang tidak enak.
Dengan bekal empat sifat dasar hidup itu, manusia diwajibkan menguasai keempat nafsu yang melekat pada dirinya. Dengan kata lain, manusia harus menguasai ketiga nafsu yang dapat menimbulkan tindakan-tindakan yang kurang baik, yaitu aluamah, amarah, dan sufiah serta mengutamakan nafsu yang dapat menimbulkan tindakan-tindakan baik, yaitu mutmainah.
Maksud menguasai disini adalah memelihara dan mengatur ataupun mengendalikan. Apabila manusia dapat memelihara dan mengatur serta mengendalikan keempat nafsu-nafsu tersebut akan menjadi manusia teladan dalam arti dapat diteladani oleh orang-orang disekitarnya karena tindakan-tindakannya selalu terpuji.
Sebaliknya apabila manusia tidak dapat memelihara dan mengatur serta mengendalikan keempat nafsu-nafsunya, orang tersebut akan menampilkan tindakan-tindakan yang tidak terpuji, sehingga ia dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu kehidupan di dunia yang hanya sesaat tersebut, yang dalam budaya Jawa diungkapkan istlah wong urip iku mung mampir ngombe, haruslah disibukkan dengan tindakan-tindakan memelihara, mengatur serta mengendalikan keempat nafsu manusia ini.
Sehingga kehidupan di dunia yang sifatnya hanya sesaat tersebut diisi dengan tindakan-tindakan terpuji, seperti tolong-menolong, mengasihi sesama, berbakti kepada nusa dan bangsa, saling hormat-menghormati, bermusyawarah untuk mencapai mufakat dan lain-lain. Dengan demikian apabila pada saat kematian, yaitu berpisahnya roh dan wadag manusia dapat diharapkan roh manusia tersebut akan kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa, yaitu causa prima segala kehidupan di dunia ini.
Kehidupan di dunia ini dapat diibaratkan sebagai perang antara nafsu baik dan nafsu yang tidak baik. Agar manusia dapat memenangkan perang tersebut, sehingga pada saat kematian rohnya kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa, manusia harus dapat menempatkan hati nuraninya di atas nafsu. Dengan kata lain, hati nurani manusia haruslah menguasai nafsu. Jika hati nurani dikuasai oleh nafsu pada saat kematian roh manusia dapat kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Tentu ada satu peranyaan paling mendasar dari narasi panjang di atas, yakni bagaimana agar seseorang dapat menjaga hati nuraninya selalu berada di atas nafsu.
Budaya Jawa mengajarkan agar seseorang selalu menjalani laku, seperti berpuasa dan lain-lain, sebagai latihan pengendalian diri sehingga dapat mengendalikan diri apabila timbul rangsangan untuk bertindak yang tidak baik. Selain itu budaya Jawa juga mengajarkan agar seseorang selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga selalu mendapatkan terang dari-Nya yang akan menyebabkannya dapat berpikir secara jernih dan bersih.
Tujuan hidup manusia adalah selamat di dunia maupun di alam kelanggengan. Untuk dapat mencapai tujuan itu manusia dituntut untuk terus menerus berjuang menegakkan kebenaran. Dalam kehidupan di dunia yang sesaat, manusia harus dapat mengisinya dengan tindakan baik. Oleh karena itu budaya Jawa selalu mengingatkan bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara sifatnya.
Peringatan tersebut diungkapkan dalam istilah wong urip iku mung mampir ngombe. Apabila seseorang selalu ingat akan hal ini dan mengisi kehidupan sesaat dengan tindakan baik, maka dapatlah diharapkan tujuan hidup seseorang akan tercapai, yaitu selamat di dunia maupun di alam kelak nanti. Karena apa, karena hidup di dunia sangat sebentar ibarat mampir untuk minum. Gunakan kesempatan sebelum nyawa sampai tenggorokan.
Falsafah wong urip ung mampir ngombe ini mengingatkan pada dua hal penting, yakni :
1. Pertama, adalah bahwa kehidupan di dunia ini bukanlah tujuan akhir dari perjalanan hidup manusia. Artinya masih ada kehidupan setelah kematian. Kematian manusia di dunia adalah awal dari kehidupan baru. Kehidupan baru itu berisi konsekuensi ketika hidup di dunia. Apa yang didapat pada kehidupan baru itu tergantung apa yang diombe (minum) selama di dunia.
Jika apa yang diombe selama di dunia adalah hal yang baik-baik dan diridhoi maka baik pula apa yang dirasakan setelah di kehidupan baru itu. Begitu pula sebaliknya. Tidak ada upaya pribadi selama kehidupan setelah kematian untuk menambah atau mengurangi apa yang dirasakan selama kehidupan setelah kematian. Upaya pribadi hanya bisa dilakukan selama hidup di dunia. Bekal diambil selama di dunia dan dipakai setelah lepas dari dunia dan tidak bisa kembali lagi.
2. Kedua, adalah kehidupan di dunia hanyalah sebentar. Diibaratkan hanya mampir untuk minum saja lalu kemudian melanjutkan perjalanan. Coba bandingkan satu hari di akherat sama dengan 50 ribu tahun di dunia. Jelas tidak ada sepersekian detik kehidupan di dunia jika dibandingkan kehidupan di akherat. Namun kehidupan yang sepersekian detik itu sangat menentukan nasib setelahnya. Karena hanya inilah kesempatan manusia untuk mempersiapkan perjalanan panjang selanjutnya.
Ibarat perjalanan di padang pasir yang luas, dunia adalah oasenya. Peluang mengambil air dibuka seluas-luasnya. Apakah manusia mau minum saja dan kemudian bersenang senang atau minum lalu kemudian mengumpulkannya untuk bekal nanti, itu sebuah pilihan dan tentunya tiap pilihan mempunyai pertanggung jawaban. Sementara sampai di sini dulu kisanak, ambil yang sekiranya ada manfaatnya dan buang sejauh mungkin yang reget.
Wong Urip Mung Mampir Ngombe.
Untuk dapat memahami makna petuah atau arti peribahasa urip mampir ngombe kita harus memahami kehidupan manusia secara menyeluruh wong urip iku mung mampir ngombe; menyiratkan bahwa hidup atau kehidupan di dunia ini hanya sementara atau sebentar dan waktunya juga sangat cepat dan singkat.
Kita hidup di dunia ini hanya sebentar. Bila dibandingkan waktu akhirat ternyata waktu hidup didunia ibarat hanya sekitar 1,5 jam seperti Firman Allah SWT dalam Q.S. Al-hajj : 47 yang artinya :
Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu (Allah) adalah seperti Seribu (1000) tahun menurut perhitunganmu.
Perbandingan waktu akhirat dengan waktu dunia
1 hari akhirat = 1000 tahun, 24 jam akhirat = 1000 tahun, 3 jam akhirat = 125 tahun, dan 1,5 jam akhirat = 62,5 tahun.
Jika umur manusia itu rata-rata 60-70 tahun, maka hidup manusia ini jika dilihat dari hitungan langit hanyalah 1,5 jam saja.
Lantas apa yang dapat di lakukan untuk 1,5 jam itu.
Tidak lain ialah segera bertobat dan bisa mengisi waktu yang sangat singkat ini dengan sebaik-baiknya. Menghargai waktu, karena waktu berlalu dengan cepat dan jangan menunda-nunda kebaikan atau ibadah kepada Allah.