ISRAILIYAT
Israiliyat adalah sebuah kabar atau kisah yang bersumber dari kaum Yahudi dan Nasrani. Penuturan mereka tentang israiliyat merujuk kepada kitab-kitab terdahulu mereka seperti Zabur, Taurat dan Injil.
Israiliyat ( اسرائیلیات, Isra'iliyat, arti harfiah: "dari Isra'il") adalah cerita-cerita yang kerap kali dibawa oleh orang-orang Yahudi yang masuk Islam. Ini berbeda dari hadits yang dipercaya sebagai ucapan, tindakan, atau diamnya Nabi Muhammad. Cerita-cerita israiliyat umumnya berupa berbagai cerita dan tradisi non-Alkitab Yahudi (bahasa Ibrani: midrashim) serta Kristiani yang memberikan informasi atau interpretasi tambahan mengenai kejadian atau tokoh yang disebutkan di dalam kitab-kitab suci Yahudi.
Israiliyyat adalah seluruh riwayat yang bersumber dari orang-orang Yahudi dan Nasrani serta selain dari keduanya yang masuk dalam tafsir maupun hadis. Ada pula ulama tafsir dan hadis yang memberi makna Israiliyyat sebagai cerita yang bersumber dari musuh-musuh Islam, baik Yahudi, Nasrani, ataupun yang lainnya.
Para ulama Islam memandang cerita-cerita israiliyat ke dalam tiga kategori :
Cerita yang dibenarkan karena wahyu yang diterima Nabi Muhammad menegaskan cerita tersebut.
Cerita yang dianggap palsu karena wahyu yang diterima Nabi Muhammad menolak cerita tersebut.
Cerita yang dibiarkan karena tidak terverifikasi baik kebenaran maupun kesalahannya.
Tokoh-tokoh yang terkenal meriwayatkan hadits israiliyat antara lain adalah Ka'ab al-Ahbar dan Wahb bin Munabbih.
Terkait hal ini, dalam khazanah tafsir al-Qur’an kisah-kisah tersebut kenapa dinamakan al-israiliyat; tidak lain karena penggunaan israiliyat sebagai metode untuk memahami al-Qur’an. (al-Dimyati, ilmu tafsir usuluh wa manahijuh, h. 256).
Pengertiannya yang paling sederhana, riwayat israiliyat adalah riwayat-riwayat yang bersumber dari para ahli kitab Yahudi atau Nasrani. Hanya saja, salah satu ulama pemerhati tafsir, Husein al-Dzahabi, memperluas cakupan sumbernya menjadi semua hal di luar Islam dan tidak hanya terbatas pada Yahudi atau Nasrani saja. Riwayat israiliyat dapat dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, sahih dan sesuai ajaran Islam. Tipe ini boleh diterima dan diriwayatkan. Kedua, tawaqquf. Dalam kajian israiliyat, ini berarti tidak ditemukan penjelasan/alasan untuk membenarkan atau menentang riwayat tersebut. Para ulama tafsir berbeda pendapat tentang kebolehan periwayatannya. Kategori terakhir, adalah batil/bohong dan bertentangan dengan ajaran agama. Jenis ini tidak boleh dinukil kecuali dengan menyebut status riwayat tersebut. Baca juga: Tobat Nabi Daud, Metafor dan Sindiran Berdasar Kisah Israiliyat? Sejak 70 Masehi Kisah-kisah israiliyat seringkali digunakan untuk menjelaskan tentang suatu hal menyangkut sejarah masa lampau sebelum diutusnya Rasulullah. Banyak kitab-kitab Taurat yang juga menyelipkan kisah-kisah israiliyat dalam membahas suatu masalah tertentu. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI dalam "Kisah Para Nabi pra-Ibrahim dalam perspektif Al Quran dan Sains" menjelaskan kisah-kisah israiliyat menyebar tidak lepas berawal dari keingintahuan bangsa Arab untuk menggali informasi terutama tentang kisah-kisah dalam Al-Quran yang tidak merinci peristiwanya. Keingintahuan itu tersalurkan dengan menanyakan informasi yang dibutuhkan kepada ahlul kitab, Yahudi dan Nasrani yang hidup di tengah-tengah bangsa Arab. Interaksi antara bangsa Arab dengan ahlul kitab terutama orang-orang Yahudi sudah lama terjalin sejak 70 Masehi setelah para ahlul kitab melarikan diri dari kejaran dan penyiksaan penguasa Romawi, Titus. Selain itu, dalam perdagangan musim panas ke Syam dan musim dingin ke Yaman, bangsa Arab juga selalu berjumpa dan berkomunikasi dengan ahlul kitab yang tinggal di daerah tersebut. Dari situlah budaya dan pemikiran ahlul kitab diserap oleh bangsa Arab. Sebagian dari ahlul kitab itu ada yang memeluk agama Islam misalnya saja seperti Abdullah bin Salam, Ka’b Al Ahbar dan lainnya yang mereka semua telah memiliki informasi-informasi beragam berkaitan tentang kisah-kisah israiliyat. Informasi itu kemudian dengan mudah diterima bangsa Arab karena dianggap hanya sekadar cerita masa lalu dan tidak terkait dengan persoalan hukum yang harus diverifikasi lebih jauh kesahihannya. Mulanya hanya sekadar memenuhi rasa ingin tahu. Berdasarkan riwayat itulah cerita-cerita israiliyat berkembang dan masuk ke dalam buku-buku tafsir. Hampir kebanyakan buku-buku tafsir klasik memuat kisah-kisah yang dikenal dengan istilah israiliyat.
Kisah Israiliyat yang Paling Ngetop Dongeng Masa Lalu Istilah israiliyat meski dinisbatkan kepada Israil, julukan bagi Nabi Yaqub dan merujuk kepada kisah yang bersumber dari orang-orang Yahudi, tetapi dalam perkembanganya israiliyat lebih populer dikenal untuk kisah atau dongeng masa lalu yang masuk ke dalam tafsir dan hadis. Baik yang bersumber dari orang-orang Yahudi-Nasrani maupun lainnya. Cerita-cerita itu semakin berkembang dengan banyaknya orang yang berprofesi sebagai alqassasun (pandai cerita) yang selalu menonjolkan keanehan-keanehan dalam penyampaiannya agar menarik perhatian pendengar. Memang tidak semua israiliyat itu lemah atau palsu riwayatnya. Ada di antaranya yang sahih, seperti penjelasan Abdullah bin Salam tentang sifat-sifat Rasulullah yang termaktub dalam Taurat, dan dikutip dalam kitab-kitab tafsir. Demikian pula, tidak semua kisah israiliyat itu bertentangan dengan syariat Islam. Ada yang sejalan dengan syariat yang dibawa oleh Rasulullah dan ada pula yang tidak ditemukan penolakan dan pembenarannya dalam ajaran Islam (al maskut anhu). Kisah-kisah tersebut ada yang terkait dengan akidah dan masalah hukum, ada pula yang tidak berhubungan sama sekali dengan keduanya, melainkan hanya berupa nasihat dan informasi peristiwa masa lalu. Baca juga: Kisah Ibnu Hajar dan Seorang Yahudi yang Bersyahadat Boleh Mengutip Para ulama berbeda pandangan dalam menyikapi kisah-kisah israiliyat.
Di dalam Al-Qur'an sendiri ada ayat yang menjadi basis argumentasi bolehnya untuk menanyakan informasi terkait kitab suci kepada ahlul kitab.
فَإِن كُنتَ فِى شَكٍّ مِّمَّآ أَنزَلْنَآ إِلَيْكَ فَسْـَٔلِ ٱلَّذِينَ يَقْرَءُونَ ٱلْكِتَٰبَ مِن قَبْلِكَ ۚ لَقَدْ جَآءَكَ ٱلْحَقُّ مِن رَّبِّكَ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ ٱلْمُمْتَرِينَ
"Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu temasuk orang-orang yang ragu-ragu." ( QS Yunus : 94).
Ada juga hadits nabi
عن عبد الله بن عمرو بن العاص -رضي الله عنهما-: أن النبي -صلى الله عليه وسلم- قال: «بلغوا عني ولو آية، وحدثوا عن بني إسرائيل ولا حرج، ومن كذب علي متعمدا فَلْيَتَبَوَّأْ مقعده من النار».
Sampaikan dariku walau satu ayat, dan ceritakan (apa yang kalian peroleh) dari Bani Israil, tidak ada dosa. Barang siapa sengaja berdusta mengatasnamakanku maka bersiaplah untuk masuk ke neraka (HR Bukhari dari Abdullah bin Amr). Ayat dan hadis itu dipahami para ulama sebagai dasar membolehkan mengutip riwayat israiliyat yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Sebab yang diperintahkan oleh Al-Qur'an dan hadis tersebut tentu yang tidak mengandung kebohongan. Yang bertentangan dengan ajaran agama dan juga akal sehat sudah pasti ditolak. Baca juga: Alqomah, Anak Durhaka yang Akan Dibakar Nabi Itu Hanya Kisah Bohong? Sikap Tawaqquf Sementara itu yang tidak ditemukan pembenaran dan penolakannya para ulama memilih sikap tawaqquf, tidak membenarkan dan tidak pula mendustakan.
Ini sejalan dengan bunyi hadis nabi:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ أَهْلُ الْكِتَابِ يَقْرَءُونَ التَّوْرَاةَ بِالْعِبْرَانِيَّةِ وَيُفَسِّرُونَهَا بِالْعَرَبِيَّةِ لِأَهْلِ الْإِسْلَامِ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ: لَا تُصِدِّقُوا أَهْلَ الْكِتَابَ وَلَا تُكَذِّبُوهُمْ، وَقُولُوا: آمَنَّا بِاللهِ وَمَا أُنْزِلَ الْآيَةُ
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhuma beliau berkata, “Dahulu Ahlul kitab membaca Taurat dengan bahasa Ibrani dan mereka tafsirkan dengan bahasa Arab kepada ahlul Islam (muslimin).” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan kalian percayai mereka jangan pula kalian dustakan namun katakanlah (seperti dalam ayat): (HR Bukhari dari Abu Hurairah).
Ayat yang dimaksud yaitu surat Al Baqarah 136 yang berbunyi.
قُوْلُوْٓا اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْنَا وَمَآ اُنْزِلَ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَمَآ اُوْتِيَ مُوْسٰى وَعِيْسٰى وَمَآ اُوْتِيَ النَّبِيُّوْنَ مِنْ رَّبِّهِمْۚ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْهُمْۖ وَنَحْنُ لَهٗ مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah, “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kepada apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka, dan kami berserah diri kepada-Nya.” Meski tawaqquf dan tidak membenarkan dan tidak menolaknya, para ulama membolehkan untuk meriwayatkan sekadar sebagai bentuk pemaparan atas kisah yang ada di kalangan mereka, dan itu termasuk dalam kebolehan yang dibenarkan oleh ayat dan hadis tersebut. Kebolehan itu tentu dalam batas-batas tertentu, yaitu tidak terkait dengan masalah akidah dan hukum, serta tidak ditemukan pembenaran dan penolakannnya dalam ajaran Islam. (mhy) copy link 17 Shares Hadits of The Day Dari Abdullah, ia berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalain akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang laki-laki adalah pemimpin atas keluarganya dan ia akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang wanita adalah pemimpin atas rumah suaminya, dan ia pun akan dimintai pertanggungjawabannya. Dan seorang budak juga pemimpin atas atas harta tuannya dan ia juga akan dimintai pertanggungjawabannya. Sungguh setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawabannya. (HR. Bukhari No. 4789)
Bahwa hakekat israiliyyat adalah segala sesuatu yang bersumber dari kebudayaan Yahudi dan atau Nasrani termasuk penafsiran-penafsirannya, pikiran-pikirannya, pendapat-pendapatnya baik yang termuat dalam Taurat, Injil maupun perkataan ahlul kitab yang diinformasikan lewat riwayat-riwayat baik yang sejalan dengan Islam dan dapat diterima oleh akal sehat maupun yang tidak sejalan dengan Islam dan tidak dapat diterima oleh akal sehat. Bentuk-bentuk riwayat israiliyyat yang berkaitan dengan kisah para nabi dan rasul Allah yang terdapat dalam tafsir al-Tabari dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, ada riwayat israiliyyat yang dapat diterima karena sesuai dengan informasi Al-quran, ada juga riwayat israiliyyat yang harus didiamkan karena tidak ada penjelasan atau alasan yang menunjukkan untuk ditolak atau diterima, riwayat semacam ini dapat dijadikan suplemen informasi yang mungkin dapat diambil manfaatnya, dan terakhir adalah riwayat yang harus ditolak karena tidak sesuai dengan informasi Al-quran bahkan bertentangan dengan yang disebutkan oleh Al-quran, Pada kajian ini, ditemukan juga bahwa riwayat-riwayat israiliyyat bersumber dari Kitab Perjanjian Lama atau Kitab Taurat, terdapat pula dari Kitab Perjanjian Baru atau Injil dan catatan pinggiran dari kedua kitab tersebut. Catatan itu merupakan penjelasan dari Alkitab. Dalam Taurat terdiri dari lima bagian yaitu kitab kejadian, keluaran, imamat, bilangan, dan ulangan. Dari kelima kitab inilah yang menjadi sumber kisah-kisah para nabi dan rasul Allah, khususnya yang berkaitan langsung dengan Bani Israil. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kesamaan atau kemiripan riwayat-riwayat yang menceritakan tentang nabi dan rasul Allah itu dengan apa yang terdapat dalam kelima kitab tersebut. Sehingga dengan demikian, tidak dapat lagi disangkal bahwa betapa besar pengaruh israiliyyat terhadap penafsiran Al-quran khususnya yang berkaitan dengan kisah nabi dan rasul yang ditulis oleh al-Tabari. Hal ini terjadi karena yang dapat dijadikan sumber atau referensi untuk membahas sesuatu pada saat itu salah satunya adalah Kitab Taurat dan atau Kitab Injil, atau orang-orang muslim yang pernah mempelajari atau mendalami kedua kitab tersebut, yaitu mereka yang sebelum masuk Islam beragama Yahudi atau Nasrani. Rasa ingin tahu seseorang terhadap sesuatu itu sudah ada sejak dulu sampai sekarang, sehingga menyeret seseorang untuk banyak bertanya dan membaca, yang kemudian dihubungkan dengan firman-firman Tuhan sehingga melahirkan sebuah penafsiran terhadap ayat-ayat Alquran. Hal lain yang mungkin juga dapat dijadikan hujjah bahwa pada saat itu belum banyak yang dapat dijadikan referensi seperti saat ini, hasil penilitian ilmiah belum banyak, sehingga kecenderungan kepada hal-hal yang berbau mitos menjadi hal yang dapat diterima tanpa mempertimbangkan banyak hal, tapi langsung saja dipercaya.
Salah satu unsur yang memperindah materi dakwah adalah pemaparan kisahkisah atau cerita-cerita, karena sebuah kisah memiliki alur yang teratur, yang terdiri dari
rangkaian peristiwa-peristiwa yang berantai memiliki permulaan dan penutupan sehingga
mudah dicerna. Namun perlu digaris bawahi bukan semua kisah memiliki kebenaran,
ada diantaranya yang mengandung kebohongan yang sengaja dikemas untuk menarik
perhatian, ada pula kisah yang bersumber dari Israiliyyat yang dikenal dengan kisah-kisah
Israiliyyat. Dalam Al-Qur’an terdapat banyak kisah nabi-nabi dan umat-umat terdahulu,
namun penyebutan kisah tersebut hanya secara global saja tidak diperinci secara detail,
sehingga menimbulkan tanda tanya besar bagi sahabat waktu itu, maka sebagian mereka
menanyakan kepada Ahlul Kitab (Yahudi dan Nasrani), mereka menjabarkan secara
terperinci sesuai yang tertulis dalam kitab suci mereka. Dari kejadian tersebut tersisiplah
kisah-kisah Israiliyyat kedalam penafsiran Al-Qur’an. Sedikit banyaknya kisah-kisah
Israiliyat juga telah mempengaruhi materi dakwah, mengingat sumber utama materi
dakwah Islam adalah Al-Qur’an dan Tafsir.
KISAH ISRAILIYYAT
Kita tentu tidak asing dengan kisah Israiliyat. Israiliyat adalah kisah atau kabar tentang masa silam yang berisi kisah tentang para nabi atau orang shalih lainnya. Kisah Israiliyat sebenarnya kisah yang bersumber dari ahli kitab, yang mayoritas bersumber dari orang-orang Yahudi yang masuk agama Islam. Dalam salah satu tafsir Al-Quran karya Ulama Nusantara, Syekh Nawawi al-Bantany yaitu Tafsir Al-Munir sangat sarat akan nuansa kisah Israiliyat di dalamnya.
Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam tidak hanya mengandung ayat yang berkaiat dengan hukum saja, tetapi juga mengandung ayat yang bercerita tentang kisah nabi-nabi dan umat terdahulu. Namun, kisah yang ada dalam Al-Qur’an hanya disebut secara umum dan tidak mempunyai penjelasan yang terperinci. Berbeda dengan kisah-kisah yang tertulis pada kitab-kitab samawi yang lain seperti dalam Taurat dan Injil. Dalam dua kitab ini, kisah-kisah lampau dijelaskan secara terperinci. Kisah-kisah tersebut dalam Taurat dan Injil sedikit banyak telah memberi kesan kepada kisah-kisah yang hampir sama yang terdapat dalam Al-Qur’an. Adanya kemiripan dan titik temu antara Al-Qur’an dengan Taurat dan Injil sebagai sesama kitab samawi dalam mengetengahkan berbagai persoalan merupakan peluang pertama bagi masuknya kisah Israiliyyat ke tengah-tengah pengetahuan kaum muslimin. Cara Pemaparan Kisah Israiliyyat dalam Al-Qur’an Sebagaimana dimaklumi berbagai persolan teramasuk kisah para nabi dan umat umat terdahulu, diceritakan dalam Al-Qur’an dengan bentuk pemaparan yang masih global (mujmal), terbatas pada sisi sisi yang bisa diambil pelajarannya saja. Hal ini sangat berbeda dengan Taurat dan Injil yang cenderung berpanjang lebar dalam merincikan seluk beluk kisah itu. Oleh karenanya, wajar apabila pihak pembaca Al-Qur’an berusaha untuk mencari informasi tentang rincian kisah-ksiah kepada taurat dan Injil. Di samping itu, berbagai kontak yang terjadi antara umat Islam dengan ahli kitab, baik yang terjadi di Jazirah Arabia maupun diluar Jazirah Arabia, memiliki pengaruh yang tidak kecil. Demikian pula dengan masuk Islamnya pemuka Ahli Kitab seperti Ka’b al Ahbar, Abd Allah Ibn Salam, dan Wahb Ibn Munabbih. Dan diterjemahkannya kitab Taurat ke dalam Bahasa Arab merupakan pendorong periwayatan Israiliyyat. Pengertian Israiliyyat Kata Israiliyyat sendiri merupakan bentuk jamak, Israiliyyat, merupakan isim (kata benda) yang dinisbahkan kepada Israil, yang dalam bahasa Ibrani yang berarti hamba Tuhan. Dalam penjelasan sejarah, Israil erat dengan keturunan Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim yang berjumlah dua belas dan disebut Bani Israil. Di dalam Al-Qur’an sendiri, ada banyak disebutkan tentang Bani Israil yang dinisbatkan kepada Yahudi. Baca Juga Air dalam Tinjauan Kimia dan Al-Qur’an Sedangkan secara terminologi Israiliyyat adalah pengaruh kebudayaan Yahudi dan Nasrani terhadap tafsir. Dalam makna luas, Imam Adz Dzahabi mengungkapkan bahwa Israiliyyat memilki arti semua cerita lama yang masuk ke dalam tafsir dan hadis yang bersumber dari Yahudi dan Nasrani atau selain keduanya. Jadi secara gampangannya, Israiliyyat adalah sesuatu yang masuk dalam tafsir dan hadis di mana periwayatnya berkaitan dengan sumber Yahudi dan Nasrani baik menyangkut tentang agama atau tidak, kisah kisah yang di dalamnya berbaur dari berbagai agama dan kepercayaan yang masuk ke Jazirah Arab. Kisah Israiliyyat dalam Beberapa Kitab Tafsir Dalam banyak kitab tafsir Al-Qur’an sendiri, ada banyak sekali kitab-kitab tafsir yang corak penafsirannya dipengaruhi oleh kisah-kisah Israiliyyat. Di antaranya adalah Tafsir Jalalain, tafsir yang dikarang oleh Imam Jalaludin Al-Mahalli dan Jalaluddin Al-Suyuthi ini banyak sekali mengutip kisah-kisah Israiliyyat dalam penafsirannya. Terutama dalam menafsirkan ayat-ayat yang berkaitan tentang kisah nabi-nabi terdahulu, ada banyak sekali kisah-kisah Israiliyyat yang oleh sebagian ulama kemudian dianggap mencederai keterjagaan Nabi dari dosa dan kesalahan (Ismah al anbiya’). Misalnya, penisbatan perilaku syirik terhadap Nabi Adam as dan Hawa melalui penyimpangan dalam menamakan anaknya dengan Abd al-Hars (Hamba Iblis) agar bisa bertahan hidup di mata para ulama kritis merupakan kisah yang mencederai kema’shuman Adam sebagai Nabi. Di samping itu, kisah tersebut dapat memberikan kesan kuatnya dominasi kekuasaan setan dalam menentukan hidup matinya seseorang. Sehingga seakan akan telah mengalahkan kehendak Allah. Atau setidak-tidaknya ada kesan bahwa Allah membiarkan Nabi pilihannya menjadi bulan-bulanan ulah jahat setan, Maha Suci Allah dari kemungkinan itu.
Dalam menceritakan kisah Yusuf dan Zualaikha, Imam Jalaludin Suyuthi menggambarkan adegan perselingkuhan yang nyaris sempurna dan ini jelas sangat merendahkan harkat dan martabat seorang Nabi. Apalagi perselingkuhan itu terjadi dengan istri orang yang telah berjasa menyelamatkan dirinya. Oleh karenanya, para ulama kritis terhadap kebenaran kisah itu.
Takwil Al-Qur'an antara Pro dan Kontra Tentang kisah nabi Sulaiman as dan ratu Balqis yang menggambarkan rekayasa seorang nabi untuk bisa menyaksikan langsung betis dan kaki seorang perempuan yang bukan mahramnya melalui pembangunan istana dengan model lantai yang dirancang sedemikain rupa, dianggap tidak sejalan dengan akhlak seeorang Nabi. Lebih memperihatinkan lagi adalah kisah Sulaiman yang terpaksa harus kehilangan tahta kerajaan selama empat puluh hari guna memberikan kesempatan kepada setan untuk berkuasa dan memberikan arahan-arahan sesat keada umat Nabi Sulaiman setelah setan berhasil menyerupakan diri dengan Sulaiman. Semua itu karena ketergantungan Sulaiman kepada cincin yang dikenakannya. Kisah ini ditolak oleh para ulama’, antara lain karena memberikan peluang kepada setan untuk menyerupakan diri dengan dengan nabi. Hal ini merupakan anacaman yang serius terhadap otentitas syariat yang dibawanya. Kisah Nabi Daud AS Sementara itu kisah Nabi daud as yang jatuh cinta kepada istri Urea, salah seorang perajuritnya, walaupun dalam penafsiran Al Mahalli tidak sampai pada hadapan rekayasa Dawud untuk membunuh Urea, melainkan baru berupa permintaan Dawud untuk menyerahkan sang istri kepadanya. Namun kisah itu tetap tidak layak dengan harkat martabat kenabian. Kisah tersebut dapat memberikan gambaran buruk tentang keserakahan seorang nabi yang telah memiliki sembilan puluh sembilan istri tepi masih ingin mengambil istri seorang hanya memilki seorang istri. Apalagi orang itu adalah anak buahknya sendiri yang seharusnya disantuni dan dilindungi. Kisah kisah irailiyat di atas dalam anggapan sebagian ulama di kategorikan sebagai Israiliyyat yang maudhu’i (Palsu). Tapi ternyata tidak sedikit ulama yang justru membela riwayat ini dengan jalan ta’wil. Hikmah Adanya Kisah Israiliyyat Adanya kisah-kisah Israiliyyat dalam banyak kitab kitab tafsir menuntut para pembaca untuk selalu kritis dalam mencerna kisah-kisah seputar Nabi dan umat terdahulu. Dengan paradigma ini, semestinya dalam pembacaan terhadap kitab-kitab tafsir yang ada. Baca Juga Lima Konsep Matematika yang Ada dalam Al-Qur’an Para pembaca senantiasa tidak menyikapi kitab tafsir ini sebagai sesuatu yang identik dengan kebenaran yang wajib diikuti. Karena hakikat tafsir adalah upaya manusia untuk memahami dan menjelaskan pesan-pesan Ilahi melalui firman-firmannya menurut kadar kemampuan keamnusiaan (bi qadr al taqah al basyariyah). Dan jika disadari kemampuan manusia itu sarat dengan keterbatasan.
KISAH-KISAH ISRAILIYYAT BENAR
Dalam Tafsir Al-Munir terdapat banyak kisah Israiliyat, adapun di sini penulis ingin memaparkan kisah Israiliyat yang dipandang benar karena didukung oleh dalil-dalil dari Al-Quran dan hadis-hadis Nabi SAW yang sahih.
Ketika menafsirkan firman Allah dalam Q.S. al-Kahfi/18: 60, Syaikh Nawawi mengemukakan sebuah kisah berikut ini.
“Nabi Musa a.s telah meyakini bahwa tidak ada seorang pun di muka bumi ini yang lebih pandai daripada aku. Lalu Allah berfirman, “Hai Musa, sesungguhnya Aku mempunyai seorang hamba di muka bumi ini yang sangat tekun beribadah kepada-Ku melebihi kamu dan dis lebih pandai daripada kamu yaitu Khidr. “Kemudian Nabi Musa berkata, “Wahai Tuhanku, berilah aku petunjuk untuk menemuinya.”
Maka Allah berfirman kepadanya, “Ambillah seeokor ikan asin dan pergilah ke tepi laut sehingga engkau menjumpai sebuah batu besar, di dekatnya ada mata air kehidupan, maka percikkanlah airnya itu kepada ikan tersebut sehingga ikan itu hidup kembali, maka di sanalah engkau akan bertemu dengan Khidr.” Kemudian Nabi Musa mengambil seekor ikan yang disimpannya di dalam sebuah keranjang. Kemudian ia berpesan kepada muridnya (Yusya bin Nun bin Afrayim bin Yusuf a.s.) “Apabila ikan itu menghilang beritahulah aku. Lalu keduanya pergi berjalan kaki.”
Kisah ini dipandang benar, karena selain ada isyarat dalam Al-Quran surat al-Kahfi ayat 60 dan ayat-ayat sesudahnya atas kebenaran kisah tersebut, juga kisah itu diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dalam kitab Sahih keduanya dari sahabat Ubay bin Ka’b.
Kisah Nabi Sulaiman a.s.
Ketika menafsirkan firman Allah Q.S. Shaad/38:34 Syaikh Nawawi mengemukakan sebuah kisah berikut ini.
“Diriwayatkan dari Nabi saw bahwa beliau telah bersabda, “Nabi Sulaiman a.s. telah berkata, “Sungguh mala mini aku akan menggauli sebanyak tujuh puluh istri. Setiap istri itu tentu akan melahirkan anak yang ahli menunggang kuda yang digunakan untuk berjuang di jalan Allah. Namun ia tidak mengucapkan insyaallah ta’aala. Lalu ia menggauli istri-istrinya itu, namun tidak ada yang hamil kecuali hanya seorang istrinya yang melahirkan anak dalam keadaan cacat. Kemudian anaknya itu dibawa ke atas singgasananya lalu diletakkan di atas pangkuannya. Demi Dzat yang diriku berada dalam kekuasaan-Nya, seandainya ia mengucapkan:insyaallah, tentu mereka berjuang di jalan Allah dengan menunggang kuda.”
Kisah ini juga diipandang benar, karena selain ada isyarat dalam Q.S. Shaad ayat 34, ini juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab Shahihnya. Imam Muslim juga dalam kitab Shahihnya, dan Imam at-Tirmidzi dalam kitab Sunannya.
KISAH-KISAH ISRAILIYYAT TIDAK BENAR
Kisah-kisah Israiliyat berikut ini dipandang tidak benar karena bertentangan dengan syariat islam, tidak didukung oleh Al-Quran dan hadis yang sahih atau tidak bisa diterima oleh akal yang sehat. Misalnya Kisah Nabi Ayyub di bawah ini,
Ketika menafsirkan Q.S. al-Anbiya’/21:83, Syaikh Nawawi mengemukakan sebuah kisah berikut ini.
“Nabi Ayyub a.s. itu adalah orang Rum dari keturunan ‘Ish bin Ishaq dan ibunya dari keturunan Nabi Luth a.s. Allah telah menjadikannya seorang nabi dan telah memberikannya harta yang banyak berupa binatang baik ternak maupun yang melata dan kebun. Allah juga telah mengarunia beberapa anak kepadanya baik laki-laki maupun perempuan. Beliau sangat penyayang terhadap orang-orang miskin, menanggung beban anak-anak yatim, janda-janda, dan memuliakan tamu.
Lalu Allah Ta’ala memberi ujian kepadanya dengan merobohkan sebuah rumah yang membinasakan anak-anaknya, melenyapkan segala hartanya dan menimpakan penyakit di badannya selama delapan belas tahun. Dari atas kepala sampai ujung kakinya keluar kutil-kutil yang menimbulkan rasa gatal yang sangat dahsyat. Beliau menggaruknya dengan kuku-kukunya sehingga kuku-kukunya itu rontok. Kemudian beliau menggaruknya dengan tembikar dan batu, dan terus-menerus menggaruknya sampai dagingnya berjatuhan dan berbau busuk. Kemudian beliau diusir oleh penduduk kampungnya dan mereka meletakkannya di atas sampah. Lalu dibuatkan untuknya sebuah saung (semacam kemah)”.
Nabi Ayyub a.s. adalah salah seorang nabi dari para nabi kaum Bani Israil. Dengan demikian kisah tersebut adalah kisah Israiliyat yang dikemukakan secara panjang lebar dalam perjanjian lama. Sedangkan yang mempopulerkan kisah itu kepada kaum Muslim khususnya kepada ulama ahli tafsir, sesuai dengan penelitian Ibn Kasir adalah Wahb bin Munabbbih. Seorang ulama ahli tafsir dari Yaman yang berasal dari agama Yahudi, ia termasuk orang yang banyak meriwayatkan kisah israiliyat.
Yaqut al-Hamawi berkata, “Wahb adalah orang yang banyak meriwayatkan kisah israiliyat yang diambilnya dari kitab-kitab terdahulu.” Bahkan menurut pengarang Muslim terkenal, Haji Khalifah “Wahb bin Munabbih telah mengarang sebuah kitab yang diberi judul “Kitab al-Israiliyat”.
Berkenaan dengan kisah-kisah israiliyat yang dikemukakan oleh Wahb bin Munabbih ini, Muhammad Husain adz-Dzahabi telah berkata: Wahb bin Munabbih telah banyak meriwayatkan kisah Israiliyat dan banyak pula kisah Israiliyat yang disandarkan kepadanya. Kisah-kisah tersebut ada yang bernilai dan ada yang tidak, ada yang sahih dan ada yang cacat, yang semuanya itu dijadikan sumber untuk mencela dan mencacinya, sehingga ia dituduh pendusta, penipu dan perusak pemikiran ulama Islam.
Kisah Nabi Dawud a.s.
Ketika menafsirkan firman Allah Q.S. Saad/38:21-24 Syaikh Nawawi mengemukakan kisah berikut ini.
“Dan dikatakan bahwa Uriya telah melamar seorang perempuan dan keluarganya telah menerima lamarannya. Kemudian Nabi Dawud a.s. melamar perempuan itu ketika Uriyah sedang tidak ada di tempat karena ia sedang melaksanakan tugas berperang. Lalu perempuan itu bersedia dinikahi oleh Nabi Dawud a.s. karena memandang kedudukannya”.
Kisah ini jelas tidak dapat dibenarkan karena beberapa hal sebagai berikut. Pertama, Tidak ada dasar yang kuat untuk dijadikan pegangan baik dalam Al-Quran maupun hadis.
Kedua, kisah tersebut dapat menodai sifat ‘ismah (terpelihara dari dosa) bagi Nabi Dawud a.s. karena orang yang bukan nabi pun tidak dibenarkan melamar seorang perempuan yang sudah dilamar orang lain, apalagi Nabi Dawud a.s. seorang nabi dan rosul pilihan Allah swt. Dan ternyata, di dalam syari’at Nabi Dawud pun sama dengan syari’at kita yakni diharamkan hukumnya melamar perempuan yang sudah dilamar oleh orang lain. Wallahu A’lam.
ISRAILIYAT DALAM TAFSIR AL QUR'AN
Sehubungan dengan hal ini, potret israiliyat di era kekinian telah mengakar di kalangan masyarakat awam. Ironisnya lagi sebagian mereka meyakini bahwa israiliyat adalah bagian dari al-Qur’an. Hal ini dibuktikan tentang beredarnya kisah-kisah israiliyat palsu di masyarakat.
Misalnya seperti kisah Malaikat Harut dan Marut yang termaktub dalam Q.S.al-Baqarah 102 yang berbunyi :
وَاتَّبَعُوا مَا تَتْلُو الشَّيَاطِينُ عَلَى مُلْكِ سُلَيْمَانَ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَا أُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوتَ وَمَارُوتَ
“Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat.”
Tekait ayat di atas para mufasir berlainan pendapat tentang yang dimaksud dengan 2 orang malaikat tersebut. Ada yang berpendapat, mereka betul-betul Malaikat dan ada pula yang berpendapat orang yang dipandang saleh seperti malaikat. Ada pula yang berpendapat dua orang jahat yang pura-pura saleh seperti malaikat.
Terdapat sebuah riwayat dari Ibnu Abbas yang menceritakan bahwa; sesungguhnya ketika Allah memberi tahu tentang penciptaan Nabi Adam kepada para malaikat-Nya. Para malaikat pun berkata: mengapa engkau hendak menciptakan manusia yang hanya akan berbuat kerusakan dan membuat pertumpahan darah di dunia. Maka di jawab oleh Allah: sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui.
Kemudian setelah terjadi dialog panjang antara Allah dan para malaikat-Nya, Allah ingin menguji para malaikat-Nya untuk diturunkan ke bumi. Akhirnya para malaikat disuruh memilih 2 malaikat yang lebih ‘alim, zuhud dan terpercaya. Walhasil, dipilihlah Malaikat Harut dan Marut untuk diturunkan ke bumi, dan mereka dibekali sahwat seperti halnya manusia serta dilarang untuk melakukan; syirik, minum khamr, membunuh dan berbuat zina.
Tatkala mereka diturunkan ke bumi, mereka melirik wanita yang cantik yang bernama Zahrah, keduanya pun tertarik kepadanya, kemudian Zahrah pun mengajukan pertanyaan kepada mereka. Zahrah pun berkata kepada kedua malaikat tersebut, “jika kalian menginginkan aku, sembahlah sebagaimana aku menyembah berhala, atau meminum khamr”.
Mendengar persyaratan tersebut, Harut dan Marut menolaknya. Akan tetapi nafsu mereka semakin bergejolak dan pada akhirnya mereka menuruti perkataan Zahrah untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya dilarang oleh Allah. Kemudian Allah bertanya kepada Malaikat-Nya, apakah kalian melihat siapa yang sekarang berbuat kerusakan?
Singkat cerita, Malaikat tersebut sedih setelah melakukan perbuatan tersebut, keduanya disuruh memilih untuk disiksa di dunia atau di akhirat, maka mereka memilih disiksa di dunia. Dengan siksaan yang digantungkan di antara langit dan bumi, keduanya juga mengajari kepada manusia ilmu sihir.
Cerita di atas tersebut, adalah riwayat yang tidak bisa diterima dan tertolak karena tidak ada keterangan pada kitab Allah atas hal tersebut. Indikasi yang menguatkan bahwa cerita tersebut tertolak kebenaranya yaitu :
1. Pertama, bahwa malaikat itu dijaga dari perbuatan maksiat.
2. Kedua, dalam cerita tersebut terdapat perkataan yang memuat sebuah pilihan antara disiksa di dunia atau di akhirat itu adalah batal. Karena, semestinya jika ada pilihan maka pilihan tersebut akan memuat antara taubat dan siksa.
3. Ketiga, tentang mereka mengajarkan sihir kepada manusia ini adalah fatal. Karena, sangat mustahil dalam keadaan disiksa bisa mengajarkan sihir kepada manusia.
MENYIKAPI ISRAILIYAT
Sebagaimana uraian di atas, sebagai umat muslim hendaknya jika berhadapan atau mendengar israiliyat harus menyingkapi israiliyat dengan bijak.Sebagaimana bunyi hadits :
كان أهل الكتاب يقرؤون التوراة بالعبرانية ويفسرونها بالعربية لأهل الإسلام فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( لا تصدقوا أهل الكتاب ولا تكذبوهم وقولوا { آمنا بالله وما أنزل إلينا }
“Dari sahabat Hurairah berkata: Bahwa Ahlukitab ketika membaca Taurat dengan bahasa yahudi dan menafsirkanya dengan bahasa arab bagi orang islam.
Maka Rasulullah bersabda : Janganlah kalian semua membenarkan mereka (ahlukitab) dan mendustai mereka. Dan katakanlah; kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang telah diturunkan kepada kami.”( HR Bukhari, h.1630)
Sehubungan dengan israiliyat, Muhammad Afifuddin al-Dimyati telah merumuskan tiga kategori israiliyat :
Pertama, ada kalanya shahih dari segi matan dan sanadnya. Kedua, ada kalanya dhaif dari segi matan dan sanadnya dan yang ketiga adakalanya palsu.
Dan israiliyyat yang palsu itu terbagi menjadi tiga :
1. Israiliyyat palsu yang berkaitan tentang akidah,
2. Israiliyyat palsu yang berkaitan tentang hukum,
3. Israiliyyat palsu yang berkaitan tentang nasihat/mauidhoh.
Terkait hukum meriwayatkan israiliyyat, bisa dikatakan boleh selagi tidak bertentangan dengan al-Qur’an dan sunnah. Dan apabila bertentanggan, maka hukum meriwayatkannya pun tertolak dan tidak diterima keberadaanya. Dan sikap terakhir ialah tawaquf antara tidak menerima dan menolaknya yakni diam sembari tidak menghukuminya.
KISAH ISRAILIYYAT DIGUNAKAN UNTUK MENJELASKAN TENTANG SEJARAH
Kisah-kisah israiliyat seringkali digunakan untuk menjelaskan tentang suatu hal menyangkut sejarah masa lampau sebelum diutusnya Rasulullah. Banyak kitab-kitab turats yang juga menyelipkan kisah-kisah israiliyat dalam membahas suatu masalah tertentu. Seperti apa sebenarnya kisah israiliyat itu ? Apakah boleh seorang Muslim mempercayai dan menceritakan kisah-kisah israililyat kepada muslim lainnya?
Kisah-kisah israiliyat menyebar tidak lepas berawal dari keingintahuan bangsa Arab untuk menggali informasi terutama tentang kisah-kisah dalam Al Quran yang tidak merinci peristiwanya. Keingintahuan itu tersalurkan dengan menanyakan informasi yang dibutuhkan kepada ahlul kitab, Yahudi dan Nasrani yang hidup di tengah-tengah bangsa Arab.
Interaksi antara bangsa Arab dengan ahlul kitab terutama orang-orang Yahudi sudah lama terjalin sejak 70 Masehi setelah para ahlul kitab melarikan diri dari kejaran dan penyiksaan penguasa Romawi, Titus. Selain itu dalam perdagangan musim panas ke Syam dan musim dingin ke Yaman, bangsa Arab juga selalu berjumpa dan berkomunikasi dengan ahlul kitab yang tinggal di daerah tersebut. Dari situlah budaya dan pemikiran ahlul kitab diserap oleh bangsa Arab.
Sebagian dari ahlul kitab itu ada yang memeluk agama Islam misalnya saja seperti Abdullah bin Salam, Ka’b Al Ahbar dan lainnya yang mereka semua telah memiliki informasi-informasi beragam berkaitan tentang kisah-kisah israiliyat. Informasi itu kemudian dengan mudah diterima bangsa Arab karena dianggap hanya sekedar cerita masa lalu dan tidak terkait dengan persoalan hukum yang harus diverifikasi lebih jauh kesahihannya. Mulanya hanya sekedar memenuhi rasa ingin tahu. Berdasarkan riwayat itulah cerita-cerita israiliyat berkembang dan masuk ke dalam buku-buku tafsir. Hampir kebanyakan buku-buku tafsir klasik memuat kisah-kisah yang dikenal dengan istilah israiliyat.
Istilah israiliyat meski dinisbatkan kepada Israil, julukan bagi nabi Yaqub dan merujuk kepada kisah yang bersumber dari orang-orang Yahudi, tetapi dalam perkembanganya israiliyat lebih populer dikenal untuk kisah atau dongeng masa lalu yang masuk ke dalam tafsir dan hadits. Baik yang bersumber dari orang-orang Yahudi-Nasrani maupun lainnya. Cerita-cerita itu semakin berkembang dengan banyaknya orang yang berprofesi sebagai alqassasun (pandai cerita) yang selalu menonjolkan keanehan-keanehan dalam penyampaiannya agar menarik perhatian pendengar.
Memang tidak semua israiliyat itu lemah atau palsu riwayatnya. Ada di antaranya yang sahih, seperti penjelasan Abdullah bin Salam tentang sifat-sifat Rasulullah yang termaktub dalam Taurat, dan dikutip dalam kitab-kitab tafsir. Demikian pula, tidak semua kisah israiliyat itu bertentangan dengan syariat Islam. Ada yang sejalan dengan syariat yang dibawa oleh Rasulullah dan ada pula yang tidak ditemukan penolakan dan pembenarannya dalam ajaran Islam (al maskut anhu). Kisah-kisah tersebut ada yang terkait dengan akidah dan masalah hukum, ada pula yang tidak berhubungan sama sekali dengan keduanya, melainkan hanya berupa nasihat dan informasi peristiwa masa lalu.
Para ulama berbeda pandangan dalam menyikapi kisah-kisah israiliyat. Di dalam Al Quran sendiri ada ayat yang menjadi basis argumentasi bolehnya untuk menanyakan informasi terkait kitab suci kepada ahlul kitab.
فَإِن كُنتَ فِى شَكٍّ مِّمَّآ أَنزَلْنَآ إِلَيْكَ فَسْـَٔلِ ٱلَّذِينَ يَقْرَءُونَ ٱلْكِتَٰبَ مِن قَبْلِكَ ۚ لَقَدْ جَآءَكَ ٱلْحَقُّ مِن رَّبِّكَ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ ٱلْمُمْتَرِينَ
Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu temasuk orang-orang yang ragu-ragu.(Al Quran surat Yunus ayat 94).
Ada juga hadits nabi :
عن عبد الله بن عمرو بن العاص -رضي الله عنهما-: أن النبي -صلى الله عليه وسلم- قال: «بلغوا عني ولو آية، وحدثوا عن بني إسرائيل ولا حرج، ومن كذب علي متعمدا فَلْيَتَبَوَّأْ مقعده من النار».
[صحيح.] - [رواه البخاري
Sampaikan dariku walau satu ayat, dan ceritakan (apa yang kalian peroleh) dari Bani Israil, tidak ada dosa. Barang siapa sengaja berdusta mengatasnamakanku maka bersiaplah untuk masuk ke neraka (HR Bukhari dari Abdullah bin Amr).
Ayat dan hadits itu dipahami para ulama sebagai dasar membolehkan mengutip riwayat israiliyat yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Sebab yang diperintahkan oleh Al Quran dan hadits tersebut tentu yang tidak mengandung kebohongan. Yang bertentangan dengan ajaran agama dan juga akal sehat sudah pasti ditolak.
Sementara itu yang tidak ditemukan pembenaran dan penolakannya para ulama memilih sikap tawaqquf, tidak membenarkan dan tidak pula mendustakan. Ini sejalan dengan bunyi hadits nabi :
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ أَهْلُ الْكِتَابِ يَقْرَءُونَ التَّوْرَاةَ بِالْعِبْرَانِيَّةِ وَيُفَسِّرُونَهَا بِالْعَرَبِيَّةِ لِأَهْلِ الْإِسْلَامِ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ: لَا تُصِدِّقُوا أَهْلَ الْكِتَابَ وَلَا تُكَذِّبُوهُمْ، وَقُولُوا: آمَنَّا بِاللهِ وَمَا أُنْزِلَ الْآيَةُ
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhuma beliau berkata, “Dahulu Ahlul kitab membaca Taurat dengan bahasa Ibrani dan mereka tafsirkan dengan bahasa Arab kepada ahlul Islam (muslimin).” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan kalian percayai mereka jangan pula kalian dustakan namun katakanlah (seperti dalam ayat): (HR Bukhari dari Abu Hurairah). Ayat yang dimaksud yaitu surat Al Baqarah 136.
Meski tawaqquf dan tidak membenarkan dan tidak menolaknya, para ulama membolehkan untuk meriwayatkan sekedar sebagai bentuk pemaparan atas kisah yang ada dikalangan mereka, dan itu termasuk dalam kebolehan yang dibenarkan oleh ayat dan hadits tersebut. Kebolehan itu tentu dalam batas-batas tertentu, yaitu tidak terkait dengan masalah akidah dan hukum, serta tidak ditemukan pembenaran dan penolakannnya dalam ajaran Islam.
Semoga bermanfaat dan berkah.
Imajier Nuswantoro