Abdul Qadir Al-Jailani
By, R. Syehha Agem Manumayasya
Yang terhormat adalah Ja’far
bin Tsa’lab bin Ja’far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al adfawi. Seoarang
‘ulama bermadzhab Syafi’I yang tinggal di Baghdad.
Kelahiran dan wafatnya beliau :
Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H. Wafat tahun 748 H di
Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di dalam kitab Ad Durarul Kaminah,
biografi nomor 1452. Imam Ibnu Rajab menyatakan bahwa Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani lahir pada tahun 490/471 H di kota Jailan atau disebut juga dengan
Kailan. Sehingga diakhir nama beliau ditambahkan kata Al Jailani atau Al
Kailani atau juga Al Jiliy. (Biaografi beliau dimuat dalam Kitab Adz Dzail ‘Ala
Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu Rajab Al Hambali. Buku
ini belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia).
Beliau wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul
Akhir tahun 561 H di daerah Babul Azaj.
Masa Muda Beliau:
Beliau meninggalkan tanah kelahiran, dan merantau ke Baghdad pada saat beliau
masih muda. Di Baghdad belajar kepada beberapa orang ulama’ seperti Ibnu Aqil,
Abul Khatthat, Abul Husein Al Farra’ dan juga Abu Sa’ad Al Muharrimi. Beliau
belajar sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan
pendapat para ulama’. Suatu ketika Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun sekolah
kecil-kecilan di daerah yang bernama Babul Azaj. Pengelolaan sekolah ini
diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani. Beliau mengelola
sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim disana sambil memberikan nasehat
kepada orang-orang yang ada tersebut. Banyak sudah orang yang bertaubat demi
mendengar nasehat beliau. Banyak orang yang bersimpati kepada beliau, lalu
datang ke sekolah beliau. Sehingga sekolah itu tidak kuat menampungnya. Maka,
diadakan perluasan
Murid-murid beliau :
Murid-murid beliau banyak yang menjadi ulama’ terkenal. Seperti Al Hafidz Abdul
Ghani yang menyusun kitab Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Juga Syeikh
Qudamah penyusun kitab figh terkenal Al Mughni.
Perkataan ulama tentang beliau :
Syeikh Ibnu Qudamah rahimahullah ketika ditanya tentang Syeikh Abdul Qadir,
beliau menjawab, ” kami sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa
kehidupannya. Beliau menempatkan kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian
terhadap kami. Kadang beliau mengutus putra beliau yang bernama Yahya untuk
menyalakan lampu buat kami. Beliau senantiasa menjadi imam dalam shalat
fardhu.”
Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal bersama beliau selama satu bulan sembilan
hari. Kesempatan ini digunakan untuk belajar kepada Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani sampai beliau meninggal dunia. (Siyar A’lamin Nubala XX/442). Beliau
adalah seorang ‘alim. Beraqidah Ahlu Sunnah, mengikuti jalan Salafush Shalih.
Dikenal banyak memiliki karamah-karamah. Tetapi banyak (pula) orang yang
membuat-buat kedustaan atas nama beliau. Kedustaan itu baik berupa kisah-kisah,
perkataan-perkataan, ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda dengan jalan
Rasulullah, para sahabatnya, dan lainnya.
Diantaranya dapat diketahui dari perkataan Imam Ibnu Rajab, ” Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani adalah seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh
banyak para syeikh, baik ‘ulama dan para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki
keutamaan dan karamah. Tetapi ada seorang yang bernama Al Muqri’ Abul Hasan Asy
Syathnufi Al Mishri (Nama lengkapnya adalah Ali Ibnu Yusuf bin Jarir Al Lakh-mi
Asy Syath-Nufi. Lahir di Kairo tahun 640 H, meninggal tahun 713 H. Dia dituduh
berdusta dan tidak bertemu dengan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani) mengumpulkan
kisah-kisah dan keutamaan-keutamaan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga
jilid kitab. Dia telah menulis perkara-perkara yang aneh dan besar
(kebohongannya). Cukuplah seorang itu berdusta, jika dia menceritakan yang dia
dengar. Aku telah melihat sebagian kitab ini, tetapi hatiku tidak tentram untuk
berpegang dengannya, sehingga aku tidak meriwayatkan apa yang ada di dalamnya.
Kecuali kisah-kisah yang telah mansyhur dan terkenal dari selain kitab ini.
Karena kitab ini banyak berisi riwayat dari orang-orang yang tidak dikenal.
Juga terdapat perkara-perkara yang jauh (dari agama dan akal), kesesatan-kesesatan,
dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil tidak berbatas. (Seperti kisah Syeikh
Abdul Qadir menghidupkan ayam yang telah mati, dan sebagainya) semua itu tidak
pantas dinisbatkan kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah. Kemudian
aku dapatkan bahwa Al Kamal Ja’far Al Adfwi (Nama lengkapnya ialah Ja’far bin
Tsa’lab bin Ja’far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama
bermadzhab Syafi’i. Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H.
Wafat tahun 748 H di Kairo.
Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di dalam kitan Ad Durarul Kaminah,
biografi nomor 1452.) telah menyebutkan, bahwa Asy Syath-nufi sendiri tertuduh
berdusta atas kisah-kisah yang diriwayatkannya dalam kitab ini.”(Dinukil dari
kitab At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul
Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415
H / 8 April 1995 M.). Imam Ibnu Rajab juga berkata, ” Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani rahimahullah memiliki yang bagus dalam masalah tauhid, sifat-sifat
Allah,takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai dengan sunnah.
Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq, kitab yang terkenal.
Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib. Murid-muridnya mengumpulkan
perkara-perkara yang berkaitan dengan nasehat dari majelis-majelis beliau.
Dalam masalah-masalah sifat, takdir dan lainnya, ia berpegang dengan sunnah.
Beliau membantah dengan keras terhadap orang-orang yang menyelisihi sunnah.”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah, ” Dia
(Allah ) di arah atas, berada diatas ‘arsyNya, meliputi seluruh kerajaanNya.
IlmuNya meliputi segala sesuatu.” Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan
hadist-hadist, lalu berkata ” Sepantasnya menetapkan sifat istiwa’ (Allah
berada diatas ‘arsyNya) tanpa takwil (menyimpangkan kepada makna lain). Dan
hal itu merupakan istiwa’ dzat Allah diatas arsys.” (At Tashawwuf Fii Mizanil
Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 515).
Ali bin Idris pernah bertanya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, ” Wahai
tuanku, apakah Allah memiliki wali (kekasih) yang tidak berada di atas aqidah
(Imam) Ahmad bin Hambal?” Maka beliau menjawab, ” Tidak pernah ada dan tidak
akan ada.”(At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516). Perkataan Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani tersebut juga dinukilkan oleh Syeikhul Islam Ibnu
Taimiyah dalam kitab Al Istiqamah I/86. Semua itu menunjukkan kelurusan
aqidahnya dan penghormatan beliau terhadap manhaj Salaf. Sam’ani berkata, ”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah penduduk kota Jailan. Beliau seorang Imam
bermadzhab Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini pada masa hidup beliau.”
Imam Adz Dzahabi menyebutkan biografi Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam Siyar
A’lamin Nubala, dan menukilkan perkataan Syeikh sebagai berikut,”Lebih dari
lima ratus orang masuk Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang
telah bertaubat.”
Imam Adz Dzahabi menukilkan perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan Syeikh
Abdul Qadir yang aneh-aneh sehingga memberikan kesan seakan-akan beliau
mengetahui hal-hal yang ghaib. Kemudian mengakhiri perkataan, “Intinya Syeikh
Abdul Qadir memiliki kedudukan yang agung. Tetapi terdapat kritikan-kritikan
terhadap sebagian perkataannya dan Allah menjanjikan (ampunan atas
kesalahan-kesalahan orang beriman). Namun sebagian perkataannya merupakan
kedustaan atas nama beliau.”( Siyar XX/451). Imam Adz Dzahabi juga berkata, ”
Tidak ada seorangpun para kibar masyasyeikh yang riwayat hidup dan karamahnya
lebih banyak kisah hikayat, selain Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, dan banyak
diantara riwayat-riwayat itu yang tidak benar bahkan ada yang mustahil terjadi
“. Syeikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali berkata dalam kitabnya, Al Haddul Fashil,
hal.136, ” Aku telah mendapatkan aqidah beliau ( Syeikh Abdul Qadir Al Jailani) didalam kitabnya yang bernama Al Ghunyah. (Lihat kitab Al-Ghunyah I/83-94)
Maka aku mengetahui bahwa dia sebagai seorang Salafi. Beliau menetapkan
nama-nama dan sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di atas manhaj Salaf.
Beliau juga membantah kelompok-kelompok Syi’ah, Rafidhah, Jahmiyyah,
Jabariyyah, Salimiyah, dan kelompok lainnya dengan manhaj Salaf.” (At Tashawwuf
Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin
Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H / 8
April 1995 M.). Inilah tentang beliau secara ringkas. Seorang ‘alim Salafi,
Sunni, tetapi banyak orang yang menyanjung dan membuat kedustaan atas nama
beliau.
Sedangkan beliau berlepas diri dari semua kebohongan itu. Wallahu a’lam
bishshawwab. Kesimpulannya beliau adalah seorang ‘ulama besar. Apabila sekarang
ini
banyak kaum muslimin menyanjung-nyanjungnya dan mencintainya, maka suatu
kewajaran. Bahkan suatu keharusan. Akan tetapi kalau meninggi-ninggikan derajat
beliau di atas Rasulullah shollallahu’alaihi wasalam, maka hal ini merupakan
kekeliruan. Karena Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasalam adalah rasul yang
paling mulia diantara para nabi dan rasul. Derajatnya tidak akan terkalahkan
disisi Allah oleh manusia manapun.
Adapun sebagian kaum muslimin yang menjadikan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
sebagai wasilah (perantara) dalam do’a mereka. Berkeyakinan bahwa do’a
seseorang tidak akan dikabulkan oleh Allah, kecuali dengan perantaranya. Ini
juga merupakan kesesatan. Menjadikan orang yang meningal sebagai perantara,
maka tidak ada syari’atnya dan ini diharamkan. Apalagi kalau ada orang yang
berdo’a kepada beliau. Ini adalah sebuah kesyirikan besar. Sebab do’a merupakan
salah satu bentuk ibadah yang tidak diberikan kepada selain Allah. Allah
melarang mahluknya berdo’a kepada selain Allah,
Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah.
Maka janganlah kamu menyembah seseorang pun di dalamnya
Disamping ( menyembah ) Allah.
( QS. Al-Jin : 18 )
Jadi sudah menjadi keharusan bagi setiap muslim untuk memperlakukan para
‘ulama dengan sebaik mungkin, namun tetap dalam batas-batas yang telah
ditetapkan syari’ah.
Akhirnya mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada kita
sehingga tidak tersesat dalam kehidupan yang penuh dengan fitnah ini.
Wallahu a’lam bishshawab
Biografi Syaikh Abdul
Qadir Al Jailani
(Termuat dalam kitab Adz
Dzail 'Ala Thabaqil Hanabilah)
Beliau adalah seorang
ulama besar sehingga suatu kewajaran jika sekarang ini banyak kaum muslimin
menyanjungnya dan mencintainya. Akan tetapi kalau meninggi-ninggikan derajat
beliau berada di atas Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, maka hal ini merupakan
suatu kekeliruan. Karena Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam adalah rasul
yang paling mulia di antara para nabi dan rasul yang derajatnya tidak akan
pernah bisa dilampaui di sisi Allah oleh manusia siapapun.
Ada juga sebagian kaum
muslimin yang menjadikan Syaikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai wasilah
(perantara) dalam do'a mereka. Berkeyakinan bahwa do'a seseorang tidak akan
dikabulkan oleh Allah, kecuali dengan perantaraannya. Ini juga merupakan
kesesatan.
Menjadikan orang yang
sudah meninggal sebagai perantara tidak ada syari'atnya dan ini sangat
diharamkan. Apalagi kalau ada yang berdo'a kepada beliau. Ini adalah sebuah
kesyirikan besar. Sebab do'a merupakan salah satu bentuk ibadah yang tidak
boleh diberikan kepada selain Allah. Allah melarang makhluknya berdo'a kepada
selainNya. Allah berfirman, yang artinya:
"Dan sesungguhnya
masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah
seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah." (QS. Al Jin:18)
Lahir
Syaikh Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang 'alim di Baghdad yang lahir pada
tahun 490/471 H di kota Jailan atau disebut juga Kailan. Sehingga di akhir nama
beliau ditambahkan kata Al Jailani atau Al Kailani atau juga Al Jiliy.
Pendidikan
Pada usia yang masih muda beliau telah merantau ke Baghdad dan meninggalkan
tanah kelahirannya. Di sana beliau belajar kepada beberapa orang ulama seperti
Ibnu Aqil, Abul Khatthath, Abul Husein Al Farra' dan juga Abu Sa'ad Al
Mukharrimi sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga
perbedaan-perbedaan pendapat para ulama.
Paham
Beliau seorang Imam bermadzhab Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini pada
masa hidup beliau. Beliau adalah seorang alim yang beraqidah ahlus sunnah
mengikuti jalan Salafush Shalih. Dikenal banyak memiliki karamah-karamah.
Tetapi banyak pula orang yang membuat-buat kedustaan atas nama beliau.
Kedustaan itu baik berupa kisah-kisah, perkataan-perkataan, ajaran-ajaran,
"thariqah" yang berbeda dengan jalan Rasulullah shallallaahu 'alaihi
wa sallam, para sahabatnya dan lainnya.
Syaikh Abdul Qadir Al
Jailani menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah, "Dia (Allah) di arah atas,
berada di atas 'ArsyNya, meliputi seluruh kerajaanNya. IlmuNya meliputi segala
sesuatu. "Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan hadits-hadits, lalu
berkata, "Sepantasnya menetapkan sifat istiwa' (Allah berada di atas
'ArsyNya) tanpa takwil (menyimpangkan kepada makna lain). Dan hal itu merupakan
istiwa' dzat Allah di atas 'Arsy.
Dakwah
Suatu ketika Abu Sa'ad Al Mukharrimi membangun sekolah kecil di sebuah daerah
yang bernama Babul Azaj dan pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada Syaikh
Abdul Qadir. Beliau mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim di
sana sambil memeberikan nasehat kepada orang-orang yang ada di sana, sampai
beliau meninggal dunia di daerah tersebut.
Banyak sudah orang yang
bertaubat demi mendengar nasihat beliau. Banyak orang yang bersimpati kepada
beliau, lalu datang ke sekolah beliau. Sehingga sekolah ini tidak kuat
menampungnya. Maka diadakan perluasan.
Imam Adz Dzahabi dalam
menyebutkan biografi Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dalam Siyar A'lamin Nubala,
menukilkan perkataan Syaikh sebagai berikut, "Lebih dari lima ratus orang
masuk Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang telah
bertaubat."
Murid-murid beliau banyak
yang menjadi ulama terkenal, seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun
Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Ibnu Qudamah penyusun kitab fiqh terkenal
Al Mughni.
Wafat
Beliau Wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi'ul
Akhir tahun 561 H di daerah Babul Azaj.
Pendapat ulama
Ketika ditanya tentang Syaikh Abdul Qadir Al jailani, Ibnu Qudamah menjawab,
"Kami sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau
menempatkan kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian kepada kami. Kadang
beliau mengutus putra beliau Yahya untuk menyalakan lampu buat kami. Terkadang
beliau juga mengirimkan makanan buat kami. Beliau senantiasa menjadi imam dalam
shalat fardhu."
Ibnu Rajab di antaranya mengatakan,
"Syaikh Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang yang diagungkan pada
masanya. Diagungkan oleh banyak para syaikh, baik ulama dan para ahli zuhud.
Beliau memiliki banyak keutamaan dan karamah. Tetapi ada seorang yang bernama
Al Muqri' Abul Hasan Asy Syathnufi Al Mishri (orang Mesir) mengumpulkan
kisah-kisah dan keutamaan-keutamaan Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga
jilid kitab. Dia telah menulis perkara-perkara yang aneh dan besar
(kebohongannya). Cukuplah seorang itu dikatakan berdusta, jika dia menceritakan
segala yang dia dengar. Aku telah melihat sebagian kitab ini, tetapi hatiku
tidak tenteram untuk meriwayatkan apa yang ada di dalamnya, kecuali kisah-kisah
yang telah masyhur dan terkenal dari kitab selain ini. Karena kitab ini banyak
berisi riwayat dari orang-orang yang tidak dikenal. Juga terdapat
perkara-perkara yang jauh (dari agama dan akal), kesesatan-kesesatan,
dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil tidak terbatas. Semua itu tidak pantas
dinisbatkan kepada Syaikh Abdul Qadir Al Jailani. Kemudian aku dapatkan bahwa
Al Kamal Ja'far al Adfawi telah menyebutkan bahwa Asy Syathnufi sendiri
tertuduh berdusta atas kisah-kisah yang diriwayatkannya dalam kitab ini."
Ibnu Rajab juga berkata,
"Syaikh Abdul Qadir Al Jailani memiliki pendapat yang bagus dalam masalah
tauhid, sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu ma'rifat yang sesuai dengan
sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq, kitab yang
terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib. Murid-muridnya mengumpulkan
perkara-perkara yang banyak berkaitan dengan nasehat dari majelis-majelis
beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir dan lainnya, ia berpegang pada
sunnah. "
Imam Adz Dzahabi
mengatakan, "intinya Syaikh Abdul Qadir Al Jailani memiliki kedudukan yang
agung. Tetapi terdapat kritikan-kritikan terhadap sebagian perkataannya, dan
Allah menjanjikan (ampunan atas kesalahan-kesalahan orang-orang beriman). Namun
sebagian perkataannya merupakan kedustaan atas nama beliau." (Syiar
XX/451).
Imam Adz Dzahabi juga berkata,
"Tidak ada seorangpun para ulama besar yang riwayat hidup dan karamahnya
lebih banyak kisah hikayat, selain Syaikh Abdul Qadir Al Jailani, dan banyak di
antara riwayat-riwayat itu yang tidak benar bahkan ada yang mustahil
terjadi."
Syaikh Rabi' bin Hadi Al
Makhdali berkata dalam kitabnya, Al Haddul Fashil, hal.136, "Aku telah
mendapatkan aqidah beliau (Syaikh Abdul Qadir Al Jailani) di dalam kitabnya
yang bernama Al Ghunyah. Maka aku mengetahui dia sebagai seorang Salafi. Beliau
menetapkan nama-nama dan sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di atas
manhaj salaf. Beliau juga membantah kelompok-kelompok Syi'ah, Rafidhah,
Jahmiyyah, Jabariyyah, Salimiyah, dan kelompok lainnya dengan manhaj Salaf.
Imajiner Nuswantoro