LAKON Jagat Gumelar
(Kedadeyan Alam Semesta)
LAKON JAGAT GUMELAR (KEDADEYAN ALAM SEMESTA) |
Lakon
iki nyritakake jagad raya ing wayang. Ingkang Maha Kuwasa nitahake alam kanthi
swara gumuruh, banjur katon cahya bunder sing muter. Cahya ingkang wujudipun
kados tigan, kacepeng dening ingkang Maha Kuwaos, lajeng kadamel dados liga
wujud.
Perangan
kulit cahya dadi bumi lan lungit, njero dadi Cahya utawa Teja, lan inti dadi
Manik lan Maya. Wong papat mau banjur disembah maneh wujude manungsa, awujud
bambangan kang becik.
Dheweke
diwenehi jeneng Batara Manik, Batara Nurada, Batara Antaga, lan Batara Ismaya,
lan diwenehi tugas nulis lakon. Batara Manik didhawuhi nata ing alam Tri Loka;
Batara Nurada didhawuhi nulungi Batara Manik; Batara Ismaya diutus ngunggahake
manungsa kang soleh ing donya; dene Batara Antaga mesthi dadi abdining manungsa
kang ala.
Makhluk
papat sing diciptakake dening Kang Maha Kuwasa iku mau padha bisa lan mangkat
menyang papan kuwajibane. Salajengipun, Batara Manik dipun wastani Batara Guru;
Batara Nurada minangka Batara Narada; Batara Antaga minangka Togog utawa
Tejamantri; Batara Ismaya minangka Semar alias Badranaya.
Batara
Guru banjur krama karo Dewi Uma, putri Batara Umaran saka Kerajaan Parasu.
Banjur padha nglairake para dewa.
Nalika
Batara Guru ngendika menawa pulo Jawa isih miring. Ing sisih kulon pulo kasebut
yaiku Gunung Jamurdipa sing gedhe lan dhuwur. Dadi sing Batara Guru dhawuh marang
kabeh anak-anake supaya negor gunung kasebut lan dipindhahake menyang sisih
wetan pulo kasebut.
Nalika
para dewa nyerang Gunung Jamur-dipa, pranyata padha ngrusak kahyangan papan
panggonane Batara Calakuta, makhluk liya sing diciptakake dening Kang Maha
Kuwasa. Batara Calakuta dhawuh marang sakehing makhluk berbisa. Ana perang
antarane Dewa lan Batara Calakuta lan anak buahe.
Batara
Calakuta kalah lan mlayu menyang lereng wetan gunung Jamurdipa. Ing papan kono
dheweke nggawe blumbang sing banyune bening nanging beracun banget. Bareng para
dewa wis tekan ing papan kono lan ngombe banyune, kabeh padha mati.
Batara
Guru kang sowan ing papan kono banjur gumun, kok para dewa padha mati kabeh.
Sauntara kuwi, amarga ngelak dheweke uga ngombe banyu kolam sing beracun.
Nanging bareng wis tekan tenggorokan, dheweke ngerti yen banyu iku beracun.
Sanalika dheweke muntahake banyu. Nanging, amarga konsentrasi racun kasebut,
gulu Batara Guru dadi biru. Pramila piyambakipun gadhah gelar Batara Nilakanta,
ingkang tegesipun Gulu Biru.
Kanthi
banyu panguripan, para dewa banjur urip maneh.
Dene
raksasa Gandarwa Rembuculung teka banjur ngrebut banyu panguripan lan diuntal.
Batara Candra kecekel lan dilapurake marang Batara Wisnu. Kanthi gaman Cakra,
Batara Wisnu ngethok gulune Rembuculung. Bagéyan awak saka gulu mudhun mati,
nanging sirahe Rembuculung tetep urip. Buta raksasa Gandarwa nduweni dendam
marang Batara Candra.
Salajengipun
kangge njagi alam ciptanipun Sang Hyang Kuasa, Batara Guru ugi nyipta
saperangan dewa sanesipun.
_____________
Jagad Gumelar Jagad Gumulung
Ilustrasi
photon belt (cincin photon) ini menunjukkan posisi bumi dan tata surya kita
saat ini yang sudah bergerak mendekati cincin photon. Bumi akan melewati
wilayah cincin selama 2000 tahun.
Posisi
bumi saat ini sudah berada di cincin photon galaksi kita. Catatan sejarah bumi
setiap kali memasuki cincin photon setiap 26.000 tahun akan mengalami
penyeimbangan secara masif. Efeknya adalah gempa tektonik dan vulkanik karena
pergeseran dan tumbukan antar lempeng benua.
Dampaknya
bisa sampai tenggelamnya pulau atau kemunculan pulau baru. Hilangnya peradaban
sangat maju (tehnologi lebih maju daripada sekarang) di masa-masa silam adalah
karena dampak dari peristiwa alam ini.
Kalender
Maya menunjukkan siklus 26.000 tahun pergerakan bumi mengitari galaksi dan
sampai kembali di wilayah cincin photon ini.
Bumi
bersama tata surya akan berada dalam wilayah cincin ini selama 2000 tahun.
Spiritual
Jawa mencatat peristiwa siklus ini dengan ungkapan jagad gumelar, jagad
gumulung. Bumi sudah berkali-kali mengalami siklus gelar gulung peradaban.
Jejak-jejak arkeologis bisa dipelajari untuk melihatnya.
Contoh,
ciri bangunan, relief dan patung yang ada di candi Sukuh berbeda dengan pada
candi Borobudur dan Prambanan serta candi era Majapahit. Piramid Gunung Padang
dan piramid lainnya juga berbeda yang bisa menunjukkan dibangun pada masa yang
berbeda.
Melalui
proses alam ini jiwa-jiwa didorong untuk berevolusi dan transformasi kesadaran.
Alam menyediakan mekanisme sedemikian rupa sehingga perilaku manusia dapat
terjaga dan manusia dapat menyadari dampaknya untuk lebih bertanggung jawab dan
tumbuh bijaksana.
Setiap
jiwa/soul hidup abadi dan berada dalam semesta ini untuk menjalani dan
mengalami perjalanan hidup. Istilah jiwa tua dan jiwa muda menunjukkan tingkat
evolusi kesadarannya yang tumbuh bersama dengan pengalaman-pengalaman hidup
fisiknya, yang telah berlangsung ribuan tahun dalam berbagai casing fisiknya.
Saat
ini adalah kesempatan bagi jiwa-jiwa yang siap untuk naik level kesadaran dari
menjalani hidup di realita Dimensi 3 naik ke Dimensi 5 yang biasa disebut
realita kehidupan surga. Kenaikan level tersebut disebut ascension atau moksa.
Siklus
26.000 tahunan yang ketiga kali ini menawarkan kesempatan bagi jiwa-jiwa di
bumi untuk ascension secara massal bersama bumi yang naik dari planet Dimensi 3
naik menjadi planet Dimensi 5. Jiwa yang memutuskan untuk tidak naik level akan
memiliki kesempatan di siklus 26.000 tahun berikutnya.
Peningkatan
aktivitas kegempaan pada masa ini adalah bagian dari proses kenaikan level
kehidupan di bumi dalam rangka penyelarasan untuk mencapai sudut ideal terhadap
posisi matahari yang diperkirakan akan semakin intensif dengan gempa
terus-menerus sepanjang hari.
Sebuah Pemahaman Tentang Tatanan Jagad Raya (Versi Ringgit Purwo)
Menuturkan
tentang proses terciptanya Kahyangan, digelarnya Alam Semesta, Penciptaan Bumi
dan Manusia, juga struktur pengelolaan serta hirarki dalam Alam Semesta.
Tulisan ini dimaksudkan agar kita lebih paham
akan tatanan alam Jagad Raya, lebih
menghargai semesta dan
menghargai proses penciptaan dalam
versi Pakem yang termasuk dalam kategori 'Sastra Jendra'. Babaran ini merupakan
penggal kecil dari
Serat
Praniti Radya yang dibuat oleh Sang Mapanji Sri Aji Jayabaya, Maharaja Nuswantara
dari Kerajaan induk Dahana Pura.
Awalnya
Kahyangan Pada awalnya, saat Alam Semesta ini masih
Suwung (kosong), belum ada kehidupan, tidak ada bintang, tidak ada planet-planet, dan tidak
ada unsur apapun, hanya terdapat sebuah sosok yangbernama Sang Hyang Ogra Pesti, wujud
Beliau tidak kelihatan karena diselimuti oleh cahaya yang sangat berkilau.
01. Sang Hyang Ogra Pesti
Sang Hyang Ogra Pesti yang tak lain adalah Sang Maha Pencipta Sang Hyang Ogra Pesti kemudian menciptakan sosok yang Bernama Sang Hyang Bramana Wasesa
02. Sang Hyang Bramana Wasesa
Sang Hyang Bramana Wasesa kemudian menciptakan sosok yang Bernama Sang Hyang Toya Wasesa
03. Sang Hyang Toya Wasesa
Sang Hyang Toya Wasesa kemudian menciptakan sosok yang Bernama Sang Hyang Wiji Wasesa Jagad
04. Sang Hyang Wiji Wasesa Jagad
Sang Hyang Wiji Wasesa Jagad kemudian menciptakan sosok yang Bernama Sang Hyang Jagad Pramana
05. Sang Hyang Jagad Pramana.
Sang Hyang
Jagad Pramana kemudian menciptakan sosok yang Bernama Sang Hyang Wasesa
Jagad Pramana
06. Sang Hyang Wasesa Jagad Pramana
Sang
Hyang Wasesa Jagad Pramana kemudian menciptakan sosok yang Bernama Sang Hyang
Jagad Kitaha
07. Sang Hyang Jagad Kitaha.
Sang
Hyang Jagad Kitaha kemudian menciptakan sosok yang Bernama Sang Hyang Atmana
08. Sang Hyang Atmana.
Sang Hyang Atmana kemudian menciptakan sosok yang bernama
Sang
Hyang Atmani
09. Sang Hyang Atmani
Sang
Hyang Atmani kemudian menciptakan sosok yang bernama Sang Hyang Arta Etu
10. Sang Hyang Arta Etu
Sang
Hyang Arta Etu kemudian menciptakan sosok yang bernama
Sang
Hyang Wilangan
11. Sang Hyang Wilangan
Sang
Hyang Wilangan kemudian menciptakan sosok yang bernama Sang Hyang Kasaha Etu Jagad
12. Sang Hyang Kasaha Etu Jagad
Sang
Hyang Kasaha Etu Jagad kemudian menciptakan sosok yang bernama Sang HyangTunggal
13. Sang Hyang Tunggal
Sang
Hyang Tunggal kemudian menciptakan sosok yang bernama Sang Hyang Wenang atau yang
dikenal juga dengan nama Sang Hyang Pada Winenang
14. Sang Hyang Wenang
Sang
Hyang Wenang kemudian menciptakan sosok yang bernama Sang Hyang Wening
15. Sang Hyang Wening
Semua Sang
Hyang mulai dari
Sang Hyang Ogra
Pesti sampai Sang Hyang
Wening tinggal di Kahyangan Alang-Alang Kumitir
Mulai
dari Sang Hyang Ogra Pesti sampai dengan Sang Hyang Tunggal tinggal di
Kahyangan Alang-Alang Kumitir bagian
atas yang disebut dengan Kahyangan Puncak Pemalang, sedangkan Sang Hyang Wenang
dan Sang Hyang Wening tinggal di Kahyangan Alang-Alang Kumitir bagian bawah
yang disebut dengan
Kahyangan
Ondar-Andir Bawana. Di antara Kahyangan Puncak Pemalang dengan Kahyangan
Ondar-Andir Bawana terdapat gerbang pembatas yang disebutKori Pengapit.
Sang
Hyang Wening atas seijin dari sang rama yaitu Sang Hyang Wenang kemudian menciptakan Kahyangan Manik Maninten
yang letaknya di bawah Kahyangan Alang-Alang Kumitir dan juga menciptakan
sebuah telur. Kemudian telur diremas dan pecah menjadi 3 bagian, dan semua
bagian melayang-layang.
Bagian
pertama adalah kulit atau cangkang telur yang walaupun remuk dan retak-retak
tetapi tetap melayang-layang, begitu juga bagian isi yaitu
putih
telur dan kuning telur, akan tetapi pada awalnya bagian putih telur dan kuning
telur masih menyatu dan tersambung.
Kemudian
oleh Sang Hyang Wening, bagian cangkang telur disabda menjadi sosok yang Bernama
Sang Hyang Batara Antiga atau nama lainnya adalah Teja Mantri. Setelah itu
putih telur dan kuning telur dipisah oleh Sang Hyang Wening, dari putih telur
disabda menjadi sosok yang Bernama Sang Hyang Batara Ismaya sedangkan bagian
kuning telur yang masih melayang-layang kemudian ditangkap dan disabda menjadi
sosok yang Bernama Sang Hyang Batara Manik Maya.
Ketiganya;
yaitu Sang Hyang Batara Antiga, Sang Hyang Batara Ismaya dan Sang Hyang Batara
Manik Maya berparas sangat tampan dan tinggal rukun di Kahyangan Manik Maninten
dan setelah itu Sang Hyang Wening kembali ke Kahyangan Alang-Alang Kumitir.
Sang
Hyang Batara Antiga adalah Dewa yang pertama kali mencoba untuk keluar dari
Kahyangan Manik Maninten dan mencoba meniru kebisaan dari Sang Hyang Wening
dengan melakukan berbagai sabda, karena kesalahan sabda maka terciptalah para
lelembut yang jumlahnya sangat banyak. Para lelembut yang terdiri dari para drubiksa
(raksasa) dan brekasakan itu berjumlah sangat banyak dan karena terwujud dari
sabda yang salah maka mereka tidak mempunyai logika, dikarenakan para lelembut itu
membutuhkan tempat, maka Sang Hyang Wening kemudian menciptakan Kahyangan Setra Ganda
Layu yang letaknya ada di bawah dari Kahyangan Manik Maninten.
Kemudian, Sang
Hyang Wening merasa
sudah tiba saatnya
ketiga anak-nya dibuatkan
pasangan sehingga dapat mempunyai keturunan, maka ditawarkanlah kepada
mereka untuk dibuatkan pasangan
hidup. Sebagai putra tertua, Sang Hyang Batara Antiga memilih untuk menjadi wadat [tidak mempunyai pasangan], sementara kedua adiknya bersedia. Maka Sang Hyang Wening mengambil bagian dari Sang Hyang Batara Ismaya dan disabda menjadi Sang Hyang Batari Kanestren yang kemudian menjadi pasangan hidup [istri] dari Sang Hyang Batara Ismaya, juga kemudian mengambil bagian dari Sang Hyang Batara Manik Maya dan disabda menjadi Sang Hyang Batari Uma yang kemudian menjadi istri dari Sang Hyang Batara Manik Maya.
Dari pasangan Sang Hyang Batara Ismaya dengan Sang Hyang Batari Kanestren dan Sang Hyang Batara Manik Maya dengan Sang Hyang Batari Uma inilah awal terjadinya proses reproduksi atau mempunyai keturunan.
Keturunan atau anak dari Sang Hyang Batara Ismaya dengan Sang Hyang Batari Kanestren adalah :
1.
Sang Hyang Batara Wungkuam
2.
Sang Hyang Batara Yamadipati
3.
Sang Hyang Batara Surya
4.
Sang Hyang Batara Kuwera
5.
Sang Hyang Batara Kamajaya
6.
Sang Hyang Batari Darmanastiti
7.
Sang Hyang Batara Hananta Boga
8.
Sang Hyang Batara Baruna
9.
Sang Hyang Batara Wisnu
10. Sang Hyang Batara
Platuk Temboro
Keturunan atau anak dari Sang Hyang Batara Manik Maya dengan Sang
Hyang Batari Uma adalah :
1.
Sang Hyang Batara Sambo
2.
Sang Hyang Batara Brama
3.
Sang Hyang Batara Indra
4.
Sang Hyang Batara Bayu
Kelak kemudian Sang Hyang Wening menciptakan pasangan buat putra-putri
para Batara dan Batari itu dan menciptakan Kahyangan untuk mereka yang letaknya
di bawah Kahyangan Manik Maninten tetapi di atas Kahyangan Setra Ganda Layu.
1.
Sang Hyang Ogra Pesti
2.
Sang Hyang Bramana Wasesa
3.
Sang Hyang Toya Wasesa
4.
Sang Hyang Wiji Wasesa Jagad
5.
Sang Hyang Jagad Pramana
6.
Sang Hyang Wasesa
Jagad Pramana Kahyangan
Sang
Hyang Jagad Kitaha
Puncak Pemalang Kahyangan
Sang
Hyang Atmana
Alang-Alang Kumitir
1.
Sang Hyang Atmani
2.
Sang Hyang Arta Etu
3.
Sang Hyang Wilangan
4.
Sang Hyang Kasaha Etu Jagad
5.
Sang Hyang Tunggal
Kori Pengapit
Sang
Hyang Wenang [Sang Hyang Pada Winenang]
Kahyangan Ondar Andir Bawana
Sang
Hyang Wening
Kahyangan
1.
Sang Hyang Batara Antiga
2.
Sang Hyang Batara Ismaya
3.
Sang Hyang Batara Manik Maya
4.
Sang Hyang Manik Maninten
5.
Sang Hyang Batari Kanestren
6.
Sang Hyang Batari Uma
7.
Sang Hyang Batara Wungkuam
8.
Sang Hyang Batara Sambo
9.
Sang Hyang Batara Yamadipati
10. Sang Hyang Batara
Bramai
11. Sang Hyang Batara
Surya
12. Sang Hyang Batara
Indra
13. Sang Hyang Batara
Kuwera
14. Sang Hyang Batara
Bayu
15. Sang Hyang Batara
Kamajaya
Kahyangan-nya
1.
Sang Hyang Batari Darmanastiti
2.
para Batara dan Batari
3.
Sang Hyang Batara Hananta Boga
4.
Sang Hyang Batara Baruna
5.
Sang Hyang Batara Wisnu
6.
Sang Hyang Batara Platuk Temboro
Lalu
dari para Batara dan Batari itu lahirlah putra-putri mereka yaitu para Dewa dan
Dewi, kemudian dibuatkanlah Kahyangan oleh Sang Hyang Wening untuk para
Dewa-Dewi itu yang letaknya di bawah Kahyangan dari para Batara-Batari dan di
atas Kahyangan Setra Ganda Layu.
Para
Dewa dan Dewi kemudian saling berpasangan dan lahirlah putra-putri mereka yaitu
para Widadara dan Widadari, kemudian dibuatkanlah Kahyangan oleh Sang Hyang
Wening untuk para Widadara-Widadari itu yang letaknya di bawah Kahyangan dari
para Dewa-Dewi dan di atas Kahyangan Setra Ganda Layu.
Para
Widadara dan Widadari kemudian saling berpasangan dan lahirlah putra-putri
mereka yaitu para Hapsara dan Hapsari, kemudian
dibuatkanlah Kahyangan oleh Sang Hyang Wening untuk para Hapsara-Hapsari
itu yang letaknya di bawah Kahyangan dari para Widadara-Widadari dan di atas Kahyangan
Setra Ganda Layu. Para Hapsara dan Hapsari tinggal di Kahyangan yang Bernama Kahyangan
Suralaya, mereka dikenal juga dengan sebutan Dang Hyang atau Danyang.
Saat
itu para penghuni di Kahyangan Setra Ganda Layu sudah terlalu banyak, banyak
lelembut dan drubiksa [raksasa] yang
memang tidak mengetahui
nilai-nilai tataran mulai jahil
dengan seenaknya mengunjungi
Kahyangan Suralaya maupun Kahyangan lainnya.
Hal
itu yang kemudian membuat Sang Hyang Wening merencanakan untuk mulai menggelar
jagad raya, dengan menciptakan Sela Matangkep atau Pintu Pengarip sebagai
batasan dunia, jadi para penghuni Kahyangan
Setra Ganda Layu tidak dapat lagi dengan seenaknya naik ke Kahyangan Suralaya
dan Kahyangan-Kahyangan lain yang lebih tinggi.
Sela Matangkep dijaga oleh Cingkara Bala dan Bala Upata yang tidak memperbolehkan
sesiapapun dapat memasuki dunia luhur tanpa menyebutkan kata sandi yang benar.
1.
Kahyangan Alang-Alang Kumitir
2.
Kahyangan Manik Maninten
3.
Kahyangan-nya para Batara dan Batari
4.
Kahyangan-nya para Dewa dan Dewi
5.
Kahyangan-nya para Widadara dan Widadari
6.
Kahyangan-nya para Hapsara dan Hapsari
7.
Sela Matangkep / Pintu Pengarip
8.
Kahyangan Setra Ganda Layu
Gelar Jagad
Atas sabda dari Sang Hyang Wening, kemudian diutuslah Sang Hyang Batara Ismaya, Sang Hyang Batara Brama, Sang Hyang Batara Indra, Sang Hyang Batara Surya, Sang Hyang Batari Ratih, Sang Hyang Batara Bayu, Sang Hyang Batara Hananta Boga, Sang Hyang Batara Baruna dan Sang Hyang Batara Wisnu untuk menciptakan tempat di luar Sela Matangkep.
Saat
itulah baru terciptanya dunia, dimulai dengan adanya Bintang yang diciptakan
oleh Sang Hyang Batara Ismaya atau dikenal
uga dengan nama Sang Hyang Batara
Kartika.
Sang Hyang Batara Brama bersama-sama dengan Sang Hyang Batara Hananta Boga dan Sang Hyang Batara Wisnu menciptakan Bumi dan planet-planet yang lain.
Bumi sendiri diciptakan awalnya dari sebuah gumpalan api yang dibuat oleh Sang Hyang Batara Brama yang kemudian dilapisi oleh jangkar bumi dan cangkang bumi oleh Sang Hyang Batara Hananta Boga dan Sang Hyang Batara Surya memindahkan kaki Kahyangan Ekacakra mendekati Bumi yang sekarang kita kenal dengan nama Matahari.
Kemudian Sang Hyang Batari Ratih juga memindahkan kaki Kahyangan Cakra Kembang ke dekatBumi yang kita kenal dengan nama Bulan, Sang Hyang Batara Bayu menciptakan atmosfir serta Sang Hyang Batara Indra menciptakan hujan. Bumi pada waktu itu masih panas karena belum ada lautan.
Baru setelah itu diturunkanlah para lelembut dan drubiksa ke Bumi atau Arcapada, akan tetapi ternyata setelah itu terjadi saling serang antara mereka untuk memperebutkan wilayah yang mereka sukai. Sehingga kemudian diturunkan juga para Hapsara dan Hapsari serta para Widadara dan Widadari ke Arcapada untuk membuat hirarki di Arcapada agar terjadi kestabilan dan keamanan di Arcapada.
Kemudian oleh Sang Hyang Wening diciptakanlah Dang Hyang Jagad
Penjuru Bumi :
·
Untuk Jagad Wetan [timur] ditempati oleh Pecuk Pecu
Kilan.
·
Untuk Jagad Kulon [barat] ditempati oleh Cakrawangsa.
·
Untuk Jagad Lor [utara] ditempati oleh Kaneka Putra
·
Untuk Jagad Kidul [selatan] belum terisi, tapi
kemudian ditempati oleh Andana dan Andini.
·
Untuk Jagad Awang-Awang [angkasa] dipercayakan kepada Garuda
Yaksa Retna Peksi Jala Dara.
1.
Kaneka Putra
2.
Garuda Yaksa Retna Peksi Jala Dara
3.
Cakrawangsa
4.
Pecuk Pecu Kilan
5.
Andana
6.
Andini
Setelah situasi di Arcapada cukup aman, baru kemudian oleh Batara-Batari yang ditugaskan [tanpa Sang Hyang Hananta Boga] diciptakanlah tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan. Biji dan benih untuk daratan dibawa oleh Sang Hyang Batari Pertiwi, biji dan benih untuk dasar samudera dibawa oleh Sang Hyang Batari Urang Ayu, serta para hewan dibawa oleh Sang Hyang Batara Gana.
Manusia Tercipta adalah Sang Hyang Batara Brama yang pertama kali menciptakan manusia, diambil dari tanah dan dibuat dengan kepalan tangannya, karena Sang Hyang Batara Brama adalah Dewa Api maka wujud manusia yang dibuat terlalu gosong, makanya kemudian disebut dengan Bangsa Keling. Proses penciptaan manusia pertama itu terjadi di daratan Jawa di Gunung Bromo, dan manusia yang diciptakan saat itu suhunya sangat panas untuk tinggal di dataran rendah sehingga mereka hanya dapat hidup di ketinggian yang suhunya lebih dingin.
Kemudian
Sang Hyang Batara Wisnu juga menciptakan manusia dan terwujudlah sosok manusia
yang lebih baik dan sempurna (seperti manusia sekarang ini], kejadian itu masih
di daratan Jawa di Gunung
Pawinihan
(sekarang Gunung Wilis). Tetapi saat itu manusia ciptaan Sang Hyang Batara
Wisnu kondisi suhunya masih sama karena hanya mampu tinggal di tempat
dingin. Manusia ciptaan itu menjadi rebutan dari para Hapsara dan
Hapsari untuk dimomong oleh mereka. Maka diaturlah agar manusia mempunyai
keturunan dulu dan kemudian anak-anak mereka langsung di bawa oleh para Hapsara
dan Hapsari untuk kemudian wajahnya dibentuk sesuai dengan wajah dari para Hapsara
dan Hapsari yang memomongnya. Hal ini dilakukan atas sabda dari Sang Hyang
Wening agar Arcapada dapat dipenuhi oleh manusia untuk keseimbangan alam
semesta.
Delapan Batara dan Batari yang ikut dalam proses penciptaan manusia
Dan Prawita Sari (air suci keabadian), yaitu :
1.
Sang Hyang Batara Ismaya,
2.
Sang Hyang Batara
Brama,
3.
Sang Hyang Batara Indra,
4.
Sang Hyang Batara Surya,
5.
Sang Hyang Batari Ratih,
6.
Sang Hyang Batara Bayu,
7.
Sang Hyang Batara Baruna dan
8. Sang Hyang Batara Wisnu
Inilah
yang disebut dengan Hasta Brata, Hasta berarti delapan dan Brata berarti laku,
watak, atau sifat utama yang di ambil dari sifat alam.
1.
Sang Hyang Batara Ismaya / Sang Hyang Batara Kartika mewakili
sifat Bintang
2.
Sang Hyang Batara Brama mewakili sifat Api
3.
Sang Hyang Batara Indra mewakili sifatLangit / Angkasa
4.
Sang Hyang Batara Surya mewakili sifat Matahari
5.
Sang Hyang Batari Ratih mewakili sifat Bulan
6.
Sang Hyang Batara Bayu mewakili sifat Angin
7.
Sang Hyang Batara Baruna mewakili sifat Air
8. Sang Hyang Batara Wisnu mewakili sifat Bumi / Tanah
Kemudian
para Batara-Batari dan Dewa-Dewi turun ke bumi dan mulai mengajarkan pola
kehidupan kepada umat manusia, hal itu dilakukan agar manusia kemudian secara otomatis dan naluri akan mengajarkan kepada
keturunannya juga, sehingga tidak perlu setiap generasi, berikutnya dari
keturunan manusia yang lahir, para Batara-Batari dan Dewa-Dewi harus turun ke
Arcapada untuk mengajarkan pola yang sama.
Beberapa pola kehidupan yang diajarkan kepada manusia itu antara
lain :
1.
Sang Hyang Batara Brama mengajarkan manusia cara membikin
perkakas.
2.
Sang Hyang Batara Wisma Karma mengajarkan manusia cara
membikin rumah tinggal.
3.
Sang Hyang Batara Iswara mengajarkan manusia cara berbicara
dan manembah.
4.
Sang Hyang Batara Wisnu mengajarkan aturan
antar manusia, aturan-aturan berkehidupan untuk tidak saling menjegal.
5.
Sang Hyang Batara Mahadewa mengajarkan manusia caranya
membuat perhiasan dan pakaian.
6. Sang Hyang Batara Cipta Gupta mengajarkan manusia caranya mengenal dan membuat warna-warni dan lain-lain.
Manusia-manusia awal
yang tercipta di Arcapada ini baik yang di Gunung Bromo maupun yang di Gunung Pawinihan dinamakan Bangsa
Kelingdari kata 'kelingan' yang mengingatkan tentang awal penciptaan,
struktur komunal pertama manusia dinamakan Kerajaan Keling dengan Kraton-nya
berada di lereng Gunung Pawinihan yang dipimpin oleh Sang Maha Prabu Radite yang
merupakan wujud lain dari Sang
Hyang Batara Surya yang ngejawantah.
Semua
peristiwa sebagai bagian dari awal peradaban
ini terjadi di jaman sedang Kala Kukila pada jaman besar Kali Swara, di mana
saat itu putaran Bumi masih belum stabil. (Keterangan tentang urutan jaman
ada di Sejarah Panjang Nuswantara)
Tri Loka Buwana
Sang
Hyang Wening merasa sudah saatnya setelah jagad di gelar harus ada hirarki
keseluruhan untuk menata alam semesta ini. Untuk memimpin jalannya kehidupan
Alam Semesta akan dipilih seorang pimpinan
yang bergelar Ratu Tri Loka
Buwana (Tri = tiga, Loka = tempat, Buwana = dunia) yang menguasai 3 dunia :
1.
Arcapada (Bumi, dunia di mana manusia tinggal),
2.
Madyapada (dunia gaib), dan
3.
Mayapada (Kadewatan, dunia luhur tempat mulai dari
Hapsara-Hapsari sampai Batara-Batari).
Maka sebelum dipilih siapa yang layak untuk menjadi Ratu Tri Loka Buwana, Sang Hyang Wening Mencipta Kahyangan Jong Giri Saloka tempat bakal Ratu Tri Loka Buwana menetap dan mengatur Alam Semesta.
Kahyangan
Jong Giri Saloka ini terletak di bawah Kahyangan Alang- Alang Kumitir dan di atas
Kahyangan Manik Maninten.
Dua putra dari Sang Hyang Wening, yaitu Sang Hyang Batara Antiga dan Sang Hyang Batara Ismaya sangat meminati posisi Ratu Tri Loka Buwana tersebut, maka kemudian disepakatilah antar mereka berdua untuk adu kesaktian guna menunjukkan siapakah yang lebih layak menjadi Ratu Tri Loka Buwana.
Proses
adu kesaktian itu adalah barang siapa yang dapat memakan atau menelan Jamur
Dipa (bentuk gunung yang sangat besar), maka dialah yang layak menjadi Ratu Tri
Loka Buwana.
Sang Hyang Batara Antiga menelan Jamur Dipa, tetapi gagal dan mulut dari Sang Hyang Batara Antiga malah sobek, kemudian giliran Sang Hyang Batara Ismaya mencoba menelan Jamur Dipa, ternyata berhasil ditelan tetapi tidak dapat dimuntahkan kembali. Pada saat itulah Sang Hyang Wening rawuh dan sangat tidak berkenan dengan adu kesaktian yang dilakukan oleh Sang Hyang Batara Antiga dan Sang Hyang Batara Ismaya.
Sebagai
bentuk pertanggungjawaban dari apa yang telah mereka lakukan, maka kemudian
Sang Hyang Wening mengeluarkan sabda yang mengunci bentuk mereka di mana
kondisi mulut dari Sang Hyang Batara Antiga sobek dan perut dari Sang Hyang
Batara Ismaya membesar karena terisi Jamur Dipa.
Dalam
wujud seperti itulah maka Sang Hyang Batara Antiga juga dikenal dengan nama Togog
atau Ki Lurah Togog; sedang Sang Hyang Batara Ismaya dikenal dengan nama Semar atau
Ki Lurah Semar Badranaya
Sang Hyang Batara Antiga / Togog Semar / Sang Hyang Batara Ismaya.
Kemudian Sang Hyang Wening menunjuk Sang Hyang Batara Manik Maya yang karena tidak ikut dalam adu kesaktian dan hanya menjadi penonton saja itu menjadi Ratu Tri Loka Buwana. Sang Hyang Batara Manik Maya merasa kegirangan apalagi dari antara tiga bersaudara Sang Hyang Batara Manik Maya yang sekarang wajahnya paling tampan, karena kakak-kakaknya sudah berubah wujud semua. Hal itu tak luput dari perhatian Sang Hyang Wening, maka kemudian disabdalah wajah dari Sang Hyang Manik Maya menjadi buruk rupa, sebagai penanda untuk tidak mempunyai sifat sombong hati.
Sebagai Ratu Tri Loka uwana, Sang Hyang Batara Manik Maya kemudian bergelar Sang Hyang Batara Guru, dikenal juga dengan nama Sang Hyang Jagadnata atau Sang Hyang Jagad Pratingkah atau Sang Hyang Syiwa.
Kemudian Sang Hyang Batara Guru bersama dengan Sang Hyang Batari Uma menempati Kahyangan Jong Giri Saloka dan bertugas sebagai Ratu Tri Loka Buwana. Sang Hyang Wening kemudian menugaskan Ki Lurah Togog dan Ki Lurah emar untuk menjadi pamomong bagi umat manusia di Arcapada. Ki Lurah Togog menjadi pamomong umat manusia dibelahan Barat dan Utara dari Arcapada, sedangkan Ki Lurah Semar menjadi pamomong untuk umat manusia di belahan Timur dan Selatan dari Arcapada.
Karena mereka berdua masing-masing memerlukan teman dalam perjalanan mereka menjadi pamomong di Arcapada, maka kemudian Ki Lurah Togog menciptakan teman seperjalanannya yang Bernama Sarawita atau dikenal dengan nama lain Bilung. Sedang Ki Lurah Semar juga menciptakan teman seperjalanan yang diambil dari bayangannya sendiri yang diberi nama Bagong. Berita tentang terpilihnya Sang Hyang Batara Manik Maya menjadi Ratu Tri Loka Buwana ternyata membuat gerah para Dang Hyang penunggu Bumi, mereka merasa bahwa Sang Hyang Batara Manik Maya tidak pantas menjadi Ratu Tri Loka Buwana karena dianggap kalah wibawa dan kurang sakti dari kakak-kakaknya.
Para Dang Hyang penjuru Bumi merencanakan untuk melakukan protes dengan mengadakan penyerbuan ke Kahyangan Jong Giri Saloka. Pertama kali yang menyerbu ke Kahyangan Jong Giri Saloka adalah Kaneka Putra Sang Dang Hyang Jagad Lor.
Dalam perjalanannya ke Kahyangan Jong Giri Saloka dan baru sampai di Sela Matangkep, Dang Hyang Jagad Lor Kaneka Putra bertemu dengan rombongan Ki Lurah Semar bersama dengan Bagong dan Ki Lurah Togog bersama dengan Sarawita yang akan turun ke Arcapada untuk melaksanakan tugas sebagai pamomong umat manusia.
Terjadilah pertempuran sengit antara Ki Lurah Semar dengan Kaneka Putra, akhirnya Kaneka Putra tunduk terkena Aji Kemayan dari Ki Lurah Semar sehingga bentuknya menyerupai wujud pendek seperti yang sekarang kita kenal.
Sang Hyang Batara Narada / Resi Kaneka Putra
Karena kepandaian dan kepintarannya dalam bertempur, maka oleh Ki Lurah Semar, Dang Hyang Jagad Lor Kaneka Putra kemudian ditugaskan untuk menjadi penasehat utama Kahyangan Jong Giri Saloka untuk mendampingi Sang Hyang Batara Guru dalam mengelola Alam Semesta dan bergelar Sang Hyang Batara Narada atau Resi Kaneka Putra menempati Kahyangan Suduk Pangudal-udal.
Kemudian secara bersamaan naiklah Dang Hyang Jagad Wetan Pecuk Pecu Kilan dan Dang Hyang Jagad Kulon Cakrawangsa untuk menyerbu Kahyangan Jong Giri Saloka. Di Sela Matangkep, mereka bertemu dengan rombongan Ki Lurah Semar dan rombongannya yang baru saja bertempur dengan Dang Hyang Jagad Lor Kaneka Putra.
Oleh Ki Lurah Semar kedatangan kedua Dang Hyang Jagad itu disambut secepat kilat dengan cara menjambak rambut Pecuk Pecu Kilan dan rambut Cakrawangsa serta dibenturkan satu sama lain sehingga mereka berubah wujud dan langsung tunduk kepada Ki Lurah Semar. Setelah berubah wujud, Pecuk Pecu Kilan berubah nama menjadi Petruk dan Cakrawangsa berubah nama menjadi Gareng, serta mereka berduaakan mengiringi kemanapun Ki Lurah Semar Badranaya dan Bagong akan menempuh perjalanannya dalam Cakrawangsa / Gareng Pecuk Pecu Kilan / Petruk memomong umat manusia di belahan Timur dan Selatan Arcapada ini.
Dang
Hyang kembar Jagad Kidul yaitu Andana dan Andini melakukan penyerbuan pula ke
Kahyangan Jong Giri Saloka, setelah melihat cara Ki Lurah Semar menaklukkan Pecuk Pecu Kilan dan Cakrawangsa,
Sang Hyang Batara Guru melakukan hal yang sama pula kepada Andana dan
Andini.
Begitu
Andana dan Andini tiba di Kahyangan Jong Giri Saloka, maka secepat kilat dibenturkanlah kepala dari Andana
dan Andini sehingga mereka langsung takluk.
Oleh
Sang Hyang Batara Guru, Andana dan Andini
kemudian disabda menjadi Lembu Nandini dan
menjadi Dampar Kencana Kahyangan Jong Giri Saloka.
Dang
Hyang Awang-Awang yaitu Garuda Yaksa
Retna Peksi Jala Dara
Juga melakukan penyerbuan ke Kahyangan Jong Giri Saloka, tetapi di tengah perjalanan dia bertemu dengan Sang Hyang Batara Wisnu.
Terjadi lah pertempuran yang berakhir dengan tunduknya Garuda Yaksa Retna Peksi Jala Dara kepada Sang Hyang Batara Wisnu, sejak saat itulah Garuda Yaksa Retna Peksi Jala Dara dijadikan Tunggangan dari Sang Hyang Batara Sang Hyang Batara Guru Wisnu dengan Lembu Nandini sebagai Dampar Kencana.
Setelah semua berjalan
normal kembali, sebagai Ratu Tri
Loka Buwana, Sang Hyang Batara Guru kemudian membentuk beberapa formasi
jagad baru, dengan beliau sendiri sebagai Pusat :
1.
Sang Hyang Batara Syiwadi Pusat
2.
Sang Hyang Batara Brama di penjuru Selatan (Kidul)
3.
Sang Hyang Batara Wisnu di penjuru Utara (Lor)
4.
Sang Hyang Batara Maheswara di penjuru Timur (Wetan)
5.
Sang Hyang Batara Mahadewa di penjuru Barat (Kulon)
6.
Sang Hyang Batara Sambu di penjuru Timur Laut (Wetan
Lor)
7.
Sang Hyang Batara Kartika di penjuru Tenggara (Kidul
Wetan)
8.
Sang Hyang Batara Antiga di penjuru Barat Daya (Kidul
Kulon)
9.
Sang Hyang Batara Narada di penjuru Barat Laut (Kulon
Lor)
10. Sang Hyang Batara
Wisnu (Utara / Lor)
11. Sang Hyang Batara
Narada
12. Sang Hyang Batara
Sambu (Barat Laut / Kulon Lor), (Timur Laut / Wetan Lor)
13. Sang Hyang Batara
Syiwa [Pusat]
14. Sang Hyang Batara
Mahadewa
15. Sang Hyang Batara
Maheswara (Barat / Kulon), (Timur /Wetan)
16. Sang Hyang Batara
Antiga
17. Sang Hyang Batara
Kartika (Barat Daya / Kidul Kulon), (Tenggara / Kidul Wetan)
18. Sang Hyang Batara
Brama (Selatan / Kidul)
Formasi ini dinamakan Langlang Buwana atau Pangider-ider Bumi atau Dewa
9 Penjuru Jagad. Juga kemudian ditunjuklah penanggungjawab untuk 7 bagian
lapisan Bumi :
Eka
Pratala atau Kerak Bumi di bawah kekuasaan Sang Hyang Batari Pertiwi
1.
Dwi Pratala di bawah kekuasaan Sang Hyang Batari
Kusika
2.
Tri Pratala di bawah kekuasaan Sang Hyang Batari
Gangga
3.
Catur Pratala di bawah kekuasaan Sang Hyang Batari
Sindula
4.
Panca Pratala di bawah kekuasaan Sang Hyang Batari
Danampalan
5.
Sad Pratala di bawah kekuasaan Sang Hyang Batari
Manikem
6.
Sapta Pratala atau Inti Bumi di bawah kekuasaan :
1)
Sang Hyang Batara Hananta Boga
2)
Eka Pratala
3)
Dwi Pratala
4)
Tri Pratala
5)
Catur Pratala
6)
Panca Pratala
7)
Sad Pratala
8)
Sapta Pratala
Struktur Jagad Raya setelah adanya Ratu Tri Loka Buwana :
1.
Kahyangan Alang-Alang Kumitir
2.
Kahyangan Jong Giri Saloka
3.
Kahyangan Suduk Pangudal-udal
4.
Kahyangan Manik Maninten
5.
Kahyangan-nya para Batara dan Batari
6.
Kahyangan-nya para Dewa dan Dewi
7.
Kahyangan-nya para Widadara dan Widadari
8.
Kahyangan-nya para Hapsara dan Hapsari
Sela Matangkep / Pintu Pengarip
1.
Kahyangan Setra Ganda Layu
2.
Bumi / Arcapada
Sumber
Referensi :
Soma
Palguna [Senin Pahing] 17 Agustus 2009, Wuku Wukir
Edit
: Respati Kasih [Kamis Kliwon] 12 Mei 2011, Wuku Wukir Sang Hyang Batara Wisnu menunggang
Garuda Yaksa Retna Peksi Jala Dara
Disusun
ulang oleh Imajiner Nuswantoro
Imajiner
Nuswantoro