BELAJAR
By : R. Syehha Agem Manumayasya
Belajar untuk Belahar
Langkah-langkah belajar efektif adalah mengetahui :
1. Diri sendiri
2. Kemamuan belajar anda
3. Proses yang berhasil anda gunakan dan dibutuhkan
4. Minat dan pengetahuan atas mata pelajatan yang anda inginkan
Empat langkah untuk
belajar.
Mulai dengan cetak halaman ini dan jawab pertanyan-pertanyaannya. Lalu rencanakan strategi anda dari jawaban-jawabanmu, dan dengan "Pedoman Belajar" yang lain.
Mulai dengan cetak halaman ini dan jawab pertanyan-pertanyaannya. Lalu rencanakan strategi anda dari jawaban-jawabanmu, dan dengan "Pedoman Belajar" yang lain.
- Mulai dengan masa lalu
- Apakah pengalaman anda tentang cara belajar? Apakah anda
- senang membaca? memecahkan masalah? menghafalkan? bercerita? menterjemah? berpidato?
- mengetahui cara menringkas?
- tanya dirimu sendiri tentang apa yang kamu pelajari?
- meninjau kembali?
- punya akses ke informasi dari banyak sumber?
- menyukai ketenangan atau kelompok belajar?
- memerlukan beberapa waktu belajar singkat atau satu yang panjang?
- Apa kebiasaan belajar anda? Bagaimana tersusunnya? Yang mana terbaik? terburuk?
- Bagaimana anda berkomunikasi dengan apa yang anda ketahui belajar paling baik? Melalui ujian tertulis, naskah, atau wawancara?
- Teruskan ke masa sekarang
- Berminatkah anda?
- Berapa banyak waktu saya ingin gunakan untuk belajar?
- Apa yang bersaing dengan perhatian saya?
- Apakah keadaannya benar untuk meraih sukses?
- Apa yang bisa saya kontrol, dan apa yang di luar kontrol saya?
- Bisakah saya merubah kondisi ini menjadi sukses?
- Apa yang mempengaruhi pembaktian anda terhadap pelajaran ini?
- Apakah saya punya rencana? Apakah rencanaku mempertimbangkan pengalaman dan gaya belajar anda?
- Pertimbangkan proses, persoalan utama
Apa
judulnya?
Apa kunci kata yang menyolok?
Apakah saya mengerti?
Apa kunci kata yang menyolok?
Apakah saya mengerti?
Apakah
yang telah saya ketahui?
Apakah saya mengetahui pelajaran sejenis lainnya?
Apakah saya mengetahui pelajaran sejenis lainnya?
Sumber-sumber
dan informasi yang mana bisa membantu saya?
Apakah saya mengandalkan satu sumber saja (contoh, buku)?
Apakah saya perlu mencari sumber-sumber yang lain?
Apakah saya mengandalkan satu sumber saja (contoh, buku)?
Apakah saya perlu mencari sumber-sumber yang lain?
Sewaktu
saya belajar, apakah saya tanya diri sendiri jika saya mengerti?
Sebaiknya saya mempercepat atau memperlambat?
Jika saya tidak mengerti, apakah saya tanya kenapa?
Sebaiknya saya mempercepat atau memperlambat?
Jika saya tidak mengerti, apakah saya tanya kenapa?
Apakah
saya berhenti dan meringkas?
Apakah saya berhenti dan bertanya jika ini logis?
Apakah saya berhenti dan mengevaluasi (setuju/tidak setuju)?
Apakah saya berhenti dan bertanya jika ini logis?
Apakah saya berhenti dan mengevaluasi (setuju/tidak setuju)?
Apakah
saya membutuhkan waktu untuk berpikir dan kembali lagi?
Apakah saya perlu mendiskusi dengan "pelajar-pelajar" lain untuk proces informasin lebih lanjut?
Apakah saya perlu mencari "para ahli", guruku atau pustakawan atau ahliawan?
Apakah saya perlu mendiskusi dengan "pelajar-pelajar" lain untuk proces informasin lebih lanjut?
Apakah saya perlu mencari "para ahli", guruku atau pustakawan atau ahliawan?
Buat
review
Apakah
kerjaan saya benar?
Apakah bisa saya kerjakan lebih baik?
Apakah rencana saya serupa dengan "diri sendiri"?
Apakah bisa saya kerjakan lebih baik?
Apakah rencana saya serupa dengan "diri sendiri"?
Apakah
saya memilih kondisi yang benar?
Apakah saya meneruskannya; apakah saya disipline pada diri sendiri?
Apakah saya meneruskannya; apakah saya disipline pada diri sendiri?
Apakah
anda sukses?
Apakah anda merayakan kesuksesan anda?
Apakah anda merayakan kesuksesan anda?
Belajar
efektif
- Bertanggung jawab atas dirimu sendiri.
- Tanggung jawab merupakan tolok ukur sederhana di mana kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.
- Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya.
- Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu. Jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting.
- Kerjakan dulu mana yang penting.
- Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari tujuanmu.
- Anggap dirimu berada dalam situasi "co-opetition" (bukan situasi "win-win" lagi).
- "Co-opetition" merupakan gabungan dari kata "cooperation" (kerja sama) dan "competition" (persaingan). Jadi, selain sebagai teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberikan masukkan/ide baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam kelas. Dengan begini, kamu akan selalu terpacu untuk melakukan yang terbaik (do your best) di dalam kelas.
- Pahami orang lain, maka mereka akan memahamimu.
- Ketika kamu ingin membicarakan suatu masalah akademis dengan guru/dosenmu, misalnya mempertanyakan nilai matematika atau meminta dispensasi tambahan waktu untuk mengumpulkan tugas, tempatkan dirimu sebagai guru/dosen tersebut. Nah, sekarang coba tanyakan pada dirimu, kira-kira argumen apa yang paling pas untuk diberikan ketika berada dalam posisi guru/dosen tersebut.
- Cari solusi yang lebih baik.
- Bila kamu tidak mengerti bahan yang diajarkan pada hari ini, jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Coba cara lainnya. Misalnya, diskusikan bahan tersebut dengan guru/dosen pengajar, teman, kelompok belajar atau dengan pembimbing akademismu. Mereka akan membantumu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
- Tantang dirimu sendiri secara berkesinambungan.
- Dengan cara ini, belajar akan terasa mengasyikkan, dan mungkin kamu mendapatkan ide-ide yang cemerlang.
Belajar
sebagai seorang dewasa
Mengikuti
pendidikan tinggi terasa seperti suatu budaya asing untukmu?
Anda
mempunyai harapan pada waktu mendaftar dan masuk kelas, sebagaimana kerja
melalui program Anda di pendidikan tinggi.
Pendidikan tinggi
juga ada harapan darimu!
Pendidikan tinggi mempunyai peraturannya sendiri, pola, dan budaya. Ada perbedaan-perbedaan penting antara sekolah swasta dan sekolah umum, pendidikan tinggi swasta dan universitas negeri, institusi seni liberal dan institusi (lembaga) penelitian, sekolah-sekolah tamatan, dll.
Pendidikan tinggi mempunyai peraturannya sendiri, pola, dan budaya. Ada perbedaan-perbedaan penting antara sekolah swasta dan sekolah umum, pendidikan tinggi swasta dan universitas negeri, institusi seni liberal dan institusi (lembaga) penelitian, sekolah-sekolah tamatan, dll.
Konsep kunci
pendidikan tinggi
termasuk disiplin/departemen, bea-siswa, penelitian, orientasi lisan, masa jabatan, kerekanan, kebebasan akademik, dll.
Luangkan waktu untuk memahami budaya pendidikan tinggi.
termasuk disiplin/departemen, bea-siswa, penelitian, orientasi lisan, masa jabatan, kerekanan, kebebasan akademik, dll.
Luangkan waktu untuk memahami budaya pendidikan tinggi.
Kelompok-kelompok
penting termasuk fakutas dan mahasiswa,
pegawai administrasi dan pimipinan, alumni, dan bahkan kelompok masyarakat dan para legislator. Mereka semua termasuk sumber yang penting. Begitu juga staf berada di sana untuk membantu Anda, dan menunggu Anda mengajukan sesuatu, itulah tugas mereka dan pemusatan akan membantu Anda untuk berhasil.
pegawai administrasi dan pimipinan, alumni, dan bahkan kelompok masyarakat dan para legislator. Mereka semua termasuk sumber yang penting. Begitu juga staf berada di sana untuk membantu Anda, dan menunggu Anda mengajukan sesuatu, itulah tugas mereka dan pemusatan akan membantu Anda untuk berhasil.
Apakah
Anda takjub dengan ketrampilan Anda menemukan cara Anda sekitar bidang
pendidikan tinggi yang asing ini ?
Sebagai pelajar
dewasa, Anda:
Cenderung
menjadi mandiri
Memiliki
wadah dengan kekayaan pengalaman yang dapat membantu Anda sebagai sumber untuk
belajar.
Seringkali
dipengaruhi oleh kebutuhan Anda untuk mengetahui atau melakukan sesuatu.
Cenderung
memiliki suatu kehidupan-, tugas-, atau pemusatan-masalah orientasi belajar,
sebagai lawan orientasi suatu hal.
Pada
umumnya mendorong belajar secara (mendalam/hakiki) sebagai lawan menjadi
kewajiban atau subyek ke arah hal yang di luar atau kekuatan ekstrinsik.
Pelajar
dewasa, ketika mereka kembali, dan melanjutkan pendidikan mereka, sering mereka
mempertanyakan dan menilai kembali asumsi asli dan motivasi sebagaimana mereka
menggunakan pendidikan untuk menciptakan kembali kehidupan mereka.
Sebagaimana
pada umumnya, pelajaran Anda akan berhasil kalau Anda
Melakukan peran aktif
di dalam perencanaan, pengawasan, dan penilaian pendidikan Anda
di dalam perencanaan, pengawasan, dan penilaian pendidikan Anda
Menghilangkan
dugaan-dugaan pertimbangan
tentang apakah pendidikan itu membuka pikiranmu ke arah pengalaman tertentu
tentang apakah pendidikan itu membuka pikiranmu ke arah pengalaman tertentu
Pilihlah
subyek dan kursus-kursus yang relevan dengan pekerjaan dan profesi Anda atau
kehidupan pribadi yang memperkuat program akademik Anda.
Deskripsi Kursus
penting pelajar dewasa
Hasil/Keluaran
Bagikan
tanggung jawab untuk mempelajari tujuan/sasaran
Kelancaran
perundingan, atau terbuka untuk perundingan kembali
Bukan
petunjuk; terbuka untuk perubahan
Proses
penilaian
Motivasi
intrinsic
Proses
Padukan
berpikir dan belajar
Lebih
baik pemusatan masalah daripada orientasi isi
Saling
menghargai permintaan dan hak pelajar
Menggabungkan,
mengembangkan dialog & terbuka
Kenali
nilai pengalaman sebagai sumbangan belajar
Termasuk
proyek-proyek/atau belajar aktif (sebagai imbangan pada perkuliahan dan/atau
belajar pasif)
Monitor
tetap terpasang untuk umpan balik dan penilaian
Isi
Terapkan
belajar ke penggunaan praktis
Pemusatan
issue kurikulum
Penggandaan/berbagai
sumber informasi
Berbagai
bentuk
Bekerja dan
Belajar Bersama *
Bekerja atau belajar bersama adalah
suatu proses kelompok yang disokong oleh anggota-anggota kelompok , di mana ada
ketergantungan satu dengan yang lain untuk mencapai suatu tujuan yang
disepakati. Ruang kelas adalah tempat yang baik sekali untuk membangun
kemahiran kelompok yang Anda butuhkan kemudian di dalam kehidupan.
Bekerja/belajar
bersama adalah pergaulan antar anggota kelompok, Anda :
Membangun dan memberikan pendapat
untuk suatu tujuan yang sehat
Menambah pengertian Anda tentang
suatu masalah:
pertanyaan-pertanyaan, wawasan dan penyelesaian
pertanyaan-pertanyaan, wawasan dan penyelesaian
Menanggapi, dan bekerja untuk
mengerti pertanyaan-pertanyaan yang lain, wawasan, dan penyelesaian.
Setiap anggota kelompok berwenang berbicara kepada yang lain dan menyumbangkan dan mempertimbangkan sumbangan pikiran mereka.
Setiap anggota kelompok berwenang berbicara kepada yang lain dan menyumbangkan dan mempertimbangkan sumbangan pikiran mereka.
Bertanggung jawab terhadap yang
lain, dan mereka bertanggung jawab terhadap Anda.
Tergantung satu dengan yang lain,
dan mereka tergantung pada Anda.
Bagaimana
membentuk suatu kelompok belajar yang baik?
Kegiatan kelompok dimulai dengan
latihan, dan proses pengertian kelompok.
Seorang pengajar/pelatih memulai kegiatan dengan fasilitas diskusi dan alternatif (pilihan) usulan, tetapi tidak menentukan penyelesaian terhadap kelompok, khususnya mereka yang sulit bekerja dengan kelompok.
Seorang pengajar/pelatih memulai kegiatan dengan fasilitas diskusi dan alternatif (pilihan) usulan, tetapi tidak menentukan penyelesaian terhadap kelompok, khususnya mereka yang sulit bekerja dengan kelompok.
Tiga hingga lima orang
Kelompok yang besar menimbulkan kesulitan untuk mempertahankan keterlibatan masing-masing.
Kelompok yang besar menimbulkan kesulitan untuk mempertahankan keterlibatan masing-masing.
Pengajar- tugas kelompok
Fungsi tugas kelompok lebih baik daripada tugas mandiri
Fungsi tugas kelompok lebih baik daripada tugas mandiri
Keragaman tingkat kemahiran, latar
belakang, dan pengalaman
Setiap individu memperkuat kelompok
Setiap anggota kelompok bertanggung
jawab bukan saja terhadap sumbangan pikirannya, melainkan juga membantu
pengertian yang lain tentang sumber kekuatan mereka
Anggota yang tidak beruntung dan
tidak suka terhadap kebersamaan akan menyumbangkan dorongan wewenang yang
proaktif.
Belajar secara positif dipengaruhi
oleh keragaman pandangan dan pengalaman, meningkatkan pilihan di dalam
pemecahan masalah, memperluas jarak pertimbangan secara rinci.
Kesepakatan setiap anggota untuk
mencapai tujuan dapat ditentukankan dan dimengerti oleh kelompok
Penilaian pasangan secara rahasia
adalah cara terbaik untuk menaksir siapa yang terlibat atau yang tidak
menyumbangkan pikiran.
Kelompok berhak untuk mengeluarkan
anggota yang tidak bekerja sama atau tidak berpartisipasi, apabila semua usaha
perbaikan gagal.
(Orang yang dikeluarkan kemudian mencari kelompok yang lain yang menerimanya)
(Orang yang dikeluarkan kemudian mencari kelompok yang lain yang menerimanya)
Individu-individu dapat terhindar
kalau mereka yakin mereka melakukan lebih banyak dengan sedikit bantuan dari
yang lain.
(Orang ini dapat sering lebih mudah menemukan kelompok lain yang menerima sumbangan pikirannya)
(Orang ini dapat sering lebih mudah menemukan kelompok lain yang menerima sumbangan pikirannya)
Membagi prinsip-prinsip tanggung
jawab, ditentukan dan disetujui oleh setiap anggota kelompok.
Semua ini termasuk:
Adanya kesepakatan, persiapan dan
tepat waktu untuk pertemuan
Ada diskusi dan pemusatan perdebatan
terhadap pokok persoalan, menghindari kritik perorangan
Bertanggung jawab membagi tugas dan
melaksanakannya tepat waktu.
Anda mungkin perlu melaksanakan tugas-tugas dengan memiliki sedikit pengalaman, merasa tidak siap, atau bahkan berpikir yang lain dapat melakukan yang terbaik. Menerima tantangan, tetapi bersenanglah dengan keadaan bahwa Anda membutuhkan bantuan, latihan, pembimbing, atau berhenti dan mengerjakan tugas yang lain.
Anda mungkin perlu melaksanakan tugas-tugas dengan memiliki sedikit pengalaman, merasa tidak siap, atau bahkan berpikir yang lain dapat melakukan yang terbaik. Menerima tantangan, tetapi bersenanglah dengan keadaan bahwa Anda membutuhkan bantuan, latihan, pembimbing, atau berhenti dan mengerjakan tugas yang lain.
Proses:
Mengacu pada Penuntun (Pedoman)
Proyek Kelompok
Susun tujuan, tetapkan bagaimana
sering dan apa yang akan Anda komunikasikan, kemajuan penilaian, membuat
keputusan, dan memecahkan konflik (pertikaian)
Menetapkan sumber, khususnya
seseorang yang dapat menyiapkan petunjuk, pengawasan, nasehat, dan bahkan
penengah.
Jadwal tinjauan kemajuan Anda dan
komunikasi untuk mendiskusikan apa yang dikerjakan dan apa yang tidak
dikerjakan.
Kelompok kelompok yang bermasalah
seharusnya diundang atau perlu dipertemukan dengan instruktur untuk
mendiskusikan kemungkinan penyelesaian.
Mendengar Aktif
Aktif, mendengar efektif, merupakan kebiasaan,
sebagaimana dasar komunikasi aktif.
sebagaimana dasar komunikasi aktif.
Tujuan
mendengar aktif terpusat pada siapa yang Anda dengarkan, meskipun di dalam
kelompok atau perorangan, dengan tujuan untuk mengerti apa yang ia katakan.
Sebagai pendengar, Anda kemudian harus mungkin mengulang kembali dengan
kata-kata Anda sendiri apa yang mereka katakan tentang kepuasan mereka. Ini
tidak berarti Anda setuju, tetapi cenderung pada, mengerti apa yang mereka
katakan.
Apa yang mempengaruhi ketika mendengar?
Apa yang Anda pikirkan tentang suatu pokok pikiran?
Apakah ini baru atau Anda mempunyai banyak pengalaman tentang itu?
Apakah sulit dimengerti atau sederhana?
Apakah penting untuk Anda atau hanya suatu lelucon?
Apakah ini baru atau Anda mempunyai banyak pengalaman tentang itu?
Apakah sulit dimengerti atau sederhana?
Apakah penting untuk Anda atau hanya suatu lelucon?
Apakah pembicara berpengalaman atau gelisah?
Apa isyarat yang digunakan pembicara?
Apa kerangka pikirannya?
Bagaimana minat, ancaman, kecerdasan, dan seterusnya, dan seterusnya.?
Apa isyarat yang digunakan pembicara?
Apa kerangka pikirannya?
Bagaimana minat, ancaman, kecerdasan, dan seterusnya, dan seterusnya.?
Apakah
pesan diilustrasikan
secara visual atau dengan contoh?
Apakah teknologi d?unakan secara efektif (berdaya guna)?
Apakah konsep-konsep dikenalkan secara bertahap, atau dengan contoh?
secara visual atau dengan contoh?
Apakah teknologi d?unakan secara efektif (berdaya guna)?
Apakah konsep-konsep dikenalkan secara bertahap, atau dengan contoh?
Apakah ruang cukup mendukung untuk mendengar?
atau untuk berinteraksi atau bertukar pikiran dengan pembicara?
Apakah ada gangguan yang dapat dihindarkan?
atau untuk berinteraksi atau bertukar pikiran dengan pembicara?
Apakah ada gangguan yang dapat dihindarkan?
Gambaran berikut adalah
faktor-faktor eksternal.
Sekarang : bagaimana tentang Anda, sebagai pusat, pendengar? Siapkan diri dengan sikap yang positif.
Sekarang : bagaimana tentang Anda, sebagai pusat, pendengar? Siapkan diri dengan sikap yang positif.
Konsentrasikan
perhatian Anda pada subyek.
Berhenti dengan kegiatan yang tidak ada hubungannya sebelum berorientasi dengan diri Anda pada pembicara atau topik (pokok persoalan).
Berhenti dengan kegiatan yang tidak ada hubungannya sebelum berorientasi dengan diri Anda pada pembicara atau topik (pokok persoalan).
Pertimbangkan
secara mental apa yang Anda sudah ketahui tentang subyek..
Aturlah berdasarkan materi terdahulu dalam kaitan dengan pengembangan selanjutnya.
(pelajaran-pelajaran sebelumnya, program televisi, artikel surat kabar, web sites, pengalaman hidup yang nyata sebelumnya, dan seterusnya)
Aturlah berdasarkan materi terdahulu dalam kaitan dengan pengembangan selanjutnya.
(pelajaran-pelajaran sebelumnya, program televisi, artikel surat kabar, web sites, pengalaman hidup yang nyata sebelumnya, dan seterusnya)
Menghindarkan
Gangguan
Tempatkan diri Anda secara tepat dekat dengan pembicara.
Menghindarkan gangguan dari ( sebuah jendela, tetangga yang cerewet, ribut, dan seterusnya).
Tempatkan diri Anda secara tepat dekat dengan pembicara.
Menghindarkan gangguan dari ( sebuah jendela, tetangga yang cerewet, ribut, dan seterusnya).
Mengakui keadaan suatu emosi
Menangguhkan emosi sampai nanti, atau berpartisipasi secara pasif kecuali kalau Anda dapat mengendalikan emosi.
Menangguhkan emosi sampai nanti, atau berpartisipasi secara pasif kecuali kalau Anda dapat mengendalikan emosi.
Kesampingkan
prasangka Anda, pendapat Anda.
Anda sekarang belajar apa yang dikatakan pembicara , tidak cara lain di sekitar.
Anda sekarang belajar apa yang dikatakan pembicara , tidak cara lain di sekitar.
Mendengar secara aktif
Menjadi
arah lain; berkonsentrasi pada komunikasi dengan orang
Ikuti dan pahami pembicara sebagaimana kalau Anda berjalan dengan sepatu mereka.
Ikuti dan pahami pembicara sebagaimana kalau Anda berjalan dengan sepatu mereka.
Dengar
dengan telinga Anda tetapi juga dengan mata dan pengertian lain.
Hati-hati:
menjawab secara lisan bagian-bagian di dalam pembicaraan.
Biarkan argumentasi atau presentasi berlangsung sesuai dengan pelajaran.
Jangan Anda menyatakan setuju atau tidak, tetapi mendorong melatih pikiran.
Biarkan argumentasi atau presentasi berlangsung sesuai dengan pelajaran.
Jangan Anda menyatakan setuju atau tidak, tetapi mendorong melatih pikiran.
Melibatkan:
Secara aktif menanggapi mengarahkan pertanyaan
Gunakan posisi tubuh Anda ( misalnya, bersandar ke depan) dan perhatian pada dorongan dan tanda yang menarik dari pembicara.
Secara aktif menanggapi mengarahkan pertanyaan
Gunakan posisi tubuh Anda ( misalnya, bersandar ke depan) dan perhatian pada dorongan dan tanda yang menarik dari pembicara.
Kegiatan Berikutnya
Satu
lawan satu
Berikan si pembicara waktu dan ruang istirahat
sesudah berbicara
Nyatakan pemahaman sebagai bagian membangun kepercayaan
dan dorongan di dalam dialog
Periksa kalau Anda sudah mengerti
Nyatakan kembali
kata kunci untuk memastikan pengertian Anda & buatlah dialog
kata kunci untuk memastikan pengertian Anda & buatlah dialog
Ringkasan
kata kunci untuk memastikan pengertian Anda & buatlah dialog
kata kunci untuk memastikan pengertian Anda & buatlah dialog
Bertanya (tanpa ancaman)
pertanyaan-pertanyaan membangun pengertian
pertanyaan-pertanyaan membangun pengertian
Dialog lanjutan:
Refleksikan melalui pengalaman Anda
demonstrasikan minat Anda (umpan balik)
demonstrasikan minat Anda (umpan balik)
Menerjemahkan
sesudah Anda merasa memahami isi
sesudah Anda merasa memahami isi
Terapkan apa yang Anda pelajari ke dalam situasi
baru
Di
dalam kelompok/penonton
Berikan si pembicara ruang untuk menyusun
kembali tanya jawab sesudah berbicara
kembali tanya jawab sesudah berbicara
Selama tanya & jawab
Kalau mengajukan sebuah pertanyaan
Nyatakan
pemahaman secepatnya
Ringkasan
singkat suatu pokok pikiran awal
Tanyakan
pertanyaan yang relevan
Kalau membuat pokok pikiran
Nyatakan pemahaman secara cepat
Nyatakan kembali secara singkat ide yang relevan
sebagai
bahan presentasi
bahan presentasi
Nyatakan ide Anda, interpretasi, dan refleksi
Mengundang reaksi
Kembangkan lebih lanjut
Dapatkan informasi untuk acuan berikutnya
Mengundang teman-teman/rekan kerja/dan seterusnya.
untuk diskusi sesudahnya
untuk diskusi sesudahnya
Tuliskan ringkasan dengan pertanyaan untuk
pengulangan nanti.
Petunjuk buat sekolah
jarak jauh
Program Pendidikan
Jarak Jauh/Berhasil Pada
Beberapa bentuk pendidikan jarak jauh antara lain
adalah:
Program
pendidikan mandiri
Program
tatap muka yang diadakan di beberapa tempat pada waktu yang telah ditentukan,
informasi pendidikan tetap disampaikan, dengan/tanpa interaksi dari murid.
Program
yang tidak terikat pada jadwal pertemuan, di satu atau banyak tempat.
"Pendidikan
jarak jauh didasarkan pada dasar pemikiran bahwa murid adalah pusat proses
pembelajaran, bertanggung jawab terhadap pembelajaran mereka sendiri, dan
berusaha sendiri di tempat mereka sendiri. Hal ini adalah merupakan kepemilikan
dan otonomi.
Berita baik : Studi-studi telah menunjukkan murid-murid
pada tingkatan rendah menunjukkan hasil yang lebih baik dalam program pendidikan
jarak jauh jika mereka menyelesaikannya; dan murid-murid pada tingkat rata-rata
atau lebih baik menunjukkan hasil yang sama.
Berita buruk : Murid-murid cenderung melebih-lebihkan dan
lebih banyak yang gagal pada tingkatan yang lebih tinggi daripada dalam program
pembelajaran tradisional, terutama murid-murid pada tingkatan rendah.
Kondisi-kondisi untuk program pendidikan jarak jauh:
Kelas informasi:
Alamat
website kelas
Nama
dosen, lokasi dan jam kerja, nomor telepon, fax, alamat e-mail.
Nama
asisten pengajar, lokasi dan jam kerja, nomor telepon, fax, alamat e-mail.
Nama
tutor, lokasi dan jam kerja, nomor telepon, fax, alamat e-mail.
Nama
asisten pendidikan / pustakawan, lokasi dan jam kerja, nomor telepon, fax,
alamat e-mail.
Lokasi
dan jam kerja pusat informasi, nomor telepon, manajer pusat informasi dengan
alamat e-mail.
Logistik
Materi
pendidikan yang anda harapkan.
Bagaimana
anda akan menerima materi pendidikan tersebut.
Bagaimana
anda diberitahu atau belajar, serta pengumuman dan pembatalan kelas.
Persyaratan teknis:
Peralatan
komputer dan internet, program dan spesifikasinya.
Type
dan versi program.
Kemudahan
mengakses multimedia.
Jadwalkan diri anda sendiri dan bertahanlah pada
jadwal yang telah ditetapkan, yang
Sejalan
dengan silabus program pendidikan, atau yang
Telah
dibicarakan atau dijelaskan dengan instruktur.
Jadwalkan diri anda setiap hari /
minggu untuk komunikasi program untuk
Umpan
balik pada instruktur.
Dalam
pertemuan tatap muka, seorang instruktur bergantung pada umpan balik dari
siswanya, baik dengan pertanyaan maupun ekspresi wajah / fisik. Dalam program
jarak jauh, hal ini merupakan hal yang sangat sulit, dan anda bertanggung jawab
untuk memberitahu instruktur tentang bagaimana anda menerima pelajaran baik
melalui janji pertemuan, pembicaraan telepon atau e-mail.
Menunjukkan
kemajuan dan ketaatan.
Laporan
perkembangan : instruktur harus memberikan umpan balik pada anda mengenai
kemajuan selama pelajaran. Mintalah jadwal evaluasi, kondisi dan metode untuk
kemajuan anda melalui materi-materi yang ada. Metode-metode tersebut meliputi :
Tes-tes
yang meliputi penguasaan pengetahuan atau hasil dari tugas-tugas yang
diberikan.
Laporan-laporan,
proyek-proyek, kasus studi, rangkuman pendidikan, dan lain-lain.
Masukan
secara kualitatif dan kuantitatif dalam diskusi pelajaran dan proyek-proyek.
Sistem Belajar A.S.P.I.R.E.
Ada
salah satu tip dalam mengembangkan sistem belajar yang efektif dan efisien.
Sistem belajar ini dikenal dengan Aspire (English), yang
terdiri dari
Suasana
Hati:
Ciptakan selalu mood yang positif untuk belajar. Ini bisa dilakukan dengan menentukan waktu, lingkungan dan sikap belajar yang sesuai dengan pribadimu.
Ciptakan selalu mood yang positif untuk belajar. Ini bisa dilakukan dengan menentukan waktu, lingkungan dan sikap belajar yang sesuai dengan pribadimu.
Pemahaman:
Tandai informasi bahan pelajaran yang TIDAK kamu mengerti dalam satu unit. Fokuskan pada unit tersebut atau melakukan beberapa kelompok latihan untuk unit itu.
Tandai informasi bahan pelajaran yang TIDAK kamu mengerti dalam satu unit. Fokuskan pada unit tersebut atau melakukan beberapa kelompok latihan untuk unit itu.
Ulang:
Setelah belajar satu unit, berhentilah dan ulang bahan dari unit tersebut dengan kata-kata yang kamu buat SENDIRI.
Setelah belajar satu unit, berhentilah dan ulang bahan dari unit tersebut dengan kata-kata yang kamu buat SENDIRI.
Telaah:
Kembalilah pada unit yang tidak kamu mengerti dan PELAJARI KEMBALI keterangan yang ada. Lihatlah informasi yang terkait pada artikel, buku teks atau sumber lainnya, atau diskusikan dengan teman atau guru/dosen.
Kembalilah pada unit yang tidak kamu mengerti dan PELAJARI KEMBALI keterangan yang ada. Lihatlah informasi yang terkait pada artikel, buku teks atau sumber lainnya, atau diskusikan dengan teman atau guru/dosen.
Kembangkan:
Pada langkah ini, tanyakan tiga persoalan berikut terhadap materi yang telah kamu
Pada langkah ini, tanyakan tiga persoalan berikut terhadap materi yang telah kamu
pelajari:
Andaikan
saya bertemu dengan penulis materi tersebut, pertanyaan atau kritik apa yang
hendak saya ajukan?
Bagaimana
saya bisa mengaplikasikan materi tersebut ke dalam hal yang saya sukai?
Bagaimana
saya bisa membuat informasi ini menjadi menarik dan mudah dipahami oleh
siswa/mahasiswa lainnya?
Pelajari
Kembali:
Pelajari kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari. Ingatlah strategi yang telah membantu kamu mengerti dan/atau mengingat informasi. Jadi, terapkan strategi tersebut untuk cara belajarmu berikutnya.
Pelajari kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari. Ingatlah strategi yang telah membantu kamu mengerti dan/atau mengingat informasi. Jadi, terapkan strategi tersebut untuk cara belajarmu berikutnya.