Kakawin Smaradahana KARYA AGUNG Mpu Dharmadja
Kisah-kisah sejarah mengenai kerajaan yang ada di
Indonesia banyak ditulis dalam bentuk kitab. Salah satu kitab yang juga banyak
dibahas adalah kitab Smaradahana. Kitab satu ini termasuk kitab sastra Jawa
yang terbilang kuno. Mpu Dharmaja adalah pujangga yang menulis kitab bernama
kitab Smaradahana. Dalam kisahnya, kitab ini menceritakan dua tokoh yang
bernama Dewa Kama dan istrinya yaitu, Dewi Ratih. Anda mungkin kurang begitu
mengenal kitab satu ini karena namanya yang terdengar agak sulit diucapkan. Namun
bagi para sastrawan, kitab ini termasuk kitab pelengkap kisah sejarah kerajaan
pada masa Jawa Kuno. Berikut adalah beberapa fakta agar Anda lebih mengenal
dari kitab Smaradahana :
1.
Panah Pancawisesa. Dalam
kisah yang dituliskan dalam kitab Smaradahana, bahwa dewa Siwa terkena hempasan
panah yang disebut dengan panah pancawisesa. Batara Kamajaya melepas panah ini
agar dewa Siwa yang sedang bertapa mau kembali ke kahyangan. Fakta yang menarik
dari panah pancawisesa ini ternyata memiliki arti. Arti pertama adalah agar
dapat mendengar suara-suara yang indah. Arti kedua adalah agar memiliki kemauan
untuk makan. Arti ketiga adalah agar indera peraba tetap dimiliki sehingga
mampu meraba dengan kehalusan. Arti keempat adalah terkait dengan indra
penciuman agar mampu mencium keharuman. Dan arti yang kelima adalah terkait
dengan indra penglihatan agar mampu melihat pemandangan di sekitar.
2.
Kehidupan Kembali. Fakta
berikut ini terkait dengan masa kehidupan yang berlangsung. Menurut kisah dari
kitab Smaradahana, kehidupan dua orang yaitu, dewa Kama dan Dewi Ratih mampu
dihidupkan kembali. Fakta ini masih berkaitan dengan fakta dari panah
pancawisesa milik dewa Kama. Dewa Siwa mampu mematahkan hempasan panah
pancawisesa dan mengakibatkan dewa Kama meregang nyawa. Dan kejadian tersebut
membuat istri dewa Kama yaitu, Dewi Ratih tidak tinggal diam dan ikut meregang
nyawa. Kedua pasangan tersebut pun tidak terselamatkan. Namun menurut fakta
dari kisah kitab Smaradahana ini dewa-dewa memohonkan ampunan dewa Kama dan dewi
ratih kepada dewa Siwa. Dan atas terkabulnya permohonan ampun maka terjadilah
kehidupan kembali sosok dari dewa Kama dan dewi Sinta. Namun bukan dalam bentuk
asli melainkan sosok yang masuk atau akan tergambarkan dalam pria maupun
wanita.
3.
Anak Dewa Siwa. Fakta
berikut ini lebih seperti akibat perbuatan dari dewa Siwa. Seakan-akan apa yang
telah dilakukan oleh dewa Siwa terhadap dewa Kama dan dewi Ratih mendapatkan
balasan. Fakta yang terjadi adalah dewa Siwa memiliki seorang anak laki-laki
yang tidak terlihat sempurna dari segi fisik. Anak dari dewa Siwa dan dewi uma
memiliki tubuh manusia namun memiliki kepala hewan gajah lengkap dengan
belalainya. Namun fakta yang terjadi adalah watak dari anak dewa Siwa
berbanding terbalik dengan dewa Siwa. Ganesha nama anak dewa Siwa memiliki hati
yang mulia. Fakta menarik yang tertulis dari kitab Smaradahana ini adlaah bahwa
Ganesha mampu mengalahkan musuh seperti raksasa yang masuk ke kahyangan.
Apa yang tertulis di dalam kitab Smaradahana ini tentu
memiliki pelajaran yang sangat berharga bagi kehidupan manusia. Kejadian yang
benar-benar mengerikan namun juga mengharukan memiliki nilai moral yang dalam.
Anda pun jika membaca kitab Smaradahana ini akan mampu memetik pelajaran
mengenai watak seseorang yang baik dan juga kurang terpuji. Sehingga tidak
heran kisah dari kitab Smaradahana juga begitu disanjung oleh beberapa ahli
sejarah dan sastrawan.
Kakawin Smaradahana adalah sebuah karya sastra Jawa Kuno
dalam bentuk kakawin yang menyampaikan kisah terbakarnya Batara Kamajaya
Ketika Batara Siwa pergi bertapa, Indralaya didatangi
musuh, raksasa dengan rajanya bernama Nilarudraka, demikian heningnya dalam
tapa, batara Siwa seolah-olah lupa akan kehidupannya di Kahyangan. Supaya
mengingatkan batara Siwa dan juga agar mau kembali ke Kahyangan,maka oleh para
dewa diutuslah batara Kamajaya untuk menjemputnya. Berangkatlah sang batara
untuk mengingatkan batara Siwa, dicobanya dengan berbagai panah sakti dan
termasuk panah bunga, tetapi batara Siwa tidak bergeming dalam tapanya.
Akhirnya dilepaskannya panah pancawisesa yaitu :
1.
Hasrat mendengar
yang merdu,
2.
Hasrat mengenyam
yang lezat,
3.
Hasrat meraba yang
halus,
4.
Hasrat mencium yang
harum,
5.
Hasrat memandang
yang serba indah.
Akibat panah pancawisesa (atau pancawisaya?) tersebut
dewa Siwa dalam sekejap rindu kepada permaisurinya dewi Uma, tetapi setelah
diketahuinya bahwa hal tersebut adalah atas perbuatan batara Kamajaya. Maka
ditataplah batara Kamajaya melalui mata ketiganya yang berada di tengah-tengah
dahi, hancurlah batara Kamajaya. Dewi Ratih istri batara Kamajaya melakukan
"bela" dengan menceburkan diri kedalam api yang membakar suaminya.
Para dewa memohonkan ampun atas kejadian tersebut, agar dihidupkan kembali,
permohonan itu tidak dikabulkan bahkan dalam sabdanya bahwa jiwa batara
Kamajaya turun ke dunia dan masuk kedalam hati laki-laki, sedangkan dewi Ratih
masuk kedalam jiwa wanita. Ketika Siwa duduk berdua dengan dewi Uma, datanglah
para dewa mengunjunginya termasuk dewa Indra dengan gajahnya, Airawata yang
demikian dahsyatnya sehingga dewi Uma terperanjat dan ketakutan melihatnya,
kemudian dewi Uma melahirkan putera berkepala gajah, dan kemudian diberi nama
Ganesha. Datanglah raksasa Nilarudraka yang melangsungkan niatnya
"menggedor" khayangan. Maka Ganesha 'lah yang harus menghadapinya,
dalam perang tanding tersebut ganesha setiap saat berubah dan bertambah besar
dan semakin dahsyat. Akhirnya musuh dapat dikalahkan, dan para dewa bersuka
cita.
Raja Kediri
Dalam kitab Smaradahana, disebutkan nama raja Kediri,
Prabu Kameswara yang merupakan titisan Dewa Wisnu yang ketiga kalinya dan
berpermaisuri Sri Kirana Ratu putri dari Kerajaan Jenggala
Dalam prasasti batu, tertulis raja Kediri Kameswara
bertahta selama tahun 1115 sampai dengan 1130. Kemudian, ada pula Raja
Kameswara II yang bertahta pada sekitar tahun 1185. Para ahli Belanda
memperkirakan bahwa Kameswara II mempunyai hubungan dengan kitab Smaradahana.
Akan tetapi Prof. Purbatjaraka sebaliknya menunjuk Kameswara I yang terkait,
sebab raja tersebut dalam kitab Panji bernama Hinu Kertapati dan juga
permaisurinya bernama Kirana, yaitu Dewi Candrakirana, hanya posisi Jenggala
dan Kedirinya yang terbalik.
KAKAWIN SMARADAHANA
Penulis Kakawin Smaradahana adalah Mpu Dharmaja. Pada
masa Raja Sri Kameswara, sekitar tahun 1183 – 1185 M di Kadiri.
Diterbitkan olah R.M.Ng. Poerbatjaraka
Dimuat dalam Bibliootheca Javanice III, Bandung 1931
dengan disertai terjemahan dan catatan catatan
Dasar penerbitannya menggunakan 3 macam naskah turunan,
sebuah berangka tahun 1830 Saka, sebuah lagi lebih tua, berangka tahun 1830
Saka, sebuah lagi lebih tua, berangka tahun Saka 1813 dan yang lain lagi tanpa
kolophon.
RINGAKSAN CERITA.
Ringkasan cerita KAKAWIN SMARADAHANA dapat juga dibaca
dalam kitab Prof. Poerbotjaraka, Kepustakaan Jawa ( hal. 20 -21 ) yang dapat
diikhtisarkan sebagai berikut :
Ketika Bhatara Siwa sedang bertapa, Kedewaan diserang
raja raksasa yang bernama Nilarudraka. Untuk menghentikan tapa Siwa, maka
diutuslah Bhara Kamajaya untuk mengganggu tapa Siwa tersebut dengan panah
Pancawisaya, akhirnya tapa Siwa terganggu dan Siwa pun marah terhadap bathara
Kama. Kemudian Bhatara Kama dipandang dengan mata ketiga yang terletak di dahi
bathara Siwa, lalu musnah terbakarlah bathara kama. Setelah mendengar bahwa
bathara kama musna oleh bathara siwa maka bathari Ratih membela suaminya. Dan
ikut terbakarlah bathari Ratih. Para dewa memintaka maaf, tetapi bathara Siwa
malah memutuskan untuk menitiskan bathara Kama dalam tiap tiap orang laki laki
dan bathari Ratih dalam tiap tiap ornag perempuan. Setiba bathara Siwa di surga
bertemu dengan istrinya Dewi Uma, mereka saling melepas rindu dan akhirnya Dewi
Uma mengandung dan melahirkan putera laki laki berkepalla gajah yang diberi
nama Ganesa. Ganesa inilah yang bisa membinasakan raja raksasa Nilarudraka yang
menyerang kedewaan,berikut balatentaranya.
Pada bagian akhir naskah Samadahana ini mulai pupuh 38,
disebutkan raja raja Jawa (raja Daha dan Jenggala) ini merupakan penjelmaan
bathara Kama dan Bathari ratih.