KH. HAMIM TOHARI DJAZULI
(GUS MIEK)
Hamim Tohari Djazuli, akrab dipanggil Gus Miek (lahir di Kediri, Jawa Timur, 17 Agustus 1940, meninggal di Surabaya, Jawa Timur, 5 Juni 1993 pada umur 52 tahun).
Beliau adalah pendiri amalan dzikir Jama'ah Mujahadah Lailiyah, Dzikrul Ghofilin, dan sema'an (mendengarkan) al-Qur'an Jantiko Mantab.
Beliau adalah putra KH. Jazuli Utsman (seorang ulama sufi dan ahli tarikat pendiri pon-pes Al Falah mojo Kediri), Gus Miek salah-satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan pejuang Islam yang masyhur di tanah Jawa dan memiliki ikatan darah kuat dengan berbagai tokoh Islam ternama, khususnya di Jawa Timur. Maka wajar, jika Gus Miek dikatakan pejuang agama yang tangguh dan memiliki kemampuan yang terkadang sulit dijangkau akal. Selain menjadi pejuang Islam yang gigih, dan pengikut hukum agama yang setia dan patuh, Gus Miek memiliki spritualitas atau derajat kerohanian yang memperkaya sikap, taat, dan patuh terhadap Tuhan.
Namun, Gus Miek tidak melupakan kepentingan manusia atau intraksi sosial (hablum minallah wa hablum minannas). Hal itu dilakukan karena Gus Miek mempunyai hubungan dan pergaulan yang erat dengan (alm) KH. Hamid Pasuruan, dan KH. Achmad Siddiq, serta melalui keterikatannya pada ritual ”dzikrul ghafilin” (pengingat mereka yang lupa). Gerakan-gerakan spritual Gus Miek inilah, telah menjadi budaya di kalangan Nahdliyin (sebutan untuk warga NU), seperti melakukan ziarah ke makam-makam para wali yang ada di Jawa maupun di luar Jawa. Hal terpenting lain untuk diketahui juga bahwa amalan Gus Miek sangatlah sederhana dalam praktiknya. Juga sangat sederhana dalam menjanjikan apa yang hendak didapat oleh para pengamalnya, yakni berkumpul dengan para wali dan orang-orang saleh, baik di dunia maupun akhirat.
Foto : seratan asto Gus Miek |
Foto-foto album Gus Miek diambil dari berbagai sumber
KH. Hamim Tohari Djazuli atau akrab dengan panggilan Gus Miek lahir pada 17 Agustus 1940, beliau adalah putra KH. Jazuli Utsman (seorang ulama sufi dan ahli tarikat pendiri pon-pes Al Falah Mojo Kediri), Gus Miek salah-satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan pejuang Islam yang masyhur di tanah Jawa dan memiliki ikatan darah kuat dengan berbagai tokoh Islam ternama, khususnya di Jawa Timur. Maka wajar, jika Gus Miek dikatakan pejuang agama yang tangguh dan memiliki kemampuan yang terkadang sulit dijangkau akal. Selain menjadi pejuang Islam yang gigih, dan pengikut hukum agama yang setia dan patuh, Gus Miek memiliki spritualitas atau derajat kerohanian yang memperkaya sikap, taat, dan patuh terhadap Tuhan. Namun, Gus Miek tidak melupakan kepentingan manusia atau intraksi sosial (hablum minallah wa hablum minannas). Hal itu dilakukan karena Gus Miek mempunyai hubungan dan pergaulan yang erat dengan (alm) KH. Hamid Pasuruan, dan KH. Achmad Siddiq, serta melalui keterikatannya pada ritual ”dzikrul ghafilin” (pengingat mereka yang lupa). Gerakan-gerakan spritual Gus Miek inilah, telah menjadi budaya di kalangan Nahdliyin (sebutan untuk warga NU), seperti melakukan ziarah ke makam-makam para wali yang ada di Jawa maupun di luar Jawa. Hal terpenting lain untuk diketahui juga bahwa amalan Gus Miek sangatlah sederhana dalam praktiknya. Juga sangat sederhana dalam menjanjikan apa yang hendak didapat oleh para pengamalnya, yakni berkumpul dengan para wali dan orang-orang saleh, baik di dunia maupun akhirat.
Ayah Gus Miek KH.Achmad Djazuli Usman
Gus Miek seorang hafizh (penghapal) Al-Quran. Karena, bagi Gus Miek, Al-Quran adalah tempat mengadukan segala permasalahan hidupnya yang tidak bisa dimengerti orang lain. Dengan mendengarkan dan membaca Al-Quran, Gus Miek merasakan ketenangan dan tampak dirinya berdialog dengan Tuhan, beliaupun membentuk sema’an alquran dan jama’ah Dzikrul Ghofilin.
Gus Miek selain dikenal sebagai seorang ulama besar juga dikenal sebagai orang yang nyeleneh, beliau lebih menyukai da’wah di kerumunan orang yang melakukan maksiat seperti diskotik, club malam dibandingkan dengan menjadi seorang kyai yang tinggal di pesantren yang mengajarkan santrinya kitab kuning. hampir tiap malam beliau menyusuri jalan-jalan di Jawa Timur keluar masuk club malam, bahkan nimbrung dengan tukang becak, penjual kopi di pinggiran jalan hanya untuk memberikan sedikit pencerahan kepada mereka yang sedang dalam kegelapan. Ajaran-ajaran beliau yang terkenal adalah suluk jalan terabas atau dalam bahasa indonesia-nya pemikiran jalan pintas.
Pernah diceritakan Suatu ketika Gus Miek pergi ke diskotik dan di sana bertemu dengan Pengunjung yang sedang asyik menenggak minuman keras, Gus Miek menghampiri mereka dan mengambil sebotol minuman keras lalu memasukkannya ke mulut Gus Miek salah satu dari mereka mengenali Gus Miek dan bertanya kepada Gus Miek. ”Gus kenapa sampeyan ikut Minum bersama kami ? sampeyankan tahu ini minuman keras yang diharamkan oleh Agama ?” lalu Gus Miek Menjawab “aku tidak meminumnya …..!! aku hanya membuang minuman itu kelaut…!” hal ini membuat mereka bertanya-tanya, padahal sudah jelas tadi Gus Miek meminum minuman keras tersebut. Diliputi rasa keanehan, Gus miek angkat bicara “sampeyan semua ga percaya kalo aku tidak meminumnya tapi membuangnya kelaut..?” lalu Gus Miek Membuka lebar Mulutnya dan mereka semua terperanjat kaget didalam Mulut Gus miek terlihat Laut yang bergelombang dan ternyata benar minuman keras tersebut dibuang kelaut. Dan Saat itu juga mereka diberi Hidayah Oleh Alloh SWt untuk bertaubat dan meninggalkan minum-minuman keras yang dilarang oleh agama. Itulah salah salah satu Karomah kewaliyan yang diberikan Alloh kepada Gus Miek.
Jika sedang jalan-jalan atau keluar, Gus Miek sering kali mengenakan celana jeans dan kaos oblong. Tidak lupa, beliau selalu mengenakan kaca mata hitam lantaran lantaran beliau sering menangis jika melihat seseorang yang “masa depannya” suram dan tak beruntung di akhirat kelak.
Ketika beliau berdakwah di Semarang tepatnya di NIAC di Pelabuhan Tanjung Mas. Niac adalah surga perjudian bagi para cukong-cukong besar baik dari pribumi maupun keturunan, Gus Miek yang masuk dengan segala kelebihannya mampu memenangi setiap permainan, sehingga para cukong-cukong itu mengalami kekalahan yang sangat besar. NIAC pun yang semula menjadi surga perjudian menjadi neraka yang sangat menakutkan bagi para penjudi dan penikmat maksiat.
Satu contoh lagi ketika Gus Miek berjalan-jalan ke Surabaya, ketika tiba di sebuah club malam Gus Miek masuk kedalam club yang di penuhi dengan perempuan-perempuan nakal, lalu Gus Miek langsung menuju waitres (pelayan minuman) beliau menepuk pundak perempuan tersebut sambil meniupkan asap rokok tepat di wajahnya, perempuan itu pun mundur tapi terus di kejar oleh Gus miek sambil tetap meniupkan asap rokok diwajah perempuan tersebut. Perempuan tersebut mundur hingga terbaring di kamar dengan penuh ketakutan, setelah kejadian tersebut perempuan itu tidak tampak lagi di club malam itu.
Pernah suatu ketika Gus Farid (anak KH.Ahamad Siddiq yang sering menemani Gus Miek) mengajukan pertanyaan yang sering mengganjal di hatinya, pertama bagaimana perasaan Gus Miek tentang Wanita ? “Aku setiap kali bertemu wanita walaupun secantik apapun dia dalam pandangan mataku yang terlihat hanya darah dan tulang saja jadi jalan untuk syahwat tidak ada” jawab Gus miek.
Pertanyaan kedua Gus Farid menayakan tentang kebiasaan Gus Miek memakai kaca mata hitam baik itu dijalan maupun saat bertemu dengan tamu…”Apabila aku bertemu orang dijalan atau tamu aku diberi pengetahuaan tentang perjalanan hidupnya sampai mati. Apabila aku bertemu dengan seseorang yang nasibnya buruk maka aku menangis, maka aku memakai kaca mata hitam agar orang tidak tahu bahwa aku sedang menagis“ jawab Gus Miek
Adanya sistem Dakwah yang dilakukan Gus miek tidak bisa di contoh begitu saja karena resikonya sangat berat bagi mereka yang Alim pun Sekaliber KH.Abdul Hamid (pasuruan) mengaku tidak sanggup melakukan da’wak seperti yang dilakukan oleh Gus Miek padahal Kh.Abdul Hamid juga seorang waliyalloh.
Gus Miek bertemu KH. Mas’ud
KH. MAS’UD PAGERWOJO SIDOARJO (UTARA GOR DELTA SIDOARJO)
Ketika Gus Miek masih berusia 9 tahun, Gus Miek sowan ke rumah Gus Ud (KH. Mas’ud) Pagerwojo, Sidoarjo. Gus Ud adalah seorang tokoh kharismatik yang diyakini sebagai seorang wali. Dia sering dikunjungi olah sejumlah ulama untuk meminta doanya. Di rumah Gus Ud inilah untuk pertama kalinya Gus Miek bertemu KH. Ahmad Siddiq, yang di kemudian hari menjadi orang kepercayaannya dan sekaligus besannya.
Saat itu, Kiai Ahmad Siddiq masih berusia 23 tahun, dan tengah menjadi sekretaris pribadi KH. Wahid Hasyim yang saat itu menjabat sebagai menteri agama. Sebagaimana para ulama yang berkunjung ke ndalem Gus Ud, kedatangan Kiai Ahmad Siddiq ke ndalem Gus Ud juga untuk mengharapkan do’a dan dibacakan Al-Fatehah untuk keselamatan dan kesuksesan hidupnya. Tetapi, Gus Ud menolak karena merasa ada yang lebih pantas membaca Al-Fatehan. Gus Ud kemudian menunjuk Gus Miek yang saat itu tengah berada di luar rumah. Gus Miek dengan terpaksa membacakan Al-Fatehah setelah diminta oleh Gus Ud.
KH. Ahmad Siddiq, sebelum dekat dengan Gus Miek, pernah menemui Gus Ud untuk bicara empat mata menanyakan tentang siapakah Gus Miek itu.
“Mbah, saya sowan karena ingin tahu Gus Miek itu siapa, kok banyak orang besar seperti KH. Hamid menghormatinya?” Tanya KH. Ahmad Siddiq.
“Di sekitar tahun 1950-an, kamu datang ke rumahku meminta do’a. Aku menyuruh seorang bocah untuk mendoakan kamu. Itulah Gus Miek. Jadi, siapa saja, termasuk kamu, bisa berkumpul dengan Gus Miek itu seperti mendapatkan Lailatul Qodar,” jawab Gus Ud.
Begitu Gus Ud selesai mengucapan kata Lailatul Qodar, Gus Miek tiba-tiba turun dari langit-langit kamar lalu duduk di antara keduanya. Sama sekali tidak terlihat bekas atap yang runtuh karena dilewati Gus Miek. Setelah mengucapkan salam, Gus Miek kembali menghilang.
Suatu hari, Gus Miek tiba di Jember bersama Syafi’i dan KH. Hamid Kajoran, mengendarai mobil Fiat 2300 milik Sekda Jember. Sehabis Ashar, Gus Miek mengajak pergi ke Sidoarjo. Rombongan bertambah Mulyadi dan Sunyoto. Tiba di Sidoarjo, Gus Miek mengajak istirahat di salah satu masjid. Gus Miek hanya duduk di tengah masjid, sementara KH. Hamid Kajoran dan Syafi’i tengah bersiap-siap menjalankan shalat jamak ta’khir (Magrib dan Isya).
Ketika Syafi’i iqomat, Gus Miek menyela, “Mbah, Mbah, shalatnya nanti saja di Ampel.” KH. Hamid dan Syafi’i pun tidak berani melanjudkan.
Tiba-tiba, dari sebuah gang terlihat seorang anak laki-laki keluar, sedang berjalan perlahan. Gus Miek memanggilnya.
“Mas, beri tahu Mbah Ud, ada Gus Hamim dari kediri,” kata Gus Miek kepada anak itu.
Anak itu lalu pergi ke rumah Mbah Ud. Tidak beberapa lama, Mbah Ud datang dengan dipapah dua orang santri.
“Masya Allah, Gus Hamim, sini ini Kauman ya, Gus. Kaumnya orang-orang beriman ya, Gus. Ini masjid Kauman, Gus. Anda doakan saya selamat ya, Gus,” teriak Mbah Ud sambil terus berjalan ke arah Gus Miek.
Ketika sudah dekat, Gus Miek dan Mbah Ud terlihat saling berebut untuk lebih dulu menyalami dan mencium tangan. Kemudian Gus Miek mengajak semuanya ke ruamah Mbah Ud. Tiba di rumah, Mbah Ud dan Gus Miek duduk bersila di atas kursi, kemudian dengan lantang keduanya menyanyikan shalawat dengan tabuhan tangan. Seperti orang kesurupan, keduanya terus bernyanyi dan memukul-mukul tangan dan kaki sebagai musik iringan. Setelah puas, keduanya terdiam. “Silakan, Gus, berdoa,” kata Mbah Ud kepada Gus Miek. Gus miek pun berdoa dan Mbah Ud mengamini sambil menangis.
Di sepanjang perjalanan menuju ruamah Syafi’i di Ampel, Sunyoto berbisik-bisik dengan Mulyadi. Keduanya penasaran dengan kejadian yang baru saja mereka alam. Karena Mbah Ud Pagerwojo terkenal sebagai wali dan khariqul ‘adah (di luar kebiasaan). Hampir semua orang di Jawa Timur segan terhadapnya. “Mas, misalnya ada seorang camat yang kedatangan tamu, lalu camat tersebut mengatakan silakan-silakan dengan penuh hormat, itu kalau menurut kepangkatan, bukankah tinggi pangkat tamunya?” Tanya Sunyoto kepada Mulyadi.
Mbah Ud adalah salah seorang tokoh di Jawa Timur yang sangat disegani dan dihormati Gus Miek selain KH. Hamid Pasuruan. Hampir pada setiap acara haulnya, Gus Miek selalu hadir sebagai wujud penghormatan kepada orang yang sangat dicintainya itu.
Ketertundukan Binatang
Ketika gus miek baru mulai bisa merangkak, saat itu ibunya membawa ke kebun untuk mengumpulkan kayu bakar dan panen kelapa, bayi itu ditinggalkan sendirian di sisi kebun, tiba-tiba dari semak belukar muncul seekor harimau. Spontan sang ibu berlari menjauh dan luapan bahwa bayinya tertinggal. Begitu sadar, sang ibu kemudian berlari mencari anaknya. Tetapi, sesuatu yang luar biasa terjadi. Ibunya melihat harimau itu duduk terpaku di depan sang bayi sambil menjilagti kuku-kukunya seolah menjaga sang bayi.
Peristiwa ketertundukan binatang ini kemudian berlanjut hingga Gus Miek dewasa. Di antara kejadian itu adalah Misteri Ikan dan Burung Raksasa.
Gus Miek yang sangat senang bermain di tepi sungai Brantas dan menonton orang yang sedang memancing, pada saat banjir besar Gus Mik tergelincir ke sungai dan hilang tertelan gulungan pusaran air sampai beberapa jam, santri yang ditugaskan menjaga Gus Miek, mencari di sepanjang pinggiran sungai dengan harapan Gus Miek akan tersangkut atau bisa berenang ke daratan. Tetapi, Gus Miek justru muncul di tengah sungai, berdiri dengan air hanya sebatas mata kaki karena Gus Miek berdiri di atas punggung seekor ikan yang sangat besar, yang menurut Gus Miek adalah piaraan gurunya. Pernah suatu hari, ketika ikut memancing, kail Gus Miek dimakan ikan yang sangat besar. Saking kuatnya tenaga ikan itu, Gus Miek tercebur ke sungai dan tenggelam. Pengasuhnya menjadi kalang kabut karena tak ada orang yang bisa menolong, hari masih pagi sehingga masih sepi dari orang-orang yang memancing.
Hilir mudik pengasuhnya itu mencari Gus Miek di pinggir sungai dengan harapan Gus Miek dapat timbul kembali dan tersangkut. Tetapi, setelah hampir dua jam tubuh Gus Miek belum juga terlihat, membuat pengasuh itu putus asa dan menyerah.
Karena ketakutan mendapat murka dari KH. Djazuli dan Ibu Nyai Rodyiah, akhirnya pengasuh itu kembali ke pondok, membereskan semua bajunya ke dalam tas dan pulang tanpa pamit. Dalam cerita yang disampaikan Gus Miek kepada pengikutnya, ternyata Gus Miek bertemu gurunya. Ikan tersebut adalah piaraan gurunya, yang memberitahu bahwa Gus Miek dipanggil gurunya. Akhirnya, ikan itu membawa Gus Miek menghadap gurunya yaitu Nabi Khidir. Pertemuan itu menurut Gus Miek hanya berlangsung selama lima menit. Tetapi, kenyataannya Gus Miek naik ke daratan dan kembali ke pondok sudah pukul empat sore. beberapa bulan kemudian, setelah mengetahui bahwa Gus Miek tidak apa-apa, akhirnya kembali ke pondok.
Pada suatu malam di ploso, Gus Miek mengajak Afifudin untuk menemaninya memancing di sungai timur pondok Al Falah. Kali ini, Gus Miek tidak membawa pancing, tatapi membawa cundik. Setelah beberapa lama menunggu, hujan mulai turun dan semakin lama semakin deras. Tetapi, Gus Miek tetap bertahan menunggu cundiknya beroleh ikan meski air sungai brantas telah meluap. Menjelang tengah malam, tiba-tiba Gus Miek berdiri memegangi gagang cundik dan berusaha menariknya ke atas. Akan tetapi, Gus Miek terseret masuk ke dalam sungai. Afifudin spontan terjun ke sungai untuk menolong Gus Miek. Oleh Afifudin, sambil berenang, Gus Miek ditarik ke arah kumpulan pohon bambu yang roboh karena longsor. Setelah Gus Miek berpegangan pada bambu itu, Afifudin naik ke daratan untuk kemudian membantu Gus Miek naik ke daratan. Sesampainya di darat, Gus Miek berkata “Fif, ini kamu yang terakhir kali menemaniku memancing. Kamu telah tujuh kali menemaniku dan kamu telah bertemu dengan guruku.“ Afifudin hanya diam saja. Keduanya lalu kembali kepondok dan waktu sudah menunjukkan pukul tiga pagi.
Gus Miek Wafat
Tepat tanggal 5 juni 1993 Gus Miek menghembuskan napasnya yang terakhir di rumah sakit Budi mulya Surabaya (sekarang siloam). Kyai yang nyeleneh dan unik akhirnya meninggalkan dunia dan menuju kehidupan yang lebih abadi dan bertemu dengan Tuhannya yang selama ini beliau rindukan.
PITUTUR GUS MIEK
Menurut pitutur imajiner petunjuk, tentang Gus Miek jalan trabas/ pintas seperti jalan tol menuju Allah SWT. Dalam Islam salah satu ritual yang sering dilakukan oleh umat Muslim adalah berdzikir. Secara terminologis, Dzikir maksudnya Ingatan atau suatu latihan spiritual yang bertujuan untuk menyatakan kehadiran Tuhan seraya membayangkan wujud-Nya atau suatu metode yang dipergunakan untuk mencapai konsentrasi spiritual (dengan menyebut nama Tuhan secara ritmis dan berulang-ulang). Salah satu cara untuk berdzikir secara istiqomah dan terarah yaitu dengan mengikuti majelis dzikir, dan di Kediri ada salah satu Majelis Dzikir yang terkenal, yaitu Majelis Dzikirul Ghafilin, yang di dirikan oleh KH. Chamim Djazuli atau lebih dikenal dengan Gus Miek.
Ritual keagamaan yang dilakukan oleh majelis Dzikrul Ghafilin sebagai ajaran Gus Miek memang tidak mudah untuk dirumuskan dalam aspek sosio-historinya dan mendeskripsikan secara factual karena banyak sekali karomah-karomah beliau yang secara ilmiah dibuktikan.
Akan tetapi diakui atau tidak Dzikrul Ghafilinmerupakan karya fenomenal di tengah-tengah banyaknya ajaran tarekat, Dzikrul Ghafilin muncul sebagai interaksi baru untuk bergandengan dengan tarekat di Indonesia, mengapa hanya dikatakan sebagai bergandengan, karena Dzikrul Ghafilin fokus di tataran eksternal ritual tarekat tetapi tidak berafiliasi dengan tarekat mana pun, jadi adanya Dzikrul Ghafilin sekedar mendampingi dan bukan bagian zikir pokok sebuah tarekat.
Gus Miek sendiri pernah menyatakan bahwa jalan menuju Tuhan itu banyak; tidak satu. Al-Qur’an menyatakan dengan kata-kata subul (jalan yang banyak). Dari banyak jalan itu ada yang bersifat terabas (pintas) yang dapat menghantarkan seseorang lebih cepat untuk dekat dengan Tuhannya. Menurut Gus Miek agar seseorang bisa cepat sampai kepada Tuhan adalah dengan mendekati para wali (kekasih) Allah. Gus Miek berkata :
Cedeko karo Gusti Allah (kun ma’a Allah), nek ora iso, cedeko wong sing cedek Gusti Allah (kun ma’a man ma’a Allah).
DAWUH GUS MIEK
Pilih salah satu di 3 nasib :
1. Bahagia Dunia Akhirat
2. Bahagia di salah satunya
3. Hancur kedua-duanya
Kita tahu bahwa hidup tidak hanya di dunia saja namun yang abadi kelak di akhirat.Dan banyak yang belum tahu tentang duniawi juga ukhrowi.
Dan segala sesuatu yang memalingkan kita dari Allah SWT, walaupun dalam saat beribadah pun itu disebut dunia.
Sedangkan ahkirat segala sesuatu yang membuat kita menuju Allah SWT. Dan merasakan kehadiranm-Nya dalam keadaan dzikir maupun fikir, baik di masjid, dikantor, disekolah maupun saat mencari nafkah itu akhirat.
Do"a Syi"ir Dzikrul Ghofilin (KH.Hamim Djazuli / Gus Miek)
1.
آمِيْنْ يَا اَللَّهْ يَا رَحْمَنْ يَا رَحِيمْ
أنْتَ الْجَوَّادُ الْحَلِيمْ وَأَنْتَ نِعْمَ الْمُعِيْنْ
Kabulkanlah ya Allah maha pengasih dan penyayang, Engkaulah tuhan pemurah dan bijaksana dan Engkaulah sebaik-baik penolong
2.
يَا حَلِيْمُ يَا حَنَّانْ يَا مَالِكُ يَا مُبِينْ
وَلَا نَطْلُبُ شَيْئاً إِلَّا أَنْتَ يَا مُعِينْ
Wahai tuhan maha bijak dan penyayang lagi maha menguasai dan menjelaskan, kami tidak akan minta tolong kecuali hanya pada-Mu wahai maha penolong
3.
رَبَّنَا اسْتَقِمْ ذِكْرَنَا وذِكْرَ الْغَافِلِينْ
وَاجْمَعْنَا فِى اْلأَبْرَارِ خِيَارِكَ الْفَائِزِيْنْ
Wahai tuhan istiqamahkan dzikir kami, dzikir orang yang lalai dan kumpulkanlah kami dalam golongan orang yang baik pilihan-Mu yang selalu beruntung
4.
شَكَوْناكَ رَبَّنَا بَابَ ضُعْفِ نَفْسِناَ
لِتَغْفِرَنَا غَفَّارُ وَلِتُحْسِنَنَا
Kami mengadu kepada-Mu Ya Tuhan kami akan kelemahan diri kami agar engkau mengampuni kami dan memperbaiki prilaku kami wahai Tuhan yang maha pengampun
5.
سَأَلْنَاكَ اْلاِسْتِقَامَةَ فِي تَذَكُّرِكْ
وَاسْتِقَامَتَناَ فِي تَشَكُّرِ نِعَمِكْ
Kami mohon agar bisa beristiqamah dalam berdzikir kepada-Mu dan mensyukuri nikmat-Mu
6.
يَا كَرِيمْ يَا كَرِيمْ أنْعِمْنَا بِنِعْمَتِكْ
يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنْ اِرْحَمْنا بِرَحْمَتِكْ
Wahai Tuhan yang maha mulia berilah kami nikmat dari-Mu, Wahai Tuhan yang paling pengasih, kasihilah kami dengan kasih sayang-Mu
7.
يَا جَلِيْلُ بِجَلَالِكَ أَثْبِتِ اْلإيْمَانْ
رَبَّنا خَيْرَ الْمُــنْزِلِيْنَ أَنْزِلِ الْـمِنَنْ
Wahai Tuhan yang maha perkasa, teguhkanlah iman kami dengan keperkasaan-Mu, Wahai Tuhan sebaik-baik penurun rahmat, turunkanlah kepada kami anugrah-Mu
8.
يَا لَطِيْفُ يَا خَبِيْرْ نَجِّنَا مِنَ الْـمِحَنْ
يَا قَوِيُّ يَا مَتِيْنْ أَنْجِنَا مِنَ اْلإحَنْ
Wahai Tuhan yang maha lembut dan jeli, selamatkan kami dari berbagai bencana, Wahai Tuhan yang maha kuat selamatkan kami dari segala marabahaya
9.
رَبَّنا أَحْسِنْ لَنَا ظَاهِراً وبَاطِناً
مَعَ حُسْنِ الظَّنِّ بِحَضْرَتِكَ يَا مَنَّانْ
Wahai Tuhan kami, perbaikilah lahir dan batin kami, serta senantiasa berbaik sangka kepada-Mu, wahai tuhan maha pemberi lahir batin sarono manah sae kang suci
10.
وَيَا عَلِيْمُ أعْطِ لَناَ عِلْماً مُعْمَلاً
وَلِرَعِيَّتِناَ عِلْماً يُدْخِلُ الْجِناَنْ
Wahai Tuhan yang maha tahu, berilah kami dan anak didik kami ilmu yang bisa diamalkan dan mampu memasukkan kami ke surge
11.
اَلْقُرْآنْ كَلاَمُ اللهْ كَلاَمُ اللهِ الْحَنَّانْ
وَأدْخِلْناَ بِذَلِكَ فَرَادِسَ الْجِنَانْ
Wahai Tuhan yang maha pengasih, al-Quran adalah firman-Mu, semoga berkat al-Quran, engkau akan masukkan kami ke surga firdaus-Mu
12.
يَا حَفِيْظُ يا نَصِيْرْ يَا وَكِيْلُ يَا اَللَّهْ
بَارِكْ لَناَ وَلَهُمْ أجْمَعِيْنَ يَا اَللَّهْ
Wahai Allah yang maha menjaga, menolong, tempat berserah diri, berkahilah hidup kami dan juga mereka semua, ya Allah
13.
بِجُوْدِكَ يَا جَوَّادْ يَا وَاحِدُ يَا صَمَدْ
اِجْعَلْناَ مِنَ الْفَائِزِيْنَ فَوْزاً فِى الْأَبَدْ
Wahai Tuhan yang maha dermawan, maha esa, tempat bergantung, semoga berkat kedermawanan-Mu, jadikanlah kami orang yang bahagia sepanjang masa
14.
يَا سَمِيْعُ يَا بَصِيْرْ يَا وَاجِدُ يَا أَحَدْ
سَأَلْنَاكَ نِعْمَةً لَا تُحْصَى أَنْتَ الْمـــَعَادْ
Wahai Tuhan yang maha mendengar, melihat, menemukan solusi, maha esa, kami memohon kenikmatan yang tak terbatas dari-Mu yang selalu memenuhi janji
15.
يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ وَيَا رَزَّاقُ قَدْ
رَجَوْناَ سَلامَتَناَ فِى الدَّارَيْنِ فَقَطْ
Wahai Tuhan yang maha kaya, terpuji, dan pemberi rizqi, sungguh kami hanya mengharap keselamatan dunia akherat saja
16.
وَأَنْتَ صَاحِبُ كُنْ فَيَكُونْ إذَا أرَدْ –
تَ شَيْئاً وُجُوْدَهُ أنْتَ مُرِيْدُ الْمُرَادْ
Engkaulah pemilik “kun fayakun” jika menghendaki untuk mewujudkan sesuatu, Engkaulah pemilik kehendak segala keinginan
17.
بِاسْمِكَ الْعَظِيْمِ حَصِّلْ جَمِيْعَ مَا قَصَدْ
نَاهُ مِنْ ذِكْرِكَ وَالتَّشَكُّرِ فِى اْلأَوْقَاتْ
Berkat keagungan asma-Mu, kabulkan semua keinginan kami, yaitu berdzikir dan bersyukur di segala waktu
18.
يَا أَوَّلُ يَا آخِرُ سَأَلْنَاكَ بِعَدْ
لِكَ رِضَاءً مَقْرُوْناً بِحُسْنِ اْلاِعْتِقَادْ
Wahai Tuhan yang maha awal dan akhir, dengan keadilan-Mu kami memohon ridlo-Mu beserta keyakinan yang baik
19.
يَا سَلَامُ يَا سَلامُ يَا قَاضِيَ الْحَاجاتْ
يا رَفِيْعُ ارْفَعْنَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتْ
Wahai Tuhan yang maha damai dan pemenuh segala hajat, wahai pengangkat derajat, tinggikanlah derajat kami setinggi-tingginya di sisi-Mu
20.
يَا عَليُّ يَا عَظِيْمُ يَا قَهَّارُ بِفَضْـــ –
ــلِكَ سَلَّمْتَنَا مِنَ اْلأهْوَالِ وَاْلآفَاتْ
Wahai Tuhan yang maha tinggi, agung dan maha memaksa, dengan keutamaan-Mu semoga engkau menyelamatkan kami dari segala bencana dan marabahaya
21.
رَبِّ رَبَّ الْعِزَّةِ قِنَا مِنَ المُفْسِدَاتْ
سَلِّمْنَا مِنَ اْلأهْوَالِ وَمِنَ الْـمُهْلِكَاتْ
Wahai Tuhan yang maha mulia, jagalah kami dari kerusakan dan selamat kami dari bencana dan kerusakan
22.
لَقَدْ حَقَّ قَوْلُكَ الْمــَكْتُوْبُ فِي فُرْقَانِكْ
مَنْ عَرَفَكَ بِجَدِّكَ لَفِيْ جَنَّتِكْ
Sungguh benar isi firman-Mu yang tertulis dalam al-Quran, siapapun yang makrifat pada-Mu dengan sunguh-sungguh, pastilah dia akan masuk surga-Mu
23.
بِجَاهِ النَّبِيِّ صَلَّى اْلإلَهُ وَسَلَّمَ
عَلَيْهِ وَآلٍ دَامَ وَالْحَمْدُ لِلْأَحَدْ
Semoga shalawat salam tercurah kepada Rasulullah dan keluarganya selamanya dan segala pujian tercurah kepada Allah Yang Esa
وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَالَمِينَ
Kami tidak mengutus mu (Muhammad) melainkan untuk memberikan rahmat bagi seluruh alam' (Al Anbiya : 107)
قال الشيخ عبد الوهاب الشعراني في الطبقات : ذكر لي سيدي أبو العباس الحريثي أنه قرأ بين المغرب والعشاء خمس ختمات، فذكرت ذلك للشيخ علي المرصفي فقال الشيخ للفقير: وقع له أنه قرأ في يوم وليلة ثلاثمائة وستين ألف ختمة، كل درجة ألف ختمة، إنتهت عبارة الشعراني. وذكر الإ مام الشعراني لنفسه كرامة من هذا القبيل، ذكرتها في ترجمة أبي العباس الحريثي واسمه يوسف. وقال العارف النابلسي في شرح الطريقة المحمدية بعد نقله ما ذكر: ولا يستبعد هذا على أولياء الله تعالى الذين غلبت روحانيتهم على جسمانيتهم، والروح من أمر الله، وأمر الله كلمح البصر كما أخبر تعالى.
اه. جامع كرامات الأولياء ج ٢ ص ٣٠٣
Imam (Abdul Wahhab) Asy-Sya'roni berkata dalam kitab Tobaqotnya :
"Sayyid Abul Abbas Al-Charitsi telah menuturkan padaku beliau bisa khatam Al Qur'an 5 kali antara waktu maghrib dan isya".
Kemudian aku menceritakan hal itu kepada Syaikh 'Ali Al-Murshifi, beliau berkata kepadaku :
"Sungguh telah terjadi padaku aku membaca alquran sehari semalam 360.000 khataman. Yang setiap derajatnya 1000 khataman".
Lalu Imam Asy-Sya'roni berkata bahwa beliau juga mempunyai karomah tersebut.
Berkata Al-Arif An-Nabulsi dalam Syarah Ath-Thoriqoh Al-Muhammadiyyah setelah menukil cerita diatas :
Dan itu bukanlah hal mustahil bagi para Wali Allah, yang sisi ruhaniyah mereka telah mengalahkan sisi jasmaniyahnya. Kerna alam ruhnya menyatu dengan kehendak Allah. Dan Kehendak Allah pada kekasihNya bisa terjadi sekedipan mata.
اه. جامع كرامات الأولياء ج ٢ ص ٣٠٣c gy
Tidak semua kekasih Allah menyembunyikan kewaliannya, seperti Syech Ali Al Murshifi dan Imam Assya'roni biasa menuturkan keantikan dan karomah mereka sendiri
قال الشعراني في الطبقات: ذكر لي سيدي أبو العباس الحريثي أنه قرأ بين المغرب والعشاء خمس ختمات، فذكرت ذلك للشيخ علي المرصفي فقال الشيخ للفقير: وقع له أنه قرأ في يوم وليلة ثلاثمائة وستين ألف ختمة، كل درجة ألف ختمة، إنتهت عبارة الشعراني. وذكر الإ مام الشعراني لنفسه كرامة من هذا القبيل، ذكرتها في ترجمة أبي العباس الحريثي واسمه يوسف. وقال العارف النابلسي في شرح الطريقة المحمدية بعد نقله ما ذكر: ولا يستبعد هذا على أولياء الله تعالى الذين غلبت روحانيتهم على جسمانيتهم، والروح من أمر الله، وأمر الله كلمح البصر كما أخبر تعالى.
اه. جامع كرامات الأولياء ج ٢ ص ٣٠٣
Imam (Abdul Wahhab) Asy-Sya'roni berkata dalam kitab Tobaqotnya :
"Sayyid Abul Abbas Al-Charitsi telah menuturkan padaku beliau bisa khatam Al Qur'an 5 kali antara waktu maghrib dan isya".
Kemudian aku menceritakan hal itu kepada Syaikh 'Ali Al-Murshifi, beliau berkata kepadaku :
"Sungguh telah terjadi padaku aku membaca alquran sehari semalam 360.000 khataman. Yang setiap derajatnya 1000 khataman".
Lalu Imam Asy-Sya'roni berkata bahwa beliau juga mempunyai karomah tersebut.
Berkata Al-Arif An-Nabulsi dalam Syarah Ath-Thoriqoh Al-Muhammadiyyah setelah menukil cerita diatas :
Dan itu bukanlah hal mustahil bagi para Wali Allah, yang sisi ruhaniyah mereka telah mengalahkan sisi jasmaniyahnya. Kerna alam ruhnya menyatu dengan kehendak Allah. Dan Kehendak Allah pada kekasihNya bisa terjadi sekedipan mata".
اه. جامع كرامات الأولياء ج ٢ ص ٣٠٣
Hj. Lilik Miek Djajuli
KH. M. Mubasyir Mundhir
KH. Abdul Hamid Magelang
KH. Dalhar Watucongol Magelang
KH. Hamid Abdullah
PUTRA-PUTRI
Hamim Tohari Djazuli GUS MIEK
Agus Tajuddin Heru Cokro
Agus Sabuth Pranoto Projo
Agus Tijani Robert Dyaifunnawas
Agus Orbar Sadewo Achmad
Tahta Alfinna Pagelaran
Riyadin Dannis
Catatan :
Tiada gading yang retak, jika dalam penulisan artikel ini kurang tepat dan kebablasan saya pribadi mohon kritik dan saran atau ada tambahan untuk melengkapi artikel ini. Semoga tulisan artikel blogger ini bermanfaat dan menambah khasanah kisah-kisah teladan dan inspiratif dari seorang ulama besar waliyullah Gus Miek Sumare wonten Tambak, Mojo kabupaten Kediri Jatim (Al Fatihah).
Mugi-mugi penulis dan keluarganya pikantuk berkah, Islam, imam, ikhsan. Aamin (Al Fatihah)
Penulis artikel blogger :
Imajiner Nuswantoro
Foto : Kh. Saifuddin Zuhri dan R. Tri Nugroho, S.Sos |