29 Mar 2013

DALAI LAMA

Dalai Lama
by, Syehha





Tenzin Gyatso, Yang Mulia Dalai Lama Keempatbelas, adalah pemimpin spiritual dan temporal rakyat Tibet. Usahanya yang tak kenal lelah untuk menegakkan hak asasi manusia akan kedamaian di muka bumi membuatnya banyak mendapatkan pangakuan dari dunia internasional. Wallenberg Award (diberikan ole U.S. Congressional Human Right Foundation), Albert Schweitzer Award, dan Hadiah Nobel telah dianugerahkan kepadanya.
Pemimpin agama dan politik di Tibet. Namanya (berarti “samudera”) mula pertama dianugerahkan kepada Lama (pendeta tertinggi) oleh Altan Khan, 1578. Dalai Lama memperoleh kekuasaan duniawi (Ing.: temporal power) pada tahun 1642. Orang Tibet percaya, bahwa Dalai Lama di-reinkarnasikan kepada bayi lelaki yang dilahirkan antara 49 hari sampai 2 tahun, setelah kematian Dalai Lama. Bilamana pemimpin baru telah terpilih dia akan mendapatkan latihan keras, dan mulai memangku jabatannya pada ulang tahunnya ke-18. Tahun 1950 Tibet diserbu Cina dan setelah revolusi Tibet 1959, Dalai Lama lari ke India.
Kata Mutiara Dan Kata Bijak Dalai Lama XIV
Dalai Lama XIV (lahir 1935) adalah seorang pemimpin rakyat di Tibet. Dalai Lama juga merupakan pemimpin spiritual dunia, seorang biksu juga aktivis perdamaian dunia, anti kekerasan yang meraih Nobel pada tahun 1989. Dalai Lama dikenal sebagai seorang pribadi yang hangat dan selalu tersenyum kepada siapa saja dengan ceramah – ceramahnya yang mencerahkan. Orang yang bernama asli Tenzin Gyatso ini diangkat menjadi pemimpin spiritual sejak usia 15 tahun berdasarkan wasiat reinkarnasi yang ditinggalkan oleh Dalai Lama XIII sebelum meninggal.
Disinilah salah satu keunikan negara Tibet yang pemimpinnya diangkat secara turun – temurun melalui wasiat reinkarnasi. Pada umumnya, saat seorang Dalai Lama sudah mendekati penghujung masa jabatan atau usianya, mereka akan meninggalkan catatan khusus kepada orang terdekat atau murid – muridnya dimana mereka dapat menemukan reinkarnasi Dalai Lama berikutnya. Ciri-ciri yang ditinggalkan dapat berupa: tanda fisik, lokasi kelahiran, tahun kelahiran, dsb. Dan umumnya, catatan yang ditinggalkan akan selalu tepat!
Kata Mutiara Dan Kata Bijak Dalai Lama XIV
Berikut adalah koleksi kata-kata mutiara dan kata bijak Dalai Lama XIV 
“Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang telah tercipta. Kebahagiaan datang dari tindakan anda”
“Inilah agama sederhanaku. Tak perlu ada kuil, tak perlu ada filosofi rumit. Pikiran dan hati kita adalah kuilnya, dan filosofinya adalah kebijaksanaan”
“Jadilah baik kapanpun itu memungkinkan. Karena hal itu selalu saja memungkinkan”
“Tujuan utama kita dalam hidup ini adalah menolong orang lain. Dan jika anda tak bisa menolong mereka, setidaknya jangan menyakiti mereka”
“Teman-teman lama berlalu, teman-teman baru muncul. Seperti halnya hari yang kita lalui. Hari kemarin berlalu, hari baru datang menyambut. Hal terpenting adalah membuatnya berarti: persahabatan yang berarti – atau hari-hari yang berarti”
“Sangatlah penting untuk mengembangkan perilaku baik dan hati yang baik semampu kita. Melalui hal ini, kebahagiaan jangka pendek dan jangka panjang untuk diri sendiri dan orang lain akan datang”
“Semua tradisi agama pada dasarnya membawa pesan yang sama, yaitu cinta, kasih sayang dan pengampunan. Tetapi yang penting adalah mereka harus menjadi bagian dalam kehidupan sehari – hari”
“Cinta dan kasih sayang adalah kebutuhan, bukan kemewahan. Tanpa mereka manusia tidak dapat bertahan hidup”
“Saya menemukan harapan di hari yang paling kelam, dan fokus di hari yang paling cerah. Aku tak menilai alam semesta”
“Agama kepercayaanku sangatlah sederhana. Agama saya adalah kebaikan”
“Jika anda ingin orang lain bahagia, praktekkan kasih sayang. Jika anda ingin bahagia, praktekkan kasih sayang”
“Tujuan hidup kita adalah menjadi bahagia”
“Terkadang seseorang menciptakan kesan dinamis dengan mengatakan sesuatu, dan terkadang seseorang menciptakan kesan yang signifikan dengan hanya tetap diam”
“Tidur adalah meditasi terbaik”
“Dalam praktek bertoleransi, musuh adalah guru terbaik”
“Adalah perlu untuk saling membantu sesama, tak hanya dalam doa kita, tetapi juga dalam kehidupan sehari – hari. Jika kita sadar tak bisa membantu orang lain. Yang paling bisa kita lakukan adalah berhenti merugikan mereka”
“Kita takkan pernah menperoleh kedamaian di dunia luar sampai kita menciptakan kedamaian di dalam diri kita sendiri”
“”Hari ini, lebih dari sebelumnya, hidup harus ditandai oleh rasa tanggung jawab secara Universal, tidak hanya bangsa kepada bangsa dan manusia kepada manusia, tetapi juga manusia kepada segala bentuk kehidupan lainnya”
“Kita dapat hidup tanpa agama dan meditasi, tetapi kita tidak bisa bertahan hidup tanpa kasih sayang manusia”
“Apakah seseorang percaya pada agama atau tidak, dan apakah seseorang percaya pada reinkarnasi atau tidak, tetapi tak ada seorang pu yang tidak menghargai nilai kebaikan dan kasih sayang”
“Jika anda mempunyai kepercayaan dan agama tertentu, hal tersebut baik! Tetapi anda dapat bertahan tanpa nya”
“Jika anda tidak puas, selalu ingin lebih, lebih dan lebih. Keinginan anda tak akan pernah bisa terpuaskan. Tetapi ketika anda melatih arti kepuasan, anda dapat berkata kepada diri sendiri: “Oh ya! Aku sudah memiliki segala sesuatu yang benar – benar aku butuhkan”
“Keinginan saya untuk menyerahkan wewenang tak ada hubungannya dengan keinginan untuk mengelak dari tanggung jawab”
“Sejumlah orang telah mengatakan kepada saya, setelah mendengar pemikiran anda, pikiran mereka menjadi jauh lebih bahagia”
“Dengan menyadari potensi diri seseorang juga rasa percaya diri akan kemampuan seseorang. Seseorang dapat membangun dunia yang lebih baik”
“Akar dari segala kebaikan dalam kebohongan terdapat dalam penghargaan untuk kebaikan”
“Kurangnya keterbukaan berakibat pada ketidakpercayaan dan rasa tak nyaman yang mendalam”
“Hal terbaik untuk menyelesaikan masalah dalam dunia manusia adalah semua pihak duduk dan berbicara”
“Ketika anda melatih rasa syukur, ada rasa hormat terhadap orang lain”
“Komputer benar – benar membuat saya menjadi kosong”
“Bahkan ketika seseorang memiliki segala kenikmatan dalam hidup, makanan yang baik, tempat tinggal yang baik. Mereka tetap bisa menjadi tidak bahagia ketika menghadapi situasi yang tragis”
“Saya kira pemerintahan tidak dapat berbuat banyak”
“Secara umum, jika manusia tidak pernah menunjukkan kemarahan, maka saya pikir ada sesuatu yang salah. Ada yang salah di dalam kepalanya”
“Dunia milik umat manusia, bukan pemimpin, raja, pangeran ataupun agama. Dunia milik umat manusia”
 ”Untuk mewujudkan tindakan yang positif, kita harus mengembangkan visi yang positif”
“Lihatlah situasi dari semua sudut, dan anda akan menjadi lebih terbuka”
“Dari 6 miliar manusia, para pengacau hanya segelintir saja”
“Orang Cina sendiri, mereka benar – benar menginginkan perubahan”
“Hal terpenting adalah bahwa laki-laki harus mempunyai tujuan dalam hidupnya. Dan seharusnya menjadi sesuatu yang berguna, sesuatu yang baik”
“Ketidaksepakatan adalah sesuatu yang wajar”
“Rumah adalah dimana anda merasa berada di rumah dan diperlakukan dengan baik”
“Apakah anda menyebutnya Buddha atau agama lain, kedisiplinan diri sangatlah penting”
“Iman membantu saya mengatasi emosi negatif dan menemukan keseimbangan”
“Penampilan adalah sesuatu yang mutlak, tetapi kenyataannya tidak seperti itu. Segala sesuatu adalah saling bergantung dan tidak mutlak”
“Saya selalu yakin aturan oleh raja dan pemimpin sudahlah tertinggal. Saat ini kita harus mengejar ketinggalan tersebut dengan dunia modern”
“Orang-orang yang ‘nakal’ selalu ada. Dalam beberapa ribu tahun terakhir, selalu ada. Begitupun pada masa yang akan datang, juga ada”
“Pemerintahan China menginginkan saya mengatakan bahwa selama berabad – abad lamanya Tibet telah menjadi bagian dari China. Bahkan jika saya membuat pernyataan itu, banyak orang hanya akan tertawa. Dan pernyataan saya tidak akan mengubah sejarah. Karena sejarah adalah sejarah”
“Saya menganggap diri saya sebagai juru bicara gratis untuk rakyat”
“Jika beberapa orang meyakini atau pandangan bahwa Dalai Lama memiliki kekuatan yang ajaib, itu benar-benar omong kosong”
“Ke mana pun saya pergi bertemu masyarakat, menyebarkan pesan nilai-nilai kemanusiaan, menyebarkan pesan harmoni, adalah hal yang paling penting”
“Selama saya hidup, saya berkomitmen penuh untuk perdamaian Cina dan Tibet”
“Saya menjadi Dalai Lama bukan secara sukarela”
“Saya menggambarkan diriku sebagai seorang biksu yang sederhana, tidak kurang tidak lebih”
“Saya pikir selalu ada alasan di abad ke-21 ini, akan jauh lebih bahagia”

Kenapa barat suka Dalai Lama
Bagi pemerintah Cina dan sebagian besar warga Dalai Lama dianggal sebagai pendorong kekerasan dan pembela masyarakat terbelakang yang brutal dan bersifat teokratis.
Namun bagi banyak politisi dan warga negara-negara barat, dia adalah pahlawan murah senyum, guru spiritual dan politik.
Dengan jubah berwarna mencorong dilengkapi dengan kacamata model kuno, Dalai Lama sudah beribu-ribu kali diambil fotonya. Bagi sebagian orang dia sejajar dengan tokoh internasional lain, Nelson Mandela.
PROFIL DALAI LAMA
Lahir: Tenzin Gyatso, tahun 1935
Dilantik menjadi reinkarnasi Dalai Lama ke 14 tahun 1937
Naik tahta tahun 1940, namun haknya dikebiri oleh gubernur hingga 1950 - tahun tentara Cina masuk Tibet
Dipaksa mengasingkan diri selamanya tahun 1959 setelah Cina menghancurkan perlawanan nasional Tibet
Bergabung dengan pengungsi Tibet lain di Dharamsala, India Utara
Sejak itu selalu ditolak kembali ke Tibet
Memenangkan hadiah Nobel Perdamaian tahun 1989
Dia terkenal memiliki pendukung dari Hollywood seperti Richard Gere dan Steven Segal.
Mereka yang pernah bertemu dengan Dalai Lama menggambarkan tokoh ini memiliki karisma pribadi yang ketat.
"Wajah penuh senyum yang menarik, air muka yang baik hati dan tertawanya yang ringan" ujar Alexander Norman, yang menulis buku autobiografinya dan beberapa proyek lain setelah bertemu pada tahun 1988.
Sulit untuk menghilangkan pikiran bahwa sejumlah orang memandang Dalai Lama setingkat dengan "Sinter Klas" yang kebapakan, ujar Dr Nathan Hill, pengajar masalah Tibet dari SOAS, London.
"Dia memang fotogenik. Warga dunia barat menyukai bintang. Dia orang yang sangat ramah dan pintar. Menurut saya dia cerdik secara politik dan memiliki visi ke depan."
Banyak orang barat mencari bekal piritual yang damai di era penuh dengan materialisme, ujar Norman yang baru saja menerbitkan buku berjudul Kehidupan Rahasia Dalai Lama.
"Di dunia Barat yang sekular ada keinginan besar...satu perasaan haus akan sesuatu yang tidak bisa dihasilkan oleh masyarakat industri modern."
"Dia juga sangat digemari oleh pembaca buku," ujar Hill. "Anda akan membaca bukunya untuk mencari kepuasaan batin."
Misteri Tebet
Penghargaan yang besar kepada Dalai Lama juga disulut oleh ide kuno orang Barat bahwa Tibet bagaikan Shangri-La yang terpencil.
"Orang Barat dilarang masuk ke Tibet dari tahun 1792-1903," ujar Hill. "Kebijakan itu menimbulkan satu misteri. Ada satu negara yang benar-benar tertutup untuk orang kulit putih.
"Ketika kita mulai mendapat informasi lebih banyak, kita mendapat kesan bahwa Tibet adalah tanah ajaib nan indah yang tersembunyi. Jadi itu semacam produk buku mengenai petualangan."
Juga ada perasaan bahwa Dalai Lama adalah tokoh penuh perhitungan secara politik sedemikian rupa yang membuat hal itu sebenarnya tidak betul.
"Dia semacam tokoh dalam banyak gerakan - gerakan hak binatang, sinkretisme keagamaan," ujar Norman. "Ada banyak ide orang yang dihubungkan dengan Dalai Lama."
Kebingungan dunia Barat akan Dalai Lama paling mudah digambarkan dengan melihat pandangannya mengenai hak-hak kaum homoseksual.
Dia telah mengemukakan tidak mendukung hubungan seksual sesama jenis, atau oral seks di kalangan pasangan heteroseksual, namun seringkali dia memberi gambaran yang sumir atas pandangannya itu.
"Dia akan mengatakan, itu pilihan anda, terserah pada suara hati masing-masing. Dia sangat sadar diri untuk tidak menyinggung orang."
Norman mengatakan sebagian warga Tibet yang mengasingkan diri di luar negeri mengkritik Dalai Lama karena mendukung gerakan tanpa kekerasan yang moderat. Sementara lawan-lawan agamanya mengatakan dia salah karena memuja dewa bernama Shugden.
Pendukung terkenal
"Memang ada sebagian kecil orang Tibet di luar negeri yang menentangnya, tetapi jumlahnya minoritas," ujar Robert Bennet, direktur Studi Tibet Modern di Universitas Columbia.
"Sementara di dalam Tibet sendiri hampir semua mengaguminya, dan juga langkah untuk mencari penyelesaian lewat jalan tanpa kekerasan."
Dalai Lama sejak dahulu merupakan pengkritik keras 'Tibet lama'
Juga ada pembicaraan apakah Dalai Lama dan rekan-rekannya memberi gambaran tepat mengenai Tibet sebelum Cina melakukan intervensi tahun 1950, atau apakah mitos itu hanyalah ciptaan pengagumnya dari Barat.
Para pengagumnya itu bahkan percaya bahwa di masa sebelum tahun 1950 di Tibet "kaum wanita menikmati hak yang sama dan semua orang hidup secara harmonis dengan lingkungan," ujar Hill.
Akan tetapi Norman mengatakan penciptaan mitos ini tidak sepenuhnya kesalahan Dalai Lama.
"Di satu pihak kita bisa menuduhnya memberi gambaran yang tidak mungkin mengenai keadaan Tibet yang sebenarnya. Di pihak lain orang Tibet benar-benar percaya bahwa negara mereka seperti itu- satu negara dengan kesan yang romantis."
Kebencian Cina atas Dalai Lama adalah meski dia tidak suka dengan pandangan bahwa secara sejarah Tibet adalah bagian Cina, dia juga tidak mendukung ide Tibet sebelum tahun 1950an yang tertutup dengan memusatkan diri pada kaum papa dan kemiskinan.
"Dalai Lama sejak dahulu merupakan pengkritik keras 'Tibet lama'," ujar Donald Lopez dari Universitas Michigan.
Diplomasi secangkir teh
"Dia bukan pendukung Sindroma Shangri-La. Ada bukti kuat bahwa dia akan melakukan reformasi politik jika Cina tidak melakukan invasi saat itu."
Dan pandangan bahwa warga Barat yang mendukung Dalai Lama tidak sadar akan kerumitan masalah Tibet adalah salah, meski hal itu "sangat masa kini" ujar Barnett.
Dalai Lama tidak takut menertawakan diri sendiri
Lokasi Tibet yang berbatasan dengan tiga negara pemilik nuklir dan menguasai wilayah pasok air dunia akan menjadi masalah Tibet bukan hanya sekedar topik untuk mengisi waktu bagi kaum liberal Barat.
Para pemimpin politik yang telah bertemu dengannya, meski Cina tidak suka, memiliki tujuan yang jelas. Bagi mereka yang merasa tidak nyaman dengan pelanggaran hak asasi manusia Cina, bertemu dengan Dalai Lama adalah aksi balas dendam tanpa ada resiko pertikaian diplomatis yang besar.
"[Dalai Lama] adalah kesempatan baik bagi para pemimpin politik, dia tidak banyak memiliki tuntutan -dia tampaknya cukup puas untuk melakukan kegiatan simbolis seperti minum teh bersama atau berfoto berdama," ujar Barnett.
"Semakin keras Cina mengeluh, para pemimpin barat terlihat semakin kuat dan penuh dengan prinsip saat bertemu dengan Dalai Lama."
Jadi bisa dimengerti dia bertemu dengan semua presiden Amerika Serikat sejak tahun 1991.
Tetapi bagi warga biasa, baik itu benar atau salah, kepopuleran Dalai Lama hanya berpusat pada karisma dan pandangan yang sama.
Seperti yang ditulis oleh Norman, para penggemar dari Barat melihat seorang "santa sekuler" atau "Tuhan dari sikap kebenaran politik di dunia yang tidak bertuhan ini".

Dalai Lama Dukung Bradford
Liga Inggris

Usai Dalai Lama ke-14, Tensin Gyatso, mengirimkan surat berisi harapan agar Bradford City bisa mengalahkan tim asal Liga Primer Inggris untuk keempat kalinya di babak final Piala Liga Inggris di Wembley, Minggu (24/2). The Bantams akan beradu kuat dengan Swansea City di partai puncak.
Dalai Lama sudah menjadi pendukung Bradford sejak Juni 2012 ketika kelompok suporter, Friends of Bradford City, menjadikannya sebagai presiden kehormatan. Entah doa seorang Dalai Lama berpengaruh atau tidak, yang jelas Bradford sedang menjalani musim terbaiknya. Jika mereka memenangi pertandingan di Wembley, maka mereka bisa bermain di Liga Europa musim depan.
Surat yang dikirimkan oleh Dalai Lama sendiri berisikan pesan-pesan dukungan berasal dari Office of Tibet di London dan ditandatangani oleh perwakilannya. “Atas nama Yang Mulia Dalai Lama, saya menawarkan kepada Anda dan seluruh pemain Bradford City, ucapan selamat atas kesuksesan yang luar biasa,” bunyi surat tersebut. “Jika restu dari Yang Mulia membantu Anda, saya berharap bahwa restu dari-Nya akan terus membawa keberuntungan.”
menorehkan capaian istimewa dengan lolos ke final Piala Liga Inggris, Bradford City kini juga mendapatkan dukungan istimewa untuk partai puncak nanti. Istimewa, karena dukungan datang dari Dalai Lama si pemimpin spiritual Tibet.
Bradford City mencuri perhatian dengan keberhasilannya mencapai final Piala Liga Inggris. Dalam kurun waktu 51 tahun, Bradford menjadi tim pertama dari kasta keempat kompetisi Inggris yang berhasil maju ke final ajang tersebut. Di final, Bradford akan menghadapi Swansea 24 Februari mendatang.
Kedekatan Bradford City dengan Dalai Lama sendiri ternyata baru berawal tahun lalu. Ketika itu Dalai Lama yang sedang mengunjungi Leeds berjumpa dengan Mark Neal, perwakilan dari grup pengumpul dana Friends of Bradford City (FoBC), yang sedang mencari seorang figur tenar untuk mendukung klub itu.
Nah, Neale dan rekan-rekannya kemudian terkesima ketika melihat kesamaan warna--merah anggur dan kuning kecoklatan--antara Bradford City dengan jubah-jubah yang dikenakan biksu-biksu Budha asal Tibet.
Kelompok itu kemudian berhasil memberikan sebuah kaus tim Bradford City dengan nomor punggung 14 kepada Dalai Lama, ia adalah Dalai Lama ke-14, dan juga mendapuknya sebagai presiden kehormatan klub.