MPU TANAKUNG
Mpu Tanakung adalah seorang pujangga pada masa akhir keruntuhan Majapahit yang ringkasan keprihatinan beliau terhadap kondisi perkembangan Kerajaan Majapahit yang makin terpuruk pada saat itu yang salah satu sebabnya disebutkan sebagai berikut :
1. Karena kelakuan para elitnya yang hanya mengejar kekuasaan semata-mata,
2. Lupa kepada perjuangan membangun bangsa dari para pendiri cikal bakal kerajaan mereka.
3. Mereka tidak merasakan betapa sulitnya menuju puncak kemegahan yang telah diupayakan mulai dari Sanggrama Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit, dan usaha para suksesor sesudahnya: terutama Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajahmada.
4. Setelah Hayam Wuruk dan Gajahmada wafat, Majapahit menghadapi ancaman disintegrasi dari luar dan dalam, namun tidak disadari oleh para elit pemegang kekuasaan.
5. Para elit mulai terbiasa dengan hidup mewah, hasil dari “memeras keringat” para pendahulu mereka.
6. Nafsu / Syahwat para penguasa yang hanya mengejar kekuasaan dengan menghalalkan segala cara dan perang saudara dalam rangka suksesi kepemimpinan yang menyebabkan,
7. Mereka tidak peka dengan bahaya ideologi asing yang mengancam di depan mata yang dibawa oleh kaum penyebar agama baru yang mulai memenuhi pesisir utara Jawa, dan
8. Daerah-daerah yang mulai terlepas karena tidak dikawal lagi oleh ideologi negara, dan sebagai gantinya fanatisme agama yang ditawarkan sebagai ideologi asing alternatif yang perlahan tetapi pasti mulai masuk.
9. Sehingga disebutkan pentingnya konsep Sraddha yang menekankan kepada kesetiaan dan penghormatan kepada para leluhur, para bapa bangsa sebagaimana dijelaskan dalam kutipan Bhanawa Sekar Mpu Tanakung: Puspanjali Bahtera Seribu Bunga Sebagai Sraddha Kebangsaan yang dalam karya lainnya Beliau juga menulis,
10. Siwaratrikapla (Malam Sang Hyang Siwa) yang sangat terkenal di Bali, dan dilestarikan dalam bentuk ritual Siwa Ratri yang indah hingga sekarang ini.
11. Juga dalam pemahaman tentang Lingga Yoni, Beliau juga menyusun kitab Lingga Purana yang memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat pada jaman lampau.
MPU TANAKUNG DAN MPU DUSUN
(Dua Pujangga Majapahit Penyusun Lubadhaka serta Kunjarakarna Dharmakarthana Avirista Midaada)
Majapahit yang didirikan raden Wijaya, usai menghancurkan Kediri, tumbuh menjadi kerajaan yang sangat maju peradabannya. Tak hanya kekuatan militer, namun juga karya-karya sastra yang dilahirkan para pujangga Majapahit turut melegenda hingga kini. Baca juga: Kisah Siu Ban Ci, Cinta Pandangan Pertama Brawijaya V yang Anaknya Menghancurkan Majapahit Siapa yang tak mengenal Mpu Prapanca ?
Dalam pengasingannya, pujangga ini mampu melahirkan Kitab Negarakertagama yang hingga kini masih menjadi referensi utama dalam mempelajari Majapahit, dan kejayaan Nusantara. Selain itu ada Mpu Tantular, yang melahirkan Kakawin Sutasoma. Kakawin berbahasa Jawa kuno tersebut sangat termasyhur, karena ada semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.
Pasak untuk Pulau Jawa Dihuni Keturunan Asli Majapahit Namun, siapa sangka di Majapahit juga ada nama pujangga Mpu Tanakung, dan Mpu Dusun, Keduanya telah melahirkan tiga kitab, yakni Kakawin Lubadhaka menjadi kitab yang ditulis oleh Mpu Tanakung pada pertengahan abad 15. Kala itu, Majapahit dipimpin oleh Sri Adisuraprabhawa atau Dyah Suraprabhawa yang memimpin pada 1466-1474 Masehi. Sebagaimana dikutip dari buku "Perang Bubat 1279 Saka, Membongkar Fakta Kerajaan Sunda vs Kerajaan Majapahit, " dari Sri Wintala Achmad. Keunikan kakawin ini terletak pada tokohnya yang merupakan seorang pemburu. Kakawin ini mengisahkan tentang sorang pemburu yang mencapai surga karena menghormati lingga pada malam Siwa.
Kitab berikutnya yang ditulis Mpu Tanakung adalah Wrttansancana. Kakawin ini ditulis untuk memberikan kaidah-kaidah metrum. Perihal pesan moral yang tersirat dari kisah perpisahan dan pertemuan seorang putri dengan kekasihnya melalui sepasang itik dalam karya tersebut. Tanakung mengisahkan bagaimana perpisahan dan pertemuan manusia juga dialami oleh Mpu Tanakung. Mpu Tanakung mengisahkan tak ada keabadian di dunia melalui Kakawin Wrttansancana. Setiap pertemuan merupakan ambang perpisahan, dan perpisahan merupakan ambang pertemuan. Karenanya dalam kitab kakawin ini dikisahkan bagaimana larangan bersedih sewaktu berpisah. Dalam karyanya, Mpu Tanakung juga mengkritisi adanya pendapat bahwa seluruh manusia adalah umat Tuhan yang mulia. Menurut Tanakung, tingkatan nilai manusia ditentukan oleh budi pekertinya. Dia menyatakan, banyak manusia kaya raya yang tidak memiliki nilai tinggi di hadapan Tuhan, karena hidup sebagai penjahat. Namun sebaliknya banyak manusia miskin atau papa, sebagaimana dilukiskan sebagai binatang itik yang bernilai tinggi, karena suka menolong pada seluruh makhluk Tuhan. Pujangga terakhir yang juga mengarang kakawin di era Kerajaan Majapahit yakni Mpu Dusun. Mpu Dusun merupakan seorang sastrawan yang tinggal di daerah pedalaman Majapahit. Kitab kakawinnya bernama Kakawin Kunjarakarna Dharmakarthana.
Bila dicermati dengan seksama, kakawin tersebut bersifat Buddhistis, namun masih dalam kerangka religius Siwa-Buddha. Terdapat dugaaan yang menyatakan bahwa kakawin tersebut digubah sebelum Kakawin Siwaratrtkalpa.
AJARAN KEARIFAN MPU TANAKUNG
Mpu Tanakung merupakan pujangga yang hidup di masa pemerintahan Hayam Wuruk, raja Majapahit ke-4 yang memerintah pada 1350-1389. Selain menggubah Kakawin Banawa Sekar yang melukiskan upacara Srada, Mpu Tanakung menggubah Kakawin Lubdhaka dan Kakawin Wrttasancaya. Dua karya sastra yang mengandung ajaran-ajaran kearifan.
KAKAWIN LUBDHAKA
Kakawin Lubdhaka yang dikenal pula dengan Kakawin Siwaratrikalpa digubah oleh Mpu Tanakung pada medio abad 15 di bawah lindungan Sri Adisuraprabhawa. Keunikan karya sastra ini terletak pada tokoh utamanya yang merupakan seorang pemburu. Karya ini mengisahkan seorang pemburu yang mencapai surga karena menghormati lingga pada malam Siwa.
Melalui Kakawin Lubdhaka, Mpu Tanakung terkesan ingin menyampaikan ajaran kearifan bahwa seorang yang dapat mencapai surga harus berjiwa lingga. Artinya, seseorang harus memiliki jiwa yang teguh serta tidak mudah goyah oleh suatu cobaan atau godaan di dalam hidup yang serba gemerlap namun bersifat ilusif. Hanya dengan jiwa atau iman yang kuat dan sentosa, manusia akan mampu terbebas dari samsara.
KAKAWIN WRTTASANCAYA
BANYAK ahli sastra menganggap bahwa Kakawin Wrttasancaya karya Mpu Tanakung telah memberikan kaidah-kaidah metrum. Perihal nilai-nilai kearifan yang tersirat dari kisah perpisahan dan pertemuan seorang putri dengan kekasihnya melalui sepasang itik dalam karya tersebut, sebagai berikut :
1. Persuaan Awal Perpisahan, Perpisahan awal Persuaan
Melalui kisah sang putri dalam Kakawin Wrttasancaya, Mpu Tanakung mengungkapkan tidak adanya keabadian di dunia ini. Segala yang ada selalu terikat dengan hukum ketidakkekalan atau hukum cakramanggilingan. Dari 'tidak ada' (0) menjadi 'ada' (1-9) dan kemudian menjadi 'tidak ada' (0).
Berdasarkan hukum ketidakkekalan dapat disimpulkan bahwa setiap kematian merupakan awal kehidupan dan kehidupan merupakan awal kematian. Demikian pula, persuaan merupakan awal perpisahan, dan perpisahan awal persuaan. Karenanya, jangan bersedih sewaktu berpisah, dan jangan bergembira sewaktu bersua. Terimalah keduanya dengan wajar.
2. Tinggi-rendahnya Martabat Manusia Tergantung Budi Pekertinya.
Melalui Kakawin Wrttasancaya, Mpu Tanakung mengkritisi terhadap pendapat bahwa seluruh manusia adalah umat Tuhan yang mulia. Menurut beliau, tingkatan martabat manusia ditentukan oleh budi pekertinya.
Pandapat Mpu Tanakung tersebut berpijak pada realitas bahwa banyak manusia kaya raya yang tidak memiliki martabat di hadapan Tuhan karena hidup sebagai penjahat. Namun sebaliknya banyak manusia miskin atau papa sebagaimana dilukiskan sebagai binatang itik yang luhur budi pekertinya karena suka menolong pada seluruh makhluk Tuhan.