10 Bait Terakhir Ramalan Jayabaya
Jayabhaya adalah Raja Panjalu yang
memerintah sekitar tahun 1135-1159 M. dengan nama gelar abhisekanya yang
digunakan ialah Sri Maharaja Sang Mapanji Jayabhaya Sri Warmeswara Madhusudana
Awataranindita Suhtrisingha Parakrama Uttunggadewa.
Pemerintahan prabu Jayabhaya dianggap
sebagai masa kejayaan Kerajaan Panjalu.
Peninggalan sejarahnya berupa Prasasti
Hantang (1135 M), Prasasti Talan (1136 M), dan Prasasti Jepun (1144 M), serta
Kakawin Bharatayuddha (1157 M).
Ramalan Jayabaya adalah ramalan Jawa yang
dipercaya ditulis oleh Jayabaya, raja Kerajaan Kediri. Ramalan ini dikenal
kalangan masyarakat Jawa.
Berikut 10 bait terakhir ramalan
Jayabaya :
Bait 164
Putra kinasih swargi kang jumeneng ing
gunung Lawu hiya yayi bethara mukti, hiya krisna, hiya herumukti mumpuni
sakabehing laku nugel tanah Jawa kaping pindho ngerahake jin setan kumara
prewangan, para lelembut ke bawah perintah saeko proyo kinen ambantu manungso
Jawa padha asesanti trisula weda landhepe triniji suci bener, jejeg, jujur
kadherekake Sabdopalon lan Noyogenggong.
Artinya, putra kesayangan almarhum yang
bermukim di Gunung Lawu yaitu Kyai Batara Mukti, ya Krisna, ya Herumukti
menguasai seluruh ajaran (ngelmu), memotong tanah Jawa kedua kali, mengerahkan
jin dan setan, seluruh makhluk halus berada dibawah perintahnya bersatu padu
membantu manusia Jawa berpedoman pada trisula weda tajamnya tritunggal nan suci
benar, lurus, jujur didampingi Sabdopalon dan Noyogenggong.
Bait 165
Pendhak Sura nguntapa kumara kang wus
katon nembus dosane kadhepake ngarsaning sang kuasa isih timur kaceluk wong
tuwa paringane Gatotkaca sayuta.
Artinya, tiap bulan Sura sambutlah kumara
yang sudah tampak menebus dosa dihadapan sang Maha Kuasa masih muda sudah
dipanggil orang tua warisannya Gatotkaca sejuta.
Bait 166
Idune idu geni sabdane malati sing
mbregendhul mesti mati ora tuwo, enom padha dene bayi wong ora ndayani nyuwun
apa bae mesthi sembada garis sabda ora gentalan dina, beja-bejane sing yakin
lan tuhu setya sabdanira tan karsa sinuyudan wong sak tanah Jawa nanging inung
pilih-pilih sapa.
Artinya, ludahnya ludah api sabdanya sakti
(terbukti) yang membantah pasti mati orang tua, muda maupun bayi orang yang
tidak berdaya minta apa saja pasti terpenuhi, garis sabdanya tidak akan lama
beruntunglah bagi yang yakin dan percaya serta menaati sabdanya tidak mau
dihormati orang se tanah Jawa tetapi hanya memilih beberapa saja.
Bait 167
Waskita pindha dewa bisa nyumurupi lahire
mbahira, buyutira, canggahira pindha lahir bareng sadina ora bisa diapusi marga
bisa maca ati wasis, wegig, waskita, ngerti sakdurunge winarah bisa pirsa
mbah-mbahira angawuningani jantraning zaman Jawa ngerti garise siji-sijining
umat Tan kewran sasuruping zaman.
Artinya, pandai meramal seperti dewa dapat
mengetahui lahirnya kakek, buyut dan canggah anda, seolah-olah lahir di waktu
yang sama tidak bisa ditipu karena dapat membaca isi hati, bijak, cermat dan
sakti mengerti sebelum sesuatu terjadi, mengetahui leluhur anda, memahami
putaran roda zaman Jawa, mengerti garis hidup setiap umat, tidak khawatir
tertelan zaman.
Bait 168
Mula den upadinen sinatriya iku wus tan
abapa, tan bibi, lola awus aputus weda Jawa mung angandelake trisula landheping
trisula pucuk gegawe pati utawa utang nyawa sing tengah sirik gawe kapitunaning
liyan sing pinggir-pinggir tolak colong njupuk winanda.
Artinya, oleh sebab itu carilah satria itu
yatim piatu, tak bersanak saudara sudah lulus weda Jawa hanya berpedoman
trisula, ujung trisulanya sangat tajam membawa maut atau utang nyawa yang
tengah pantang berbuat merugikan orang lain, yang di kiri dan kanan menolak
pencurian dan kejahatan.
Bait 169
Sirik den wenehi ati malati bisa kesiku
senenge anggodha anjejaluk cara nistha ngertiyo yen iku coba aja kaino ana
beja-bejane sing den pundhuti ateges jantrane kaemong sira sebrayat.
Artinya, pantang bila diberi hati mati
dapat terkena kutukan, senang menggoda dan minta secara nista ketahuilah bahwa
itu hanya ujian, jangan dihina ada keuntungan bagi yang dimintai, artinya
dilindungi anda sekeluarga.
Bait 170
Ing ngarsa Begawan dudu pandhita sinebut
pandhita dudu dewa sinebut dewa kaya dene manungsa dudu seje daya kajawaake
kanti jlentreh gawang-gawang terang ndrandhang.
Artinya, di hadapan Begawan bukan pendeta
disebut pendeta, bukan dewa disebut dewa namun manusia biasa, bukan kekuatan
lain diterangkan jelas bayang-bayang menjadi terang benderang.
Bait 171
Aja gumun, aja ngungun hiya iku putrane
Bethara Indra kang pambayun tur isih kuwasa nundhung setan tumurune tirta
brajamusti pisah kaya ngundhuh hiya siji iki kang bisa paring pituduh marang
jarwane jangka kalaningsun tan kena den apusi marga bisa manjing jroning ati
ana manungso kaiden ketemu uga ana jalma sing durung mangsane aja sirik aja
gela iku dudu wektunira nganggo simbol ratu tanpa makutha mula sing menangi
enggala den leluri aja kongsi zaman kendhata madhepa den marikelu beja-bejane
anak putu.
Artinya, jangan heran, jangan bingung
itulah putranya Batara Indra, yang sulung dan masih kuasa mengusir setan,
turunnya air brajamusti pecah memercik, hanya satu ini yang dapat memberi
petunjuk tentang arti dan makna ramalan saya tidak bisa ditipu karena dapat
masuk ke dalam hati, ada manusia yang bisa bertemu tapi ada manusia yang belum
saatnya, jangan iri dan kecewa itu bukan waktu anda memakai lambang ratu tanpa
mahkota, sebab itu yang menjumpai segeralah menghormati, jangan sampai
terputus, menghadaplah dengan patuh keberuntungan ada di anak cucu.
Bait 172
Iki dalan kanggo sing eling lan waspada
ing zaman kalabendu Jawa aja nglarang dalem ngleluri wong apengawak dewa cures
ludhes saka braja jelma kumara aja-aja kleru pandhita samusana larinen pandhita
asenjata trisula wedha iku hiya pinaringaning dewa.
Artinya, inilah jalan bagi yang ingat dan
waspada pada zaman kalabendu Jawa jangan melarang dalam menghormati orang
berupa dewa, yang menghalangi akan sirna seluruh keluarga, jangan keliru
mencari dewa, carilah dewa bersenjata trisula wedha itulah pemberian dewa.
Bait 173
Nglurug tanpa bala yen menang tan
ngasorake liyan para kawula padha suka-suka marga adiling pangeran wus teka
ratune nyembah kawula angagem trisula wedha para pandhita hiya padha muja hiya
iku momongane kaki Sabdopalon sing wis adu wirang nanging kondhang genaha
kacetha kanthi njingglang nora ana wong ngresula kurang hiya iku tandane
kalabendu wis minger centi wektu jejering kalamukti andayani indering jagad
raya padha asung bhekti.
Artinya, menyerang tanpa pasukan, bila
menang tak menghina yang lain, rakyat bersuka ria, karena keadilan Yang Kuasa
telah tiba, raja menyembah rakyat bersenjatakan trisula wedha, para pendeta
juga pada memuja, itulah asuhannya Sabdopalon yang sudah menanggung malu tetapi
termasyhur, segalanya tampak terang benderang tak ada yang mengeluh kekurangan,
itulah tanda zaman kalabendu telah usai berganti zaman penuh kemuliaan
memperkokoh tatanan jagad raya, semuanya menaruh rasa hormat yang tinggi.
Imajiner Nuswantoro