Serat Tripama
Anggitan : KGPAA Mangkunagara IV
ꦱꦼꦫꦠ꧀ꦠꦿꦶꦥꦩ
ꦄꦁꦒꦶꦠꦤ꧀꧇ꦏ꧀ꦒ꧀ꦥꦄꦩꦁꦏꦸꦤꦒꦫ꧇꧔꧇
![]() |
Bambang Sumantri |
![]() |
Bambang Sumantri - Adipati Karno Bambang Sumantri - Kumbokarno |
Dhandhanggula.
ꦣꦤ꧀ꦝꦁꦒꦸꦭ
1.
Yogyanira kang para prajurit,
lamun bisa samya anuladha,
kadya nguni caritane,
andelira sang Prabu,
Sasrabau ing Maespati,
aran Patih Suwanda,
lalabuhanipun,
kang ginelung tri prakara,
guna kaya purune kang den antepi,
nuhoni trah utama.
꧇꧑꧇
ꦪꦺꦴꦒꦾꦤꦶꦫꦏꦁꦥꦫꦥꦿꦗꦸꦫꦶꦠ꧀
ꦭꦩꦸꦤ꧀ꦧꦶꦱꦱꦩꦾꦄꦤꦸꦭꦣ꧈
ꦏꦣꦾꦔꦸꦤꦶꦕꦫꦶꦠꦤꦺ꧈
ꦄꦤ꧀ꦝꦺꦭꦶꦫꦱꦁꦥꦿꦧꦸ꧈
ꦱꦱꦿꦧꦻꦴꦆꦁꦩꦌꦱ꧀ꦥꦠꦶ꧈
ꦄꦫꦤ꧀ꦥꦠꦶꦃꦱꦸꦮꦤ꧀ꦝ꧈
ꦭꦭꦧꦸꦲꦤꦶꦥꦸꦤ꧀
ꦏꦁꦒꦶꦤꦼꦭꦸꦁꦠꦿꦶꦥꦿꦏꦫ꧈
ꦒꦸꦤꦏꦪꦥꦸꦫꦸꦤꦺꦏꦁꦣꦺꦤ꧀ꦄꦤ꧀ꦠꦼꦥꦶ꧈
ꦤꦸꦲꦺꦴꦤꦶꦠꦿꦃꦈꦠꦩ꧉
(Yogyane (becike) para prajurit, kabeh bisa niru (nyonto) kaya dongengan jaman kuna, andel-andele sang Prabu Sasrabau ing negara Maespati, sing asmane Patih Suwanda. Lelabuhane (jasa) kang diantepi dening patih Suwanda marang negara digelung (diringkes, dipadukan) dadi siji yaiku: guna, kaya, purun, nuhoni (ngantepi) trahing wong utama.
2.
Lire lalabuhan tri prakawis,
guna bisa saneskareng karya,
binudi dadi unggule,
kaya sayektinipun,
duk bantu prang Manggada nagri,
amboyong putri domas,
katur ratunipun,
purune sampun tetela,
aprang tandhing lan ditya Ngalengka aji,
Suwanda mati ngrana.
꧇꧒꧇꧉
ꦭꦶꦫꦺꦭꦭꦧꦸꦲꦤ꧀ꦠꦿꦶꦥꦿꦏꦮꦶꦱ꧀
ꦒꦸꦤꦧꦶꦱꦱꦤꦺꦱ꧀ꦏꦫꦺꦁꦏꦂꦪ꧈
ꦧꦶꦤꦸꦣꦶꦣꦝꦶꦈꦁꦒꦸꦭꦺ꧈
ꦏꦪꦱꦪꦺꦏ꧀ꦠꦶꦤꦶꦥꦸꦤ꧀
ꦣꦸꦏ꧀ꦧꦤ꧀ꦠꦸꦥꦿꦁꦩꦁꦒꦣꦤꦒꦿꦶ꧈
ꦄꦩ꧀ꦧꦺꦴꦪꦺꦴꦁꦥꦸꦠꦿꦶꦣꦺꦴꦩꦱ꧀
ꦏꦠꦸꦂꦫꦠꦸꦤꦶꦥꦸꦤ꧀
ꦥꦸꦫꦸꦤꦺꦱꦩ꧀ꦥꦸꦤ꧀ꦠꦼꦠꦼꦭ꧈
ꦄꦥꦿꦁꦠꦤ꧀ꦝꦶꦁꦭꦤ꧀ꦝꦶꦠꦾꦔꦭꦺꦁꦏꦄꦗꦶ꧈
ꦱꦸꦮꦤ꧀ꦝꦩꦠꦶꦔꦿꦤ꧉
(Tegese lelabuhan telung prakara yaiku :
1. guna, bisa mrantasi gawe supaya dadi unggul,
2. kaya : nalika paprangan negara Manggada, bisa mboyong putri dhomas, diaturake marang ratu,
3. purun : kekendale wis nyata nalika perang tandhing karo Dasamuka, ratu negara Ngalengka, patih Suwanda gugur ing madyaning paprangan)
3.
Wonten malih tuladhan prayogi,
satriya gung nagari Ngalengka,
sang Kumbakarna namane,
tur iku warna diyu,
suprandene nggayuh utami,
duk awit prang Ngalengka,
dennya darbe atur,
mring raka amrih raharja,
Dasamuka tan keguh ing atur yekti,
de mung mungsuh wanara.
꧇꧓꧇꧉
ꦮꦺꦴꦤ꧀ꦠꦺꦤ꧀ꦩꦭꦶꦃꦠꦸꦭꦣꦤ꧀ꦥꦿꦪꦺꦴꦒꦶ꧈
ꦱꦠꦿꦶꦪꦒꦸꦁꦤꦒꦫꦶꦔꦭꦺꦁꦏ꧈
ꦱꦁꦏꦸꦩ꧀ꦧꦏꦂꦤꦤꦩꦤꦺ꧈
ꦠꦸꦂꦆꦏꦸꦮꦂꦤꦣꦶꦪꦸ꧈
ꦱꦸꦥꦿꦤ꧀ꦝꦺꦤꦺꦔ꧀ꦒꦪꦸꦃꦈꦠꦩꦶ꧈
ꦣꦸꦏ꧀ꦄꦮꦶꦠ꧀ꦥꦿꦁꦔꦭꦺꦁꦏ꧈
ꦣꦼꦤ꧀ꦚꦣꦂꦧꦺꦄꦠꦸꦂ꧈
ꦩꦿꦶꦁꦫꦏꦄꦩꦿꦶꦃꦫꦲꦂꦗ꧈
ꦣꦱꦩꦸꦏꦠꦤ꧀ꦏꦼꦒꦸꦃꦆꦁꦄꦠꦸꦂꦪꦼꦏ꧀ꦠꦶ꧈
ꦣꦼꦩꦸꦁꦩꦸꦁꦱꦸꦃꦮꦤꦫ꧉
(Ana maneh conto sing prayoga (becik) yaiku satriya agung ing negara Ngalengka sing asmane Kumbakarna. Sanadyan wujude buta, parandene kepengin nggayuh kautaman. Nalika wiwit perang Ngalengka dheweke nduwe atur marang ingkang raka supaya Ngalengka tetep slamet (raharja). Dasamuka ora nggugu guneme Kumbakarna, jalaran mung mungsuh bala kethek.)
4.
Kumbakarna kinen mangsah jurit,
mring kang raka sira tan lenggana,
nglungguhi kasatriyane,
ing tekad datan purun,
amung cipta labuh nagari,
lan nolih yayah rena,
myang leluhuripun,
wus mukti aneng Ngalengka,
mangke arsa rinusak ing bala kapi,
punagi mati ngrana.
꧇꧔꧇꧉
ꦏꦸꦩ꧀ꦧꦏꦂꦤꦏꦶꦤꦼꦤ꧀ꦩꦁꦱꦃꦗꦸꦫꦶꦠ꧀
ꦩꦿꦶꦁꦏꦁꦫꦏꦱꦶꦫꦠꦤ꧀ꦊꦁꦒꦤ꧈
ꦔ꧀ꦭꦸꦁꦒꦸꦲꦶꦏꦱꦠꦿꦶꦪꦤꦺ꧈
ꦆꦁꦠꦺꦏꦣ꧀ꦝꦠꦤ꧀ꦥꦸꦫꦸꦤ꧀
ꦄꦩꦸꦁꦕꦶꦥ꧀ꦠꦭꦧꦸꦃꦤꦒꦫꦶ꧈
ꦭꦤ꧀ꦤꦺꦴꦭꦶꦃꦪꦪꦃꦉꦤ꧈
ꦩꦾꦁꦊꦭꦸꦲꦸꦫꦶꦥꦸꦤ꧀
ꦮꦸꦱ꧀ꦩꦸꦏ꧀ꦠꦶꦄꦤꦺꦁꦔꦭꦺꦁꦏ꧈
ꦩꦁꦏꦺꦄꦂꦱꦫꦶꦤꦸꦱꦏ꧀ꦆꦁꦧꦭꦏꦥꦶ꧈
ꦥꦸꦤꦒꦶꦩꦠꦶꦔꦿꦤ꧉
(Kumbakarna didhawuhi maju perang, ora mbantah jalaran nglungguhi (netepi) watak satriyane. Tekade ora gelem, mung mikir labuh negara, lan ngelingi bapak ibune sarta leluhure, sing wis mukti ana ing Ngalengka, saiki arep dirusak bala kethek. Luwih becik gugur ing paprangan.)
5.
Yogya malih kinarya palupi,
Suryaputra Narpati Ngawangga,
lan Pandhawa tur kadange,
len yayah tunggil ibu,
suwita mring Sri Kurupati,
aneng nagri Ngastina,
kinarya gul-agul,
manggala golonganing prang,
Bratayuda ingadegken senapati,
ngalaga ing Korawa.
꧇꧕꧇꧉
ꦪꦺꦴꦒꦾꦩꦭꦶꦃꦏꦶꦤꦂꦪꦥꦭꦸꦥꦶ꧈
ꦱꦸꦂꦪꦥꦸꦠꦿꦤꦂꦥꦠꦶꦔꦮꦁꦒ꧈
ꦭꦤ꧀ꦥꦤ꧀ꦝꦮꦠꦸꦂꦏꦣꦔꦺ꧈
ꦊꦤ꧀ꦪꦪꦃꦠꦸꦁꦒꦶꦭ꧀ꦆꦧꦸ꧈
ꦱꦸꦮꦶꦠꦩꦿꦶꦁꦱꦿꦶꦏꦸꦫꦸꦥꦠꦶ꧈
ꦄꦤꦺꦁꦤꦒꦿꦶꦔꦱ꧀ꦠꦶꦤ꧈
ꦏꦶꦤꦂꦪꦒꦸꦭ꧀ꦄꦒꦸꦭ꧀
ꦩꦁꦒꦭꦒꦺꦴꦭꦺꦴꦔꦤꦶꦁꦥꦿꦁ꧈
ꦧꦿꦠꦪꦸꦣꦆꦔꦣꦺꦒ꧀ꦏꦺꦤ꧀ꦱꦺꦤꦥꦠꦶ꧈
ꦔꦭꦒꦆꦁꦏꦺꦴꦫꦮ꧉
(Ana maneh sing kena digawe patuladhan yaiku R. Suryaputra ratu ing negara Ngawangga. Karo Pandhawa isih sadulur seje bapa tunggal ibu. R. Suryaputra suwita marang Prabu Kurupati ing negara Ngastina. Didadekake manggalaning (panglima ) prajurit Ngastina nalika ing perang Bratayuda)
6.
Minungsuhken kadange pribadi,
aprang tandhing lan sang Dananjaya,
Sri Karna suka manahe,
dene sira pikantuk,
marga dennya arsa males-sih,
ira sang Duryudana,
marmanta kalangkung,
dennya ngetog kasudiran,
aprang rame Karna mati jinemparing,
sumbaga wirotama.
꧇꧖꧇꧉
ꦩꦶꦤꦸꦁꦱꦸꦃꦏꦺꦤ꧀ꦏꦣꦔꦺꦥꦿꦶꦧꦣꦶ꧈
ꦄꦥꦿꦁꦠꦤ꧀ꦝꦶꦁꦭꦤ꧀ꦱꦁꦣꦤꦚ꧀ꦗꦪ꧈
ꦱꦿꦶꦏꦂꦤꦱꦸꦏꦩꦤꦲꦺ꧈
ꦣꦼꦤꦼꦱꦶꦫꦥꦶꦏꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀
ꦩꦂꦒꦣꦼꦤ꧀ꦚꦄꦂꦱꦩꦭꦺꦱ꧀ꦱꦶꦃ꧈
ꦆꦫꦱꦁꦣꦸꦂꦪꦸꦣꦤ꧈
ꦩꦂꦩꦤ꧀ꦠꦏꦭꦁꦏꦸꦁ꧈
ꦣꦼꦤ꧀ꦚꦔꦼꦠꦺꦴꦒ꧀ꦏꦱꦸꦣꦶꦫꦤ꧀
ꦄꦥꦿꦁꦫꦩꦺꦏꦂꦤꦩꦠꦶꦗꦶꦤꦼꦩ꧀ꦥꦫꦶꦁ꧈
ꦱꦸꦩ꧀ꦧꦒꦮꦶꦫꦺꦴꦠꦩ꧉
(Dimungsuhake karo sedulure dhewe, yaiku R. Arjuna (Dananjaya). Prabu Karna seneng banget atine jalaran oelh dalan kanggo males kabecikane Prabu Duryudana. Mulane banget anggone ngetog kasudiran (kekendelan). Wusanane Karna gugur kena panah. Kondhang minangka prajurit kang utama).
7.
Katri mangka sudarsaneng Jawi,
pantes lamun sagung pra prawira,
amirita sakadare,
ing lalabuhanipun,
aja kongsi mbuwang palupi,
manawa tibeng nistha,
ina esthinipun,
sanadyan tekading buta,
tan prabeda budi panduming dumadi,
marsudi ing kotaman.
꧇꧗꧇꧉
ꦏꦠꦿꦶꦩꦁꦏꦱꦸꦣꦂꦱꦤꦺꦁꦗꦮꦶ꧈
ꦥꦤ꧀ꦠꦺꦱ꧀ꦭꦩꦸꦤ꧀ꦱꦒꦸꦁꦥꦿꦥꦿꦮꦶꦫ꧈
ꦄꦩꦶꦫꦶꦠꦱꦏꦣꦫꦺ꧈
ꦆꦁꦭꦭꦧꦸꦲꦤꦶꦥꦸꦤ꧀
ꦄꦗꦏꦺꦴꦁꦱꦶꦩ꧀ꦧꦸꦮꦁꦥꦭꦸꦥꦶ꧈
ꦩꦤꦮꦠꦶꦧꦺꦁꦤꦶꦱ꧀ꦛ꧈
ꦆꦤꦄꦼꦱ꧀ꦛꦶꦤꦶꦥꦸꦤ꧀
ꦱꦤꦣꦾꦤ꧀ꦠꦼꦏꦣꦶꦁꦧꦸꦠ꧈
ꦠꦤ꧀ꦥꦿꦧꦺꦣꦧꦸꦣꦶꦥꦤ꧀ꦝꦸꦩꦶꦁꦣꦸꦩꦣꦶ꧈
ꦩꦂꦱꦸꦣꦶꦆꦁꦏꦺꦴꦠꦩꦤ꧀꧈
(Conto telu-telune mau minangka patuladhan tanah Jawa. Becik (pantes) yen sakabehe para perwira nuladha sakadare (sakuwasane). Aja nganti mbuwang conto, jalaran yen tibaning apes dadi ina. Sanadyan tekade buta, ora beda kalawan titah liya, nggolek kautaman)
Tegese tembung :
yogyanira = becike, sebaiknya.
prajurit = bala, tantra, saradhadhu, bala koswa, tentara.
kadya = lir, pindha, kaya, seperti.
nguni = jaman biyen, dahulu kala.
andelira = andel-andele , andalan.
lelabuhanipun = jasane, jasa.
ginelung = diringkes, dipadukan.
guna = kapinteran, kepandaian.
kaya = bandha donya, kekayaan.
purun = wani, gelem, keberanian.
nuhoni = netepi, menepati.
trah = turun, tedhak, keturunan
utama = becik, apik, terbaik.
lir = kaya, teges, makna, arti.
saneskareng = saneskara + ing = samubarang, sakabehe, sembarang.
karya = gawe, kardi, pekerjaan.
binudi = budi + in = diupayakake, diusahakan.
sayekti = sayektos, temene, sesungguhnya.
duk = nalika, ketika.
dhomas = 800. samas = 400.
tetela = cetha, terang, jelas.
aprang tandhing = perang ijen lawan ijen, perang satu lawan satu.
ditya = buta, raseksa, diyu, wil, danawa, raksasa.
ngrana = ing paprangan, palagan, pabaratan, medan perang.
suprandene = parandene, sanajan mangkono, walaupun demikian.
darbe = duwe, mempunyai.
raka = kakang, kakak.
raharja = slamet, wilujeng, rahayu, rahajeng, selamat, sejahtera.
de mung = dene mung , jalaran mung, hanya karena.
wanara = kethek, kapi, rewanda, kera.
kinen = ken + in = dikongkon, diutus, diperintah.
mangsah jurit = maju perang, menuju ke medan laga.
sira = dheweke, piyambakipun, panjenenganipun, dia.
lenggana = nolak, mbantah, menolak.
datan = tan, ora, tidak.
labuh = berjuang.
yayah rena = bapak ibu, ayah dan ibu.
myang = lan, dan
arsa = arep, ayun, apti, akan.
punagi = sumpah.
palupi = conto, sudarsana, tuladha, contoh.
narpati = ratu, raja, katong, narapati, naradipati, narendra, raja.
kadang = sedulur, saudara.
suwita = ngabdi, menghamba.
kinarya = karya + in = digawe, dipakai.
agul-agul = andel-andel, andalan.
manggala = panglima
senapati = pangedhene prajurit, pemimpin perang, panglima perang.
manahe = atine, hatinya.
pikantuk = oleh, mendapat.
marmanta = marma + anta = sebabe, sebabnya.
kasudiran = kekendelan, kasekten, kesaktian.
jinemparing = jemparing + in = dipanah.
sumbaga = kondhang, kaloka, kajanapriya, terkenal.
wirotama = wira + utama = prajurit pinunjul, prajurit yang hebat.
katri = katelu, ketiga.
sudarsaneng = sudarsana + ing = conto.
amirita = nirua, ikutilah.
kongsi = nganti, sampai.
dumadi = titah, makhluk.
marsudi = ngupaya, nggoleki, berusaha.
kotaman = ka + utama + an = keutamaan.
![]() |
Bambang Sukrosono - Bambang Sumantri |
Keterangan Kisah Serat Tripama
Serat Tripama adalah karya sastra yang ditulis oleh KGPAA Mangkunegara IV dalam bentuk tembang Dhandhanggula.
Serat ini terdiri dari tujuh bait.
Ciri khas Serat Tripama :
- Hanya terdiri dari satu pupuh, yaitu Dhandhanggula
- Berisi nilai-nilai kejujuran, keteladanan, dan religiusitas
- Memiliki nilai-nilai yang mendalam dalam pembentukan karakter
- Menceritakan tiga tokoh ksatria, yaitu Patih Suwanda, Kumbakarna, dan Adipati Karna
Tokoh-tokoh dalam Serat Tripama :
- Patih Suwanda (Bambang Sumantri)
- Kumbakarna, saudara kandung Prabu Dasamuka raja Ngalengkadiraja
- Adipati Karna (Suryaputra), saudara satu ibu lain bapak dengan Pandawa
Makna kata Tripama :
- Kata Tripama berasal dari tiga kata, yaitu "tri" artinya tiga, "pa" artinya patuladhan (contoh), dan "ma" artinya utama
- Maksudnya, dalam Serat Tripama terdapat tiga teladan orang baik yang dapat dijadikan contoh
- Selain Serat Tripama, KGPAA Mangkunegara IV juga menciptakan Serat Darmalaksita atau Darmawasista.
Pelajaran yang dapat diambil dari Serat Tripama adalah nilai-nilai keutamaan, seperti kejujuran, keberanian, komitmen, dan nasionalisme.
Nilai-nilai keutamaan :
- Kejujuran, Keberanian, Komitmen, Loyalitas, Dedikasi, Kerja keras, Keuletan, Adil, Sportif, Menghormati.
- Nilai nasionalisme Cinta tanah air, Membalas budi, Mengabdi kepada negara, Mengutamakan kepentingan negara.
Nilai-nilai luhur :
- Patut menjadi suri teladan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
- Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan keluarga
- Menjunjung tinggi komitmen
- Mencari, memperjuangkan, dan memelihara keutamaan dalam kehidupan
Tokoh teladan Patih Suwanda, Kumbakarna, Adipati Basukarna, Adipati Suryaputra.
Serat Tripama adalah karya sastra klasik yang ditulis oleh K.G.P.A.A. Mangkunegara IV. Serat ini sering dinyanyikan oleh anak-anak sekolah dan dikutip sebagai lirik dalam musik gamelan.
![]() |
Kumbokarno |
![]() |
Bambang Sumantri |
![]() |
Adipati Karno |
Dalil Tentang Pemimpin Menurut Al Qur'an Hadits.
Dalam Al-Qur'an, banyak ayat yang menjelaskan tentang pentingnya peran pemimpin. Demikian pula dalam hadits Rasulullah SAW tentang kepemimpinan.
Berikut beberapa dalil tentang pemimpin dalam Al-Qur'an dan Hadits.
1. Al-Qur'an surah Al Baqarah ayat 30,
وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اِنِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةً ۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ ٣٠
Artinya: "(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Aku hendak menjadikan khalifah di bumi." Mereka berkata, "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?" Dia berfirman, "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.""
2. Al-Qur'an surah An Nisa ayat 59,
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ ٥٩
Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nabi Muhammad) serta ululamri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunahnya) jika kamu beriman kepada Allah dan hari Akhir. Yang demikian itu lebih baik (bagimu) dan lebih bagus akibatnya (di dunia dan di akhirat)."
3. Al-Qur'an surah Shad ayat 26,
يٰدَاوٗدُ اِنَّا جَعَلْنٰكَ خَلِيْفَةً فِى الْاَرْضِ فَاحْكُمْ بَيْنَ النَّاسِ بِالْحَقِّ وَلَا تَتَّبِعِ الْهَوٰى فَيُضِلَّكَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَضِلُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيْدٌ ۢبِمَا نَسُوْا يَوْمَ الْحِسَابِ ࣖ ٢٦
Artinya: "(Allah berfirman,) "Wahai Daud, sesungguhnya Kami menjadikanmu khalifah (penguasa) di bumi. Maka, berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan hak dan janganlah mengikuti hawa nafsu karena akan menyesatkan engkau dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari Perhitungan.""
4. Al-Qur'an surah Ali Imran ayat 159,
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ ١٥٩
Artinya: "Maka, berkat rahmat Allah engkau (Nabi Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Seandainya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka akan menjauh dari sekitarmu. Oleh karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam segala urusan (penting). Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakal."
5. Hadits Bahwa Manusia Adalah Pemimpin
Dikutip dari buku Shahih Bukhari Muslim karya Muhamad Fu'ad Abdul Baqi, hadits tentang pemimpin yaitu :
Rasulullah SAW bersabda, "Kalian semuanya pemimpin (pemelihara) dan bertanggung jawab terhadap rakyatnya. Seorang raja adalah pemimpin bagi rakyanya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya. Seorang suami memimpin keluarganya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya. Seorang ibu memimpin rumah suaminya dan anak-anaknya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya. Seorang hamba (buruh) pemimpin harta milik majikannya akan ditanya tentang pemeliharaannya. Camkan bahwa kalian semua adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawaban tentang kepemimpinannya." (HR Bukhari)
6. Hadits Taat Kepada Pemimpin
Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang taat kepadaku maka berarti taat kepada Allah, dan siapa yang maksiat kepadaku berarti maksiat kepada Allah, dan siapa yang taat kepada pimpinan yang aku angkat, berarti taat kepadaku, dan siapa melanggar pemimpin yang aku angkat, berarti melanggar aturanku." (HR Bukhari).
7. Hadits Mengikuti Aturan Pemimpin yang Baik
Rasulullah SAW bersabda, "Patuh dan taat itu (pada pemimpin) adalah wajib bagi seseorang dalam hal apa yang ia suka atau benci, selama tidak diperintah berbuat maksiat. Jika diperintah maksiat, maka tidak wajib patuh dan taat." (HR Bukhari).
Kriteria Pemimpin yang Baik Menurut Nabi (NU Online)
Semakin mendekati masa-masa pemilihan umum calon presiden, isu terkait kepemimpinan muncul kembali di muka publik. Menjadi pemimpin sendiri bukanlah suatu tugas yang mudah, ada tanggung jawab yang besar di balik kepemimpinan yang diemban seseorang, apalagi jangkauan kepemimpinan tersebut meliputi satu negara dengan populasi yang besar, tentu bukan main-main.
Terkait kepemimpinan, Islam sendiri sangat peduli terhadap etika dan moral yang harus dimiliki seorang pemimpin. Tentunya, pemimpin ideal dalam sejarah Islam adalah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan untuk menakar kepemimpinan yang ideal, tiga dari empat sifat wajib bagi para nabi dan rasul berupa siddiq (jujur), amanah (dipercaya), fathanah (cerdas) dapat menjadi landasan kriteria pemimpin yang baik.
Apabila melihat kepemimpinan dari sisi hadis, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri pernah menegaskan salah satu sahabatnya untuk tidak meminta jabatan, ucapan ini terekam dalam hadis riwayat al-Bukhari :
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ قَالَ لِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ سَمُرَةَ لَا تَسْأَلْ الْإِمَارَةَ فَإِنَّكَ إِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ مَسْأَلَةٍ وُكِلْتَ إِلَيْهَا وَإِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ غَيْرِ مَسْأَلَةٍ أُعِنْتَ عَلَيْهَا وَإِذَا حَلَفْتَ عَلَى يَمِينٍ فَرَأَيْتَ غَيْرَهَا خَيْرًا مِنْهَا فَكَفِّرْ عَنْ يَمِينِكَ وَأْتِ الَّذِي هُوَ خَيْرٌ
Artinya : “Dari Abdurrahman bin Samurah, beliau mengatakan, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata kepadaku: “Wahai Abdurrahman bin Samurah, janganlah kamu meminta jabatan, sebab jika kamu diberi jabatan dengan tanpa meminta, maka kamu akan ditolong, dan jika kamu diberinya karena meminta, maka kamu akan ditelantarkan, dan jika kamu bersumpah, lantas kamu lihat ada suatu yang lebih baik, maka bayarlah kafarat sumpahmu dan lakukanlah yang lebih baik.” (Hadis riwayat Imam al-Bukhari).
Terkait makna hadis tersebut, al-Wallawi dalam Dzahirah al-‘Uqba mengomentari :
ومعنى الْحَدِيث: أن منْ طلب الإمارة، فأُعطيها تُركت إعانته عليها، منْ أجل حرصه. (وَإِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ غَيْرِ مَسْأَلةٍ أُعِنْتَ عَلَيْهَا) أي أعانك الله تعالى، وألهمك الحقّ، حَتَّى تسعد فِي الدنيا والآخرة.
Artinya : “Makna hadits tersebut adalah siapa pun yang meminta kepemimpinan dan dikabulkan, maka Allah akan menghilangkan pertolongan karena kerakusannya. Adapun lafaz hadis [Dan jika kamu diberikan kepemimpinan tanpa diminta, maka kamu akan mendapatkan pertolongan], maksudnya adalah Allah SWT akan menolongmu dan mengilhamimu dengan kebenaran, sehingga kamu dapat bahagia di dunia dan akhirat.” (Muhammad ibn ‘Ali al-Wallawi, Dazhirah al-‘Uqba fi syarh Sunan al-Nasa’i al-Mujtaba, Dar al-Mi’raj al-Dauliyah, juz 39, halaman 235)
Dari hadis di atas beserta penjelasannya, ada kriteria yang dapat kita tetapkan untuk melihat pemimpin-pemimpin di sekitar kita yang sedang mencalonkan diri. Sifat tamak dan rakus merupakan sifat buruk yang seharusnya tidak ada di dalam jiwa seorang pemimpin. Kerakusan dan ketamakan akan melahirkan kecurangan ketika menjalankan kepemimpinan, sedangkan pemimpin yang curang disinggung oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak Allah masukkan ke dalam surga. Dalam hadis riwayat Imam al-Bukhari :
ماَ مِنْ عَبْدٍ يَسْتَرْعِيْهِ اللَّهُ رَعِيَّةً، يَمُوْتُ يَوْمَ يَمُوْتُ، وَهُوَ غَاشٌّ لِرَعِيَّتِهِ، إِلاَّ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ
Artinya : “Tidaklah seorang hamba yang diserahi Allah untuk memimpin rakyat, lalu ia meninggal dunia dalam keadaan curang terhadap rakyatnya, kecuali Allah mengharamkannya masuk surga.” (Hadis riwayat Imam al-Bukhari)
Selanjutnya adalah sifat amanah dan bertanggung jawab merupakan sifat mendasar yang harus ada pada seorang pemimpin. Sifat amanah dan bertanggung jawab ini akan berpengaruh pada putusan yang diambilnya, pada pandangan dirinya ketika menangani kasus dan problematika yang menjadi tanggung jawabnya serta memperhatikan kepentingan orang-orang yang dipimpinnya. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَلَا كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ فَالْإِمَامُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى أَهْلِ بَيْتِ زَوْجِهَا وَوَلَدِهِ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ وَعَبْدُ الرَّجُلِ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ أَلَا فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
Artinya : “Dari ‘Abdullah bin Umar radliallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ketahuilah setiap dari kalian adalah seorang pemimpin, dan kalian akan dimintai pertanggungjawabannya atas yang dipimpin. Penguasa yang memimpin orang banyak akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya, setiap kepala keluarga adalah pemimpin anggota keluarganya dan dia dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya, dan isteri pemimpin terhadap keluargan suaminya dan juga anak-anaknya, dan dia akan dimintai pertanggungjawabannya terhadap mereka, budak juga seorang pemimpin terhadap harta tuannya dan akan dimintai pertanggungjawaban terhadapnya, ketahuilah, setiap kalian adalah bertanggung jawab atas yang dipimpinnya.”
Kemudian, seorang pemimpin haruslah orang yang ahli, tentunya keahliannya dalam menata kewarganegaraan yang akan membawa negara dan rakyat pada kestabilan di berbagai bidang, baik kemananan, ekonomi, politik, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Memberikan kepercayaan kepada yang bukan ahlinya merupakan suatu tanda kehancuran, sebagaimana Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :
فَإِذَا ضُيِّعَتْ الْأَمَانَةُ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ، قَالَ: كَيْفَ إِضَاعَتُهَا؟ قَالَ: إِذَا وُسِّدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظَرْ السَّاعَةَ. رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ
Artinya : “Apabila sifat Amanah sudah hilang, maka tunggulah terjadinya kiamat”. Orang itu bertanya, “Bagaimana hilangnya amanah itu?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah terjadinya kiamat”. (Hadis riwayat Imam al-Bukhari).
Al-Qasthallani memberi penjelasan bahwa orang yang tidak ahli dalam hal ini adalah orang-orang yang tidak ahli dalam agama dan tidak ahli dalam menjaga amanah. Selain itu, al-Qasthallani mengutip perkataan Ibn Batthal terkait penjelasan hadis ini :
إن الأئمة ائتمنهم الله على عباده وفرض عليهم النصح، وإذا قلدوا الأمر لغير أهل الدين فقد ضيعوا الأمانات، وفيه: أن الساعة لا تقوم حتى يؤتمن الخائن، وهذا إنما يكون إذا غلب الجهّال وضعف أهل الحق عن القيام به ونصرته
Artinya : “Para pemimpin telah diamanahi oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya, dan Allah telah mewajibkan para pemimpin untuk membimbing, jika mereka mempercayakan urusan itu kepada orang lain selain ahli agama, maka mereka telah kehilangan amanah tersebut. Kemudian, Hari Kiamat tidak akan tiba sampai orang yang curang itu diberi amanah, dan ini hanya akan terjadi jika orang-orang bodoh mendominasi dan orang-orang yang benar lemah dalam memegang dan memperjuangkan kepemimpinan.” (Muhammad ibn Ahmad al-Qasthallani, Irsyad al-Sari li syarh Shahih al-Bukhari, Mesir: al-Mathba’ah al-Kubra al-Amiriyah, 1323, juz 1 halaman 155)
Kemudian kriteria pemimpin selanjutnya yaitu yang dicintai dan mencintai rakyatnya, sebab Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :
خِيارُ أئِمَّتِكُمُ الَّذِينَ تُحِبُّونَهُمْ ويُحِبُّونَكُمْ، ويُصَلُّونَ علَيْكُم وتُصَلُّونَ عليهم، وشِرارُ أئِمَّتِكُمُ الَّذِينَ تُبْغِضُونَهُمْ ويُبْغِضُونَكُمْ، وتَلْعَنُونَهُمْ ويَلْعَنُونَكُمْ
Artinya: “Sebaik-baik pemimpin kalian adalah orang-orang yang kalian cintai dan mencintai kalian, kalian mendoakan mereka dan mereka pun mendoakan kalian. Dan seburuk-buruk pemimpin kalian adalah orang-orang yang kalian benci dan membenci kalian, kalian melaknat mereka dan mereka pun melaknat kalian.” (Hadis riwayat Imam Muslim). Wallahu a’lam bisshawwab
Semoga Tuhan seruan alam, membimbing dan limpahan semua kebaikan serta keberkahan bagi saya sendiri selalu penulis juga keluarga pada umumnya para pembaca artikel blogger ini.
Imajiner Nuswantoro
ꦆꦩꦗꦶꦪꦺꦂꦤꦸꦱ꧀ꦮꦤ꧀ꦠꦺꦴꦫꦺꦴ