MAKNA TEMBANG MOCOPAT
Tembang Macapat yaiku tembang utawa puisi tradisional ing tlatah Jawa sing paugeran–paugerane ono telu, yaiku guru lagu, guru gatra, lan guru wilangan. Ing ngisor iki bakal tak jelaske apa iku tembang macapat.
Tembang Macapat yaiku tembang utawa puisi tradisional ing tlatah Jawa sing paugeran – paugerane ono telu, yaiku guru lagu, guru gatra, lan guru wilangan. Tembang Macapat katah contone, antarane Maskumambang, Mijil, Sinom, Kinanthi , Asmarandana, Gambuh, Dhandhanggula, Durma, Pangkur, Megatruh, lan Pucung.
Tembang Jawa mocopat wonten 11 (sewelas) cacahe, kang gambarake jejering manungsa awit wonten garbane ibu ngantos kapundut ing ngarsane kang Maha Kuwaos, nggih meniko :
Tembang Jawa mocopat dapat digolongkankan menjadi 11 tembang, yang menggambarkan jalannya kehidupan manusia sejak didalam kandungan ibunda sampai meninggalnya untuk menghadap Yang Maha Kuasa, yaitu :
1. Maskumambang, gambarake jabang bayi sing isih ana kandhutane ibu, sing durung kawruhan lanang apa wadon. Mas tegese durung weruh lanang dan wadon. Kumambang tegese uripe ngambang nyang kandhutane ibune.
Melambangkan embrio yang masih dalam kandungan ibunya, yang belum diketahui laki atau perempuan. Mas, artinya belum diketahui laki atau perempuan, sedangkan Kumambang, artinya hidupnya masih dialam kandungan ibundanya.
2. Mijil, ateges wis lahir jabang bayine wujud lanang apa wadon
Artinya sudah lahir didunia jenis kelamin laki atau perempuan.
3. Kinanthi, saha tembung kanthi utawa tuntun, kang ateges dituntun supaya bisa mlaku ngambah panguripan alam ndonya.
Berasal dari kata kanthi atau menuntun, yang artinya dituntun supaya dapat berjalan didunia ini.
4. Sinom, tegese kanoman, minangka kalodhangan sing paling penting kanggone remaja supaya bisa ngansu kawruh sak akeh-akehe.
Artinya pemuda/remaja, disini yang terpenting bagi remaja agar bisa menuntut ilmu yang setinggi-tingginya.
5. Asmaradana, tegese rasa tresna, tresna marang liyan (pria lan wanita) kang kabeh mau wis dadi kodrat Illahi.
Artinya mempunyai rasa cinta kasih kepada sesamanya baik itu pria maupun wanita, karena semua itu sudah merupakan kehendak/kodrat Yang Maha Kuasa.
6. Gambuh, saka tembung jumbuh/sarujuk kang ateges yen wis jumbuh/sarujuk njur digathukake antarane pria lan wanita sing pada nduweni rasa tresna mau, ing pangangkah supaya bisaa urip bebrayan.
Berasal dari kata nyambung/sesuai yang artinya kalau sudah pas selanjutnya dijodohkan antara pria dan wanita yang sudah saling mencintai, dengan harapan dapat menjalin kehidupan yang langgeng.
7. Dandanggula, nggambarake wong kang lagi seneng-senenge, apa kang digayuh bisa kasembadan. Kelakon nduwe sisihan/keluarga, duwe omah, urip cukup kanggo sakkeluargane. Mula kuwi wong kang lagi bungah/bombong atine bisa diarani lagu dandanggula.
Menggambarkan seseorang yang berbahagia, apa yang dicita-citakan dapat terlaksana. Terlaksana mempunyai pasangan, mempunyai rumah, kehidupan yang kecukupan untuk keluarganya. Makanya seseorang yang sedang menemukan kebahagiaan dapat dikarakankan ibaratn lagunya dandanggula.
8. Durma, saka tembung darma/weweh. Wong yen wis rumongso kacukupan uripe banjur tuwuh rasa welas asih marang kadang mitra liyane kang lagi nandhang kacintrakan, mula banjur tuwuh rasa kepingin darma/weweh marang sapadha-padha. Kabeh mau disekunyung uga saka piwulange agama lan watak sosiale manungsa.
Berasal dari kata pemberi. Seseorang yang merasa kecukupan hidupnya kemudian tergugah rasa kasihan kepada sanak saudara yang sedang menderita, makanya tergugah ingin membantu dan memberi pertolongan kepada siapa saja. Semua itu diberikan pertolongan sesuai ajaran agama dan rasa sosialnya kepada sesama.
9. Pangkur, saka tembung mungkur kang ateges, nyingkiri hawa nepsu angkara murka, kang dipikir tansah kepingin weweh sapadha-padha.
Berasal dari kata meninggalkan yang artinya menghindari hawa nafsu yang angkara murka, semua yang dipikirkan senantiasa berkeinginan membantu kepada sesamanya.
10. Megatruh, saka tembung megat roh utawa pegat rohe/nyawane, awit wis titi wncine katimbalan marak sowan mring Sing Maha Kuasa.
Berasal dari kata lepas rohnya atau mati, karena sudah saatnya dipanggil menghadap kepada Yang Maha Kuasa.
11. Pucung, yen wis dadi layon/mayit banjur dibungkus mori putih utawa dipocong sak durunge dikubur.
Kalau sudah menjadi bangkai kemudian dibungkus dengan kain putih atau dipocong sebelum dikebumikan.
CARA MENCAPAI SUKSES AJARAN LELUHUR NUSANTARA
Tertulis pada karya Sastra Mocopat Dandhang Gula, diberikan contoh Sumantri anak Desa, putera dari seorang pertapa Begawan Swandagni yang hidup di Desa terpencil pegunungan sejak lahir hingga dewasa. Dengan cerita yang sedikit berliku akhirnya Sumantri berhasil menjadi seorang Perdana Menteri (Patih) di Kerajaan Maespati yang termasyhur.
Lalu apakah rahasia Kesuksesan tersebut ? Adalah tiga (3) faktor utama yang dibutuhkannya oleh setiap orang yang ingin Sukses. Penggalan Lirik tersebut berbunyi, yaitu, "Kang ginelung Tri Prakara,
1. Guna,
2.Koyo,
3. Purun den Antepi, Dadia Trah Utama".
1. Guna: yaitu Wajib memiliki "Guna" artinya, Kompetensi yang spesifik, berguna untuk masyarakat banyak, misalnya Ahli Bangunan, Ahli Montir, Ahli Listrik, Arsitek, Dokter, Spesialis Jantung, Pengajar, dst. Namun memiliki hanya satu ini saja tidaklah akan menjadi sukses hidupnya. Tidak cukup, masih Harus didukung No.2, yaitu, Koyo.
2. Koyo, Kaya, yang artinya Kapital, Modal, jika dia Ahli Montir haruslah memiliki Alat-alat yang diperlukan, dan Bengkel. Jika seorang Dokter haruslah memiliki Klinik. Namun memiliki kedua inipun menurut nasihat Leluhur tersebut belum akan menjamin keberhasilan, bisa saja sudah memiliki dua-duanya tapi malas, lemah daya juang, tidak tahan tekanan2 yang membuatnya menyerah, gagal. Jadi Wajib memiliki yang No.3 yaitu Purun.
3. Purun den Antepi: yang artinya, Kemauan Keras untuk sukses, Tekat Baja, rawe-rawe rantas, malang-malang putung. Lengkaplah modal untuk sukses duniawi, kang ginelung Tri Prakara, Guna, Kaya, Purun den Antepi, jadilah Trah Luhur, Trah Utama. Apabila manusia hidup tidak memiliki ketiga-tiganya ini, maka dikatakan bebasan "Aji Godhong Jati Aking". Harga selembar Daun Jati Kering yang hanya diinjak-injak orang.
Begitulah Rahasia Kesuksesan ajaran Leluhur, yang dicontohkan oleh Raden Sumantri. Semoga bermanfaat untuk Anak cucu kita.
Imajiner Nuswantoro