SULUK SULUK PEDHALANGAN
JAWA KUNO DARI KAKAWIN BHARATAYUDHA DAN RAMAYANA KARYA EMPU SEDAH DAN EMPU PANULUH JAMAN PRABU SRI AJI JAYABHAYA MBUMI MAMENANG KADHIRI (BAGIAN : 3 of 6)
SULUK SULUK PEDHALANGAN
SULUK SULUK DIGUNAKAN PADA PATHÊT SANGA
1
SULUK PATHÊT SANGA WANTAH
Sangsaya dalu araras,
abyor kang lintang kumêdhap,
titi sonya têngah wêngi,
lumrang gandhané puspita,
karênghyan ing pudyanira,
sang dwijawara mbrêngêngêng,
lir swarané madubranta,
manungsung sarining kêmbang.
Malam semakin indah, oleh memancar cahaya bintang berkerlipan, sunyi senyap tengah malam, semerbak bau harumnya bunga. Terdengar suara doa dilantunkan, oleh sang pandita utama dengan suara bergumam, bagaikan suara kumbang, yang menjemput sarinya bunga.
2
SULUK PATHÊT SANGA WANTAH
Dhêdhêp tidhêm prabawaning ratri,
sasadhara wus manjêr kawuryan,
tan kuciwa mêmanisé,
mênggyêp sri natèng dalu,
siniwaka sanggya pradasih,
aglar ning cakrawala,
winulat anglangut,
prandéné paksa kèbêkan,
saking kèhé tranggana kang sumiwi,
wirata tanpa sêla.
Sunyi senyap suasana malam, rembulan sudah nampak memancarkan sinarnya di angkasa, keindahannya tidaklah mengecewakan, seperti layaknya raja di malam hari, dihadap dan dikelilingi para kawula (abdi), terbentang di angkasa, terlihat tiada batasnya, meskipun begitu tampak sesak, oleh sedemikian banyaknya bintang menghadap, merata tiada bersela.
3
SULUK PATHÊT SANGA WANTAH
Mulat mara sang Harjuna sêmu kamanungsan,
kasrêpan ri tingkahing musuh niran,
padha kadang aywa taya wang wanèh,
hana pwang anak ing yayah mwang ibu lèn uwanggéh paman,
makadi narpa Salya Bhisma,
sira sang dwijanggih guru.
Ketika melihat mereka (barisan Kurawa) Arjuna merasa trenyuh, sedih akan keberadaan (status) musuh-musuhnya, semua adalah saudara, bukanlah orang lain, ada keponakan dari garis ayah dan ibu atau terhitung paman, seperti Prabu Salya, dan Resi Bhisma, beliau adalah Sang Pandhita juga adalah guru.
Keterangan :
Ketika barisan Pandawa dan barisan Kurawa berhadap-hadapan di padang Kurusetra. Perasaan Arjuna menjadi bimbang, trenyuh, menyadari bahwa yg akan dihadapinya, adalah terhitung saudara, paman, keponakan, sepupu, sahabat, juga sang guru. Prabu Bathara Kresna lalu memberi wejangan tentang sejatinya hidup. Wejangan itulah yg kemudian dikenal sebagai Bhagawadgita.
1
SULUK PATHÊT SANGA JUGAG
Hascarya Parta wêkasan muwah ékatana,
yèka wisanggêni maya,
Sang Hyang I Supradipta.
Sang Parta (Harjuna) amat menyukai pemberian panah, yaitu wisanggeni utama, dari Sang Hyang I Supradipta (bercahaya luar biasa).
Keterangan :
wisanggeni = wisa + a (atêr-atêr, awalan) + gêni = bisa yg berapi
(Racun jika terkena terasa panas).
2
SULUK PATHÊT SANGA JUGAG
Mangu-mangu manguwung,
wang-wang winangun mangêni,
nênangi onênging nala.
Ragu-ragu menyelimuti, enggan menjadikan tak ada keinginan, membangkitkan hasrat (keinginan) di hati.
3
SULUK PATHÊT SANGA JUGAG
Lir sadpadèngsun tumiling ngulati,
midêring tanah anon sêkar warsiki.
Aku seperti kumbang yg melihat, mencari, kesana-kemari memperhatikan kembang warsiki.
1
SULUK PATHÊT SANGA NGELIK
Nihan siswa umatur,
marang risang maha yogi,
sang wipra kadiparan,
karsané Hyang Hotipati,
yogya saliring warna,
kang gumêlar anèng bumi,
mugi ulun têdahna,
tandya sang wiku hanjarwi.
Seperti itu murid berkata, kepada sang maha pandhita. Sang pandhita bagaimanakah, kehendak Hyang Hotipati (Bhatara Guru), tentang kebaikan berbagai macam, yg tersebar di muka bumi, semoga hamba diberitahukan. Segeralah sang pandhita menjelaskan maknanya.
2
SULUK PATHÊT SANGA NGELIK
Brêmara rèh manguswa ambrêngêngêng,
kadi karênaning kaswasih,
anèng marga amalatkung,
Sang Ganda Wastratmaja,
lêng-lêng lalu angulati,
surya mangrangsang wayah,
kumyur hamarawaryanta.
Berdenging suara kumbang hendak mencium bunga, seperti terpikat oleh senandung, di jalan, yang menimbulkan rasa kasih, Sang Ganda Wastratmaja (Bima, Wrekodara). Terpesona ketika melihatnya, Sang Surya menjarahi waktu, semburat merah cahayanya.
3
Suluk Pathêt Sanga Ngêlik [3]
Jrudêmung ingèla-èla ,
kawilêt lang-langan lalu ,
lêng-lêng kalingan kalulun ,
kalangên langêning brangta ,
ngarang mirong rangu-rangu ,
karungrungan maring riya ,
riyaning tyas lir tinutus.
Jurudemung dipuja-puja, bercampur menyatu dengan rasa amat suka, bahagia bergulung tertutupi, dihias rasa suka seperti jatuh cinta, mengarang dengan susah dan ragu-ragu karena suka akan masa lalu, disitulah hati seperti diperas.
Keterangan Jurudemung :
1. Tukang gendhang (penabuh kendang).
2. Nama sekar (tembang) tengahan.